//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Hadaya-vatthu?  (Read 34791 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #45 on: 17 November 2009, 12:16:22 PM »
abhidhammasangaha adalah "komentar" dari abhidhamma pitaka. jadi ada kemungkinan menjelaskan dengan istilah yang baru.

utk tipitaka + atthakata sudah bisa didownload koq dari Chaṭṭha Saṅgāyana, bisa dicari sendiri verbatim word by word kalau mau dibuktikan.

semua hadayavatthu itu adalah digunakan belakangan, tidak dalam abhidhamma pitaka sekalipun. silahkan ehipassiko bro :)
There is no place like 127.0.0.1

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #46 on: 17 November 2009, 12:53:23 PM »
Istilah hadayavatthu memang tidak ditemukan dalam Tipitaka. Namun dalam kitab Paṭṭhana ada satu pernyataan yang menjunjukkan tentang keberadaan satu materi (rūpa) yang berfungsi sebagai kondisi penyokong (support condition - nissayapaccaya) yang menjadi landasan bagi unsur pikiran (manodhātu), unsur kesadaran pikiran (manoviññānadhātu) dan fenomena-fenomena yang bersangkutan - Yaṃ  rūpaṃ nissāya  manodhātu  ca  manoviññāṇadhātu  ca  vattanti, taṃ rūpaṃ manodhātuyā   ca   manoviññāṇadhātuyā  ca  taṃsampayuttakānañca  dhammānaṃ  nissayapaccayena paccayo.

Rūpa inilah yang belakangan diidenfikasikan sebagai hadayavatthu.

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #47 on: 17 November 2009, 01:11:47 PM »
Hadayavatthu muncul dan lenyap dengan cepat sekali.
AFAIK, semua rupa (fisik) itu dikatakan muncul & lenyap dg sangat cepat sekali di Abhidhamma.
tp toh tubuh kita masih tertangkap oleh kamera.
Bagaimana dg hadaya-vatthu? apakah ada nama organnya? atau belum terdeteksi oleh science?

Rupa dari Hadayavatthu di sebut Hadayarupa. Di dalam Hadayarupa itulah ada Hadayavatthu.  Hadayarupa termasuk salah satu Rupa 28. Apakah Mahabutha ( rupa unsur padat, cair, gerak & panas) itu bisa tertangkap oleh kamera? begitu jg dg hadayarupa itu.

Sampai sekarang belum ada peralatan dokter yg bisa mendeteksi Hadayarupa/hadayavatthu itu.

Saya rasa tidak usah memperdebatkan ttg Hadayavatthu karena hanya dengan meditasi vipasanna saja yg bisa melihat itu semua. Kalo Teman2 berminat mau melihatnya...cobalah meditasi vipasanna sampai berhasil... ;D

_/\_ :lotus:

~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #48 on: 17 November 2009, 01:16:29 PM »
[at] upasaka:

kalau kasus anjing itu? tidak ada disekitar jantung loh ;D

mungkin pertanyaannya yg salah kali, sama seperti bertanya dimanakah sedih itu :P

Apakah kasus anjing itu benar2 nyata (bukan hoax)? Kalo bukan hoax, Siapa tahu anjing itu di pasangkan alat itu kemudian beberapa menit meninggal? Bisa jadi kan? karena itu ada unsur jivitarupanya jadi tidak mempercepat anjing itu meninggal... kek ekor cecak yg terputus...ekornya masih gerak2.

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #49 on: 17 November 2009, 01:21:27 PM »
abhidhammasangaha adalah "komentar" dari abhidhamma pitaka. jadi ada kemungkinan menjelaskan dengan istilah yang baru.

utk tipitaka + atthakata sudah bisa didownload koq dari Chaṭṭha Saṅgāyana, bisa dicari sendiri verbatim word by word kalau mau dibuktikan.

semua hadayavatthu itu adalah digunakan belakangan, tidak dalam abhidhamma pitaka sekalipun. silahkan ehipassiko bro :)

benz, saya bukan meragukan mengenai istilah hadaya vatthu-nya namun mengenai keberadaan hadaya vatthu itu sendiri

dari palikanon itu sendiri sudah jelas disebutkan seperti apa yg disebut oleh Peacemind.... bhw itu adalah rujukan dari Patthana yaitu

"That material thing based on which mind-element and mind-consciousness element function" (yam rūpam nissāya manodhātu ca mano-viññāna-dhātu ca vattanti, tam rūpam).


