//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Poll

apakah praktik MMD sesuai dengan Buddhisme Theravada?

Sesuai
22 (52.4%)
Tidak sesuai
20 (47.6%)

Total Members Voted: 41

Voting closed: 11 August 2008, 12:01:45 AM

Author Topic: MMD [pool]  (Read 208939 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.869
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: MMD [pool]
« Reply #165 on: 07 August 2008, 10:03:43 AM »
Saya tidak mau mengambil alasan,jangan melihat orangnya,lihat ajarannya, tapi dari orangnya lah saya tahu ajaran yang ia bawakan. ga mungkin saya beragama Buddha hari ini tapi saya lihat Buddha sebagai orang penuh amarah,excited dan segala macam hawa nafsu yang tidak membawa saya pada perkembangan batin yang lebih maju.

MMD apapun itu namanya....orang mengetahui produk sepatu Adidas harganya wah wah dan bisa dipakai meningkatkan ego,namun kalo mereka tahu Adidas itu bahan bakunya made in Indonesia dibuat di pabrik Bekasi apakah mereka akan merasakan wah wah lagi,inilah ego manusia, MMD adalah sebuah produk Adidas hanya dipelintir namanya menjadi Asadi tapi bahan baku pembuat sepatu itu adalah sama tergantung bagaimana orang memarketkan produk itu sendiri. _/\_

Sekedar sharing,

Semua ajaran, pasti mengatakan Jalannya lah yg terbaik.
Sekarang, bagaimana kita memutuskan apakah Jalan yg terbaik bagi kita?
Bagi sy, sy punya beberapa pedoman.

Pertama,
Jalan yg sy tempuh harus menampakkan hasil, sesuai dengan tujuan saya.
Tujuan saya adalah: terbebas dari dukkha (dukkha: kemarahan, kesombongan, kepedihan, dll).
Jadi sy bisa menilai, apakah Jalan yg sy pilih telah berhasil mengurangi dukkha saya?

Kedua,
Saya melihat dari 'Guru'nya. Apakah yg diajarkannya sesuai dengan yg dipraktikkan-nya?
Jika seorang Guru mengajarkan kualitas2 batin yg positif, pembebasan dari dukkha... kita akan dapat membandingkan dengan perilakunya sehari-hari.
Ketika si Guru ini dihadapkan dengan masalah sehari-hari, bagaimana ia meresponnya?
Apakah ia akan bersikap sesuai dengan ajarannya, atau ia seringkali lepas kontrol?

Ketiga,
Kita juga dapat melihat dari murid-muridnya.
Sebagai murid baru, kita dapat melihat bagaimana murid-murid lama Beliau.
Apakah murid-murid lama si Guru ini memperlihatkan peningkatan kualitas batin selama mengikuti Ajaran Gurunya? Kita bisa menilai dari sini.

Jadi, bagi saya, penilaian suatu Ajaran dilihat dari tiga faktor:
~ dinilai dari perkembangan batin sendiri
~ dinilai dari praktik si Guru
~ dinilai dari progress murid-murid yg lain

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: MMD [pool]
« Reply #166 on: 07 August 2008, 10:05:33 AM »
Sebetulnya saya masih bingung mengenai masalah JMB 8 dan MMD. MMD ini 'kan meditasi, jadi sebetulnya hanya merupakan bagian "sati" dan "samadhi", kenapa pula dalam "sati" dan "samadhi" ini harus memuat lagi JMB 8 itu sendiri.

Ini seperti mempertanyakan apakah satu pekerjaan termasuk dalam samma ajiva, tetapi kemudian mempertanyakan apakah ada JMB 8 di dalam pekerjaan itu.


Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.869
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: MMD [pool]
« Reply #167 on: 07 August 2008, 10:16:59 AM »
Sebetulnya saya masih bingung mengenai masalah JMB 8 dan MMD. MMD ini 'kan meditasi, jadi sebetulnya hanya merupakan bagian "sati" dan "samadhi", kenapa pula dalam "sati" dan "samadhi" ini harus memuat lagi JMB 8 itu sendiri.

Ini seperti mempertanyakan apakah satu pekerjaan termasuk dalam samma ajiva, tetapi kemudian mempertanyakan apakah ada JMB 8 di dalam pekerjaan itu.


