//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...  (Read 663680 times)

0 Members and 4 Guests are viewing this topic.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1950 on: 16 September 2010, 11:47:49 PM »
saya setuju sekali dengan pernyataan bro kelana dan upasaka..terdapat ajaran Buddha Gotama di dunia ini disertai dengan bukti sejarah mengenai riwayatnya (melalui sejumlah penelitian)..kok malah jauh2 mikir ke alam lain yang notabene masih blm jelas ada atau nggak? trus kenapa kok tau nama2 bodhisatta samapi tau si bodhisatta ini punya ikrar ini..bodhisatta itu punya ikrar itu...Buddha ini punya ikrar A samapi Z..darimana taunya?

gw cuman pensran aja..tolong bagi yang berkompoten di mahayana menjawab pertanyaan saya...spy rasa penasaran saya terobati.. thx

Yang lebih gak "LOGIS", katanya BUDDHA SAKYAMUNI sudah mencapai ke-BUDDHA-an sejak berkalpa kalpa yang lalu... Jadi "episode" pencapaian BUDDHA SAKYAMUNI di bawah pohon bodhi itu jadi kayak semacam sinetron untuk dipertontonkan...
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1951 on: 16 September 2010, 11:55:22 PM »
saya setuju sekali dengan pernyataan bro kelana dan upasaka..terdapat ajaran Buddha Gotama di dunia ini disertai dengan bukti sejarah mengenai riwayatnya (melalui sejumlah penelitian)..kok malah jauh2 mikir ke alam lain yang notabene masih blm jelas ada atau nggak? trus kenapa kok tau nama2 bodhisatta samapi tau si bodhisatta ini punya ikrar ini..bodhisatta itu punya ikrar itu...Buddha ini punya ikrar A samapi Z..darimana taunya?

gw cuman pensran aja..tolong bagi yang berkompoten di mahayana menjawab pertanyaan saya...spy rasa penasaran saya terobati.. thx

Yang lebih gak "LOGIS", katanya BUDDHA SAKYAMUNI sudah mencapai ke-BUDDHA-an sejak berkalpa kalpa yang lalu... Jadi "episode" pencapaian BUDDHA SAKYAMUNI di bawah pohon bodhi itu jadi kayak semacam sinetron untuk dipertontonkan...

ini pernyataan bro dilbert sepihak? sy baca dr berbagai literatur, kok tidak ditemukan hal2 demikian...
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1952 on: 16 September 2010, 11:59:18 PM »
saya setuju sekali dengan pernyataan bro kelana dan upasaka..terdapat ajaran Buddha Gotama di dunia ini disertai dengan bukti sejarah mengenai riwayatnya (melalui sejumlah penelitian)..kok malah jauh2 mikir ke alam lain yang notabene masih blm jelas ada atau nggak? trus kenapa kok tau nama2 bodhisatta samapi tau si bodhisatta ini punya ikrar ini..bodhisatta itu punya ikrar itu...Buddha ini punya ikrar A samapi Z..darimana taunya?

gw cuman pensran aja..tolong bagi yang berkompoten di mahayana menjawab pertanyaan saya...spy rasa penasaran saya terobati.. thx

Yang lebih gak "LOGIS", katanya BUDDHA SAKYAMUNI sudah mencapai ke-BUDDHA-an sejak berkalpa kalpa yang lalu... Jadi "episode" pencapaian BUDDHA SAKYAMUNI di bawah pohon bodhi itu jadi kayak semacam sinetron untuk dipertontonkan...

ini pernyataan bro dilbert sepihak? sy baca dr berbagai literatur, kok tidak ditemukan hal2 demikian...

 ada yang mau bantu cari-kan referensi sutra mahayana tentang Buddha Sakyamuni telah mencapai kebuddhaan berkalpa kalpa dahulu ? lagi malas nyari... hehehehehe
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1953 on: 17 September 2010, 12:00:43 AM »
ini pernyataan bro dilbert sepihak? sy baca dr berbagai literatur, kok tidak ditemukan hal2 demikian...

