//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?  (Read 4123 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline vivianisun

  • Teman
  • **
  • Posts: 69
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« on: 02 July 2009, 08:47:03 PM »
 _/\_ _/\_ _/\_ _/\_ _/\_



Nahhh.... kali ni w mo sharing z...

Tujuan hidup teman2 DC apa???

Pernah terpikirkan ga, kalo kita memiliki kewajiban di dunia ini saat kita hidup..???

Kewajibannya seperti dalam hal agama..
Misalny ortu kita minim dalam hal beragama, sebagai anak kita memiliki kewajiban untuk mengajarkan Buddha Dharma kepada mereka... dsb


 ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ maaf ya jika da salah..

Cuma sekadar sharing doank :D
Do whatever you want to do
Don't  waste your time until you can't do it

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #1 on: 02 July 2009, 11:10:25 PM »
Quote
Misalny ortu kita minim dalam hal beragama, sebagai anak kita memiliki kewajiban untuk mengajarkan Buddha Dharma kepada mereka... dsb

IMHO.... (menurut gw)...

1. Antusiastik : Sebagai murid Buddha, kita harus antusiastik sekali tentang ajaran2 maupun menjalankan ajaran Buddha.
2. Order : 4 arah penghormatan, dan ortu adalah penghormatan UTAMA. Bakti pada ortu adalah order utama, sedangkan yg lain order kesekian...
3. Berpikirlah menyerupain ortu : Kalau ortu gak suka lagu metal, disco, dangdut, dll. Maka janganlah malah membuat ortu tak betah karna hobi anda. kalau ortu bergaya hidup hemat, maka janganlah anda bergaya foya2 walaupun duit anda sendiri.
4. Bertanyaklah : sering2lah bertanya pada ortu, sehingga itu merupakan masukkan apa yg diinginkan.
5. Hal Pokok : Perhatikanlah apa yg menjadi kebutuhan pokok utama ortu, dan coba melengkapinlah.
6. Mendengarkan : Kalau ortu bicara simak, perhatikan utk mendengar, jangan malah banyak mulut. Kalau disuruh/panggil cepat menjawab dan menjalankan perintahnya.
7. Tulus : hormatin ortu dgn tulus, bukan karna dia berkuasa atau banyak duit.
8. berpengetahuan tentang dharma : Bersiap-siaplah menjelaskan dharma Buddha dgn jelas, rinci, dan contoh2nya supaya ortu merasa anda bener2 mengerti tentang dharma.
9. Puji : janganlah pelit memuji ortu. Karna pada dasarnya semua org senang dgn pujian yg tulus.
10. berbahagia : Jadilah orang yg berbahagia, mudah senyum dalam segala masalah. jangan mudah mengeluh dan mengomel.
11. Ingatlah : ingatlah hari2 penting ortu... spt ultah, anniversary, dst.
12. Rawatlah : Rawatlah ortu kalau sakit ataupun capek.
13. Yakinkan : Yakinkanlah pada ortu bahwa dharma dari sang Buddha bener2 indah dan berguna utk kehidupan sekarang, maupun kehidupan yg akan datang.

 _/\_
kira2 begitulah, semoga berguna.... :x
maaf juga kalau ada yg salah ..
« Last Edit: 02 July 2009, 11:15:23 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Gunawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
  • Siswa Berbaju Putih
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #2 on: 03 July 2009, 11:57:54 AM »
_/\_ _/\_ _/\_ _/\_ _/\_



Nahhh.... kali ni w mo sharing z...

Tujuan hidup teman2 DC apa???

Pernah terpikirkan ga, kalo kita memiliki kewajiban di dunia ini saat kita hidup..???

Kewajibannya seperti dalam hal agama..
Misalny ortu kita minim dalam hal beragama, sebagai anak kita memiliki kewajiban untuk mengajarkan Buddha Dharma kepada mereka... dsb


 ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ maaf ya jika da salah..

Cuma sekadar sharing doank :D

Berilah Mereka Pengertian Dharma secara bertahap (Anapubikatta) dan disesuaikan dengan KE-TU-PAT (Keadaan Waktu Tempat).....Note Jangan Maksa yach..... ;)

 _/\_
Gunawan
Yo kho Vakkali dhamma? passati so ma? passati; yo ma? passati so dhamma? passati.
Dhamma├▒hi, vakkali, passanto ma? passati; ma? passanto dhamma? passati"

Offline savana_zhang

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 253
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
  • om mani padme hum
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #3 on: 03 July 2009, 12:58:24 PM »
_/\_ _/\_ _/\_ _/\_ _/\_



Nahhh.... kali ni w mo sharing z...

