//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pattidana hanya untuk org mati?  (Read 20917 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Xan To

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 481
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #30 on: 11 August 2013, 11:15:43 PM »
Dalam kias itu dia berdana BUKAN utk Sangha yang menjalani kehidupan suci, tetapi kepada Leluhur dia melalui perantara paranormal yang membantu kias tsb, begitukah?

Sepertinya bukan, tapi untuk paranormal itu. teknisnya apakah nanti didoakan setiap hari atau bagaimana saya kurang tahu. Tapi yang pasti dana kepada Arya Sangha lebih baiklah, buktinya Ayuvaddhana yang seharusnya hidup cuma 7 hari dapat hidup sampe 120 tahun, hanya dengan pemberian dana selama 7 hari, sedangkan kias cuma bertahan 1 tahun.

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.117
  • Reputasi: 128
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #31 on: 11 August 2013, 11:48:07 PM »
ngawur banget deh
mbah guugle nyang jawab
Samma Vayama

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #32 on: 12 August 2013, 04:06:16 AM »
Tentu saja ada sebab-sebabnya.... seperti cerita pada Ayuvaddhanakumara, anak itu selamat kan karena ada persembahan yang dilakukan kepada anggota sangha, sesuai dengan saran Sang Buddha, begitu juga Kias, ada dana nya sekian rupiah hehehehe........

bro santo, cerita ayuvaddhanakumara dari kitab komentar  ;), bukan sutta dari kitab nikaya
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #33 on: 12 August 2013, 05:07:39 PM »
Sepertinya bukan, tapi untuk paranormal itu. teknisnya apakah nanti didoakan setiap hari atau bagaimana saya kurang tahu. Tapi yang pasti dana kepada Arya Sangha lebih baiklah, buktinya Ayuvaddhana yang seharusnya hidup cuma 7 hari dapat hidup sampe 120 tahun, hanya dengan pemberian dana selama 7 hari, sedangkan kias cuma bertahan 1 tahun.
IYA jelas lah bro Xan To berdana kepada Sangha itu tertinggi seperti yang dibabarkan sang Buddha dlm Sanghanussati "anuttaram punna kettam lokassati" (Ladang yang tersubur/termulia di dunia ini). Tapi jangan lupa bro, diwaktu itu yang baca paritta masih ada arahat, sedang jaman sekarang yang ada sekarat  :'(
I'm an ordinary human only

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.231
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #34 on: 12 August 2013, 05:20:50 PM »
Ada yg bisa bantu terjemahin ini?

AN 10.177

Then Janussonin the brahman went to the Blessed One and, on arrival, exchanged courteous greetings with him. After an exchange of friendly greetings & courtesies, he sat to one side. As he was sitting there, he said to the Blessed One, "Master Gotama, you know that we brahmans give gifts, make offerings, [saying,] 'May this gift accrue to our dead relatives. May our dead relatives partake of this gift.' Now, Master Gotama, does that gift accrue to our dead relatives? Do our dead relatives partake of that gift?"

"In possible places, brahman, it accrues to them, but not in impossible places."

"And which, Master Gotama, are the possible places? Which are the impossible places?"

"There is the case, brahman, where a certain person takes life, takes what is not given, engages in sensual misconduct, engages in false speech, engages in divisive speech, engages in abusive speech, engages in idle chatter, is covetous, bears ill will, and has wrong views. With the break-up of the body, after death, he reappears in hell. He lives there, he remains there, by means of whatever is the food of hell-beings. This is an impossible place for that gift to accrue to one staying there.

"Then there is the case where a certain person takes life, takes what is not given, engages in sensual misconduct, engages in false speech, engages in divisive speech, engages in abusive speech, engages in idle chatter, is covetous, bears ill will, and has wrong views. With the break-up of the body, after death, he reappears in the animal womb. He lives there, he remains there, by means of whatever is the food of common animals. This, too, is an impossible place for that gift to accrue to one staying there.

"Then there is the case where a certain person refrains from taking life, refrains from taking what is not given, refrains from sensual misconduct, refrains from false speech, refrains from divisive speech, refrains from abusive speech, refrains from idle chatter, is not covetous, bears no ill will, and has right views. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of human beings. He lives there, he remains there, by means of whatever is the food of human beings. This, too, is an impossible place for that gift to accrue to one staying there.

"Then there is the case where a certain person refrains from taking life, refrains from taking what is not given, refrains from sensual misconduct, refrains from false speech, refrains from divisive speech, refrains from abusive speech, refrains from idle chatter, is not covetous, bears no ill will, and has right views. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of the devas. He lives there, he remains there, by means of whatever is the food of devas. This, too, is an impossible place for that gift to accrue to one staying there.

"Then there is the case where a certain person takes life, takes what is not given, engages in sensual misconduct, engages in false speech, engages in divisive speech, engages in abusive speech, engages in idle chatter, is covetous, bears ill will, and has wrong views. With the break-up of the body, after death, he reappears in the realms of the hungry shades. He lives there, he remains there, by means of whatever is the food of hungry shades. He lives there, he remains that, by means of whatever his friends or relatives give in dedication to him. This is the possible place for that gift to accrue to one staying there.

