//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: All About Astronomy  (Read 35174 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
All About Astronomy
« on: 10 December 2017, 08:01:25 PM »
Apakah Astronomi itu?

Selamat datang calon astronom atau pemula astronomi !

Disini kalian akan disediakan beberapa materi tentang Astronomi untuk kalian yang ingin mahir di bidang astronomi / ingin menjadi astronom amatir.

Astronomi adalah ilmu alam yang mempelajari dan meneliti benda langit (seperti bintang, galaksi, dll) dan peristiwa langit (seperti gerhana, hujan meteor, dll.)

Astronomi berasal dari 2 kata bahasa Yunani Kuno, yaitu :
  • astron (bintang)
  • nomos (mengatur / hukum)
yang kemudian jika digabungkan maka akan menjadi astronomos (mengatur bintang / hukum bintang).

Kemudian, kata astronomos diturun ke bahasa Latin menjadi astronomia, dan diturun ke bahasa Perancis Kuno menjadi astronomie. Akhirnya terbentuklah kata astronomy dalam bahasa Inggris pertengahan.

Perlu dicatat bahwa secara garis besar astronomi sangat berbeda dengan astrologi dimana astrologi merupakan ilmu yang mempergunakan pergerakan benda langit untuk memprediksi nasib kehidupan manusia.

Astronomi diketahui memiliki ratusan cabang dan turunan cabang juga. Dibawah berikut ini adalah cabang-cabang astronomi yang terpopuler dan terpenting :
  • Astrofisika = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari perilaku dan kelakuan suatu benda langit di alam semesta.
  • Astrobiologi = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari kehidupan di alam semesta.
  • Astrometri = cabang ilmu Astronomi yang mengukur dan mempetakan posisi dan gerakan dari benda langit.
  • Astroarkeologi = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari astronomi di masa lalu dengan cara kebudayaan dan agama. (Beda dengan kita kalau sekarang pakai pengamatan dan penelitian)
  • Astronomi Surya = cabang ilmu astronomi yang mempelajari Matahari.
  • Astronomi Bintang = cabang ilmu astronomi yang mempelajari bintang beserta karateristiknya.
  • Astronomi Bola = cabang ilmu Astronomi yang memusatkan perhatian pada letak benda langit di bola langit.
  • Astronomi Galaktik = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari galaksi dimana kita tinggal, yaitu galaksi Bimasakti.
  • Astronomi Ekstragalaktik = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari galaksi-galaksi diluar galaksi Bimasakti.
  • Astronomi panjang gelombang = cabang ilmu Astronomi yang meneliti suatu benda langit dengan cara mengamati dari berbagai panjang gelombang seperti Inframerah, Sinar-X, dll.
  • Astronomi gelombang gravitasi = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari gelombang gravitasi
  • Astrofisika partikel = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari fisika partikel di bidang astronomi.
  • Planetologi = disebut juga Ilmu Keplanetan. cabang ilmu astronomi yang mempelajari keplanetan seperti planet, asteroid, meteor, exoplanet, dll.
  • Kosmologi = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari struktur, evolusi, formasi, awal mula, dan sistem alam semesta.
  • Fotometri = cabang ilmu Astronomi yang mengukur kecerahan cahaya benda langit jika dilalui oleh filter yang berbeda-beda.
  • Spektroskopi = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari spektrum-spektrum dari benda langit

Sumber: https://anchaastronomi.wordpress.com/2017/12/10/apakah-itu-ilmu-astronomi/
« Last Edit: 10 December 2017, 08:04:14 PM by seniya »
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: All About Astronomy
« Reply #1 on: 10 December 2017, 09:05:31 PM »
Halo? Astrologi ga dimasukin
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.116
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: All About Astronomy
« Reply #2 on: 10 December 2017, 09:25:10 PM »
Astrologi tidak di masukan karena bukan sains pada saat ini.

Pada hal pada dahulu kala astrologi adalah awal nya di mana mempelajari pergerakan bulan, matahari dan bintang adalah sangat di perlukan untuk mengetahui waktu, musim, yang menjadi dasar di buatnya kalender ada yang menggunakan pergerakan bulan ada yang menggunakan pergerakan matahari saja seperti kalender gregorius (yang telah di perbaiki) yang di pakai saat ini, ada yang menggunakan  pergerakan lunar dan solar hingga menciptakan kalender "lunar solar calender"  hingga tercipta calender petani "Farmer calender".