ehm karena saya sendiri belum pernah membaca abhidhamma secara keseluruhan jadi tidak bisa berkomentar mengingat yg saya pegang saat ini adalah abhidhammattasangaha yg diterjemahkan oleh Panjika

jika dilihat dari link : http://www.palikanon.com/english/wtb/g_m/hadaya_vatthu.htm

Quote
In the canonical texts, however, even in the Abhidhamma Pitaka, no such base is ever localized

yg saya lihat bukannya tidak ada melainkan tidak dilokalisir alias lokasi tepatnya tidak disebutkan, yg berbeda dengan pancadvara yg sudah jelas letaknya

hal ini cocok jika dengan yg disebut di : http://www.bdcu.org.au/BDDR/bddr13no4/abhi066.html

Quote
Hadaya is translated as "heart" but it is not the cardiac organ defined in anatomy.

jika dilihat di www.palikanon.com dalam topik introduction to abhidhamma : http://www.palikanon.com/english/intro-abhidhamma/chapter_vii.htm

hadayavatthu tetap disebut beberapa kali sebagai landasan untuk mano/citta

yg juga cocok dengan apa yg disebut Dr Mehm tin mon di the essence of buddha abhidhamma :

Quote
The hadaya-rupa is vatthu or the place where citta arises but it is not a dvara (door).


Intinya ini untuk menghindari salah persepsi seolah hadaya vatthu sebagai landasan dan fisik/rupa itu adalah ciptaan yg sama sekali tidak ada (bisa dilihat di postingan milis SP bhw hadaya vatthu itu tidak bisa dibuktikan secara sains jadi dianggap sebagai tidak ada dan pusat kesadaran adanya di otak)

tapi saya setuju bhw secara istilah, hadaya vatthu itu muncul belakangan

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #50 on: 17 November 2009, 01:22:41 PM »
err.. di Tipitaka nda ada hadayavatthu ;D

Rupa 28 itu ada di kitab Abhidhamma kan? :D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #51 on: 17 November 2009, 01:30:06 PM »
err.. di Tipitaka nda ada hadayavatthu ;D

Rupa 28 itu ada di kitab Abhidhamma kan? :D

_/\_ :lotus:

tepatnya sih di Vatthudasakakalapa yaitu kelompok materi yang terdiri dari 10 jenis dipimpin oleh hadaya vatthu (materi tempat munculnya kesadaran): avinibbhogarupa 8, jivitarupa 1, hadayavatthu 1

tapi karena lom baca abhidhamma pitaka secara keseluruhan dan apa yg ditulis diatas adalah berdasar dari abhidhammatthasangaha

itu kenapa saya bilang bhw utk istilah, setuju itu muncul belakangan tapi secara fisik/rupa, hadaya vatthu itu benar2 ada

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #52 on: 17 November 2009, 01:55:20 PM »
nda jer, dah di fulltext index search di abhidhamma juga nda nemu *lihat postingan2x halaman 2* ;D. coba buka di link si gachapin, disono jg dibilang gitu.

Coba search ttg RUPA 28...ada Hadayarupa ngga?

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #53 on: 17 November 2009, 01:57:54 PM »
abhidhammasangaha adalah "komentar" dari abhidhamma pitaka. jadi ada kemungkinan menjelaskan dengan istilah yang baru.

utk tipitaka + atthakata sudah bisa didownload koq dari Chaṭṭha Saṅgāyana, bisa dicari sendiri verbatim word by word kalau mau dibuktikan.

semua hadayavatthu itu adalah digunakan belakangan, tidak dalam abhidhamma pitaka sekalipun. silahkan ehipassiko bro :)

Kalo Hadayarupa tidak ada...berarti kita hanya terdiri dari 27 RUPA yah? ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #54 on: 17 November 2009, 08:24:42 PM »
rupa 28 itu palinya apa ncik? biar bisa dicari gitu. yg pasti kalau ada juga tidak tertulis HADAYAVATTHU sebagai salah satu elementnya.

nah kembali pada istilah hadayavatthu, yg mau aye tekankan sih, istilah itu belakangan baru muncul lalu jika ini penting untuk disinggung dengan nama kontroversial itu tentunya tidak akan terlewat oleh sang Buddha. Jika ada disinggung dengan kata lain, mengapa kita repot2x menggunakan istilah baru yg lebih kontroversial seiring dengan makin berkembangnya science.