"But, Master Gotama, if that dead relative does not reappear in that possible place, who partakes of that gift?"

"Other dead relatives, brahman, who have reappeared in that possible place."

"But, Master Gotama, if that dead relative does not reappear in that possible place, and other dead relatives have not reappeared in that possible place, then who partakes of that gift?"

"It's impossible, brahman, it cannot be, that over this long time that possible place is devoid of one's dead relatives. [1] But at any rate, the donor does not go without reward.

"Does Master Gotama describe any preparation for the impossible places?"

"Brahman, I do describe a preparation for the impossible places. There is the case where a certain person takes life, takes what is not given, engages in sensual misconduct, engages in false speech, engages in divisive speech, engages in abusive speech, engages in idle chatter, is covetous, bears ill will, and has wrong views. But he gives food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of elephants. There he receives food, drink, flowers, & various ornaments. It's because he took life, took what is not given, engaged in sensual misconduct, engaged in false speech, engaged in divisive speech, engaged in abusive speech, engaged in idle chatter, was covetous, bore ill will, and had wrong views that he reappears in the company of elephants. But it's because he gave food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives that he receives food, drink, flowers, & various ornaments.

"Then there is the case where a certain person takes life... has wrong views. But he gives food... lamps to brahmans & contemplatives. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of horses... in the company of cattle... in the company of poultry. There he receives food, drink, flowers, & various ornaments. [2] It's because he took life... and had wrong views that he reappears in the company of poultry. But it's because he gave food, drink... & lamps to brahmans & contemplatives that he receives food, drink, flowers, & various ornaments.

"Then there is the case where a certain person refrains from taking life, refrains from taking what is not given, refrains from sensual misconduct, refrains from false speech, refrains from divisive speech, refrains from abusive speech, refrains from idle chatter, is not covetous, bears no ill will, and has right views. And he gives food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of human beings. There he experiences the five strings of human sensuality [delightful sights, sounds, smells, tastes, tactile sensations]. It's because he refrained from taking what is not given, refrained from sensual misconduct, refrained from false speech, refrained from divisive speech, refrained from abusive speech, refrained from idle chatter, was not covetous, bore no ill will, and had right views that he reappears in the company of human beings. And it's because he gave food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives that he experiences the five strings of human sensuality. [3]

"Then there is the case where a certain person refrains from taking life... and has right views. And he gives food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of devas. There he experiences the five strings of divine sensuality [delightful sights, sounds, smells, tastes, tactile sensations]. It's because he refrained from taking what is not given... and had right views that he reappears in the company of devas. And it's because he gave food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives that he experiences the five strings of divine sensuality. But at any rate, brahman, the donor does not go without reward."

"It's amazing, Master Gotama, it's astounding, how it's enough to make one want to give a gift, enough to make one want to make an offering, where the donor does not go without reward."

"That's the way it is, brahman. That's the way it is. The donor does not go without reward."

"Magnificent, Master Gotama! Magnificent! Just as if he were to place upright what was overturned, to reveal what was hidden, to show the way to one who was lost, or to carry a lamp into the dark so that those with eyes could see forms, in the same way has Master Gotama — through many lines of reasoning — made the Dhamma clear. I go to Master Gotama for refuge, to the Dhamma, & to the community of monks. May Master Gotama remember me as a lay follower who has gone to him for refuge, from this day forward, for life."
...

Offline Xan To

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 481
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #35 on: 12 August 2013, 11:04:02 PM »
bro santo, cerita ayuvaddhanakumara dari kitab komentar  ;), bukan sutta dari kitab nikaya

Kitab apa yang merupakan kitab komentar?

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #36 on: 13 August 2013, 10:19:51 AM »
Ayuvaddhanakumara adalah cerita yang menarik tapi bisa kah dijelaskan lebih kepada saya.

1. Anak yang masih kecil apakah karma kehidupan nya ditentukan oleh orang tua nya? Karena yang membuat persembahan adalah orang tua nya bukan anak nya.
2. Bila ya, sampai umur berapa kah sang anak masih berada dibawah pengaruh orang tua nya?

Untuk kasus patidana hanya pendapat pribadi.
Patidana saya lakukan sebagai bentuk persembahan yang dapat saya lakukan untuk orang lain yang membuat saya tidak besar kepala karena saya melakukan bukan karena niat saya untuk show off tapi dilakukan untuk orang lain. Contoh saya melakukan patidana untuk kedua orang tua saya yang sudah meninggal kata kan menyumbang beras / uang. Ini dilakukan untuk orang tua, saya hanya sebagai kepanjangan kaki dan tangan mereka saat ini. Dan diakhir kata semoga apa yang saya lakukan dapat menumbuhkan karma baik bagi orang tua saya. Ini adalah kata kata kita sebagai kepanjangan tangan mereka. Bagaikan budak mendoakan tuan nya atas kebijaksanaan tuannya. Bagaikan anak mendoakan kebahagian orang tuanya.

