//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - bond

Pages: 1 2 3 4 5 6 [7] 8
91
Ulasan Buku, Majalah, Musik atau Film / Lagu feeling Buddha
« on: 23 March 2008, 12:07:27 PM »
coba dengerin  lagu feeling Buddha, bahasa Pali ,bagus banget www.buddhanet.net/mp3/thai chants/7 Thai chanting.mp3

 _/\_

92
Ulasan Buku, Majalah, Musik atau Film / Mindfulness, Bliss and Beyond
« on: 23 March 2008, 11:04:25 AM »
Sekarang telah terbit terjemahan buku Mindfulness,Bliss and Beyond oleh Ajahn Brahm terbitan ehipasiko.

Hanya saja terjemahan bahasa Indonesia menggunakan judul SUPERPOWER MINDFULNESS.
harganya kurang lebih Rp 50,000
Disini dijelaskan mengenai Jhana2 dengan teknik anapanasati. Silakan cari di toko2 buku Buddhis atau Vihara2 terdekat anda.

 _/\_

93
Theravada / Buddhanusati, Dhammanusati, Sanghanusati
« on: 14 March 2008, 11:19:01 AM »
Buddhanusati:

Demikianlah Sang Bhagava Yang Maha Suci,Yang telah mencapai Penerangan sempurna,sempurna pengetahuan serta tindaktandukNya, sempurna menempuh Sang Jalan(nibanna),Pengenal segenap alam,Pembimbing Manusia Yg tiada taranya, Guru para dewa dan manusia Yang Sadar, Yang patut dimuliakan.

Dhammanusati:

Dhamma Sang Bhagava telah sempurna dibabarkan, berada sangat dekat, tak lapuk oleh waktu, mengundang untuk dibuktikan,menuntun ke dalam batin,dapat diselami oleh para bijaksana dalam batin masing2

Sanghanusati:

Sangha siswa Sang Bhagava telah bertindak baik
Sangha siswa Sang Bhagava telah bertindak lurus
Sangha siswa Sang Bhagava telah bertindak benar
Sangha siswa Sang Bhagava telah bertindak patut.
Mereka merupakan empat pasang makhluk, terdiri dari 8 jenis makhluk suci. Itulah Sangha siswa Sang Bhagava.
Patut menerima pemberian, tempat bernaung,persembahan serta penghormatan.
Lapangan utk menanam jasa, yg tiada taranya di alam semesta

 _/\_

94
Informasi dan Pengumuman Kegiatan Buddhis / Retreat Sayadaw U Aggana
« on: 14 March 2008, 10:03:08 AM »
Retreat meditasi Samatha dengan pembimbing Bhikkhu Sayadaw U Aggana dari Myanmar dan murid langsung dari Paauk Sayadaw

Acara: tgl 20 April-1 Mei 2008 di Pupuan, Singaraja, Bali

          Tgl 7 Mei - 17 Mei 2008 di Bali Usada Centre, Baturiti(dekat bedugul), Bali

Bagi yg berminat dan informasi lebih lanjut bisa hubungi saudara Agus W hp : 0811112010

 _/\_
 

95
Diskusi Umum / Daftar 31 Alam kehidupan dan Jangka waktu kehidupannya
« on: 20 February 2008, 11:36:09 AM »
________________________________________________________________________________________________________________ 
Alam                                    Alam Kehidupan                             Jangka Waktu Kehidupan
__________________________________________________________________________________________________________________
                                          31.Bukan persepsi atau bukan                     84.000 MK
                                               non persepsi
Alam Arupa                            30.Ketiadaan/kekosongan                           60.000 MK
 (4)                                      29.Kesadaran tanpa batas                          40.000 MK
                                           28.Ruang Tanpa Batas                               20.000 MK
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Alam Rupa   - Jhana Empat       27.Kediaman murni tertinggi                         16.000 MK
 (16)                                    26.Kediaman pandangan terang                     8.000 MK
                                           25.Kediaman Indah                                      4.000 MK
                                           24.Kediaman Suci                                        2.000 Mk
                                           23.Kediaman Tak-Bergerak                            1.000 MK
                                           22.Non Persepsi                                             500 MK
                                           21.Pahala Besar                                             500 MK
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                    Jhana Tiga         20.Keagungan yg memancar                               64 MK
                                           19.Keagungan Tak-terukur                                  32 MK
                                           18.Keagungan Terbatas                                      16 MK
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                    Jhana Dua          17.Cahaya gemerlap                                            8 MK
                                            16.Cahaya Tak-Terukur                                       4 MK
                                            15.Cahaya Terbatas                                            2 MK
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                    Jhana Satu         14.Mahabrahma                                                  1 AK
                                            13.Menteri-menteri Brahma                                 0,5 AK
                                            12.Pengikut-pengikut Brahma                              1/3 AK
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Alam Lingkup Indera                  11.Penguasa ciptaan makhluk lain                   16.000 TS
 (11)                                      10.Bergembira dalam Cipattan makhluk lain        8.000 TS
                                              9.Tusita                                                    4.000 TS
                    Alam bahagia         8.Yama                                                     2.000 TS
                                              7.Tiga puluh tiga Dewa                                 1.000 TS
                                              6.Empat Raja Besar                                         500 TS
                                              5.Manusia                                                 Tak tentu
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                    Alam Menderita      4.Raksasa                                                 Tak tentu
                                              3.Setan kelaparan                                      Tak tentu
                                              2.Binatang                                                Tak tentu
                                              1.Neraka                                                   Tak tentu