Menurut pandangan Mahayana dan Tantrayana, Siddharta Gautama sudah menjadi Samyaksambuddha dari beberapa kehidupan-Nya yang lampau. Beliau lahir menjadi seorang Pangeran Sakya, kemudian menikah dan punya anak, kemudian pergi bertapa, kemudian menyiksa diri selama 6 tahun, dan akhirnya menyatakan dirinya sudah mencapai Pencerahan setelah melepaskan cara penyiksaan diri. Yang dilakukan Buddha Sakyamuni adalah berpura-pura belum menjadi Buddha, kemudian menunjukkan bahwa jalan untuk menjadi Buddha itu cukup terjal. Ini semua dikatakan sebagai upaya kausalya.

Secara singkat, menurut pandangan Mahayana dan Tantrayana: Buddha Sakyamuni adalah makhluk adiduniawi yang merupakan emanasi dari Amitabha Buddha, kemudian terlahir sebagai seorang Sakya, dan berpura-pura menjadi orang biasa hingga akhirnya menyatakan diri-Nya sudah menjadi Samyaksambuddha.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1954 on: 17 September 2010, 12:05:39 AM »
ini pernyataan bro dilbert sepihak? sy baca dr berbagai literatur, kok tidak ditemukan hal2 demikian...

Menurut pandangan Mahayana dan Tantrayana, Siddharta Gautama sudah menjadi Samyaksambuddha dari beberapa kehidupan-Nya yang lampau. Beliau lahir menjadi seorang Pangeran Sakya, kemudian menikah dan punya anak, kemudian pergi bertapa, kemudian menyiksa diri selama 6 tahun, dan akhirnya menyatakan dirinya sudah mencapai Pencerahan setelah melepaskan cara penyiksaan diri. Yang dilakukan Buddha Sakyamuni adalah berpura-pura belum menjadi Buddha, kemudian menunjukkan bahwa jalan untuk menjadi Buddha itu cukup terjal. Ini semua dikatakan sebagai upaya kausalya.

Secara singkat, menurut pandangan Mahayana dan Tantrayana: Buddha Sakyamuni adalah makhluk adiduniawi yang merupakan emanasi dari Amitabha Buddha, kemudian terlahir sebagai seorang Sakya, dan berpura-pura menjadi orang biasa hingga akhirnya menyatakan diri-Nya sudah menjadi Samyaksambuddha.

Kalau tidak salah, ada tercantum di Saddharma Pundarika Sutra (Sutra Bunga Teratai)...

Nah... kartu JOKER-nya keluar.... upaya kausalya.
« Last Edit: 17 September 2010, 12:07:55 AM by dilbert »
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1955 on: 17 September 2010, 12:08:06 AM »
ini pernyataan bro dilbert sepihak? sy baca dr berbagai literatur, kok tidak ditemukan hal2 demikian...

Menurut pandangan Mahayana dan Tantrayana, Siddharta Gautama sudah menjadi Samyaksambuddha dari beberapa kehidupan-Nya yang lampau. Beliau lahir menjadi seorang Pangeran Sakya, kemudian menikah dan punya anak, kemudian pergi bertapa, kemudian menyiksa diri selama 6 tahun, dan akhirnya menyatakan dirinya sudah mencapai Pencerahan setelah melepaskan cara penyiksaan diri. Yang dilakukan Buddha Sakyamuni adalah berpura-pura belum menjadi Buddha, kemudian menunjukkan bahwa jalan untuk menjadi Buddha itu cukup terjal. Ini semua dikatakan sebagai upaya kausalya.