Dgn astrologi dan terciptanya calender kita bisa mengetahui kapan kira kira musim semi datang, kapan waktu menanam, kapan musim panas datang, penyakit macam apa saja yang datang ketika musim panas datang, kapan bulan purnama muncul, kapan burung burung bermigrasi tiba di wilayah tertentu, kapan waktu berburu dan menangkap ikan, kapan malam terpanjang tiba kapan siang terpanjang tiba dst.

Hingga manusia bisa merencanakan dan mempersiapkan diri dgn pergantian waktu dan musim.

 _/\_ _/\_ _/\_
« Last Edit: 10 December 2017, 09:47:09 PM by kullatiro »

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: All About Astronomy
« Reply #3 on: 10 December 2017, 09:30:00 PM »
Halo? Astrologi ga dimasukin

Perlu dicatat bahwa secara garis besar astronomi sangat berbeda dengan astrologi dimana astrologi merupakan ilmu yang mempergunakan pergerakan benda langit untuk memprediksi nasib kehidupan manusia.
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: All About Astronomy
« Reply #4 on: 10 December 2017, 10:38:47 PM »
Apakah Astronomi itu?

Selamat datang calon astronom atau pemula astronomi !

Disini kalian akan disediakan beberapa materi tentang Astronomi untuk kalian yang ingin mahir di bidang astronomi / ingin menjadi astronom amatir.

Astronomi adalah ilmu alam yang mempelajari dan meneliti benda langit (seperti bintang, galaksi, dll) dan peristiwa langit (seperti gerhana, hujan meteor, dll.)

Astronomi berasal dari 2 kata bahasa Yunani Kuno, yaitu :
  • astron (bintang)
  • nomos (mengatur / hukum)
yang kemudian jika digabungkan maka akan menjadi astronomos (mengatur bintang / hukum bintang).

Kemudian, kata astronomos diturun ke bahasa Latin menjadi astronomia, dan diturun ke bahasa Perancis Kuno menjadi astronomie. Akhirnya terbentuklah kata astronomy dalam bahasa Inggris pertengahan.

Perlu dicatat bahwa secara garis besar astronomi sangat berbeda dengan astrologi dimana astrologi merupakan ilmu yang mempergunakan pergerakan benda langit untuk memprediksi nasib kehidupan manusia.

Astronomi diketahui memiliki ratusan cabang dan turunan cabang juga. Dibawah berikut ini adalah cabang-cabang astronomi yang terpopuler dan terpenting :
  • Astrofisika = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari perilaku dan kelakuan suatu benda langit di alam semesta.
  • Astrobiologi = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari kehidupan di alam semesta.
  • Astrometri = cabang ilmu Astronomi yang mengukur dan mempetakan posisi dan gerakan dari benda langit.
  • Astroarkeologi = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari astronomi di masa lalu dengan cara kebudayaan dan agama. (Beda dengan kita kalau sekarang pakai pengamatan dan penelitian)
  • Astronomi Surya = cabang ilmu astronomi yang mempelajari Matahari.
  • Astronomi Bintang = cabang ilmu astronomi yang mempelajari bintang beserta karateristiknya.
  • Astronomi Bola = cabang ilmu Astronomi yang memusatkan perhatian pada letak benda langit di bola langit.
  • Astronomi Galaktik = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari galaksi dimana kita tinggal, yaitu galaksi Bimasakti.
  • Astronomi Ekstragalaktik = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari galaksi-galaksi diluar galaksi Bimasakti.
  • Astronomi panjang gelombang = cabang ilmu Astronomi yang meneliti suatu benda langit dengan cara mengamati dari berbagai panjang gelombang seperti Inframerah, Sinar-X, dll.
  • Astronomi gelombang gravitasi = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari gelombang gravitasi
  • Astrofisika partikel = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari fisika partikel di bidang astronomi.
  • Planetologi = disebut juga Ilmu Keplanetan. cabang ilmu astronomi yang mempelajari keplanetan seperti planet, asteroid, meteor, exoplanet, dll.
  • Kosmologi = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari struktur, evolusi, formasi, awal mula, dan sistem alam semesta.
  • Fotometri = cabang ilmu Astronomi yang mengukur kecerahan cahaya benda langit jika dilalui oleh filter yang berbeda-beda.
  • Spektroskopi = cabang ilmu Astronomi yang mempelajari spektrum-spektrum dari benda langit