_______________________________________________________________________________________________________________
                     MK  =  Maha Kappa
                          Ak   =  Asankeyya Kappa
                          TS   =  Tahun Surgawi



________________________________________________________________________________________________________________

                     Jangka Waktu Kehidupan Dalam Lingkup Alam Dewa


ALAM                                     HS                              TS                       TM
1. Empat Raja Besar                  50   TM                        500                      9 juta
2. Tigapuluh tiga dewa             100   TM                      1000                     36 juta
3. Yama                                200   TM                      2000                    144 juta
4. Tusita                               400   TM                      4000                    576 juta
5. Bergembira dalam Ciptaan
   Makhluk lain                        800   TM                      8000                    2304 juta
6. Penguasa cipataan para
    Makhluk lain                      1600   TM                     16000                   9216 juta
_______________________________________________________________________________________________________________
HS  = hari Surgawi
TS  = tahun surgawi
TM  = tahun manusia 




Sekarang tinggal pilih mau di alam mana...................? ;D
 _/\_

96
Meditasi / Konsultasi dan bimbingan jhana
« on: 14 February 2008, 09:09:09 AM »
Mereka yg memiliki keterbatasan waktu utk mengikuti retreat untuk meditasi, sekiranya dapat dilakukan dirumah dengan bimbingan melalui email atau by phone dari muridnya Ven. Paauk Sayadaw, Tina Rasmussen and Stephen. Meditasi sendiri dirumah secara intensif  disebut solo retreat. Teman2 DC yg memiliki pertanyaan mengenai meditasi Samatha-jhana atau ingin konsultasi mengenai perkembangan meditasi, bisa mengunjungi email RasmussenT [at] aol.com  atau kunjungi website www.JhanasAdvice.com

Smoga informasi ini dapat bermanfaat bagi mereka yg ingin langsung mempraktekan Dhamma.


Salah satu contoh jawaban beliau  melalui e-mail yg saya kirimkan:


---- Original Message ----
From: "RasmussenT [at] aol.com" <RasmussenT [at] aol.com>
Sent: Thursday, February 14, 2008 6:52:08 AM
Subject: Re: Name Added to JhanasAdvice.com List

Hi bond,
Guidance on solo retreats means that if you do a retreat at home, we can guide you through email or by phone. You could also be at a retreat center and we could guide you while you are there, as long as your other teacher(s) agree.
 
It is very good that you practice 1-1.5 hours twice a day. You are very dedicated! This will help you with purification, and prepare you for if you go on retreat. Because the jhana practice is an intensive practice, it usually requires the yogi to be on retreat to attain jhana. If the yogi is talking and working during the day, their concentration wanes and is becomes difficult to attain jhana. This is why retreats are important in this practice. Usually, it is best to meditate 8 to 12 hours a day on retreat when doing this practice.
 
When moving from Jhana 1 to Jhana 2, the concentration increases and the jhana factors drop one by one. How this works is a bit complicated, and is explained by Ven. Pa Auk Sayadaw in his book Knowing and Seeing. Stephen and I also explain it in our book which should be available by May 1. I would suggest that you read more about it there.
 
Many blessings to you in your practice.
With metta,
Tina
 
 
Tina Rasmussen
www.JhanasAdvice.com

 _/\_

97
Bantuan Teknis, kritik dan saran. / Tidak bisa klik di SB
« on: 13 February 2008, 09:40:26 AM »
Bro Sumedho, kenapa saya ngak bisa chat lewat Sb ya. Kalau uda ketik kalimat klik "shout" ngak bisa
And kenapa tampilan Dc forum putih semua ya , icon ngak keliatan tapi bisa ketik yg lainnya. Uda coba di comp lain juga gitu.

Thanks sebelumnya utk bantuannya

98
Meditasi / 7 Penyucian (Visudhi)- Vipasana, by Ven. Sun Lun Sayadaw.
« on: 10 February 2008, 11:17:01 AM »
The Seven Purities or Visuddhis.

