Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Komunitas => Politik, ekonomi, Sosial dan budaya Umum => Topic started by: Jayadharo Anton on 27 November 2011, 01:07:44 PM

Title: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: Jayadharo Anton on 27 November 2011, 01:07:44 PM
Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang menghubungkan Kota Samarinda-Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara sepanjang sekitar 710 meter, Sabtu sekitar pukul 16.30 WITA, runtuh.

Wartawan ANTARA yang berada di lokasi kejadian melaporkan, "Suara gemuruh jembatan runtuh itu terdengar hingga beberapa kilometer."

Menurut keterangan sejumlah warga, saat badan jembatan runtuh, suasana lalu lintas cukup ramai. Namun, belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Saat runtuh, lalu lintas di jembatan itu sedang diberlakukan satu jalur karena jalur yang satu sedang dalam perbaikan.

Dari sisi Kota Samarinda, terlihat beberapa kendaraan masih menyangkut di kerangka besi jembatan yang runtuh.

Hingga berita ini diturunkan, Tim SAR dibantu aparat kepolisian, instansi terkait serta warga setempat sedang melakukan pencarian dan evakuasi terhadap kemungkinan adanya korban.

Sementara itu, ribuan warga terlihat memadati kedua sisi jembatan untuk sekadar melihat kondisi jembatan yang runtuh.

Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan kebanggan warga Kutai Kartanegara yang melintas di atas Sungai Mahakam. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter dari total panjang jembatan sekitar 710 meter.

Jembatan yang diresmikan pada tahun 2001 tersebut merupakan sarana penghubung utama Kota Samarinda dengan Kecamatan Tenggarong Seberang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Jembatan ini dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: johan3000 on 27 November 2011, 02:52:51 PM
apakah ada sistem early warning sebelum jembatan tsb patah ?
apakah karna kerangka tidak sanggup menahan beban yg diberikan ?
apakah ada baut yg longgar ? (kenapa bisa longgar0
apakah karna penggeseran struktur ? (adakah deteksi awal penggeseran tsb
                                                          yg dikirim ke database setiap saat spt deteksi gempa)
kenapa barang bisa rusak ?
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: andry on 28 November 2011, 09:14:52 PM
apakah ada sistem early warning sebelum jembatan tsb patah ?
apakah karna kerangka tidak sanggup menahan beban yg diberikan ?
apakah ada baut yg longgar ? (kenapa bisa longgar0
apakah karna penggeseran struktur ? (adakah deteksi awal penggeseran tsb
yg dikirim ke database setiap saat spt deteksi gempa)
kenapa barang bisa rusak ?

kalau adanya siste earlywarning, berarti hal tersebut pasti ada keretakan/something to be wrong happened , nah itu teh tdk boleh, jd di anulir
bukan
bukan
bukan
tidak,

opsinya 2
1, di korupsi dari ketahanan material
2, di paling besi/mur ku jalmi madura terus di kilo
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: dipasena on 28 November 2011, 09:27:53 PM
kalau adanya siste earlywarning, berarti hal tersebut pasti ada keretakan/something to be wrong happened , nah itu teh tdk boleh, jd di anulir
bukan
bukan
bukan
tidak,

opsinya 2
1, di korupsi dari ketahanan material
2, di paling besi/mur ku jalmi madura terus di kilo

abis kejadian ada beberapa pemulung datang ke lokasi lengkap dengan gerobak kayu yg dipasang dibelakang motor standby, kali2 bs ngambil besi bekas trus di kilo... sempat ke jepret wartawan koran jg tuh pemulung...

dugaan terkuat karena human error pada saat melakukan maintenance/perbaikan di jembatan, sekali lg nama ny wong ndeso, perbaikan jembatan tp jalanan tidak ditutup... salah melepas/mengendurkan baut, tali langsung terlepas dan jaring2 tidak mampu menahan beban, langsung ambruk...

dugaan selanjut nya, ya masalah korupsi, seharusnya kekuatan sekian, eh malah dikurangi, yg ada muncul masalah2 dikemudian hari... ketika diperbaiki, terjadi deh kasus ini...

Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: johan3000 on 29 November 2011, 06:50:40 AM
1 pada rakitan pabrik mobil, mobil yg udah dilas semua di check oleh tangan robot (ribuan point) apakah dimensi tsb adalah akurat,... sebelum mobil tsb di cuci dan di cat....

2 jadi di jembatanpun pada tempat2 strategis pun dpt dipasang pemampul yg dpt dideteksi oleh laser setiap saat, apakah posisi FITAL nya masih dalam keadaan aman ?

3 katakan kalau ada 1000 tali baja yg vertical... nah bila tegangannya berbeda, maka kekuatannyapun berbeda. contoh : bila 50 % talinya longgar, maka kekuatannya turun menjadi 50%.
bagaimana cara sebuah jembatan menjaga semua tali baja vertical dgn teganggan yg merata/benar ?

4 bagaimana dgn penggeseran pondasi jembatan ? ada ya tao ?

5 kenapa barang bisa rusak ?
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: johan3000 on 29 November 2011, 11:09:37 AM
6 kenapa semua tali baja vertical, putusnya di bagian paling atas, bukan random atau malah dibawah?
   kalau putus dibawa kan tali2 baja tsb masih dpt dipergunakan utk hal lain.
  tapi kalau putus dibawah dan tenggelam ke laut kan sangat mubajir...