Masalah sudah meninggal atau belum kaya nya tidak jadi masalah. Kematian pasti datang apa yang harus kita lakukan adalah menanam karma baik sebanyak banyak nya. Agar nanti setelah mati tidak terlahir di alam rendah dan dapat terlahir dialam dewa.
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #37 on: 16 August 2013, 12:13:56 AM »
Ada yg bisa bantu terjemahin ini?

AN 10.177

Then Janussonin the brahman went to the Blessed One and, on arrival, exchanged courteous greetings with him. After an exchange of friendly greetings & courtesies, he sat to one side. As he was sitting there, he said to the Blessed One, "Master Gotama, you know that we brahmans give gifts, make offerings, [saying,] 'May this gift accrue to our dead relatives. May our dead relatives partake of this gift.' Now, Master Gotama, does that gift accrue to our dead relatives? Do our dead relatives partake of that gift?"

"In possible places, brahman, it accrues to them, but not in impossible places."

"And which, Master Gotama, are the possible places? Which are the impossible places?"

"There is the case, brahman, where a certain person takes life, takes what is not given, engages in sensual misconduct, engages in false speech, engages in divisive speech, engages in abusive speech, engages in idle chatter, is covetous, bears ill will, and has wrong views. With the break-up of the body, after death, he reappears in hell. He lives there, he remains there, by means of whatever is the food of hell-beings. This is an impossible place for that gift to accrue to one staying there.

"Then there is the case where a certain person takes life, takes what is not given, engages in sensual misconduct, engages in false speech, engages in divisive speech, engages in abusive speech, engages in idle chatter, is covetous, bears ill will, and has wrong views. With the break-up of the body, after death, he reappears in the animal womb. He lives there, he remains there, by means of whatever is the food of common animals. This, too, is an impossible place for that gift to accrue to one staying there.

"Then there is the case where a certain person refrains from taking life, refrains from taking what is not given, refrains from sensual misconduct, refrains from false speech, refrains from divisive speech, refrains from abusive speech, refrains from idle chatter, is not covetous, bears no ill will, and has right views. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of human beings. He lives there, he remains there, by means of whatever is the food of human beings. This, too, is an impossible place for that gift to accrue to one staying there.

"Then there is the case where a certain person refrains from taking life, refrains from taking what is not given, refrains from sensual misconduct, refrains from false speech, refrains from divisive speech, refrains from abusive speech, refrains from idle chatter, is not covetous, bears no ill will, and has right views. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of the devas. He lives there, he remains there, by means of whatever is the food of devas. This, too, is an impossible place for that gift to accrue to one staying there.

"Then there is the case where a certain person takes life, takes what is not given, engages in sensual misconduct, engages in false speech, engages in divisive speech, engages in abusive speech, engages in idle chatter, is covetous, bears ill will, and has wrong views. With the break-up of the body, after death, he reappears in the realms of the hungry shades. He lives there, he remains there, by means of whatever is the food of hungry shades. He lives there, he remains that, by means of whatever his friends or relatives give in dedication to him. This is the possible place for that gift to accrue to one staying there.

"But, Master Gotama, if that dead relative does not reappear in that possible place, who partakes of that gift?"

"Other dead relatives, brahman, who have reappeared in that possible place."

"But, Master Gotama, if that dead relative does not reappear in that possible place, and other dead relatives have not reappeared in that possible place, then who partakes of that gift?"

"It's impossible, brahman, it cannot be, that over this long time that possible place is devoid of one's dead relatives. [1] But at any rate, the donor does not go without reward.

"Does Master Gotama describe any preparation for the impossible places?"

"Brahman, I do describe a preparation for the impossible places. There is the case where a certain person takes life, takes what is not given, engages in sensual misconduct, engages in false speech, engages in divisive speech, engages in abusive speech, engages in idle chatter, is covetous, bears ill will, and has wrong views. But he gives food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of elephants. There he receives food, drink, flowers, & various ornaments. It's because he took life, took what is not given, engaged in sensual misconduct, engaged in false speech, engaged in divisive speech, engaged in abusive speech, engaged in idle chatter, was covetous, bore ill will, and had wrong views that he reappears in the company of elephants. But it's because he gave food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives that he receives food, drink, flowers, & various ornaments.

"Then there is the case where a certain person takes life... has wrong views. But he gives food... lamps to brahmans & contemplatives. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of horses... in the company of cattle... in the company of poultry. There he receives food, drink, flowers, & various ornaments. [2] It's because he took life... and had wrong views that he reappears in the company of poultry. But it's because he gave food, drink... & lamps to brahmans & contemplatives that he receives food, drink, flowers, & various ornaments.