Secara singkat, menurut pandangan Mahayana dan Tantrayana: Buddha Sakyamuni adalah makhluk adiduniawi yang merupakan emanasi dari Amitabha Buddha, kemudian terlahir sebagai seorang Sakya, dan berpura-pura menjadi orang biasa hingga akhirnya menyatakan diri-Nya sudah menjadi Samyaksambuddha.

hmmm...thx bro upasaka

No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1956 on: 17 September 2010, 12:18:19 AM »
hmmm...thx bro upasaka

You are welcome... Sepertinya referensi ini memang ada di Saddharmapundarika Sutra (*lirik Bro dilbert). Saya kurang hafal di bagian mana atau bab berapa informasi ini tercantum. Sebab Saddharmapundarika Sutra isinya sangat panjang.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1957 on: 17 September 2010, 12:23:12 AM »
hmmm...thx bro upasaka

You are welcome... Sepertinya referensi ini memang ada di Saddharmapundarika Sutra (*lirik Bro dilbert). Saya kurang hafal di bagian mana atau bab berapa informasi ini tercantum. Sebab Saddharmapundarika Sutra isinya sangat panjang.

Blunder terbesar Mahayana kelihatannya memang ada di Saddharmapundarika Sutra.
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1958 on: 17 September 2010, 12:26:56 AM »
saya setuju sekali dengan pernyataan bro kelana dan upasaka..terdapat ajaran Buddha Gotama di dunia ini disertai dengan bukti sejarah mengenai riwayatnya (melalui sejumlah penelitian)..kok malah jauh2 mikir ke alam lain yang notabene masih blm jelas ada atau nggak? trus kenapa kok tau nama2 bodhisatta samapi tau si bodhisatta ini punya ikrar ini..bodhisatta itu punya ikrar itu...Buddha ini punya ikrar A samapi Z..darimana taunya?

gw cuman pensran aja..tolong bagi yang berkompoten di mahayana menjawab pertanyaan saya...spy rasa penasaran saya terobati.. thx

Yang lebih gak "LOGIS", katanya BUDDHA SAKYAMUNI sudah mencapai ke-BUDDHA-an sejak berkalpa kalpa yang lalu... Jadi "episode" pencapaian BUDDHA SAKYAMUNI di bawah pohon bodhi itu jadi kayak semacam sinetron untuk dipertontonkan...

ini pernyataan bro dilbert sepihak? sy baca dr berbagai literatur, kok tidak ditemukan hal2 demikian...
Bukan ngarang deh.. Udah pernah dibahas di forum yang sama ini berkali-kali dulu.  Coba di cek. Mungkin ada di thread ini juga, coba baca kembali dari hal. 1. :)

appamadena sampadetha

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1959 on: 17 September 2010, 09:03:19 AM »
saya pikir menentukan
bukti nyatanya
yg sering mempertanyakan eksistensi buddha masa lampau tsb justru umat theravada
dosen saya di kuliah yg umat theravada bilang bahwa buddha amitbha adl buddha legendaries seakan2  amitabha buddha dikesampingkan dan lebih baik blajar ajaran sakyamuni saja
bahkan guru agama saya jelas2 meragukan keberadaan surga sukhavati (dia theravada)
menurut dia tidak ada alam diluar 31 alam
bagi para umat theravada yg belum mengkaji sutra2 mahayana
wajar2 saja timbul keraguan

1. Ini terjadi karena anda tidak bisa membedakan antara meraguan eksistensi Buddha masa lampau dengan meragukan keberadaan pribadi-pribadi Buddha yang ada di Mahayana.

2. Theravadin tidak meragukan keberadaan eksistensi Buddha masa lampau yang tak terhingga karena jelas dinyatakan dalam Sutta bahwa adanya Buddha masa lampau. Yang diragukan adalah nama-nama pribadi Buddha masa lampau yang ada dalam Mahayana berserta pernak-perniknya. Mengapa? Karena tidak ada catatan lengkap mengenai riwayat hidupnya. Contoh, Amitabha, di mana lahirnya, siapa ayah-ibunya, dimana ia mencapai pencerahan, masih hidupkah ia sekarang, apa ajarannya sama dengan Sakyamuni? Pertanyaan-pertanyaan personal dan konseptual ini yang tidak dapat dijawab secara menyeluruh yang membuat keraguan, bukan masalah ada atau tidak adanya Buddha masa lampau.