MMD kan tidak hanya ketika duduk saja.
MMD meliputi juga beberapa konsep pemikiran yg disodorkan pendiri-nya (dalam hal ini Pak Hud).
Beberapa diantaranya, tidak diperlukan batasan perbuatan baik dan perbuatan buruk.
Malah, yg agak bertentangan dengan Buddhism adalah: Perbuatan baik adalah produk dari AKU.

Sedangkan Buddhism, mengatakan bahwa perbuatan baik harus dilakukan untuk menunjang samadhi (JMB-8).

----

Sy pribadi tidak bermasalah sama sekali dengan MMD, seperti yg sy tulis sebelumnya, praktik meditasi duduk saya, basicnya pertama kali adalah MMD. Yang tidak cocok adalah konsep yg mengiringi MMD (meditasi duduk), yakni perbuatan baik itu perlu atau tidak perlu. Dalam hal ini, sy setuju dengan JMB-8 dan menolak kerangka pemikiran MMD, bahwa perbuatan baik tidak diperlukan dalam mencapai pencerahan.

::
« Last Edit: 07 August 2008, 10:30:50 AM by willibordus »
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Yong_Cheng

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 279
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: MMD [pool]
« Reply #168 on: 07 August 2008, 10:23:55 AM »
Sebetulnya saya masih bingung mengenai masalah JMB 8 dan MMD. MMD ini 'kan meditasi, jadi sebetulnya hanya merupakan bagian "sati" dan "samadhi", kenapa pula dalam "sati" dan "samadhi" ini harus memuat lagi JMB 8 itu sendiri.

Ini seperti mempertanyakan apakah satu pekerjaan termasuk dalam samma ajiva, tetapi kemudian mempertanyakan apakah ada JMB 8 di dalam pekerjaan itu.



saya sebagai orang awam setuju dengan pernyataan bro Kainyn, maaf langsung nyamber aja  ^:)^
Perjalanan seribu mil diawali dengan satu langkah kaki

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: MMD [pool]
« Reply #169 on: 07 August 2008, 10:31:38 AM »
Kita dithread ini kan memang mengkaji "sesuaikah MMD dengan Buddhism"

Kajian itu sendiri sudah menimbulkan rimba pendapat yang simpang siiur. ... :)
Bagi pemeditasi MMD sendiri, semua itu tidak relevan.


Quote
Tidak ada goal ?
Bukankah bapak sendiri yang mengatakan "tujuan" MMD adalah "diamnya aku & pikiran"

Lebih dulu, apakah definisi "tujuan" itu? Menurut saya, "tujuan" adalah "sesuatu yang tidak ada pada saat kini dan ingin dicapai di masa depan." ... Setujukah Anda dengan definisi itu? Atau mau membuat definisi sendiri? Silakan. ...

Adanya "tujuan" menyiratkan adanya "waktu" dan adanya "metode" (cara, jalan) untuk mencapai "tujuan" itu. ...

Dalam MMD, yang ada hanyalah 'saat kini' ... tidak ada 'masa depan' ... jadi tidak ada 'waktu', tidak ada 'tujuan', tidak ada 'metode, cara, jalan'. ...

'Berhentinya pikiran' harus terjadi pada 'saat kini' ... jadi menurut definisi "tujuan", 'berhentinya pikiran' bukan "tujuan". ...

Yang penting: ini bukanlah otak-atik logika semata-mata, tetapi mempunyai implikasi sangat besar dalam praktik. ... Kalau seorang pemeditasi vipassana di dalam praktiknya selalu memikirkan "tujuan" di 'masa depan', maka "tujuan" itu justru merintangi meditasinya. ... Jadi, lebih baik saya katakan, MMD tidak punya "tujuan", beradalah pada saat kini sepenuhnya ... di situlah pikiran berhenti.  ... Dan hasilnya ... banyak pemeditasi MMD, ketika menyadari bahwa pikirannya selalu menyeret ke masa depan, pada suatu "tujuan" ... dan berkat kesadaran itu pikirannya berhenti menyeret ... maka ia masuk ke dalam keheningan saat kini ... Itu fakta yang telah dialami berkali-kali oleh berbagai orang dalam retret MMD.


Quote
Sekarang silakan review Malunkyaputta-sutta, kisah seorang bhikkhu tua; beliau juga mendapat tuntunan vipassana yang persis sama dengan yang diberikan kepada Bahiya ... kemudian berlatih ... dan akhirnya menjadi arahat juga.
Bisa tolong bapak berikan URL ke sutta yang bersangkutan dalam versi Indonesia?