 

Gyok-pin Sayadaw asked U Kavi to explain the Seven Purities (Visuddhis). U Kavi said, “I do not know the technical terms. May I say it as I understand about it?” On being allowed to do so, U Kavi said as follows:

A YogÊ first pays homage to the Buddha, then send his merit to all the world, sharing his good deed. He offers his body to the Buddha during the period of meditation and donates himself to meditation for a prescribed period. When he has gained concentration, he will come to notice certain Sensations arising in the body. Without looking at anything, his eyes being closed, without uttering anything, without moving his hands (and body), he observes the sensation that has arisen in him. All the five faculties – faculty of eye, faculty of ear, faculty of smell, faculty of taste and faculty of body –  are thus under control,. This is called Purity of Morality or Sīla Visuddhi (because no evil deed is being done during that period). As the mind is fixed on the sensation, it is called Purity of Mind, Citta Visuddhi. When there is Purity of Morality and Purity of Mind, one can perceive things as they truly are. How? The pores at the base of body hairs seem to glow as when sparks of fire appear when you strike the flint with a peace of steel in the primitive mode of making fire. On seeing this, the YogÊ understands that there is no body, no head, no limbs (but only physical phenomena). The wrong concept of body disappears and reality is revealed. This Purity of vision is called Purity of Views, Ditthi Visuddhi. Then one’s conviction in the Buddha is made firm.

This is called Purity of Overcoming Doubts, Kankhāvitarana Visuddhi. The YogÊ feel, very glad then. With gladness comes a bright light phenomena in front of him; the mind clings to that brightness because there is a unique sense of well being that is being experienced. That is called being sunk in the ten dangers (Vipassanā Upakkilesās) or Insight defilements. The YogÊ ponders about this wonderful experience to which he is greatly attached. He realizes that this attachment is not to be allowed to remain. He keeps mindful of body again. This is called Purity of Knowledge and vision into the Right and Wrong Paths (Maggāmagganāna dassana Visuddhi). Then (painful) bodily sensations arise in him again. The object of meditation is now fluctuating – now high and now low. The YogÊ adjusts his consciousness gradually as that the fluctuation is arrested and it rests at a point that is non too high nor non too low, which is the correct position, the middle point. It is called Patipadānāna dassana Visuddhi, Purity of Knowledge and Vision of the Way.

At that moment of the (6th purity), the 7th the Purity of Knowledge and Vision, nānadassana Visuddhi arises as clearly as a shot were fired. (That is Maggā nāna that frees one from all defilements)

Gyok-pin Sayadaw was quite satisfied and said, “Your exposition is better (even than what we had traditionally learnt).”

(End of discussion on the Seven Visuddhis)


NB : Ini adalah proses penyucian yg terjadi dalam vipasana yg menghasilkan nyana2 dalam vipasana.Dan beberapa komentar mengatakan bahwa beberapa Vipasanna kilesa( kekotoran pandangan terang) muncul sebelum masuk tahap maggananadassana-visudhi(kesucian pandangan terang yg menyadari apa yg merupakan Sang jalan dan apa yg bukan.


Smoga bermanfaat bagi mereka yg berlatih Vipasana.



99
Diskusi Umum / Berkah dan Nasib. Good Question & Good Answer
« on: 09 February 2008, 10:46:49 AM »
Q  : Bagaimana pendapat ajaran Buddha mengenai jimat dan ramalan nasib?

A  : Buddha menanggap praktik seperti peramalan nasib, pemakaian jimat pelindung, penujuman,penentuan hari baik, penentuan lokasi bangunan secara magis, dan sebangsanya, sebagai ketakhayulan yg tak bermanfaat. Beliau tidak pernah menganjurkan para siswa-Nya utk melakukan praktik semacam itu. Beliau menamakan hal2 di atas sebagai "budaya rendah'.

DI 9-12

Banyak orang beragama yg mengandalkan penghidupannya dari budaya2 rendah, dengan mata pencaharian yg salah, seperti meramalkan nasib orang, meramalkan pertanda-pertanda, menafsirkan mimpi...membawa nasib baik atau nasib buruk.., memohon-mohon pada dewi keberuntungan...,menentukan tempat keberuntungan untuk mendirikan bangunan. Petapa Gotama menolak budaya rendah semacam ini sebagai cara penghidupan yg salah.


Q  : Mengapa orang kadang-kadang mempraktikan, bahkan mempercayai hal2 tsb?
A  : Karena ketamakan, ketakutan, dan kebodohan batin. Begitu seseorang memahami ajaran Buddha, dia akan sadar bahwa kesucian pikiran dapat menjadi pelindung yg lebih baik dibandingkan secarik kertas, sebutir batu, serangkaian coretan, dan dia tidak lagi menggantungkan nasibnya pada hal2 semacam itu. Dalam ajaran Buddha, adalah ketulusan,kebajikan, pengertian,kesabaran, kemurahan hati, kesetiaan dan kebijaksanaanlah, yg benar2 dapat melindungi kita dan memberikan kesejahteraan sejati.