Sumber: https://anchaastronomi.wordpress.com/2017/12/10/apakah-itu-ilmu-astronomi/

saatnya bertanya sama TS nih ;D ;D ;D
1.  Astonomi Bola; kenapa diasumsikan melihat letak benda langit di BOLA LANGIT... emg langit bentuknya bola ya?? bukannya dataar... (gw bukan FE addict lhoo [-X [-X [-X [-X [-X )
2.  Astronomi gelombang gravitasi??? emgnya gravitasi itu gelombang juga ya... bukan suatu gaya??? GAYA GRAVITASI kan?? apakah pengertian GAYA = GELOMBANG???
3.  Astrofisika partikel... agak awam sih istilah ini karena belom pernah denger... bisa kasih contoh salah satu bahasannya TS, thanks b4 yaaa >:)< >:)< >:)< >:)<
4. Astrobiologi: nih kayaknya aku minaaat, btw bahas organisme di alam semestanya meliputi semua organisme di galaksi bima sakti atau diluar itu juga dibahas ya, mohon penggelapannya... (karena pencerahan sudah terlalu mainstream 8-} 8-} 8-} 8-} 8-} )

emg kalau astrologi, agak mistis gitu ya TS koq pilih kasih gak ikut dibahas lhooo 8-> 8-> 8-> 8-> 8->

thanks sebelumnya buat TS buka thread ini  :-* :-* :-* :-*
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: All About Astronomy
« Reply #5 on: 11 December 2017, 02:52:50 PM »
saatnya bertanya sama TS nih ;D ;D ;D
1.  Astonomi Bola; kenapa diasumsikan melihat letak benda langit di BOLA LANGIT... emg langit bentuknya bola ya?? bukannya dataar... (gw bukan FE addict lhoo [-X [-X [-X [-X [-X )

Bola langit adalah bidang khayal berbentuk bola dengan bumi sebagai pusatnya di mana benda-benda langit berada. Dalam astronomi, koordinat bola langit digunakan untuk menggambarkan posisi benda langit tanpa memperhatikan jaraknya dari pengamat, misalnya koordinat horizon menunjukkan posisi benda langit menggunakan azimuth dan latitude sbb:



Quote
2.  Astronomi gelombang gravitasi??? emgnya gravitasi itu gelombang juga ya... bukan suatu gaya??? GAYA GRAVITASI kan?? apakah pengertian GAYA = GELOMBANG???

Menurut teori relativitas umum Einstein, gravitasi merupakan kelengkungan ruang-waktu akibat kehadiran objek bermassa. Ketika objek tersebut bergerak, akan muncul riak dalam ruang-waktu yang dikenal sebagai gelombang gravitasi. Berikut ilustrasinya:

<a href="https://www.youtube.com/v/4GbWfNHtHRg" target="_blank" rel="noopener noreferrer" class="bbc_link bbc_flash_disabled new_win">https://www.youtube.com/v/4GbWfNHtHRg</a>

Quote
3.  Astrofisika partikel... agak awam sih istilah ini karena belom pernah denger... bisa kasih contoh salah satu bahasannya TS, thanks b4 yaaa >:)< >:)< >:)< >:)<

Ini merupakan cabang fisika yang mempelajari partikel elementer yang dipancarkan dalam suatu peristiwa astronomi, misalnya ledakan supernova, sinar kosmis, dst.

Quote
4. Astrobiologi: nih kayaknya aku minaaat, btw bahas organisme di alam semestanya meliputi semua organisme di galaksi bima sakti atau diluar itu juga dibahas ya, mohon penggelapannya... (karena pencerahan sudah terlalu mainstream 8-} 8-} 8-} 8-} 8-} )

Astrobiologi (kadang disebut juga eksobiologi, eksopaleontologi, bioastronomi, dan xenobiologi) adalah kajian tentang asal, evolusi, penyebaran, dan masa depan kehidupan di alam semesta. Bidang ilmu antardisiplin ini meliputi pencarian lingkungan laik huni baik di dalam maupun di luar Tata Surya, pencarian bukti kimia prebiotik, kehidupan di Mars dan benda lain di Tata Surya, penelitian laboratorium dan lapangan perihal asal dan evolusi awal kehidupan di Bumi, serta kajian potensi makhluk hidup untuk beradaptasi di Bumi dan di luar angkasa.

Quote
emg kalau astrologi, agak mistis gitu ya TS koq pilih kasih gak ikut dibahas lhooo 8-> 8-> 8-> 8-> 8->

Astrologi walaupun sama2 mempelajari pergerakan benda langit, tetapi tidak dianggap sains karena pergerakan benda langit tsb dianggap bisa mempengaruhi nasib kehidupan manusia sehingga tidak ilmiah.