Versi Indonesianya saya tidak tahu. Mungkin Rekan Sumedho tahu.

Salam,
hudoyo
« Last Edit: 07 August 2008, 11:31:08 AM by hudoyo »

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: MMD [pool]
« Reply #170 on: 07 August 2008, 10:38:41 AM »
MMD kan tidak hanya ketika duduk saja.
MMD meliputi juga beberapa konsep pemikiran yg disodorkan pendiri-nya (dalam hal ini Pak Hud).
Beberapa diantaranya, tidak diperlukan batasan perbuatan baik dan perbuatan buruk.
Malah, yg agak bertentangan dengan Buddhism adalah: Perbuatan baik adalah produk dari AKU.

Sedangkan Buddhism, mengatakan bahwa perbuatan baik harus dilakukan untuk menunjang samadhi (JMB-8).



Kalau sudah filosofinya, itu bukan bagian dari MMD, tetapi rasanya sudah menyangkut pribadi. Saya rasa Pak Hudoyo ga mungkin membahas itu pada semua peserta MMD, khususnya yang non-Buddhis.

Mengenai perbuatan baik adalah produk "aku", itu juga saya setengah setuju dengan Pak Hudoyo.

Setuju karena memang pada asekkha puggala (Arahat), tidak ada "kemelekatan" pada perbuatan baik dan buruk, hanya ada jalannya "fungsi" yang berdasarkan "masa lalu". Oleh karena itu namanya bukan kusala/akusala, melainkan kiriya.
Seperti saya sudah beri contohnya Thera Pilinda Vacca, sudah tidak ada ucapan baik dan ucapan buruk, ucapan "kasar"-nya itu dikondisikan oleh masa lalunya yang 500x kehidupan adalah seorang Brahmana.


Tidak setuju karena menurut saya, walaupun belum Arahat, tetap ada gerak pikiran yang bukan produk "AKU (LDM)". 
Memuaskan indriah adalah gerak pikiran produk "Aku (LDM)"; Menahan diri dari kepuasan indriah adalah gerak pikiran yang bukan produk "Aku (LDM)".

« Last Edit: 07 August 2008, 10:48:30 AM by Kainyn_Kutho »

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: MMD [pool]
« Reply #171 on: 07 August 2008, 10:41:17 AM »
Ya Pak, lengkapnya: "Apakah MMD sejalan dengan Buddhism Theravada".
bukan
"Apakah MMD bisa mencerahkan / tidak"
Jadi sesuai pertanyaan polling, titik tolak saya, pertama, yg mana saja masuk Buddhism (sudah ada kesepakatan Internasionalnya, jadi kita gak usah repot2), kedua, sy bandingkan "kesepakatan bersama" tsb dengan konsep MMD.

Yang Anda sebut "kesepakatan internasional" itu cuma di dalam nama/istilah dari konsep-konsep.
Contohnya: 'paticca-samuppada' - bagaimana "kesepakatan internasional"-nya? Apakah pandangan BUddhadasa Mahathera dianggap menyimpang dari "kesepakatan internasional" tentang paticca-samuppada?

MMD sendiri tidak punya konsep/teori apa pun ... melainkan sekadar sadar menurut Bahiya-sutta ... Apakah itu dianggap menyimpang dari "kesepakatan internasional"? ... Silakan saja. ... Di forum ini saja, sebagian pakar menyatakan MMD sesuai dengan Buddhisme, dan sebagian pakar lain menyatakan sebaliknya. Tidak usah diperpanjang.

Keabsahan ajaran Sang Buddha tidak bergantung pada legitimasi yang diberikan oleh "kesepakatan internasional" yang ada di kepala Anda.

Salam,
hudoyo
« Last Edit: 07 August 2008, 10:50:52 AM by hudoyo »

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: MMD [pool]
« Reply #172 on: 07 August 2008, 10:44:24 AM »
Ketiga,
Kita juga dapat melihat dari murid-muridnya.
Sebagai murid baru, kita dapat melihat bagaimana murid-murid lama Beliau.
Apakah murid-murid lama si Guru ini memperlihatkan peningkatan kualitas batin selama mengikuti Ajaran Gurunya? Kita bisa menilai dari sini.
Akhirnya saya bisa memahami,
Mengapa jalan yg dikenalkan oleh siddartha begitu kompleks... begitu ribet... begitu menjelimet....
dibandingkan dengan Jalan yang ditunjukkan oleh guru-guru lain...