Q  : Tapi ada jimat keberuntungan yg terbukti khasiatnya?
A  :  Saya tahu ada org yg penghidupannya menjual perlindungan jimat keberuntungan. Dia bilang bahwa jimatnya dpt membawa berkah dan kemakmuran. Tapi kalau yg dikatakannya benar, mengapa dia tidak menjadikan dirinya sendiri seorang multi jutawan? kalau jimatnya benar2 berkhasiat, mengapa dia tidak menang undian setiap minggu? Keberuntungan yg dia miliki hanyalah adanya orang2 tolol yg mau membeli jimatnya.

Q  : Jadi, apakah ada yg disebut keberuntungan?
A  : Keberuntungan didefinisikan sebagai kepercayaan bahwa apapun yg terjadi pada seseorang dalam suatu peristiwa baik atau buruk disebabkan karena kebetulan,nasib, atau untung2an. Buddha sama sekali menyangkal kepercayaan tsb. Segala sesuatu yg terjadi pasti mempunyai satu atau lebih penyebab tertentu, dan pasti ada hubungan antara penyebab dan akibatnya. Sebagai contoh, jatuh sakit pasti punya sebab tertentu, salah satu kemungkinan seseorang telah dimasuki kuman dan tubuhnya harus cukup lemah bagi si kuman utk bisa berkembang disitu. Ada hubungan tertentu antara penyebab(kuman dan tubuh yg lemah) dan akibat(jatuh sakit). Kita tahu bahwa kuman menyerang bagian tubuh orang itu dan menimbulkan sakit. Ajaran Buddha mengajarkan bahwa apapun yg terjadi pasti karena satu atau lebih sebab, dan tidak disebabkan karena kebetulan, nasib, atau untung2an. Orang yg tertarik pada keberuntungan selalu mecoba utk mendapatkan sesuatu, biasanya banyak rezeki atau kesehatan. Buddha mengajarkan bahwa mengembangkan hati dan pikiran adalah jauh lebih bermanfaat. Dalam salah satu ceramah-Nya yg terkenal, Buddha melantunkan:

-Sn 261-268-Tentang Berkah Utama

Memiliki pengetahuan luas dan kepiawaian,terlatih baik dalam tata tertib, ramah tamah dalam berucap, inilah Berkah Utama.

Merawat ayah ibu, menyokong anak dan istri, bekerja tak terbengkalai, inilah Berkah Utama.

Berdana, berperilaku sesuai Dhamma, menyokong sanak keluarga, berkarya tanpa cela, inilah Berkah Utama.

Berpantang berbuat kejahatan, menghindari barang memabukkan, bertekun melaksanakan Dhamma, inilah Berkah Utama

Menghormat, bersikap rendah hati, merasa puas, tahu kebajikan org lain,mendengarkan Dhamma tepat pada waktunya, inilah Berkah Utama.

Bersemangat, menjalani hidup suci, melihat Kebenaran Ariya,menembus Nibbana, inilah Berkah Utama.

Kendati berhubungan dengan hal2 duniawi, batin tak tergoyahkan, batin tak bersedih, tak bernoda, merasa aman, inilah Berkah Utama.

Dengan melaksanakan hal2 ini, makhluk hidup tak kan terkalahkan dimanapun, dan pergi kemana pun niscaya selamat, inilah Berkah Utama bagi mereka.





Sumber : Bhante Shravasti Dhammika ( buku: Good Question Good Answer)


Anumodana _/\_

100
Diskusi Umum / Menyingkirkan Kilesa-Sayadaw U Pandita
« on: 08 February 2008, 08:43:02 PM »
Ada 3 tingkatan kilesa :

1. Vitikkamma kilesa(kekotoran bathin) = Kekotoran batin yg mengakibatkan terjadinya pelanggaran sila dan pelanggaran hak2 org lain. Membunuh, mencuri, berbuat asusila, bohong dan mabuk2an termasuk kelompok kilesa kasar.

2. Pariyutthana kilesa = kilesa yg hanya muncul di pikiran tetapi tidak terwujudkan dalam perbuatan atau ucapan.

3. Anusaya kilesa = kilesa yg terpendam yg belum muncul dalam batin, tetapi ketika kesempatan muncul dan kondisinya memungkinkan, ia akan menyebabkan berkembangnya Pariyutthana kilesa dan vitikkama kilesa.



Q : Bagaimana cara seseorang menyingkirkan kilesa?
A :  1.    Dengan Sila-sikkha (latihan dalam kemoralan dan kebajikan), vitikkama kilesa (kekotoran batin kasar) dapat dihancurkan.
      2.    Dengan Samadhi sikkha (latihan konsentrasi) pariyutthana kilesa(kekotoran batin menengah) dapat dihancurkan.
      3.    Dengan Panna-sikkha (latihan kebijaksanaan) anusaya kilesa (kekotoran batin terpendam) dapat dihancurkan.