dari saya sih kita coba lebih objektif dan terbuka dan tetap kritis, jika ada rujukan atau ada kesalahan dalam pencarian, bisa tolong dikoreksi. kan saling belajar dan bantu :)

bagi yg mau bantu cari bisa browse di http://tipitaka.org atau download saja programnya sudah termasuk tipitaka+atthakata+tika+anya(termasuk Visudhimagga)
There is no place like 127.0.0.1

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.806
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #55 on: 17 November 2009, 11:14:52 PM »
Ternyata ada di Tipitaka:

Khuddakanikāye
Milindapañhapāḷi
3. Vessantaravaggo
1. Vessantarapañho

Tasmā, mahārāja, vessataro rājā puttadānaṃ [puttadāraṃ (ka.)] datvā paṇṇasālaṃ pavisitvā nipajji. Tassa atipemena dukkhitassa balavasoko uppajji, hadayavatthu uṇhamahosi. Nāsikāya appahontiyā mukhena uṇhe assāsapassāse vissajjesi, assūni parivattitvā lohitabindūni hutvā nettehi nikkhamiṃsu. Evameva kho, mahārāja, dukkhena vessantaro rājā brāhmaṇassa puttadāramadāsi ‘mā me dānapatho parihāyī’ti.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tapi secara itu komentar gitu loh, dimasukkan dalam Tipitaka cuma di belahan bumi tertentu

Secara di search, paling bagus ya itu.

hadayarūpaṃ
hadayarūpañca
hadayarūpadassanādividhānaṃ
hadayarūpadassanena
hadayarūpadassanenāti
hadayarūpanti
hadayarūpapaccayā
hadayarūpamiccapi
hadayarūpameva
hadayarūpavatthukacittaṃ
hadayarūpavatthukanti
hadayarūpasiṅghāṭake
hadayarūpassa
hadayarūpassapi
hadayarūpassāpi
hadayarūpe
hadayavatthu
hadayavatthuṃ
hadayavatthuṃyeva
hadayavatthuanantaraṃ
hadayavatthuādippabhedaṃ
hadayavatthuādisakalasarīrassa
hadayavatthuādīsu
hadayavatthukaṃ
hadayavatthukampi
hadayavatthukāpi
hadayavatthukāyabhāvadasakavasena
hadayavatthukoṭiṃ
hadayavatthukopi
hadayavatthuñca
hadayavatthuñcāti
hadayavatthuñceva
hadayavatthuññeva
hadayavatthuto
hadayavatthudasakañcāti
hadayavatthunā
hadayavatthunissayaṃ
hadayavatthunissitaṃ
hadayavatthunissitassa
hadayavatthunissitāni
hadayavatthunissito
hadayavatthuno
hadayavatthunopi
hadayavatthunti
hadayavatthupadaṭṭhānaṃ
hadayavatthupadaṭṭhānatā
hadayavatthupadaṭṭhānanti
hadayavatthupadaṭṭhānā
hadayavatthupadaṭṭhānāti
hadayavatthupadesamatte
hadayavatthuparimaddanena
hadayavatthupariyosānāni
hadayavatthupi
hadayavatthubhedato
hadayavatthumaṃsamīva
hadayavatthumattameva
hadayavatthumattampi
hadayavatthumattasannissitaṃ
hadayavatthumattasmiṃ
hadayavatthumattasminti
hadayavatthumatte
hadayavatthumatteti
hadayavatthumeva
hadayavatthumevāti
hadayavatthumpi
hadayavatthumhi
hadayavatthuyeva
hadayavatthurūpaṃ
hadayavatthurūpañca
hadayavatthurūpassa
hadayavatthurūpādīhi
hadayavatthulakkhaṇaṃ
hadayavatthuvajjaṃ
hadayavatthuvasena
hadayavatthuvirahitaṃ
hadayavatthusaṅkhātaṃ
hadayavatthusannissayaṃ
hadayavatthusannissayatāya
hadayavatthusannissayato
hadayavatthusannissayalohitavaṇṇadassanamukhena
hadayavatthusannissayena
hadayavatthusannissitaṃ
hadayavatthusannissitabhūtāni
hadayavatthusannissitameva
hadayavatthusannissitā
hadayavatthusannissitāya
hadayavatthusahitabhāgeyeva
hadayavatthusmiṃ
hadayavatthusmiṃyeva
hadayavatthussa
hadayavatthūti

secara ada ratusan, kalo gak ribuan di komentar
----------------------------------------------------------
Sori ntjik, tapi hadayarūpa pun cuma ada di komentar...
« Last Edit: 17 November 2009, 11:26:14 PM by gachapin »
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #56 on: 18 November 2009, 12:51:47 AM »
btw, beberapa bikkhu ada yang tidak menyetujui kitab-kitab komentar....dan lebih mempercayai 4 nikaya tertua sebagai sabda asli Buddha....