"Then there is the case where a certain person refrains from taking life, refrains from taking what is not given, refrains from sensual misconduct, refrains from false speech, refrains from divisive speech, refrains from abusive speech, refrains from idle chatter, is not covetous, bears no ill will, and has right views. And he gives food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of human beings. There he experiences the five strings of human sensuality [delightful sights, sounds, smells, tastes, tactile sensations]. It's because he refrained from taking what is not given, refrained from sensual misconduct, refrained from false speech, refrained from divisive speech, refrained from abusive speech, refrained from idle chatter, was not covetous, bore no ill will, and had right views that he reappears in the company of human beings. And it's because he gave food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives that he experiences the five strings of human sensuality. [3]

"Then there is the case where a certain person refrains from taking life... and has right views. And he gives food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives. With the break-up of the body, after death, he reappears in the company of devas. There he experiences the five strings of divine sensuality [delightful sights, sounds, smells, tastes, tactile sensations]. It's because he refrained from taking what is not given... and had right views that he reappears in the company of devas. And it's because he gave food, drink, cloth, vehicles, garlands, scents, creams, bed, lodging, & lamps to brahmans & contemplatives that he experiences the five strings of divine sensuality. But at any rate, brahman, the donor does not go without reward."

"It's amazing, Master Gotama, it's astounding, how it's enough to make one want to give a gift, enough to make one want to make an offering, where the donor does not go without reward."

"That's the way it is, brahman. That's the way it is. The donor does not go without reward."

"Magnificent, Master Gotama! Magnificent! Just as if he were to place upright what was overturned, to reveal what was hidden, to show the way to one who was lost, or to carry a lamp into the dark so that those with eyes could see forms, in the same way has Master Gotama — through many lines of reasoning — made the Dhamma clear. I go to Master Gotama for refuge, to the Dhamma, & to the community of monks. May Master Gotama remember me as a lay follower who has gone to him for refuge, from this day forward, for life."
Saya mencoba membantu boleh ga ? tapi ini jauh dari sempurna, saya menyadari kok.
Terjemahan saya tidak melulu mengambil full bhs inggrisnya, karena saya juga membandingkan palinya, sehingga bisa mendekati apa yg dimaksud. Makasih udah dibantu bro Ariyakumara untuk palinya termasuk bro Ronald sendiri juga kemudian kasih.  ;D

**) maaf terpotong karena terlalu panjang

Spoiler: ShowHide


AN 10.177

Kemudian Janussonin brahmana mengunjungi sang Bhagava dan, pada saat kedatangan, bertukar salam sopan dengan beliau. Setelah pertukaran salam ramah-tamah & sapa, dia duduk di satu sisi. Saat ia duduk di sana, ia berkata kepada Sang Bhagava, "Guru Gotama, Anda tahu bahwa kita brahmana memberikan derma, memberikan persembahan, [berkata,]" Semoga berkah ini diperoleh kepada saudara-saudara kita yang meninggal. Semoga saudara-saudara kita yang meninggal mengambil bagian dari berkah ini . ' Sekarang, Guru Gotama, apakah persembahan yang dapat dinikmati saudara-saudara kita yang mati? Apakah saudara-saudara kita yang meninggal mengambil bagian dari persembahan itu? "

 "Di tempat-tempat yang mungkin, brahman, itu menjadi hak mereka, tetapi tidak di tempat-tempat tidak mungkin."

 "Yang bagaimana, Guru Gotama, adalah tempat-tempat mungkin? Dan yang tempat-tempat tidak mungkin?"
 
 "Terdapat hal, brahman, di mana orang tertentu membunuh kehidupan, mengambil apa yang tidak diberikan, terlibat dalam pelanggaran seksual, terlibat dalam perkataan salah, terlibat dalam perkataan memecah belah, terlibat dalam perkataan kasar, terlibat dalam obrolan kosong, tamak, beritikad niat jahat, dan memiliki pandangan salah. Dengan terpisahnya dari tubuh jasmani (kāyassabhedā= kaya:body, bheda:pisah, jadi nyawanya terpisah dari tubuh jasmani, bukan hancurnya tubuh jasmani), setelah kematian, ia terlahir kembali di neraka. Dia hidup di sana, dia menetap disana,  siapa pun yang ada disana ditunjang kelangsungan hidupnya makan makanan makhluk-neraka (Yo nerayikānaṃ sattānaṃ āhāro tena so tattha yāpeti, tena so tattha tiṭṭhati = Yo:siapapun, nerayikānaṃ:berada di neraka, sattānaṃ:mahkluk, āhāro:makanan, yāpeti:ditunjang kelangsungannya, tena:karena/sebab, so:dia, tattha:disana/ditempat itu, tiṭṭhati: berdiri/tinggal/berdiam/tetap). Ini adalah tempat yang tidak mungkin atas persembahan itu dinikmati kepada seseorang yang tinggal di sana.

