sedikit berbelit2 kayaknya.
untuk sederhananya, seseorang tolong isi "??" pada rumus dibawah.
iman + baik = pasti surga
iman + jahat = ??
tanpa iman + baik = ??
tanpa iman + jahat = pasti neraka
"??" menurut kat0lik
"??" menurut prot3stan
nih inti sari aje...
nurut kanesten n katotok, same aja... cm ada sedikit perbedaan :
1. klo kanesten apa pun perbuatan loe pada, yg penting ente2 percaya ma brewok, pasti dapat tiket surgo...
2. katotok, iman tanpa perbuatan adalah mati, jd untuk dapat tiket surgo, selain iman ente kudu baik perbuatan...
mengenai pertanyaan ente :
1. versi kanesten
iman + baik = pasti surgo
iman + jahat = pasti surgo
tanpa iman + baik = kaga mungkin surgo, ke neroko aje... walau ada ayat yg menyangkal didalam al-kita-biah
tanpa iman + jahat = lebih2 ini, kaga mungkin surgo, pasti ke neroko...
2. versi katotok
iman + baik = pasti surgo
iman + jahat = kaga bisa, kudu baik dulu dengan cara tobat, baru bisa surgo...
tanpa iman + baik = mungkin, ada beberapa kasus dalam sejarah katotok, tapi umumnya neroko
tanpa iman + jahat = lebih2 ini, kaga mungkin surgo, pasti ke neroko
yg paling seru dibahas adalah : tanpa iman + baik
umumnya dalam agama mas-rani, iman adalah utama, krn mereka ingin menunjukan dominasi dalam hal keselamatan, terlebih didalam al-kita-biah dinyatakan tidak ada jalan ke kerajaan allah selain melalui brewok... sehingga, iman mengalahkan moral/kebaikan...
di kanesten malah dengan jelas dinyatakan, apapun perbuatan seseorang, bahkan seorang preman/penjahat/bajingan sekali pun dapat diangkat ke surgo, selama ia mau beriman pada brewok... bahkan setelah ia beriman pun dan melakukan kejahatan lg, tetap akan masuk surgo... kenapa ?
1. karena dosa nya telah di tebus oleh brewok
2. ia telah beriman pada brewok
3. apa pun yg ia lakukan, selama ia telah beriman pada brewok, semua perbuatan adalah kehendak brewok
4. dinyatakan pula, tindakan2 orang telah diselamatkan akan terlihat didalam diri orang yg telah beriman pada brewok, sehingga apapun tindakan2 mereka pastlah baik...
5. seseorang yg beriman pada brewok, bkn karena kehendak mereka, karena telah dipilih oleh brewok.
5 point di atas ada ayat pendukung nya, dato' rasa tidak perlu di tulis disini...
namun pertentangan muncul, sebagai gengsi dr sebuah agama. dinyatakan sebaliknya, jika seseorang telah beriman namun masih berbuat jahat, tentu nya iman nya adalah palsu, juga dinyatakan bahwa iman tanpa perbuatan adalah mati.
namun hal ini tentunya bertentangan dengan uraian sebelumnya yg diperkuat dengan 5 point tersebut. ya krn memang dasar dr semua itu (red. al-kita-biah) uda tidak konsisten.
namun hal ini di bantah didalam al-kita-biah (Matius 22:36-39) bahwa perbuatan baik tanpa beriman pun bs dapat tiket surgo... muncul ketidakkonsistan lg... walau byk bantahan, namun ayat di dalam al-kita-biah tidak dapat di ubah...