Quote
thanks sebelumnya buat TS buka thread ini  :-* :-* :-* :-*

Sama2 :)
« Last Edit: 11 December 2017, 07:37:41 PM by seniya »
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: All About Astronomy
« Reply #6 on: 11 December 2017, 03:55:42 PM »
Quote
Astrobiologi (kadang disebut juga eksobiologi, eksopaleontologi, bioastronomi, dan xenobiologi) adalah kajian tentang asal, evolusi, penyebaran, dan masa depan kehidupan di alam semesta. Bidang ilmu antardisiplin ini meliputi pencarian lingkungan laik huni baik di dalam maupun di luar Tata Surya, pencarian bukti kimia prebiotik, kehidupan di Mars dan benda lain di Tata Surya, penelitian laboratorium dan lapangan perihal asal dan evolusi awal kehidupan di Bumi, serta kajian potensi makhluk hidup untuk beradaptasi di Bumi dan di luar angkasa.

Apa yg dimaksud dengan bukti kimia prebiotik??  Struktur kimia pembentuknya??

Benda lain di tata surya itu bererti semua yg ada di tata surya termasuk bintang, planet,  asteroid atau terbatas pada makhluk hidup di tata surya??  Dan apakah kajiannya hanya terbatas pada galaxy bima sakti atau diluar galaxy ini??

Lalu kalau dikatakan evolusi apakah juga mencakup teori evolusi darwin cabang ilmu ini ya TS??

Btw ngomong2 soal astronomi...  Kita mengenal berbagai jenis teleskop untuk pengamatan benda2 angkasa...  Bisa tolong dijelaskan jenis2 teleskop yg dikenal dalam astronomi...dan kegunaannya berdasarkan bedanya daya tangkap alat itu terhadap benda2 yg dapat teramati darinya...  _/\_ _/\_
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: All About Astronomy
« Reply #7 on: 11 December 2017, 07:57:56 PM »
untuk gelombang gravitasi ini bidang yang cukup baru, dengan penemuan pertamanya baru 2 tahun yang lalu..
tapi einstein sudah memprediksikan tentang gelombang gravitasi ini seabad yang lalu..
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: All About Astronomy
« Reply #8 on: 11 December 2017, 08:22:52 PM »
Apa yg dimaksud dengan bukti kimia prebiotik??  Struktur kimia pembentuknya??

Bukti kimia prebiotik maksudnya bukti adanya senyawa kimia organik sederhana (karbohidrat, lemak, asam amino, asam nukleat, dst) yang terbentuk dari senyawa anorganik (air,  karbon dioksida, nitrogen, dst) pada masa awal pembentukan bumi. Contohnya meteorit yg jatuh di  Murchison, Victoria, Australia tahun 1969 ditemukan mengandung lebih dari 15 jenis asam amino.

Quote
Benda lain di tata surya itu bererti semua yg ada di tata surya termasuk bintang, planet,  asteroid atau terbatas pada makhluk hidup di tata surya??  Dan apakah kajiannya hanya terbatas pada galaxy bima sakti atau diluar galaxy ini??

Seluruh alam semesta, tetapi karena keterbatasan pengamatan, yang diteliti baru planet2 dalam tata surya kita.

Quote
Lalu kalau dikatakan evolusi apakah juga mencakup teori evolusi darwin cabang ilmu ini ya TS??

Beda, maksudnya evolusi awal kehidupan di bumi dari senyawa anorganik menjadi senyawa organik seperti dijelaskan di atas.

Quote
Btw ngomong2 soal astronomi...  Kita mengenal berbagai jenis teleskop untuk pengamatan benda2 angkasa...  Bisa tolong dijelaskan jenis2 teleskop yg dikenal dalam astronomi...dan kegunaannya berdasarkan bedanya daya tangkap alat itu terhadap benda2 yg dapat teramati darinya...  _/\_ _/\_

Untuk jenis2 teleskop bisa dibaca di http://kafeastronomi.com/mengenal-jenis-jenis-teleskop.html
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: All About Astronomy
« Reply #9 on: 03 January 2018, 10:39:23 PM »
Bukti kimia prebiotik maksudnya bukti adanya senyawa kimia organik sederhana (karbohidrat, lemak, asam amino, asam nukleat, dst) yang terbentuk dari senyawa anorganik (air,  karbon dioksida, nitrogen, dst) pada masa awal pembentukan bumi. Contohnya meteorit yg jatuh di  Murchison, Victoria, Australia tahun 1969 ditemukan mengandung lebih dari 15 jenis asam amino.

asam amino sama nukleat sodara gak?? eh btw senyawa anorganinya bener gak tuuuh... oh ya 15 asam amino itu apaan aja ya TS??  ^-^ ^-^ ^-^ ^-^

Seluruh alam semesta, tetapi karena keterbatasan pengamatan, yang diteliti baru planet2 dalam tata surya kita.