 "Lalu terdapat hal di mana orang tertentu membunuh kehidupan, mengambil apa yang tidak diberikan, terlibat dalam pelanggaran seksual, terlibat dalam ucapan salah, terlibat dalam perkataan memecah belah, terlibat dalam perkataan kasar, terlibat dalam obrolan kosong, tamak, beritikad niat jahat, dan memiliki pandangan salah. Dengan terpisahnya dari tubuh jasmani, setelah kematian, ia terlahir kembali di dalam rahim hewan. Dia hidup di sana, dia menetap disana, siapa pun yang ada disana ditunjang kelangsungan hidupnya makan makanan umum untuk hewan (Yo tiracchānayonikānaṃ sattānaṃ āhāro tena so tattha yāpeti, tena so tattha tiṭṭhati = = Yo:siapapun, tiracchānayonikānaṃ:jadi hewan, sattānaṃ:mahkluk, āhāro:makanan, tena:karena/sebab, so:dia, tattha:disana/di tempat itu, tiṭṭhati:berdiri/tinggal/berdiam/tetap). Ini juga merupakan tempat yang mustahil untuk persembahan itu dinikmati kepada seseorang yang tinggal di sana.

 "Lalu terdapat hal di mana orang menahan diri dari membunuh kehidupan tertentu, menahan diri dari mengambil apa yang tidak diberikan, menahan diri dari pelanggaran seksual, menahan diri dari perkataan salah, menahan diri dari perkataan memecah belah, menahan diri dari perkataan kasar, menahan diri dari obrolan kosong, tidak tamak, tidak beritikad niat jahat, dan memiliki pandangan yang benar. Dengan terpisahnya dari tubuh jasmani, setelah kematian, ia langsung terlahir kembali jadi manusia. Dia tinggal di sana, dia menetap disana, siapa pun yang ada disana ditunjang kelangsungan hidupnya makan makanan untuk manusia. Ini juga merupakan tempat yang mustahil untuk persembahan itu dinikmati kepada seseorang yang tinggal di sana.

 "Lalu terdapat hal di mana orang menahan diri dari membunuh kehidupan tertentu, menahan diri dari mengambil apa yang tidak diberikan, menahan diri dari pelanggaran seksual, menahan diri dari perkataan salah, menahan diri dari perkataan memecah belah, menahan diri dari perkataan kasar, menahan diri dari obrolan kosong, tidak tamak, tidak beritikad niat jahat, dan memiliki pandangan yang benar. Dengan terpisahnya dari tubuh jasmani, setelah kematian, ia langsung terlahir kembali di dunia para dewa. Dia tinggal di sana, dia menetap disana, siapa pun yang ada disana ditunjang kelangsungan hidupnya makan makanan para dewa . Ini juga merupakan tempat yang mustahil untuk persembahan itu dinikmati kepada seseorang yang tinggal di sana.

 "Lalu terdapat hal di mana orang tertentu membunuh kehidupan, mengambil apa yang tidak diberikan, terlibat dalam pelanggaran seksual, terlibat dalam ucapan salah, terlibat dalam perkataan memecah belah, terlibat dalam perkataan kasar, terlibat dalam obrolan kosong, tamak, beritikad niat jahat, dan memiliki pandangan salah. Dengan terpisahnya dari tubuh jasmani, setelah kematian, ia muncul kembali di alam hantu kelaparan. Dia tinggal di sana, dia masih ada, dengan cara apa pun adalah makanan nuansa lapar. Dia tinggal di sana , ia menetap disana, siapa pun yang ada disana ditunjang kelangsungan hidupnya makan makanan dari teman atau saudaranya yang mendedikasikan persembahan kepadanya. ini adalah tempat yang kemungkinan persembahan itu dinikmati oleh seseorang yang tinggal di sana.

 "Tapi, Guru Gotama, apabila Saudara kita yang meninggal tidak muncul di tempat yang mungkin, siapakah yang mengambil bagian dari persembahan itu?"

 "Kerabat yang meninggal lainnya, brahman, yang telah muncul kembali di tempat yang mungkin."

 "Tapi, Guru Gotama, apabila Saudara kita yang mati tidak muncul di tempat yang mungkin, dan saudaranya yang telah meninggal lainnya belum muncul kembali di tempat yang mungkin, lalu siapa yang mengambil bagian dari persembahan itu?"

 "Hal ini tidak mungkin, brahman, itu tidak dapat terjadi, bahwa selama untuk waktu yang lama  tempat yang mungkin itu tanpa terisi kerabat meninggal dari seseorang. (petehi ñāti sālohitehi: mustahil tidak ada peta dari saudara yang sedarah) [1] Tapi setidaknya, donatur tidak akan sia2 tanpa pahala.

 "Ceritakanlah Guru Gotama niat yang mengkondisikan eksistensi untuk tempat yang tidak mungkin?" (Aṭṭhānepi:tempat yang tidak mungkin,tempat yang mustahil, bhavaṃ:kondisi eksistensi, gotamo:Gautama, parikappaṃ:niat, maksud,tujuan,keinginan,asumsi, sangkaan, dugaan, vadatīti:berbicara, bercerita)