Dhammapada syair ke 276:

Engkau sendirilah yg harus berusaha; Para Tathagata hanya dapat menunjukan jalan. Mereka yg berlatih meditasi ketenangan dan Pandangan terang akan terbebas dari belenggu Mara.

Q  : Bagaimana Jalan Moralitas (sila magganga)membantu melenyapkan kilesa2?
A  : Yogi (disini diartikan sebagai seseorang yg berjuang atau mengerahkan usaha utk dhamma) selalu diingatkan utk berbicara hanya jika diperlukan. Mereka harus menghindari diri dari bergosip, bohong, fitnah dan mengeluarkan kata2 kasar sebagai bentuk pengendalian secara verbal yg disebut (samma vaca).  Ucapan benar dpt disebut juga sebagai kesopanan dalam berbicara atau kemurnian ucapan.
Kemudian mempraktekan perbuatan benar( samma kammanta), akan menghindari pembunuhan,pencurian dan perbuatan asusila. Mata pencaharian benar(samma-ajiva) berarti menghindar dari penghidupan yg dpt mencelakakan makhluk lain

Q  :  Bagaimanakah Jalan Konsentrasi (Samadhi Magganga) membantu melenyapkan kilesa2?
A  :  Samadhi-magganga terdiri dari usaha(viriya), perhatian(sati) dan konsentrasi(samadhi). Untuk dapat mengamati objek secara terus-menerus diperlukan Usaha Benar (samma-vayama). Yogi juga diinstruksikan utk mengamati semua kegiatan sehari-hari seperti mandi, ganti pakaian, membuka dan menutup pintu, dsb. Jika pencatatan batin dilakukan secara tepat dan terus-menerus dengan usaha, maka kilesa tidak akan dpt muncul pd saat seseorang sedang melakukan aktifitas tsb. Usaha benar berarti tidak  memberikan kesempatan bagi kilesa. Kemampuan utk mengamati dan mengetahui secara tepat objek apapun yg timbul dari saat ke saat disebut dengan Perhatian Benar (samma-sati). Dengan Perhatian Benar , hal2 buruk(akusala tidak dapat muncul. Perhatian(sati) bagaikan pintu sebuah rumah yg mencegah masuknya debu,kotoran, hujan dan angin. Terdapat hubungan sebab akibat antara usaha dan perhatian.

Q  : Bagaimanakah seseorang dapat melenyapkan kilesa-kilesa sampai tuntas?
A  : Jika tidak dihancurkan secara menyeluruh, kilesa-kilesa dapat timbul lagi sewaktu waktu bagaikan suatu penyakit yg kambuh lagi karena obat yg diresepkan tidak diminum secara teratur. Sila-Magganga dan Samadhi-Magganga hanya dapat memberantas kilesa sampai batas tertentu, tetapi dengan panna-magganga, kilesa dapat dilenyapkan sampai tuntas.

Ada 2 jenis Panna-magganga:

1. Vipasana-panna yg memahami perbedaan antara nama-rupa, hubungan sebab-akibat, dan Tilakhana. Dengan mengembangkan Vipasana panna, kilesa2 dpt dibasmi utk sementara waktu

2. Magga-panna adalah kebijaksanaan yg diperoleh seseorang mencapai tingkat kesucian sotapati-magga, sakadagami-magga,anagami-magga dan arahatta-magga. Ketika mencapai ketiga magga yg pertama, sebagian dari kilesa telah dilenyapkan utk selamanya, hanya pada pencapaian arahataa-maggalah semua bentuk kilesa telah dapat dilenyapkan.

Q : Bagaimanakah Sila, Samadhi dan Panna berkembang?
A:  Dengan mempraktekan semua faktor dalam Jalan Mulia Beruas 8


Dhammapada 2:5

Dengan usaha yg tekun, bersungguh-sungguh, displin dan pengendalian diri, orang bijaksana membuat pulau bagi dirinya sendiri yg tidak dapat ditenggelamkan oleh banjir


Anumodana _/\_







101
Diskusi Umum / Ajahn Mun Bhuridatta
« on: 04 February 2008, 08:09:00 PM »
Ajahn Mun adalah yg dipercayai seorang Arahat yg juga merupakan murid dari Ajahn Sao Katansilo(Arahat), Di jamannya mereka terkenal sebagai Bhikkhu Dhutangga(bahasa Thailand =Tudong)/Kammathana yg amat ketat di Thailand. Beberapa murid dari Ajahn Mun Bhuridatta yg terkenal adalah Ajahn Chah dan Ajahn Luangta Mahaboowa.

http://www.answers.com/topic/mun-bhuridattaTo Burma
In 1911, Ajahn Mun decided to walk to Burma in search of a highly attained meditation teacher who could help him in his struggle for enlightenment. He walked by stages from northeast Thailand down to Bangkok, through the wilderness mountain ranges.