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=8482.0

saya rasa perlu dibaca ulang...keknya ga rugi de..

saya mendapat kutipan dari artikel bahwa "abhidhamma bukan dari SangBuddha" dikarenakan alasan...
dari Maha Malunkyaputta Sutta...
apa benar bahwa dalam sutta tersebut di tekankan pencapaian jhana agar memasuki arahat...
bahasa inggris semua jadi ga tau baca.. ;D
mohon di jelaskan secara detaik.

http://www.mahindarama.com/e-tipitaka/Majjhima-Nikaya/mn-64.htm

Quote
alasan ketiga mengapa Abhidhamma tidak mungkin berasal dari Buddha adalah karena di dalam Abhidhamma disebutkan bahwa tanpa jhâna seseorang masih dapat mencapai Arahat.  Sedangkan di Nikâya ditegaskan berkali-kali bahwa jhâna adalah sesuatu yang wajib dimiliki untuk mencapai kesucian Arahat [MN 64, AN 4.170].
« Last Edit: 18 November 2009, 01:04:44 AM by marcedes »
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #57 on: 18 November 2009, 01:03:07 AM »
Anggaplah kitab2 komentar bukan berasal dari Sang Buddha, tapi gmnpun mereka memberi sumbangan dalam upaya penjelasan ajaran Sang Buddha. Dan merupakan kristalisasi kebijaksanaan para sesepuh selama ribuan tahun Buddhisme berkembang.. Tapi jadi fatal kalau lalu dianggap komentar sbg hal mutlak kan? Apalagi jika sampai seandainya (mudah2an tidak) kitab komentar dianggap lebih sistematis dan komplit, intisari dari ajaran Buddha. Jika kita memakai ungkapan Zen, maka kata2 Sang Buddha laksana bulan, dan komentar ibarat telunjuk. Telunjuk perlu utk bisa melihat bulan, tp telunjuk bukan.
appamadena sampadetha

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #58 on: 18 November 2009, 01:12:17 AM »
Ternyata ada di Tipitaka:

Khuddakanikāye
Milindapañhapāḷi
3. Vessantaravaggo
1. Vessantarapañho

Tasmā, mahārāja, vessataro rājā puttadānaṃ [puttadāraṃ (ka.)] datvā paṇṇasālaṃ pavisitvā nipajji. Tassa atipemena dukkhitassa balavasoko uppajji, hadayavatthu uṇhamahosi. Nāsikāya appahontiyā mukhena uṇhe assāsapassāse vissajjesi, assūni parivattitvā lohitabindūni hutvā nettehi nikkhamiṃsu. Evameva kho, mahārāja, dukkhena vessantaro rājā brāhmaṇassa puttadāramadāsi ‘mā me dānapatho parihāyī’ti.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tapi secara itu komentar gitu loh, dimasukkan dalam Tipitaka cuma di belahan bumi tertentu

Secara di search, paling bagus ya itu.

