wah maap cc.. terus terang sy baru pernah dgr istilah ini, itu sama dgn jhana ga ya?
EKAGATHA ITU SALAH SATU FAKTOR YANG DICAPAI KETIKA MEDITASI MENCAPAI JHANA.... ARTINYA KONSENTRASI TERPUSAT KUAT SAMPAI TIDAK MENYADARI KONDISI LINGKUNGAN SEKITARNYA. UNTUK JHANA PERTAMA MASIH ADA VITAKA, VICARA, PITHI DAN SUKHA...SEBAGAI FAKTOR PENDAMPING.
JHANA PERTAMA MASIH ADA VITAKA (UPAYA UNTUK MEMEGANG OBYEK DENGAN TETAP) , ARTINYA DALAM JHANA PERTAMA (AWAL) KITA MASIH HARUS TERUS BERUPAYA MEMEGANG OBYEK DENGAN TETAP/KUAT, KALAU TIDAK PIKIRAN BISA LARI BERPINDAH OBYEK LAIN.
DALAM JHANA KEDUA VITAKA TIDAK ADA LAGI, ARTINYA ...TIDAK DIPERLUKAN LAGI UPAYA UNTUK TERUS MEMEGANG OBYEK, KARENA PIKIRAN SUDAH TERPUSAT DENGAN SENDIRINYA, KARENA MEDITASI SUDAH LEBIH MENDALAM/TINGGI TINGKATNYA. DEMIKIAN PULA PADA JHANA KETIGA DAN SETERUSNYA YANG LEBIH TINGGI...SATU PERSATU FAKTOR SEPERTI VICARA, PITHI , SUKHA..MULAI LENYAP SATU PERSATU, SEHINGGA TINGGAL EKAGATHA SAJA DAN DIIRINGI UPEKKHA ( KESEIMBANGAN BATIN).
KATANYA...DARI YANG SAYA BACA DARI BUKU BUKU MEDITASI, MULAI JHANA KEEMPAT PIKIRAN BISA DIARAHKAN UNTUK MELAKUKAN PAST REGRESSION (DIARAHKAN UNTUK MENGINGAT KEHIDUPAN LAMPAU SECARA BERTAHAP SAMPAI BANYAK KEHIDUPAN LAMPAU , TERGANTUNG KEMAMPUAN MEDITATOR)
SEMOGA JELAS....CMIIW
SALAM METTA