He made his way into Burma and visited the Shwedagon Pagoda among other sites. During his stay in Burma, he did indeed make contact with meditation teachers who were capable of giving him the guidance he was seeking in order to develop the correct meditation practices that would lead to higher attainments. Unfortunately, the names of these meditation teachers were never recorded[citation needed]. Ajahn Mun spent the Rain Retreat of 1911 at Moulmein in lower Burma, in the Mon states. He was deeply affected by the morality and generosity, and strong monastic discipline of the Mon and Shan people he met in Burma.


Dan selama ini tidak ada yg tau siapa nama guru Ajahn Mun Bhuridatta dalam pencariannya mencari guru meditasi di Myanmar yg membantu pencerahannya.

Nah dalam web yg tertulis dalam wikipedia tertulis bahwa dia menghabiskan Rain retreat di Moulmein, yg mana nama lain kota itu adalah Mawlamyine. Mawlamyine adalah tempat dimana tempat monastrynya Paauk Sayadaw berada. Kelihatannya ada hubungannya dengan guru Ajahn Mun Bhuridatta disekitar Mawlamyine. Walaupun Monastry Paauk Sayadaw berdiri 1926 dan Ajahn Mun bertapa pada tahun 1911.
Perjalanannya Ajahn Mun adalah dari Shwedagon ke Mawlamyine, kesimpulan saya pribadi adalah guru beliau adalah di sekitar situ, tetapi saya sendiri melihat yg paling mungkin di hutan Mawlamyine dimana dia melakukan rain retreat. Karena saat itu para bhikkhu melakukan massa vassanya.

Smoga informasi ini berguna.Dan kalau ada tambahan informasi lagi, akan sangat berguna sekali.

 _/\_












102
Meditasi / Satipatthana-Vibanga sutta
« on: 03 February 2008, 11:54:07 AM »
Quote
SN 47.40
Satipatthana-vibhanga Sutta
Analysis of the Frames of Reference
Translated from the Pali by
Thanissaro Bhikkhu PTS: S v 183
CDB ii 1659

-

"I will teach you the frames of reference, their development, and the path of practice leading to their development. Listen & pay close attention. I will speak.

"Now, what are the frames of reference? There is the case where a monk remains focused on the body in & of itself — ardent, alert, & mindful — putting aside greed & distress with reference to the world. He remains focused on feelings in & of themselves... mind in & of itself... mental qualities in & of themselves — ardent, alert, & mindful — putting aside greed & distress with reference to the world.

"This is called the frames of reference.

"And what is the development of the frames of reference? There is the case where a monk remains focused on the phenomenon of origination with regard to the body, remains focused on the phenomenon of passing away with regard to the body, remains focused on the phenomenon of origination & passing away with regard to the body — ardent, alert, & mindful — putting aside greed & distress with reference to the world.

"He remains focused on the phenomenon of origination with regard to feelings, remains focused on the phenomenon of passing away with regard to feelings, remains focused on the phenomenon of origination & passing away with regard to feelings — ardent, alert, & mindful — putting aside greed & distress with reference to the world.

"He remains focused on the phenomenon of origination with regard to the mind, remains focused on the phenomenon of passing away with regard to the mind, remains focused on the phenomenon of origination & passing away with regard to the mind — ardent, alert, & mindful — putting aside greed & distress with reference to the world.

"He remains focused on the phenomenon of origination with regard to mental qualities, remains focused on the phenomenon of passing away with regard to mental qualities, remains focused on the phenomenon of origination & passing away with regard to mental qualities — ardent, alert, & mindful — putting aside greed & distress with reference to the world.

"This is called the development of the frames of reference.

"And what is the path of practice to the development of the frames of reference? Just this noble eightfold path: right view, right resolve, right speech, right action, right livelihood, right effort, right mindfulness, right concentration. This is called the path of practice to the development of the frames of reference."


Cara melatih memperhatikan 4 objek dalam vipasana, seperti disebutkan diatas. Jika dilatih dapat memahami tentang anicca terhadap 4 objek tadi, dan jika dikembangkan terus dapat memahami Tilakhana dengan jelas, Karena semuanya saling berhubungan.