Sebenernya ada beberapa tata surya yang sudah ditemukan sampai sekarang ya??? :-? :-? :-?

Beda, maksudnya evolusi awal kehidupan di bumi dari senyawa anorganik menjadi senyawa organik seperti dijelaskan di atas.

bisa kasih contoh evolusi awal kehidupan di bumi sama yang nanya gak?? :D :D :D :D :D

Untuk jenis2 teleskop bisa dibaca di http://kafeastronomi.com/mengenal-jenis-jenis-teleskop.html

TS suka pakai yang mana dari semua teleskop itu dan apa alasannya...
 :whistle: :whistle: :whistle: :whistle:

Thanks ya TS  :whistle: jawab kekepoan yg nanya _/\_ _/\_ _/\_
« Last Edit: 03 January 2018, 10:41:03 PM by DeNova »
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: All About Astronomy
« Reply #10 on: 03 January 2018, 10:46:04 PM »
oh ya bertepatan dengan fenomena supermoon.... ^-^ ^-^ ^-^
1. Jelasin dong kenapa ada supermoon,  ;D
2. fenomena itu disebabkan oleh apa dan kenapa warnanya bisa beda2,  :))
3. apa pengaruhnya buat kehidupan kita di bumi.... :D
4. kenapa kalau supermoon itu seperti ada cahaya yang terang disekeliling bulan...  :whistle:
5. itu cahaya apa dan darimana seperti diketahui bulan tidak memancarkan cahaya tapi cuma memantulkannya :-?
6. kenapa manusia bisa prediksi kapan terjadinya supermoon, adakah rumusnya atau parameter apa untuk prediksinya? :P
mohon dijelaskan ya TS... thanks _/\_
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: All About Astronomy
« Reply #11 on: 04 January 2018, 12:36:09 PM »
TS suka pakai yang mana dari semua teleskop itu dan apa alasannya...
 :whistle: :whistle: :whistle: :whistle:

Belum pernah pakai teleskop, jadi gak tahu suka yg mana hahaha

Quote
Thanks ya TS  :whistle: jawab kekepoan yg nanya _/\_ _/\_ _/\_

Sama2
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: All About Astronomy
« Reply #12 on: 04 January 2018, 12:53:04 PM »
oh ya bertepatan dengan fenomena supermoon.... ^-^ ^-^ ^-^
1. Jelasin dong kenapa ada supermoon,  ;D
2. fenomena itu disebabkan oleh apa dan kenapa warnanya bisa beda2,  :))

Supermoon terjadi krn bulan berada di perigee (titik terdekat dengan bumi) dalam revolusinya mengelilingi bumi.

Quote
3. apa pengaruhnya buat kehidupan kita di bumi.... :D

Terjadinya pasang surut dan pasang naik yg diakibatkan gravitasi bulan lbh besar krn jaraknya lbh dekat dg bumi

Quote
4. kenapa kalau supermoon itu seperti ada cahaya yang terang disekeliling bulan...  :whistle:

Itu namanya halo (lingkaran cahaya di sekeliling bulan atau matahari) yg terjadi ketika cahaya benda langit dibisakan oleh kristal es yg ada pd  awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km atau 3–6 mil di lapisan atas troposfer

Quote
5. itu cahaya apa dan darimana seperti diketahui bulan tidak memancarkan cahaya tapi cuma memantulkannya :-?

Dari cahaya matahari yg dipantulkan oleh permukaan bulan.

Quote
6. kenapa manusia bisa prediksi kapan terjadinya supermoon, adakah rumusnya atau parameter apa untuk prediksinya? :P
mohon dijelaskan ya TS... thanks _/\_

Krn pergerakan revolusi bulan thd bumi sudah diketahui berabad2 yg lalu dan bisa diprediksi oleh para astronom. Di link ini kita bisa mengetahui kapan terjadi supermoon berdasarkan lokasi: https://www.timeanddate.com/astronomy/moon/super-full-moon.html
« Last Edit: 04 January 2018, 12:55:07 PM by seniya »
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: All About Astronomy
« Reply #13 on: 04 January 2018, 01:10:07 PM »
Belum pernah pakai teleskop, jadi gak tahu suka yg mana hahaha

Sama2
yang warna- warni dijawab juga dong TS ;D ;D ;D
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: All About Astronomy
« Reply #14 on: 04 January 2018, 01:11:32 PM »
Sejarah Astronomi: Klik untuk membuka gambar (Warning: Large picture)
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

 

anything