3. Jika kita sepakat bahwa Buddhisme baik Mahayana maupun Theravada sependapat bahwa ajaran semua Buddha (masa lampau, sekarang dan yang akan datang) adalah sama, maka untuk apa kita melihat ke belakang dan ke depan jika sekarang Buddha Sakyamuni hadir dengan ajaran yang sama dengan Buddha-Buddha yang lain?

4. Masalah pengkajian terhadap sutra-sutra Mahayana, beberapa Theravadin sudah melakukannya, anda bisa melihatnya beberapa di forum ini, di awal topik ini. Dan perlu saya pertanyakan sistem pengkajian yang anda maksud. Jika yang anda maksud dengan pengkajian sutra Mahayana hanya berupa baca-baca kemudian diperbandingkan dengan sutra Mahayana lainnya yang sejenis dalam bahasa yang sama pula, jelas ini bukan sebuah pengkajian namanya. Yang benar-benar pengkajian minimal adalah membandingkan literatur yang tidak sejenis namun berkaitan dan secara lintas bahasa.

Semoga anda memahaminya

1. gk usa ngeles
      intinya kan meragukan keaslian sutra2 mahayana
       
2. berarti semua buddha di masa lampau harus mempunyai riwayat yg lengkap
     kalau tidak semuanya pantas diragukan kebenarannya ?

3. karena sumpah amitabha buddha dapat membebaskan makhluk ke tanah sucinya
     avalokitesvara menyelamatkan semua makhluk
     ksitigarbha dengan sumpahh agungnya

      memang ajaran sama
      tapi sumpahnya tak sama
     kalau ikut anda berarti therajana dari thailand adalah yg terbaik
     gk perlu aliran lain
       lagi sam*** bermunculan


4 pendapat pribadi
    gk berlaku bagi saya
"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1960 on: 17 September 2010, 09:04:32 AM »
saya setuju sekali dengan pernyataan bro kelana dan upasaka..terdapat ajaran Buddha Gotama di dunia ini disertai dengan bukti sejarah mengenai riwayatnya (melalui sejumlah penelitian)..kok malah jauh2 mikir ke alam lain yang notabene masih blm jelas ada atau nggak? trus kenapa kok tau nama2 bodhisatta samapi tau si bodhisatta ini punya ikrar ini..bodhisatta itu punya ikrar itu...Buddha ini punya ikrar A samapi Z..darimana taunya?

gw cuman pensran aja..tolong bagi yang berkompoten di mahayana menjawab pertanyaan saya...spy rasa penasaran saya terobati.. thx

Yang lebih gak "LOGIS", katanya BUDDHA SAKYAMUNI sudah mencapai ke-BUDDHA-an sejak berkalpa kalpa yang lalu... Jadi "episode" pencapaian BUDDHA SAKYAMUNI di bawah pohon bodhi itu jadi kayak semacam sinetron untuk dipertontonkan...

hampir tepattttttttt
"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1961 on: 17 September 2010, 09:07:59 AM »
source : ........

Tanya: Apakah baik melakukan ibadah Theravada?
Jawab: Yang menuntut mencapai keBudhaan adalah Mahayana, sedangkan yang
menuntut mencapai Arahat dan Pratyeka Budha adalah Theravada. Jalan apa yang
ditempuh umat manusia itu adalah soal hetu pratyaya (jodoh-jodohan), meski-pun
terdapat fenomena yang berbeda, namun semuanya untuk mencapai kesadaran
kesunyataan dan nirvana. Yang menja-lan-kan ibadah Mahayana jangan mengeritik
Theravada, dan yang menjalankan ibadah Theravada jangan mencela Mahayana.

Tanya: Mahayana dan Theravada bagaimana saling mengeritiknya?
Jawab: Mahayana mengeritik Theravada sebagai egoistis dan berakar kebaikan yang
dangkal. Sedangkan Theravada mengeritik Mahayana sebagai takhyul, seperti bunga
sunyata, bulan dalam air, indah namun tidak praktis. Ini merupakan kritikan yang umum.