Smoga bermanfaat



103
Diskusi Umum / Lenyapnya perasaan dan persepsi
« on: 30 January 2008, 06:55:48 PM »
Tanya:


Saat seseorang mencapai tingkat Arahat melalui arupa jhana, di dalam salah satu sutta dikatakan "lenyapnya perasaan dan persepsi (extinction of feeling and perception)". Tolong dijelaskan secara panjang lebar artinya.
Apakah seorang Arahat sudah tidak punya persepsi lagi?
Lee, Perth, Australia

 

Jawaban dari Samaggi Phala (Y.M. Uttamo Thera) dan Dhamma Study Group Bogor (Sdr. Selamat Rodjali):
Namo Buddhaya,

Pencapaian Arahatta bukanlah melalui Arupa Jhana, karena arupa jhana dan beberapa jenis jhana ini merupakan hasil dari Samatha Bhavana atau meditasi konsentrasi. Sedangkan pencapaian kesucian sehingga Arahatta diperoleh dengan latihan Vipassana Bhavana atau meditasi perenungan. Namun, ada banyak di antara para arahatta yang melatih samatha bhavana sebelum vipassana, sehingga beliau mampu memasuki kondisi Arupa Jhana. Arupa Jhana sendiri memang sering diartikan sebagai "lenyapnya perasaan dan persepsi" karena selama dalam kondisi ini, seseorang tenggelam dalam ketenangan batin sehingga perasaan dan persepsi tidak ada lagi.

Saudara Lee yang baik, extiction of feeling and perception (padamnya perasaan dan pencerapan) direalisasi melalui proses Nirodha Samapati dengan syarat kedua hal di bawah ini terpenuhi semua (tidak bisa bila salah satu):
harus mampu dalam jhana tertinggi yaitu arupa jhana tingkat tertinggi
minimal harus sudah pada tingkat kesucian Anagami (jadi hanya Anagami atau Arahat tidak harus Arahat).
Jadi bukan merealisasi Arahat melalui arupa jhana seperti yang Saudara tanyakan.



Kondisi lenyapnya perasaan dan persepsi ini hanya dialami ketika seseorang bermeditasi dan memasuki kondisi arupa jhana, jadi bukan keadaan yang dialami dalam keseharian.

Pada kondisi di atas, citta (kesadaran) dan cetasika (faktor batin) padam, saat ini persepsi juga tentu padam, sedangkan jasmani tetap terpelihara hidup oleh kekuatan kamma kualitas tinggi. Jadi mahluk ini masih hidup. Mereka yang bertekad dan memiliki kemampuan di atas, dapat berada dalam kondisi nirodha samapati ini dalam waktu lama dan tak tergoncang / terganggu.

Sebagai informasi, di dalam Abhidhamma dibahas bahwa samapati ada 3 jenis, yaitu:
jhana samapati (direalisasi oleh orang yang memiliki jhana pada tingkat jhana tersebut)
phala samapati (direalisasi oleh mahluk ariya puggala pada tingkat phala ariya puggala tersebut)
nirodha samapati (direalisasi oleh anagami atau Arahat dengan kemampuan samatha tertinggi; artinya kombinasi samatha dan vipassana tertinggi).
Demikian sedikit penjelasan kami. Semoga Saudara berbahagia.

Semoga bermanfaat.

Semoga semua mahluk berbahagia.

 
http://www.buddhistonline.com/tanya/td144.shtml

104
Theravada / Penerapan Samatha dan Vipasana-->Magga &Phala->Arahat
« on: 30 January 2008, 06:31:49 PM »
83. Jalan Menuju Tingkat Arahat

Demikianlah yang saya dengar. Pada suatu ketika YM Ananda berdiam di Kosambi di Vihara Ghosita. Di sana YM Ananda menyapa para bhikkhu demikian:

"Para sahabat!"

"Ya, sahabat," jawab para bhikkhu. Kemudian YM Ananda berkata:

"Para sahabat, siapa pun bhikkhu atau bhikkhuni yang menyatakan di hadapanku bahwa mereka telah mencapai pengetahuan akhir tingkat Arahat, semua melakukannya dengan salah satu dari empat cara ini. Apakah yang empat itu?

"Di sini, para sahabat, seorang bhikkhu mengembangkan pandangan terang yang didahului ketenangan.65 Ketika dia telah mengembangkan pandangan terang yang didahului ketenangan itu, Sang Jalan pun muncul di dalam dirinya. Sekarang dia mengejar, mengembangkan dan mengolah jalan itu. Sementara dia melakukannya, belenggu-belenggu ditinggalkan dan kecenderungan-kecenderungan yang mendasari pun lenyap.(66)

"Atau juga, para sahabat, seorang bhikkhu mengembangkan ketenangan yang didahului oleh pandangan terang.(67) Sementara dia mengembangkan ketenangan yang didahului oleh pandangan terang itu, Sang Jalan pun muncul di dalam dirinya. Sekarang dia mengejar, mengembangkan dan mengolah jalan itu. Sementara dia melakukannya, belenggu-belenggu ditinggalkan dan kecenderungan-kecenderungan yang mendasari pun lenyap.

