//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Ajaran meditasi AJAHN SUMEDHO  (Read 3436 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Ajaran meditasi AJAHN SUMEDHO
« on: 21 May 2008, 10:42:12 PM »
[Ajahn Sumedho, salah seorang bhikkhu Barat tertua yang masih hidup, adalah murid Ajahn Chah, sama dengan Ajahn Brahm. Beliau kini bermukim di sebuah vihara di Inggris. Berikut ini saya kutipkan ajaran beliau tentang meditasi, yang sangat kontras dengan ajaran meditasi Ajahn Brahm yang ujung-ujungnya mempromosikan jhana. Ajaran meditasi Ajahn Sumedho mengikuti ajaran gurunya Ajahn Chah, dan dekat dengan MMD. /hudoyo]


ASPEK-ASPEK MEDITASI

Sifat merenungkan dari pikiran atau keseimbangan emosional ini berkembang sebagai hasil dari latihan meditasi konsentrasi dan perhatian penuh. Misalnya, pada waktu retret Anda bisa mencoba melakukan satu jam meditasi samatha, yang di situ Anda hanya sekadar memusatkan batin Anda pada satu obyek, misalnya, rasa gerak pernapasan. Sadari itu terus-menerus, dan pertahankan itu sehingga itu terus-menerus ada dalam kesadaran.

Dengan cara ini, Anda bergeser pada apa yang tengah terjadi dalam tubuh Anda sendiri alih-alih tertarik keluar kepada obyek-obyek indra. Jika Anda tidak punya tempat berlabuh di-dalam, maka Anda terus-menerus tertarik keluar, terserap dalam buku-buku, makanan dan segala macam pengalihan perhatian. Tetapi gerak pikiran tanpa akhir ini sangat melelahkan. Jadi, alih-alih, latihan ini menjadi pengamatan akan napas - yang berarti bahwa Anda harus menarik diri dan tidak mengikuti kecenderungan untuk mencari sesuatu di luar diri Anda. Anda harus memperhatikan pernapasan dari tubuh Anda sendiri dan memusatkan batin pada perasaan itu. Sementara Anda melepaskan wujud yang kasar, Anda sungguh-sungguh menjadi perasaan itu, menjadi tanda itu sendiri. Ke dalam apa pun Anda terserap, Anda menjadi itu selama waktu itu. Bila Anda sungguh-sungguh berkonsentrasi, Anda menjadi keadaan tenang itu sendiri. Anda menjadi tenang. Inilah yang kita namakan 'menjadi' (becoming). Meditasi samatha adalah proses 'menjadi'.

Tetapi jika Anda menyelidiki itu, keheningan itu bukan keheningan yang memuaskan. Ada sesuatu yang hilang di situ, oleh karena ia bergantung pada suatu teknik, pada kelekatan dan kebergantungan, pada sesuatu yang masih berawal dan berakhir; Anda hanya bisa 'menjadi' untuk sementara waktu, oleh karena 'menjadi' itu suatu hal yang selalu berubah. Itu bukan keadaan yang menetap. Jadi apa pun Anda 'menjadi', Anda akan 'tidak menjadi'. Itu bukan realitas tertinggi. Tidak peduli betapa tinggi pun Anda berkonsentrasi, itu selalu merupakan kondisi yang tidak memuaskan. Meditasi samatha membawa Anda pada pengalaman-pengalaman yang sangat tinggi dan cemerlang dalam batin Anda - tapi semua itu akan berakhir.

Maka, jika Anda berlatih meditasi vipassana selama satu jam lagi, dengan sekadar sadar dan melepaskan segala sesuatu dan menerima ketidakpastian, keheningan dan pengakhiran dari kondisi-kondisi, hasilnya Anda merasakan damai dan bukan ketenangan. Dan kedamaian itu adalah kedamaian sempurna. Ia lengkap. Itu bukan ketenangan dari samatha, yang tidak sempurna atau tidak memuaskan sekalipun pada tingkat yang tertinggi. Merealisasikan pengakhiran, sementara Anda mengembangkannya dan semakin memahaminya, membawa kedamaian sejati, ketidakmelekatan, Nibbana.

Jadi, samatha dan vipassana adalah dua pembagian dalam meditasi. Yang satu mengembangkan keadaan batin yang memusat pada obyek-obyek yang halus, yang di situ kesadaran Anda menjadi semakin halus melalui konsentrasi itu. Tetapi keadaan sangat halus itu, dengan intelek kuat dan citarasa akan keindahan besar, membuat apa yang kasar menjadi tak tertahankan oleh karena melekat pada apa yang halus. Orang yang menghabiskan hidupnya untuk penghalusan akan mendapati hidup ini sangat membuat frustrasi dan menakutkan ketika mereka tidak bisa lagi mempertahankan standar yang tinggi itu.

Dari: Ajahn Sumedho - "The Four Noble Truths"

 

anything