hadayarūpaṃ
hadayarūpañca
hadayarūpadassanādividhānaṃ
hadayarūpadassanena
hadayarūpadassanenāti
hadayarūpanti
hadayarūpapaccayā
hadayarūpamiccapi
hadayarūpameva
hadayarūpavatthukacittaṃ
hadayarūpavatthukanti
hadayarūpasiṅghāṭake
hadayarūpassa
hadayarūpassapi
hadayarūpassāpi
hadayarūpe
hadayavatthu
hadayavatthuṃ
hadayavatthuṃyeva
hadayavatthuanantaraṃ
hadayavatthuādippabhedaṃ
hadayavatthuādisakalasarīrassa
hadayavatthuādīsu
hadayavatthukaṃ
hadayavatthukampi
hadayavatthukāpi
hadayavatthukāyabhāvadasakavasena
hadayavatthukoṭiṃ
hadayavatthukopi
hadayavatthuñca
hadayavatthuñcāti
hadayavatthuñceva
hadayavatthuññeva
hadayavatthuto
hadayavatthudasakañcāti
hadayavatthunā
hadayavatthunissayaṃ
hadayavatthunissitaṃ
hadayavatthunissitassa
hadayavatthunissitāni
hadayavatthunissito
hadayavatthuno
hadayavatthunopi
hadayavatthunti
hadayavatthupadaṭṭhānaṃ
hadayavatthupadaṭṭhānatā
hadayavatthupadaṭṭhānanti
hadayavatthupadaṭṭhānā
hadayavatthupadaṭṭhānāti
hadayavatthupadesamatte
hadayavatthuparimaddanena
hadayavatthupariyosānāni
hadayavatthupi
hadayavatthubhedato
hadayavatthumaṃsamīva
hadayavatthumattameva
hadayavatthumattampi
hadayavatthumattasannissitaṃ
hadayavatthumattasmiṃ
hadayavatthumattasminti
hadayavatthumatte
hadayavatthumatteti
hadayavatthumeva
hadayavatthumevāti
hadayavatthumpi
hadayavatthumhi
hadayavatthuyeva
hadayavatthurūpaṃ
hadayavatthurūpañca
hadayavatthurūpassa
hadayavatthurūpādīhi
hadayavatthulakkhaṇaṃ
hadayavatthuvajjaṃ
hadayavatthuvasena
hadayavatthuvirahitaṃ
hadayavatthusaṅkhātaṃ
hadayavatthusannissayaṃ
hadayavatthusannissayatāya
hadayavatthusannissayato
hadayavatthusannissayalohitavaṇṇadassanamukhena
hadayavatthusannissayena
hadayavatthusannissitaṃ
hadayavatthusannissitabhūtāni
hadayavatthusannissitameva
hadayavatthusannissitā
hadayavatthusannissitāya
hadayavatthusahitabhāgeyeva
hadayavatthusmiṃ
hadayavatthusmiṃyeva
hadayavatthussa
hadayavatthūti

secara ada ratusan, kalo gak ribuan di komentar
----------------------------------------------------------
Sori ntjik, tapi hadayarūpa pun cuma ada di komentar...

Milindapañha dianggap bagian Khuddayanikaya oleh tradisi Burma, sedangkan Sri lanka menganggap buku ini sebagai post-canonical literature sehingga bukan termasuk Ti pitaka. Alasan Milindapañha tidak dimasukkan ke dalam Tipiṭaka memang karena buku ini disusun belakangan, bahkan diperkirakan lebih belakang dari Kathavatthu.

Selain Milindapañha, Nettippakarana dan Petakopadesa juga tidak dimasukkan ke dalam bagian Khuddakanikāya menurut tradisi Sri Lanka. Sebaliknya, tradisi Burma mengikutkan ketiga buku ini ke dalam khuddakanikāya.

Be happy.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Hadaya-vatthu?
« Reply #59 on: 18 November 2009, 08:47:00 AM »
rupa 28 itu palinya apa ncik? biar bisa dicari gitu. yg pasti kalau ada juga tidak tertulis HADAYAVATTHU sebagai salah satu elementnya.

nah kembali pada istilah hadayavatthu, yg mau aye tekankan sih, istilah itu belakangan baru muncul lalu jika ini penting untuk disinggung dengan nama kontroversial itu tentunya tidak akan terlewat oleh sang Buddha. Jika ada disinggung dengan kata lain, mengapa kita repot2x menggunakan istilah baru yg lebih kontroversial seiring dengan makin berkembangnya science.

dari saya sih kita coba lebih objektif dan terbuka dan tetap kritis, jika ada rujukan atau ada kesalahan dalam pencarian, bisa tolong dikoreksi. kan saling belajar dan bantu :)

bagi yg mau bantu cari bisa browse di http://tipitaka.org atau download saja programnya sudah termasuk tipitaka+atthakata+tika+anya(termasuk Visudhimagga)

boleh minta tolong cariin soalnya ga familiar ama sistem pencariannya di www.tipitaka.org itu

bisa cari rupakalapa, atau kammajakalapa, atau Vatthudasakakalapa... karena sejauh yg saya tahu, hadayavatthu ada dalam Vatthudasakakalapa, yg termasuk dalam kammajakalapa, yg merupakan bagian dari rupakalapa....

anumodana....