//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 438500 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #165 on: 24 September 2010, 01:54:33 PM »
Paling tidak dari mereka ada yang ngak cocok dengan bhante bhante lain kan.
Kalau berbudaya mah semua akur, justru di indo, Vihara tera satu dengan lainnya lain bendera, lain masalah, lain cara, belum tentu satu sama lain akur. he hehehehee
ya ya ya, berarti benar yak semua bhante tuna budaya.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #166 on: 24 September 2010, 02:01:05 PM »
itu resiko nempel foto sembarangan di publik.
ia, ternyata ada konsekuensinya juga yah naro poto.
Dunia tidak runtuh dari langit

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #167 on: 24 September 2010, 02:05:12 PM »
nanti boleh dong merokok
ini ya?




setahu saya, di thai, ada 2 aliran theravada, dhammayutta nikaya dan mahanikaya. salah satunya boleh ngerokok. cmiiw.

"A cross-sectional study was conducted from June to December, 2003 among Thai Buddhist monks in 4 provinces of the central region (Nonthaburi, Pathum Thani, Saraburi and Chai Nat) and in 4 provinces of the eastern region (Chachoengsao, Rayong, Trat, and Sa Kaeo) of Thailand. Data were collected using face to face interviews, questionnaires, and physical examination reports (weight, height, heart rate, blood pressure, etc) as the research tools. This study focused on sociodemographics, history of illness, and smoking behavior. The proportion of the cigarette smoking was 47.6% of the total of 920 Buddhist monks. The age group 20-34 years, Maha Nikaya section and Public temple were the majority of the study subjects."
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15916063

wih mantep bener =))

cocok buat si andry nih aliran =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.293
  • Reputasi: 81
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #168 on: 24 September 2010, 02:07:03 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg

kalau anda umat Buddha bro, seharusnya anda paham bahwa Vinaya bagi bhikkhu adalah mengikat dan untuk dilaksanakan sepanjang ia menjadi bhikkhu. jangan2 menurut anda sila tidak melakukan hubungan sex juga hanya dilaksanakan pada waktu2 tertentu, dan pada waktu lainnya boleh, begitu kah?

Setuju dengan anda bro Indra, sulit bagi kita utk menerima jika bhikkhu bertindak sebagai profesional.

Contohnya,  sebagai  profesional dikantor dia jadi sales supervisor, di rumah, dia bukan sales supervisor lagi, tetapi sebagai ayah yang baik bagi putranya. 
Kalau bhikkhu sebagai profesi, di vihara dia bhikkhu, mengikuti semua sila bhikkhu, diluar vihara, bebaaaasss, seperti manusia yang non bhikkhu, begitukah?   :-?

~Life is suffering, why should we make it more?~

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #169 on: 24 September 2010, 02:08:24 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg

kalau anda umat Buddha bro, seharusnya anda paham bahwa Vinaya bagi bhikkhu adalah mengikat dan untuk dilaksanakan sepanjang ia menjadi bhikkhu. jangan2 menurut anda sila tidak melakukan hubungan sex juga hanya dilaksanakan pada waktu2 tertentu, dan pada waktu lainnya boleh, begitu kah?

Setuju dengan anda bro Indra, sulit bagi kita utk menerima jika bhikkhu bertindak sebagai profesional.

Contohnya,  sebagai  profesional dikantor dia jadi sales supervisor, di rumah, dia bukan sales supervisor lagi, tetapi sebagai ayah yang baik bagi putranya. 
Kalau bhikkhu sebagai profesi, di vihara dia bhikkhu, mengikuti semua sila bhikkhu, diluar vihara, bebaaaasss, seperti manusia yang non bhikkhu, begitukah?   :-?

Parah lah kalo kek gt wkwkwk...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #170 on: 24 September 2010, 02:12:01 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg

kalau anda umat Buddha bro, seharusnya anda paham bahwa Vinaya bagi bhikkhu adalah mengikat dan untuk dilaksanakan sepanjang ia menjadi bhikkhu. jangan2 menurut anda sila tidak melakukan hubungan sex juga hanya dilaksanakan pada waktu2 tertentu, dan pada waktu lainnya boleh, begitu kah?

Setuju dengan anda bro Indra, sulit bagi kita utk menerima jika bhikkhu bertindak sebagai profesional.

