Upāsaka-śīla Sūtra 《優婆塞戒經》 (T. vol. 24, № 1488 hlm. 1049a) akhirnya menyatakan:
爾時,智者次應為說三歸依法。第二、第三亦如是說。受三歸已,名優婆塞。
Pada saat itu [guru] yang bijak selanjutnya harus mengajarkan Tiga Perlindungan. Untuk kedua kali dan ketiga kali ia harus mengulangkannya. Setelah menerima Tiga Perlindungan, maka [pemohon tersebut] disebut upāsaka.
爾時,智者復應語言:「善男子。諦聽!諦聽!如來、正覺說優婆塞戒,或有一分、或有半分、或有無分、或有多分、或有滿分。
Pada saat itu [guru] yang bijak lalu harus berkata: “Putra yang berbudi, dengarkanlah baik-baik! Tathāgata, Yang Tercerahkan Sempurna, telah membagi pelaksanaan upāsaka-śīla, yaitu: satu-bagian, separuh-bagian, tanpa-bagian, banyak-bagian, dan sepenuh-bagian.
「若優婆塞受三歸已,不受五戒,是名優婆塞。
“Jika seorang upāsaka telah menerima Tiga Perlindungan, namun tidak menerima Lima Śīla, maka ia dinamakan upāsaka [saja].
「若受三歸,受持一戒,是名一分。
“Jika setelah menerima Tiga Perlindungan, ia menerima dan memegang satu śīla, maka ia disebut pelaksana satu-bagian (ekadeśakārin).
「受三歸已,受持二戒,是名少分。
“Jika setelah menerima Tiga Perlindungan, ia menerima dan memegang dua śīla, maka ia disebut pelaksana sedikit-bagian (pradeśakārin).
「若受三歸,持二戒已,若破一戒,是名無分。
“Setelah menerima Tiga Perlindungan dan memegang dua śīla, jika ia merusakkan satu śīla saja, maka ia menjadi tanpa-bagian.
「若受三歸,受持三四戒,是名多分。
“Jika setelah menerima Tiga Perlindungan, ia menerima dan memegang tiga atau empat śīla, maka ia disebut pelaksana banyak-bagian (yadbhūyaskārin).
「若受三歸,受持五戒,是名滿分。
“Jika setelah menerima Tiga Perlindungan, ia menerima dan memegang lima śīla, maka ia disebut pelaksana sepenuh-bagian (paripūrṇakārin).
「汝今欲作一分優婆塞?作滿分耶?」
“Kini engkau hendak menjadi upāsaka pelaksana satu-bagian, ..., ataukah pelaksana sepenuh-bagian?”
若隨意說,爾時智者當隨意授。
Jika [pemohon] telah menyatakan sesuai keinginannya, maka pada saat itu [guru] yang bijak haruslah memberikan sesuai keinginannya itu.
http://silavisodhana.blogspot.com/2013/08/siapakah-seorang-upasakaupasika.html