7 boleh kasih bandingan perawatan jembatan golden gate amerika dgn
   golden gate Indonesia ? apa saja yg dirawat ?
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: andry on 29 November 2011, 11:12:09 AM
abis kejadian ada beberapa pemulung datang ke lokasi lengkap dengan gerobak kayu yg dipasang dibelakang motor standby, kali2 bs ngambil besi bekas trus di kilo... sempat ke jepret wartawan koran jg tuh pemulung...

dugaan terkuat karena human error pada saat melakukan maintenance/perbaikan di jembatan, sekali lg nama ny wong ndeso, perbaikan jembatan tp jalanan tidak ditutup... salah melepas/mengendurkan baut, tali langsung terlepas dan jaring2 tidak mampu menahan beban, langsung ambruk...

dugaan selanjut nya, ya masalah korupsi, seharusnya kekuatan sekian, eh malah dikurangi, yg ada muncul masalah2 dikemudian hari... ketika diperbaiki, terjadi deh kasus ini...


benul, tah ieu geblek na jelema urang2.
memangnya narik kabel jemuran.... aahahhha....
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: johan3000 on 30 November 2011, 11:31:39 AM
jembatan dan guitar....

senar harus mencapai teganggan yg tepat dan benar (Hz yg ditentukan)

mungkin sebaiknya pembuatan jembatan juga belajar guitar ?

kenapa pengikat (tali vertical) pada tali baja utama bisa lepas ya ?

Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: Wolvie on 30 November 2011, 02:09:51 PM
menurut pandangan sy yang awam, klo pun tali copot, masa segampang itu runtuh ya? apa bener2 cuma ditopang sama tali??

menurut sy korupsi yang menyumbang paling besar..

sekarang klo soal pencurian besi2 di jembatan itu kan terjadi di setiap jembatan di Indonesia, bgitu juga dengan besi rel KA..apa mereka lantas langsung ambruk dengan bgitu mudah dan cepat? jembatan ini ambruk cuma hitungan 30 detik lho. Mana sempat menyelamatkan diri klo kejadiannya cepat bgitu??

dan sy juga baru tau, pembikinnya PT. Hutama Karya ternyata itu punyanya Tommy Suharto??

sy harap yang ngerti konstruksi jembatan semacam itu mau memberikan pendapatnya, dari teknik sipil, mungkin?
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: johan3000 on 30 November 2011, 09:24:11 PM
kenapa barang semahal ini tidak dilengkapin :

high speed cctv dgn recording capability
pengukuran semua titik2 penting yg direkam dan disimpan ke database...
kecepatan angin, temperatur, dst...
bumper supaya tiang utama tidak ditabrak kapal
penjaga yg mengatur setiap kapal yg lewat
dll dll

kalau tali vertical putus, ya pastilah ambrol....namanya aja jembatan gantung (memakai tenaga gantungan)


adakah test mutu komponen ?
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: will_i_am on 30 November 2011, 09:33:24 PM
kenapa barang semahal ini tidak dilengkapin :

high speed cctv dgn recording capability
pengukuran semua titik2 penting yg direkam dan disimpan ke database...
kecepatan angin, temperatur, dst...
bumper supaya tiang utama tidak ditabrak kapal
penjaga yg mengatur setiap kapal yg lewat
dll dll

kalau tali vertical putus, ya pastilah ambrol....namanya aja jembatan gantung (memakai tenaga gantungan)


adakah test mutu komponen ?
pastinya karena kekurangan dana..
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: wang ai lie on 03 December 2011, 09:48:08 PM
jembatan dan guitar....

senar harus mencapai teganggan yg tepat dan benar (Hz yg ditentukan)

mungkin sebaiknya pembuatan jembatan juga belajar guitar ?

kenapa pengikat (tali vertical) pada tali baja utama bisa lepas ya ?

sebenarnya yang perlu di lihat kalau menurut saya adalah kualitas bahannya  ;D apakah para kontraktor itu telah jujur memberikan kualitas bahan nya kualitas utama atau hanya kw 2 atau kw 3  :-?, karena kualitas bahan mempengaruhi kekuatan dan umur dari bangunan , misal pada bangunan rumah ,jika semen memakai pembanding 1 sak semen + 5 ember pasir  adalah takaran yang benar tetapi pada pekerjaan lapangan menggunakan pembanding 1 sak semen + 9 ember pasir maka akan sangat mempengaruhi kekuatan dan ketahanan bangunan tersebut
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: hemayanti on 04 December 2011, 02:07:27 PM
5 kenapa barang bisa rusak ?
jawaban paling mudah, ya anicca.  ;D
Title: Re: Samarinda (ANTARA News) - Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang me
Post by: helenfransisca on 04 December 2011, 05:00:39 PM
4 bagaimana dgn penggeseran pondasi jembatan ? ada ya tao ?

Mo share pendapat ya....
pergesaran pondasi bisa di monitoring, biasanya di ukur pake teodolit. Jadi bisa dilihat pergerakannya seberapa jauh dan ke arah mana. Dalam kasus ini disinyalir pondasi jembatannya sudah bergeser, tetapi tidak diketahui apakah bergeser akibat tali penggantungnya putus (sehingga pondasi menerima tarik) atau malah terjadi gagal pondasi (pergeseran pondasi yang menyebabkan tali utama turun sehingga berimbas pada rangka jembatan yang ikut melendut dan menarik tali penggantung hingga putus). Who knowsss...  :-?

6 kenapa semua tali baja vertical, putusnya di bagian paling atas, bukan random atau malah dibawah?
   kalau putus dibawa kan tali2 baja tsb masih dpt dipergunakan utk hal lain.
  tapi kalau putus dibawah dan tenggelam ke laut kan sangat mubajir...

Setau aq semua tali didesain untuk menerima tegangan yang sama besar, jadi kalau salah satu tali saja tidak bekerja dengan bener bisa berimbas pada sekelilingnya, seperti efek domino. Mungkin sambungan pada bagian atas nya tidak kuat (terjadi kegagalan sambungan), ada yang bilang mungkin baut2 nya kendor