apakah praktik yang dilakukan juga seperti di theravada ? (menggunakan nimitta & jhana)
Tidak ada deskripsi lengkap demikian dalam literatur mahayana, setahu saya. Tapi dari catatan beberapa laporan orang yang mempraktikkan nien-fo, terkadang muncul deskripsi seperti melihat cahaya atau perasaan bahagia yang kuat yang mirip dengan deskripsi nimitta dan pitti. Seorang guru bahkan dikatakan mencapai dhyana dengan praktik ini, yang dikatakan duduk bermeditasi selama berhari-hari tanpa sadar sampai hampir dikremasi oleh murid2nya sendiri karena dikira mati. Untungnya seorang guru yang lain mencegah murid2-nya dan membangunkan guru itu dari meditasinya. Tapi, terus terang saya tidak tahu apakah hal demikian sama dengan nimitta dan jhana dalam praktik guru2 aliran yang berfokus pada Jhana dalam Theravada.
Saya sendiri pernah dengar langsung dari seorang guru ch'an yang berkata bahwa nien-fo hanya bisa mencapai tingkatan upacara-samadhi, yang artinya dalam aliran Jhana ini berarti nimitta-nya telah stabil, tapi beliau sama sekali tidak menyinggung soal nimitta. Di luar ini, saya pernah membaca seorang guru ch'an lainnya yang ditanya soal bagaimana ia dapat mencapai samadhi duduk selama 7 hari, dan ia menjawab bahwa dengan tetap fokus pada satu titik konsentrasi dalam nienfo.
Jadi, sebenarnya tidak ada kepastian sejauh mana tingkatan samadhi yang bisa dicapai oleh nien-fo, dikarenakan beragamnya pendapat dan pengalaman pada guru2 dalam mahayana sendiri.