Pendapat di atas ini jelas keliru. Theravada mengajarkan jalan mencapai Pencerahan.; boleh menjadi Savaka Buddha, boleh menjadi Pacceka Buddha, boleh juga menjadi Sammasambuddha. Di dalam Theravada, jalan utama untuk menjadi Sammasambuddha ini sama dengan jalan utama untuk menjadi Pacceka Buddha dan Savaka Buddha. Sedangkan jalan utama untuk menjadi Sammasambuddha di Theravada ini berbeda dengan jalan utama untuk menjadi Samyaksambuddha di Mahayana maupun Tantrayana.

ajran theravada adl catur ariya sacca, kamma, tilakkhana, dlll

yg merupakan ajaran samma sambuddha

tentunya anda tau perngertian arahat

seorang yg berhasil karena melaksanakan ajaran samma sambuddha

kalau mau jadi boddhisattva ya harus jalanin 6 paramita

 
"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1962 on: 17 September 2010, 09:10:33 AM »
hebat ya

kalau di semua thread therajana dari  thailand,

ditanya apa2 semua bersumber dari sutta

trus kalo mahayana menjawab dari sutranya

dibilang diragukan keaslian

memang gk salah dibilang anak sd

soalnya gk ngerti smp

saMPAI kapanpun anak sd ngomomng soal pelajarab smp

ya cuma bisa diketawain anak smp

kok begitu bodohnya komentar tapi gk ngerti

hahahhahahaa
"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1963 on: 17 September 2010, 10:03:04 AM »
ajran theravada adl catur ariya sacca, kamma, tilakkhana, dlll

yg merupakan ajaran samma sambuddha

tentunya anda tau perngertian arahat

seorang yg berhasil karena melaksanakan ajaran samma sambuddha

kalau mau jadi boddhisattva ya harus jalanin 6 paramita

Di dalam Theravada, bila seseorang ingin menjadi Sammasambuddha; maka ia harus mengembangkan 10 Parami. 10 Parami tentunya lebih banyak daripada 6 Paramita, bukan?

Setelah mengembangkan 10 Parami, pada kehidupan terakhirnya... ia tetap harus mengembangkan Jalan Mulia Berunsur 8; ia harus mengembangkan Empat Landasan Perhatian; ia harus mengembangkan 7 Faktor Pencerahan. Dengan cara seperti inilah seorang Sammasambuddha akan muncul di dunia ini.

Bagaimana proses dan tahap-tahap munculnya Samyaksambuddha menurut Anda? Apakah dengan mengembangkan 6 Paramita lalu tiba-tiba "JREEENNGGGG"... *berubah* menjadi Samyaksambuddha?

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1964 on: 17 September 2010, 11:19:22 AM »
ajran theravada adl catur ariya sacca, kamma, tilakkhana, dlll

yg merupakan ajaran samma sambuddha

tentunya anda tau perngertian arahat

seorang yg berhasil karena melaksanakan ajaran samma sambuddha

kalau mau jadi boddhisattva ya harus jalanin 6 paramita

Di dalam Theravada, bila seseorang ingin menjadi Sammasambuddha; maka ia harus mengembangkan 10 Parami. 10 Parami tentunya lebih banyak daripada 6 Paramita, bukan?

Setelah mengembangkan 10 Parami, pada kehidupan terakhirnya... ia tetap harus mengembangkan Jalan Mulia Berunsur 8; ia harus mengembangkan Empat Landasan Perhatian; ia harus mengembangkan 7 Faktor Pencerahan. Dengan cara seperti inilah seorang Sammasambuddha akan muncul di dunia ini.

Bagaimana proses dan tahap-tahap munculnya Samyaksambuddha menurut Anda? Apakah dengan mengembangkan 6 Paramita lalu tiba-tiba "JREEENNGGGG"... *berubah* menjadi Samyaksambuddha?

haahaha

coba tunjukin suttanya

kan therajana apa2 bawa2 sutta

kalo omongan pribadi sih gk laku disini

saya sih ikut permainan aja => apa2 sutta => permainan anak sd

saya terpaksa turyn kasta dari sma

untuk melayani bocah2

"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."