Contohnya,  sebagai  profesional dikantor dia jadi sales supervisor, di rumah, dia bukan sales supervisor lagi, tetapi sebagai ayah yang baik bagi putranya. 
Kalau bhikkhu sebagai profesi, di vihara dia bhikkhu, mengikuti semua sila bhikkhu, diluar vihara, bebaaaasss, seperti manusia yang non bhikkhu, begitukah?   :-?


dulu khan ada, yang kasus alda tuh =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #171 on: 24 September 2010, 02:48:33 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya

apakah anda mengatakan bahwa "Di indonesia tidak ada bhikkhu theravada yg berbudaya?" mohon konfirmasi anda.

Bro Purnama, mohon anda menjawab pertanyaan saya di atas

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #172 on: 24 September 2010, 03:52:43 PM »
Sebetulnya TS hanya membahas vinaya tentang bhikkhu boleh atau tidak main gitar. Tidak ada upaya untuk menghakimi atau mengubah cara hidup si bhikkhu tersebut. Kenapa sepertinya ada cheerleader yang sewot sendiri yah? Mengenai pribadinya juga dibahas untuk mengetahui benarkah itu dari mazhab Theravada, bukan untuk membahas bagaimana sifatnya, seperti yang dibahas sang cheerleader yang maha-tahu.

Soal foto yang dipublikasikan, itu adalah tanggung jawab pemilik foto. Sama seperti jika orang publikasi sembarangan nomor telpon, maka jika dia ditelpon oleh orang yang melihat publikasi nomor, itu sudah konsekwensinya. Tidak bisa mengatakan, "itu tidak etis."


Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #173 on: 24 September 2010, 04:20:46 PM »
Sebetulnya TS hanya membahas vinaya tentang bhikkhu boleh atau tidak main gitar. Tidak ada upaya untuk menghakimi atau mengubah cara hidup si bhikkhu tersebut. Kenapa sepertinya ada cheerleader yang sewot sendiri yah? Mengenai pribadinya juga dibahas untuk mengetahui benarkah itu dari mazhab Theravada, bukan untuk membahas bagaimana sifatnya, seperti yang dibahas sang cheerleader yang maha-tahu.

Soal foto yang dipublikasikan, itu adalah tanggung jawab pemilik foto. Sama seperti jika orang publikasi sembarangan nomor telpon, maka jika dia ditelpon oleh orang yang melihat publikasi nomor, itu sudah konsekwensinya. Tidak bisa mengatakan, "itu tidak etis."


iya yang anehnya, masing2 vihara katanya vinayanya beda, semua bhante theravada tidak berbudaya, jadi kemana2 =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #174 on: 24 September 2010, 04:27:42 PM »
iya yang anehnya, masing2 vihara katanya vinayanya beda, semua bhante theravada tidak berbudaya, jadi kemana2 =))
(Believe it or not)
Bukan Vinaya, tapi Hinaya.
Selain beda, juga berlaku "kadang-kadang".


Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #175 on: 24 September 2010, 04:32:25 PM »
Bhante ngerokok ?  Baru denger gw... Yang kek gt uda pasti ga bener lah, mana ada bhikku terkenal yang ngerokok. Yang ngerokok cuma bhikku" ga niat doang wkwkwk...

kalau gak salah Ajahn Lee dalam biografinya tertulis bahwa beliau merokok

Achan Mun juga merokok !
 _/\_
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #176 on: 24 September 2010, 04:36:03 PM »
iya yang anehnya, masing2 vihara katanya vinayanya beda, semua bhante theravada tidak berbudaya, jadi kemana2 =))
(Believe it or not)
Bukan Vinaya, tapi Hinaya.
Selain beda, juga berlaku "kadang-kadang".



sudah berkali2 saya menanyakan kepada the All-knowing Cheerleader, tapi tidak pernah dijawab.
Karena Bro GM Kainyn menggunakan sebutan yg sama, maka saya bertanya kepada Saudara Bro GM Kainyn, apakah arti HINAYA itu?

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #177 on: 24 September 2010, 04:37:41 PM »
hush, yang benar ajahn chah juga merokok.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #178 on: 24 September 2010, 04:37:46 PM »
iya yang anehnya, masing2 vihara katanya vinayanya beda, semua bhante theravada tidak berbudaya, jadi kemana2 =))
(Believe it or not)
Bukan Vinaya, tapi Hinaya.
Selain beda, juga berlaku "kadang-kadang".


oh iya, hinaya, keknya bahasa baru yang perlu di sosialisasikan di vihara2 ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #179 on: 24 September 2010, 04:38:20 PM »
Hinaya itu fusionnya Jiraiya dengan Hinata
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days