 "Brahman, aku katakan niat yang mengkondisikan eksistensi untuk tempat yang tidak mungkin. Ada terdapat hal di mana orang tertentu membunuh kehidupan, mengambil apa yang tidak diberikan, terlibat dalam pelanggaran seksual, terlibat dalam ucapan salah, terlibat dalam perkataan memecah belah, terlibat dalam perkataan kasar, terlibat dalam obrolan kosong, tamak, beritikad niat jahat, dan memiliki pandangan salah. Tapi dia memberi makanan, minuman, pakaian, kendaraan, karangan bunga, aroma, krim, tempat tidur, penginapan, & lampu untuk Brahmana & Samana. Dengan terpisahnya dari tubuh jasmani, setelah kematian, ia terlahir kembali di perkumpulan gajah.Di sana ia menerima makanan, minuman, bunga, & berbagai ornamen. Itu karena dia membunuh kehidupan, mengambil apa yang tidak diberikan, terlibat dalam pelanggaran seksual, terlibat dalam ucapan salah, terlibat dalam perkataan memecah belah, terlibat dalam perkataan kasar, terlibat dalam obrolan kosong, tamak, beritikad niat jahat, dan memiliki pandangan salah. Sehingga ia muncul kembali di perkumpulan gajah (sekelompok kawanan gajah/dunia gajah). Hal itu karena ia memberikan makanan, minuman, pakaian, kendaraan, karangan bunga, aroma, krim, tempat tidur, penginapan, & lampu untuk Brahmana & kontemplatif bahwa dia menerima makanan, minuman, bunga, & berbagai ornamen.

« Last Edit: 16 August 2013, 12:16:26 AM by Shasika »
I'm an ordinary human only

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #38 on: 16 August 2013, 12:18:58 AM »
**) Lanjutan

Spoiler: ShowHide

 

  "Lalu ada terdapat hal di mana orang tertentu membunuh kehidupan ... memiliki pandangan salah. Tapi dia memberikan makanan ... lampu untuk Brahmana & Samana. terpisahnya dari tubuh jasmani, setelah kematian, ia muncul kembali di perkumpulan kuda ... di sekawanan ternak ... di sekawanan unggas. Disana ia menerima makanan, minuman, bunga, & berbagai ornamen. [2] Itu karena dia membunuh kehidupan ... dan memiliki pandangan yang salah bahwa ia muncul kembali di sekawanan unggas. Tapi itu karena ia memberikan makanan, minuman ... & lampu untuk Brahmana & Samana bahwa dia menerima makanan, minuman, bunga, & berbagai ornamen.
 
 
  "Lalu ada terdapat hal di mana orang menahan diri dari membunuh kehidupan tertentu, menahan diri dari mengambil apa yang tidak diberikan, menahan diri dari pelanggaran seksual, menahan diri dari perkataan salah, menahan diri dari perkataan memecah belah, menahan diri dari perkataan kasar, menahan diri dari obrolan kosong, tidak tamak, tidak beritikad niat jahat, dan memiliki pandangan yang benar. Dan dia memberi makanan, minuman, pakaian, kendaraan, karangan bunga, aroma, krim, tempat tidur, penginapan, & lampu untuk Brahmana & Samana. Dengan terpisahnya dari tubuh jasmani, setelah kematian, ia muncul kembali di alam manusia. (So:Dia, tattha:Disana, lābhī:mendpt, hoti:harus,menjadi,ada, mānusakānaṃ:manusia, pañcannaṃ kāmaguṇānaṃ:5indera kesenangan/kenikmatan sexual). Disana ia menikmati kenikmatan 5 indera kenikmatan sexualitas manusia [pemandangan menyenangkan, suara, bau, rasa, sensasi taktil]. Itu karena dia menahan diri dari membunuh kehidupan tertentu, menahan diri dari mengambil apa yang tidak diberikan, menahan diri dari pelanggaran seksual, menahan diri dari perkataan salah, menahan diri dari perkataan memecah belah, menahan diri dari perkataan kasar, menahan diri dari obrolan kosong, tidak tamak, tidak beritikad niat jahat, dan memiliki pandangan yang benar, sehingga ia muncul kembali di alam manusia. Dan itu karena ia memberi makanan, minuman, kain, kendaraan, karangan bunga, aroma, krim, tempat tidur, penginapan, & lampu untuk Brahmana & Samana sehingga  ia menikmati kenikmatan 5 indera kenikmatan sexualitas manusia. [3]
 
  "Lalu ada terdapat hal di mana orang tertentu menahan diri dari membunuh kehidupan ... dan memiliki pandangan yang benar. Dan dia memberi makanan, minuman, pakaian, kendaraan, karangan bunga, aroma, krim, tempat tidur, penginapan, & lampu untuk Brahmana & Samana. Dengan terpisahnya dari tubuh jasmani, setelah kematian, ia muncul kembali di alam dewa. Disana ia menikmati kenikmatan lima indera kenikmatan sexualitas ilahi [pemandangan menyenangkan, suara, bau, rasa, sensasi taktil]. Itu karena dia menahan diri dari mengambil apa tidak diberikan ... dan memiliki pandangan yang benar maka ia muncul kembali di alam dewa. Dan itu karena dia memberi makanan, minuman, pakaian, kendaraan, karangan bunga, aroma, krim, tempat tidur, penginapan, & lampu untuk Brahmana & Samana maka ia menikmati kenikmatan lima indera kenikmatan sexualitas ilahi. Tapi setidaknya, brahman, pelaku kebajikan (donatur) tidak akan sia-sia tanpa pahala. "
 
  "Sungguh menakjubkan, Guru Gotama, itu luar biasa, betapa hal itu cukup untuk memastikan orang ingin memberikan berdana, yang cukup untuk membuat orang ingin membuat persembahan, di mana pelaku kebajikan (donatur) tidak akan sia-sia tanpa pahala. "
 
  "Itulah cara itu, brahman. Itulah cara itu. Pelaku kebajikan (donatur) tidak akan sia-sia tanpa pahala."
 