"Atau juga, para sahabat, seorang bhikkhu mengembangkan ketenangan dan pandangan terang yang digabungkan berpasangan.(68) Sementara dia mengembangkan ketenangan dan pandangan terang yang digabungkan secara berpasangan itu, Sang Jalan pun muncul di dalam dirinya. Sekarang dia mengejar, mengembangkan dan mengolah jalan itu. Sementara dia melakukannya, belenggu-belenggu ditinggalkan dan kecenderungan-kecenderungan yang mendasari pun lenyap.

"Atau juga, para sahabat, pikiran seorang bhikkhu dicengkeram oleh kegelisahan yang disebabkan oleh keadaan-keadaan pikiran yang lebih tinggi.(69) Tetapi ada saat ketika pikirannya secara internal menjadi mantap, tenang, terpusat, dan terkonsentrasi; kemudian Sang Jalan itu muncul di dalam dirinya. Sekarang dia mengejar, mengembangkan dan mengolah jalan itu. Sementara dia melakukannya, belenggu-belenggu ditinggalkan dan kecenderungan-kecenderungan yang mendasari pun lenyap.

"Para sahabat, siapa pun bhikkhu atau bhikkhuni yang menyatakan di hadapanku bahwa mereka telah mencapai pengetahuan akhir tingkat Arahat, semuanya melakukannya dengan salah satu dari empat cara ini."

(IV, 170)

65 Samatha-pubbangamam vipassanam. Ini mengacu pada meditator yang menggunakan ketenangan sebagai sarana prakteknya (samatha-yanika), yaitu orang yang pertama-tama mengembangkan konsentrasi akses, jhana-jhana atau pencapaian tanpa-bentuk dan kemudian mengambil meditasi pandangan terang (vipassana).

66 "Sang Jalan" (magga) adalah jalan supra-duniawi pertama, jalan pemasuk-arus. Untuk "mengembangkan jalan itu", menurut AA, berarti berpraktek untuk pencapaian tiga jalan yang lebih tinggi. Mengenai sepuluh kekotoran batin, lihat Bab III, no. 65-67; tentang tujuh kecenderungan mendasar, lihat Bab I, no. 25.

67 Vipassana-pubbangamam samatham. AA: "Ini mengacu pada orang yang lewat kecenderungan alaminya terlebih dahulu mencapai pandangan terang, dan kemudian, berdasarkan atas pandangan terang, menghasilkan konsentrasi (samadhi)." AT: "Ini adalah orang yang menggunakan pandangan terang sebagai sarana (vipassana-yanika)."

68 Samatha-vipassanam yuganaddham. Di dalam praktek jenis ini, orang memasuki jhana pertama. Kemudian, setelah keluar dari situ, dia menerapkan pandangan terang pada pengalaman itu; yaitu orang melihat bahwa lima kelompok kehidupan di dalam jhana (bentuk, perasaan, persepsi, dll.) itu bersifat tidak kekal, terkena penderitaan dan tanpa-diri. Kemudian dia memasuki jhana kedua dan merenungkannya dengan pandangan terang; dan menerapkan prosedur pasangan seperti itu pada jhana-jhana lain juga, sampai dia dapat merealisasikan jalan pemasuk-arus dll.

69 Dhammuddhacca-viggahitam manasam hoti. Menurut AA, "kegelisahan" (uddhaca) yang dimaksudkan di sini adalah reaksi terhadap munculnya sepuluh "korupsi pandangan terang" (vipassanupakkilesa) ketika mereka secara salah dianggap merupakan indikasi pencapaian-Sang-Jalan. Istilah dhammavitakka, "pemikiran-pemikiran tentang keadaan-keadaan yang lebih tinggi" (lihat Teks 41 dan Bab III no. 70) diambil untuk mengacu pada sepuluh korupsi yang sama itu. Tetapi, ada kemungkinan bahwa "kegelisahan yang disebabkan oleh keadaan-keadaan pikiran yang lebih tinggi" itu adalah tekanan mental yang disebabkan karena keinginan untuk merealisasikan Dhamma, suatu keadaan kecemasan spiritual yang kadang-kadang dapat mempercepat pengalaman pencerahan instan. Sebagai contoh, lihat kisah tentang Bahiya Daruciriya di Ud I, 10. _/\_


Sumber: 
http://www.mail-archive.com/dharmajala [at] yahoogroups.com/msg05144.html



105
Studi Sutta/Sutra / Sopaka, arahat 7 tahun jaman Sang Buddha
« on: 30 January 2008, 11:13:09 AM »
Ada pertanyaan utk Sopaka arahat 7 tahun pada jaman Sang Buddha.(Saya baca di Kronologi hidup Buddha)

Dari beberapa pertanyaan itu ada yg saya mau tanya kepada pakar disini :

Apakah dhamma yg 5 itu ?

5 gugus kemelekatan--------> ini apa aja ya?

Apakah dhamma yg 9 itu?

9 kediaman atau jenis makhluk----->apa saja?

 _/\_




Pages: 1 2 3 4 5 6 [7] 8
anything