Terima kasih willibordus
Tulisan ini semakin memperkuat keyakinan saya ke triratna
 _/\_

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: MMD [pool]
« Reply #173 on: 07 August 2008, 10:46:20 AM »
Itulah, Buddhism yg paling modern sekalipun, masih tetap mengakui JMB-8...

Dalam Buddhisme yang paling kuno, Bahiya-sutta, tidak ada JMB-8.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: MMD [pool]
« Reply #174 on: 07 August 2008, 10:51:55 AM »
Sebetulnya saya masih bingung mengenai masalah JMB 8 dan MMD. MMD ini 'kan meditasi, jadi sebetulnya hanya merupakan bagian "sati" dan "samadhi", kenapa pula dalam "sati" dan "samadhi" ini harus memuat lagi JMB 8 itu sendiri.

Ini seperti mempertanyakan apakah satu pekerjaan termasuk dalam samma ajiva, tetapi kemudian mempertanyakan apakah ada JMB 8 di dalam pekerjaan itu.



saya sebagai orang awam setuju dengan pernyataan bro Kainyn, maaf langsung nyamber aja  ^:)^

Nah, Yong_Cheng menangkap maksudnya.   :)
Kita sedang membahas metoda meditasi MMD, bukan membahas AGAMA MMD. Itu berbeda.


Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: MMD [pool]
« Reply #175 on: 07 August 2008, 10:54:25 AM »
MMD apapun itu namanya....orang mengetahui produk sepatu Adidas harganya wah wah dan bisa dipakai meningkatkan ego,namun kalo mereka tahu Adidas itu bahan bakunya made in Indonesia dibuat di pabrik Bekasi apakah mereka akan merasakan wah wah lagi,inilah ego manusia, MMD adalah sebuah produk Adidas hanya dipelintir namanya menjadi Asadi tapi bahan baku pembuat sepatu itu adalah sama tergantung bagaimana orang memarketkan produk itu sendiri. _/\_

Perumpamaan bahwa sepatu "adidas" dan sepatu "asadi" sama saja tidak kena di sini. ...
Orang yang mengenal MMD akan mengalami sendiri bahwa vipassana versi ini lain sekali dengan vipassana tradisional. Bukan cuma membalik nama ...

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: MMD [pool]
« Reply #176 on: 07 August 2008, 10:55:15 AM »
 [at] menyan...
mau URL Bahiya Sutta atau gw copas aje isinya disini?

http://forum.wgaul.com/archive/thread/t-63861-Kumpulan-Artikel-Buddhis.html

cari aja disitu ada yang post ttg Bahiya Sutta..

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: MMD [pool]
« Reply #177 on: 07 August 2008, 11:00:14 AM »
Pertanyaan poolnya: Apakah MMD sesuai dengan Buddhism Theravada.
Sy mesti mendeskripsikan masing2 nya untuk menilainya.

Silakan saja ... deskripsi Anda bisa saja berbeda dengan deskripsi pembaca lain. ... dan itu telah terbukti di thread ini sejauh ini.

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: MMD [pool]
« Reply #178 on: 07 August 2008, 11:01:07 AM »
[at] menyan...
mau URL Bahiya Sutta atau gw copas aje isinya disini?
http://forum.wgaul.com/archive/thread/t-63861-Kumpulan-Artikel-Buddhis.html
cari aja disitu ada yang post ttg Bahiya Sutta..

Bukan, yang diminta Kemenyan adalah URL Malunkyaputta-sutta dalam bahasa Indonesia

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: MMD [pool]
« Reply #179 on: 07 August 2008, 11:05:05 AM »
... setiap usaha apaun yang dia kerjakan itu udah termasuk dalam 8 Jalan Kebenaran dan ini bukan label Buddha tapi label Universal.

JMB-8 "label universal"? ... hehehe ... coba tanya pada orang Keristen, atau orang Islam, apa mereka kenal JMB-8? ... di mana "universalnya"? ... Suatu ajaran yang "universal" artinya dikenal oleh semua orang tanpa kecuali.
Sudahlah sampai di sini saja.