  "Luar biasa, Guru Gotama! Luar biasa! Sama seperti jika ia menempatkan tegak apa yang terbalik, mengungkapkan apa yang tersembunyi, menunjukkan jalan bagi orang yang tersesat, atau membawa lampu dalam kegelapan sehingga mereka yang memiliki mata bisa melihat bentuk, dengan cara yang sama telah dimiliki Guru Gotama - melalui banyak jalur penalaran - membuat Dhamma jelas, aku menghadap ke Guru Gotama untuk berlindung, untuk Dhamma, dan kepada Sangha. Semoga Guru Gotama mengingat saya sebagai umat awam yang telah menghadap ke dia untuk berlindung, sejak hari ini, untuk sepanjang hidup. "
 

 
« Last Edit: 16 August 2013, 12:23:04 AM by Shasika »
I'm an ordinary human only

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.231
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #39 on: 16 August 2013, 08:08:41 PM »
Makasih bu....
...

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #40 on: 16 August 2013, 09:24:05 PM »
Semoga berkah ini diperoleh kepada saudara-saudara kita yang meninggal. Semoga saudara-saudara kita yang meninggal

'May this gift accrue to our dead relatives...

saya tidak paham Pali, tapi dari englishnya saya menangkap bahwa yg diterima oleh saudara2 yg meninggal itu adalah PEMBERIAN atau benda2 yg dipersembahkan itu, bukan BERKAHnya, dan saya pikir konteks sutta ini adalah memberikan persembahan makanan (sesajen) kepada sanak saudara yang telah meninggal.

May our dead relatives partake of this gift = Semoga sanak saudara kami yang telah meninggal memakan pemberian ini.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.469
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #41 on: 16 August 2013, 09:56:59 PM »
Tunggu tanggapan Oma saja, gw jg gak ngerti Pali....
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.231
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #42 on: 17 August 2013, 05:54:52 AM »
Menurut ku itu berkah.. Krn diakhir pembicaraan itu ada kata "Tapi setidaknya, donatur tidak akan sia2 tanpa pahala" dan kemudian penjelasannya.. Jd si donatur ini memberikan makanan dll..kepada brahmana atau samana..yg kemudian dia berkata semoga "pemberian" "berkah" ini di nikmati oleh sanak saudara yg telah meninggal...
...

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.469
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #43 on: 17 August 2013, 09:39:56 PM »
'May this gift accrue to our dead relatives...

saya tidak paham Pali, tapi dari englishnya saya menangkap bahwa yg diterima oleh saudara2 yg meninggal itu adalah PEMBERIAN atau benda2 yg dipersembahkan itu, bukan BERKAHnya, dan saya pikir konteks sutta ini adalah memberikan persembahan makanan (sesajen) kepada sanak saudara yang telah meninggal.

May our dead relatives partake of this gift = Semoga sanak saudara kami yang telah meninggal memakan pemberian ini.

Sambil nunggu Oma, di sini ada sedikit penjelasan tentang hal ini dari tulisan Bhikkhu S. Dhammika:

Persembahan untuk Mereka yang Sudah Meninggal Dunia

Brahmanisme pada masa Sang Buddha mengajarkan beberapa konsep yang berbeda, bahkan bertentangan tentang apa yang terjadi pada seseorang setelah meninggal dunia; bahwa mereka akan pergi ke surga, bahwa mereka terurai menjadi unsur-unsur, bahwa mereka menjadi tumbuhan atau bahwa mereka bergabung dengan para nenek moyang mereka, para ayah (patimaha), dalam kehidupan berikutnya. Semua gagasan ini disebutkan dalam Veda. Yang terakhir dari semua gagasan ini mungkin paling banyak diterima karena ia disebutkan paling sering dalam Tipitaka.

