A. PANNATTIVARANIDDESAPADASODHANAVARA ANULOMA1. RUPAKKHANDHA YAMAKAAnuloma-puccha : RUPAM, RUPAKKHANDHOTI?
Dhamma yang bernama rupa, apakah bernama rupakkhandha juga?
Vissajjana : PIYARUPAM SATARUPAM RUPAM NA RUPAKKHANDHO, RUPAKKHANDHO CA.
Piya-rupa, Sata-rupa bernama rupa, tetapi tidak bernama rupakkhandha,
rupakkhandha bernama rupa juga betul, bernama rupakkhandha juga betul.Patiloma-puccha : RUAKKHANDHO, RUPANTI?
Dhamma bernama rupakkhandha, apakah bernama rupa juga?Vissajjana : AMANTA.
Ya.
MERAGAKAN UJUD ASLI DAN PENGGOLONGAN KOTTHASADalam Anuloma-Puccha: RUPAM menjadi
Sannitthanapada RUPAKKHANDHO menjadi
Sansayapada.Ujud asli kepunyaan
Sannitthanapada adalah
Piyarupa, Satarupa, yaitu Lokiya-citta 81, cetasika 52 dan Rupa 28 bergabung jadi satu yang menjadikan menyenangkan sekali dan memuaskan sekali dan menjadi obyek kepunyaan Tanha dan Rupakkhandha yaitu Rupa 28 yang berada khusus mempunyai ciri merosot dan lenyap (ruppana-lakkhana).Ujud asli kepunyaan
Sansayapada adalah R
upakkhandha yaitu Rupa 28 yang berada khusus mempunyai ciri merosot dan lenyap (ruppana lakkhana) saja.
Maka itu, pertanyaan pelajaran ini menjadi
Paripunna-panha.Pertanyaan : Dhamma yang bernama Rupa, apakah bernama Rupakkhandha juga?YMS Buddha Gotama mengangkat Piyarupa, satarupa yaitu Lokiya-citta 81, cetasika 52 dan Rupa 28 bergabung jadi satu yang menjadikan menyenangkan sekali dan memuaskan sekali dan menjadi obyek kepunyaan Tanha
atau satu lagi Piyarupa, Satarupa yaitu Lokiya-citta 81, Cetasika 52 yang menjadikan menyenangkan sekali dan memuaskan sekali dan menjadi obyek kepunyaan Tanha menjadi ujud asli kepunyaan Sannitthanapada saja, diangkat dalam Purimakotthasa, ada Patisedhasansayapada meragakan PIYARUPAM SATARUPAM RUPAM NA RUPAKKHANDHO, setelah itu mengangkat Rupakkhandha yaitu Rupa 28 yang berada khusus mempunyai ciri merosot dan lenyap menjadi ujud asli kepunyaan Sannitthanapada dan Sansayapada keduanya mengangkat dalam Pacchimakotthasa, tidak ada Patisedhasansayapada meragakan RUPAKKHANDHO RUPANCEVA RUPAKKHANDHO CA ada Visajjana dalam Anuloma-puccha ini menjadi Sarupadassana-visajjana yang penggolongan secara tepat.
Dalam Patiloma-puccha : RUPAKKHANDHO menjadi
Sannitthanapada. RUPAM menjadi
SansayapadaUjud asli kepunyaan
Sannitthanapada adalah Rupakkhandha yaitu Rupa 28 yang berada khusus, mempunyai ciri merosot dan lenyap
atau satu lagi Rupakkhandha yaitu Rupa 28 mempunyai ciri merosot dan lenyap.
Ujud asli kepunyaan
Sansayapada adalah sama.
Maka itu, pertanyaan pelajaran ini menjadi
Paccha-panha.Pertanyaan : Dhamma yang bernama Rupakkhanda, apakah bernama Rupa juga?YMS Buddha Gotama membuka dengan Pativacana-vissaja AMANTA merupakan Vissajjana menjamin ujud asli kepunyaan Sannitthanapada, sebab Rupakkhandha yaitu Rupa 28 menjadi ujud asli kepunyaan Sannitthanapada itu bernama Rupa juga.
PENJELASAN :Rupa 28 ini, bila bergabung menjadi satu dengan Nama Dhamma yang menjadi Lokiya, tidak tergolong menjadi Rupakkhandha, sebab ada keadaan menyenangkan sekali dan memuaskan sekali, tidak ada keadaan yang menjadi merosot dan lenyap (ruppana-lakkhana).Maka itu YMS Buddha Gotama meragakan dalam
Maha Satipatthana Sutta berbunyi: CAKKHUM LOKE PIYARUPAM SATARUPAM dan lain-lain, tidak mengambil cakkhupasadarupa mempunyai ruppana-lakkhana, tetapi mengambil cakkhupasada yaitu mata ini menjadi yang menyenangkan sekali dan memuaskan sekali dengan kekuatan Tanha, dengan sebab inilah Beliau mengangkat CAKKHUM LOKE PIYARUPAM SATARUPAM dan lain-lainnya.
Ada satu lagi Piyarupa, Sattarupa menjadi keadaan menyenangkan sekali dan memuaskan sekali dengan kekuatan Tanha, bukan hanya Rupa 28 saja, juga Tebhumaka-Dhamma yaitu Lokiya-citta 81, Cetasika 52 yang menjadi keadaan menyenangkan sekali dan memuaskan sekali dengan kekuatan Tanha juga.
Maka itu, Piyarupa, Satarupa yaitu Lokiya-namakkhandha 4 dan Rupa 28 yang bergabung jadi satu.
Kalau ada pertanyaan: Rupa yang menjadi piyarupa, satarupa itu, apakah di sebut Rupakkhandha?
Jawabannya: Bukan Rupakkhandha, hanya di sebut Rupa saja.Hal ini diumpamakan seseorang mengangkat tangan terbuka beserta lima jarinya, lalu bertanya: Apakah ini ibu jari? jawabannya: Bukan, karena tangan yang diangkat beserta 5 jari. Tetapi, jika ia mengangkat ibu jari saja, lalu bertanya: Apakah ini ibu jari? jawabannya: Ya.RUPPANA (merosot dan lenyap) ada 2 macam, yaitu:
1. VIBHUTATARARUPPANA adalah RUPA 28
Berarti kelenyapan kepunyaan Rupa yang timbul jelas
2. AVIBHUTATARARUPPANA adalah Citta dan Cetasika
Berarti Kelenyapan kepunyaan Nama yaitu Citta dan Cetasika yang timbul tidak jelas.
Keterangan:
~ SANNITTHANA berarti tempat tinggal, sedangkan SANSAYA berarti yang menghuni
~ PACCHA-PANHA = Pertanyaan yang mempunyai ujud aslinya sama, yaitu ujud aslinya kepunyaan Sannitthanapada dan Sansayapada sama.
~ PARIPUNNA-PANHA = Pertanyaan yang mempunyai ujud aslinya berbeda ada dan sama juga ada, yaitu ujud aslinya kepunyaan Sannitthanapada ada beberapa berbeda dengan ujud aslinya Sansayapada, ada beberapa sama dengan ujud aslinya Sansayapada.
~ VISSAJJANA = Jawaban
Sumber : Kitab Yamaka (Kitab ke 6 dari Abhidhamma Pitaka) Penerjemah Pandit J.Kaharuddin