Tujuan hidup teman2 DC apa???

Pernah terpikirkan ga, kalo kita memiliki kewajiban di dunia ini saat kita hidup..???

Kewajibannya seperti dalam hal agama..
Misalny ortu kita minim dalam hal beragama, sebagai anak kita memiliki kewajiban untuk mengajarkan Buddha Dharma kepada mereka... dsb


 ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ maaf ya jika da salah..

Cuma sekadar sharing doank :D
tujuan saya adalah selalu menjadi makin baik bukan makin buruk
tentu sebagai umat buddha finalnya adalah lepas dr samsara

Offline Chandra Rasmi

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.466
  • Reputasi: 85
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #4 on: 03 July 2009, 06:06:06 PM »
wah.. uda keduluan buka thread ni..

bener tuh.. 7an hidup kita sebeenernya apa yahhh???
w juga bingung...
tidak punya 7an yang pasti...
hanya menjalaninya aja..

sering sx bosan dengan semuanya...
hahhaa

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #5 on: 03 July 2009, 08:06:55 PM »
wah.. uda keduluan buka thread ni..

bener tuh.. 7an hidup kita sebeenernya apa yahhh???
w juga bingung...
tidak punya 7an yang pasti...
hanya menjalaninya aja..

sering sx bosan dengan semuanya...
hahhaa

Tujuan hidup dari yg tertinggi sampai pada yg terendah...

1. Tujuan tertingga jelas pencerahan sempurna (nirvana), spt Buddha Gautama
2. Tingkat kesucian (sebelum pencerahan sempurna)
3. Dpt reincarnasi dialam yg lebih baik dari kehidupan sekarang
4. sukses/kaya/sehat dlm kehidupan duniawi
5. hidup berkecukupan tanpa hutang pada org lain
...
X. ... gak dpt makan.... kelaparan , gak ada baju, gak ada tempat berteduh...

tinggal tentukan tujuan hidup anda.

bagaimana menurut yg lain?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline epicentrum

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 169
  • Reputasi: 17
  • Gender: Female
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #6 on: 03 July 2009, 09:13:12 PM »
tujuan hidup.............

always be in present moment and quickly free from samsara _/\_
tiada 1 sebab menghasilkan 1 akibat
tiada banyak sebab menghasilkan 1 akibat
tiada 1 sebab menghasilkan banyak akibat
yg ada banyak sebab menghasilkan banyak akibat

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #7 on: 03 July 2009, 09:58:43 PM »
mengakhiri kematian

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #8 on: 03 July 2009, 10:22:26 PM »
tujuan apa yah??? kayaknya aku masih belum ada mikir2 ke arah sana deh.. jalani aja hidup ini, berusaha jadi orang yang baik ajah kayaknya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #9 on: 03 July 2009, 10:30:53 PM »
tujuan apa yah??? kayaknya aku masih belum ada mikir2 ke arah sana deh.. jalani aja hidup ini, berusaha jadi orang yang baik ajah kayaknya

Apakah orang baik udah terbebas dari
kebencian, kemarahan, kebodohan batin ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #10 on: 03 July 2009, 10:54:41 PM »
tujuan apa yah??? kayaknya aku masih belum ada mikir2 ke arah sana deh.. jalani aja hidup ini, berusaha jadi orang yang baik ajah kayaknya

Apakah orang baik udah terbebas dari
kebencian, kemarahan, kebodohan batin ?


berusaha jadi orang baik, maksudnya saling membantu tanpa pamrih, melawan ngomongin orang walopun dalam hati, berusaha menyenangkan orang lain dan memberikan bantuan2 ke orang2 lah.. walopun cuma nyediain telinga ntuk denger curhat temen dan berusaha menjadi orang tengah kalo ada temen ato keluarga yang berselisih... itu aja sih ko... yang lain2 belum sanggup dan sedang diusahain

Offline gamebira

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 12
  • Reputasi: 0
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #11 on: 23 July 2009, 02:02:25 PM »
LIVE FREE or DIE HARD!!!  ;)

Offline indera_9

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 206
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
  • ......
Re: Diskusi... Tujuan hidup kalian tch apa?
« Reply #12 on: 27 July 2009, 09:52:34 AM »
Tujuan hidup :

Bagi diri sendiri : memutuskan rantai lingkaran samsara (the ultimate goal)  :)

Bagi makhluk lain : menjadi pribadi yang bermanfaat dan berguna bagi makhluk lain  ;D
Hatred doesn't cease through hatred at anytime. Hatred ceases through love. This is the unalterable law

 

anything