Selama masa Sang Buddha kelihatannya terdapat gagasan awal bahwa keadaan seseorang setelah kematian, apa pun itu, ditentukan oleh perilaku baik atau buruk orang tersebut selama hidup. Semua orang, seperti yang dipercayai, pergi ke dunia para ayah. Beberapa hari setelah pemakaman, anak laki-laki tertua, yang dipimpin oleh seorang brahmana, melakukan upacara yang disebut sraddha (Pali saddha, A. V, 273; D. I, 97) di mana bola-bola kecil adonan kue (pinda) dan makanan lainnya dipersembahkan kepada orang yang meninggal seraya doa ini dipanjatkan: “Semoga persembahan ini dinikmati oleh para leluhur yang telah meninggal dunia. Semoga para leluhur yang telah meninggal dunia menikmati persembahan ini.” (A. V, 269). Kepercayaannya bahwa makanan ini akan diterima oleh mereka yang telah meninggal dan membantu menyokong mereka. Persembahan kemudian diberikan kepada para brahmana yang memimpin upacara. Hanya anak laki-laki yang dapat melakukan upacara saddha, yang menjadi salah satu alasan utama orang-orang sangat berkeinginan memiliki anak laki-laki (A. III, 43). Melakukan upacara ini merupakan salah satu dari “lima persembahan” (pancabalim) yang diharapkan dilakukan oleh semua orang (A. II, 68). Bukti dari corak kehidupan spiritual India yang masih bertahan ini adalah upacara ini, yang sedikit berubah, masih dilakukan saat ini oleh umat Hindu. Jika anda mengunjungi Kuil Vishnupada di Gaya, anda dapat melihat upacara ini diadakan. Dalam dekade terakhir atau lebih, para peziarah Hindu telah mulai mengadakannya di Bodh Gaya.

Seperti juga banyak kepercayaan yang sezaman, Sang Buddha menjadikan gagasan Brahmanis tentang kehidupan setelah kematian lebih etis, dan mengalihkan praktek-praktek yang berhubungan dengan hal ini dari bersifat material menjadi bersifat psikologis. Beliau memaknai ulang “para ayah” (pita) sebagai “makhluk setan kelaparan” (peta) dan mengatakan bahwa hanya orang yang tamak, tidak bermoral atau jahat yang dapat terlahir kembali sebagai makhluk menderita demikian (A. I, 155). Seseorang yang baik dan berbudi, Beliau mengatakan, akan dapat terlahir kembali sebagai manusia atau di surga, alih-alih di dunia para ayah [yaitu alam setan kelaparan]. Ketika brahmana Janussoni bertanya apakah mungkin bagi orang-orang yang sudah meninggal untuk menerima dan menikmati persembahan barang yang diberikan kepada mereka, Sang Buddha menjawab bahwa ini hanya dapat terjadi jika mereka terlahir kembali sebagai setan kelaparan (A. V, 269).

Namun demikian, tampaknya tidak mungkin bahwa Sang Buddha mempercayai gagasan kuno bahwa persembahan barang dapat benar-benar disampaikan ke alam lain. Lebih mungkin bahwa Sang Buddha dengan menggunakan cara yang terampil, mengadopsi atau mempertimbangkan sudut pandang si penanya untuk berbicara kepadanya dalam istilah-istilah yang dapat mereka pahami. Dalam hal ini Beliau mungkin melakukannya karena walaupun Beliau tidak menerima bahwa benda-benda material dapat disampaikan ke alam lain, Beliau dapat melihat bahwa keinginan Janussoni untuk melakukan demikian didasarkan kehendak baik – cinta kasih, rasa terima kasih dan perhatian kepada para leluhurnya yang telah meninggal. Ketika Sang Buddha mengajar kepada para siswa-Nya, Beliau mengatakan bahwa cara terbaik mereka dapat memberikan kepada para sanak keluarga yang telah meninggal sesuatu yang dapat mereka nikmati adalah menjalankan kehidupan yang baik dan bermoral di sini dan saat ini. Suatu ketika Sang Buddha berkata: “Jika seorang bhikkhu berharap, ‘Mereka para sanak keluarga dan leluhurku yang telah meninggal dunia yang aku kenang dengan pikiran yang tenang, semoga mereka menikmati buah dan manfaat yang besar’, maka ia seharusnya seseorang yang dipenuhi dengan kebajikan, yang menghabiskan waktu dalam kesunyian, mengabdikan diri dalam meditasi dan ketenangan batin.” (A. V, 132). Kelihatannya gagasan Sang Buddha adalah jika anda berharap untuk memberikan kebahagiaan kepada orang-orang yang dicintai yang telah meninggal, jalankanlah kehidupan yang penuh dengan kebajikan dan kejujuran.

Sesuai dengan penafsiran ini, Kathavatthu secara tegas menolak bahwa orang-orang yang sudah meninggal dapat menerima atau menikmati barang-barang materi yang dipersembahkan kepada mereka (Kv. XX, 4).

Di negara-negara Buddhis tradisional saat ini orang-orang akan melakukan perbuatan baik, biasanya dengan memberikan dana kepada para bhikkhu, dan kemudian dalam upacara sederhana melimpahkan jasa kebajikan yang mereka lakukan kepada orang-orang yang dicintai yang telah meninggal dunia. Walaupun orang-orang diberitahukan oleh para bhikkhu dan sering mempercayai bahwa mereka benar-benar “mengirimkan jasa-jasa” kepada orang-orang yang dicintai yang telah meninggal dunia, ini merupakan pengertian yang salah dalam ajaran Buddhis.


Sumber: dhamma musings: Cermonies For The Departed
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.231
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #44 on: 18 August 2013, 09:16:27 AM »
bagaimana dgn tirokhunda sutta?  dan kisah2 di petavathu?
...