//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - markosprawira

Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7 8 9 ... 420
16
Diskusi Umum / Re: pikiran dan perasaan
« on: 03 August 2010, 12:54:49 PM »
mengenai cetasika, sudah pernah dibahas di : http://dhammacitta.org/forum/index.php/%20topic,422.0.html

17
Diskusi Umum / Re: Boleh gak Oral Sex?
« on: 03 August 2010, 12:48:50 PM »
Hahaha
Mana ada 'Baik' sama 'Ngga Baik' di dunia ini
Ahahaha
Janganlah berdebat dengan konsep dan jangan pula mengkhawatirkan sebab akibat
Bila Anda masih nyaman merasa benar dengan memegang konsep dan ajaran,itu berarti masih ada 'ketakutan' pada diri Anda. Ketakutan ini merupakan Perhatian Salah...

kalau tidak ada "baik" dan "tidak baik", lalu membunuh juga tidak ada dong?

merasa benar dan nyaman dengan memegang ajaran : Perhatian Salah? setahu saya itu adalah ditthi, bukan miccha sati..... tlg koreksi jika saya salah

18



JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk membuktikan tag line terbarunya, “Bisnis Anda adalah Komitmen Kami”, Isuzu menyatakan bahwa mereka telah sangup menyediakan 10.000 suku cadang kendaraan komersial yang dipasarkannya di Indonesia, yaitu Elf dan D-Max.

“Ini tidak termasuk Panther yang memang sudah tersedia. Ke-10.000 item tersebut hanya untuk Elf dan D-Max,” ungkap Yohannes Nangoi, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), sore ini di booth Isuzu.

Ia juga menjelaskan, dari kedua kendaraan tersebut, 9.500 suku cadang adalah untuk Elf, sedangkan 500 suku cadang untuk D-Max. “Untuk D-Max akan terus kami tambah.  Sebelumnya cuma 250 item spare parts yang tersedia dalam 1 x 24 jam atau gratis,” tambah Nangoi. “Ini merupakan jumlah komponen terbesar untuk kendaraan komersial di Indonesia,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan, ketersediaan komponen tersebut dimulai dari Aceh sampai Surabaya. Terutama di kota-kota besar, Isuzu punya dealer dan bengkel. Total kota dan outlet yang telah mampu menjalankan program 10.000 suku cadang dalam 1 x 2 24 jam atau gratis adalah 70 outlet pada 38 kota di Indonesia.

Untuk meningkatkan layanan perbaikan, Isuzu juga terus mengembangkan Bengkel Binaan Isuzu (BMI) di daerah dan kini jumlah sudah mencapai 58 bengkel. “Dengan BMI, pemilik Isuzu yang berada di pelosok atau jauh bisa memperoleh layanan pemeliharaan dan perbaikan sesuai dengan standar Isuzu,” papar Rodko Purba dari Service Department IAMI.

Sementara itu, Supranoto, CEO PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO), mengatakan, untuk menekan biaya perawatan, sistem penjualan suku cadang Isuzu di Indonesia dijalankan dengan cara khusus.

“Kami menerapkan sistem d’assy. Misalnya, kalau sil yang rusak, tidak perlu seluruh assy-nya diganti. Cukup sil-nya. Dengan ini, biaya perawatan kendaraan Isuzu jadi lebih murah,” ucap Supranonto. Dengan cara itu, Isuzu menyebut konsep barunya ini atau layanan ini dengan working partner. “Kami menjadi mitra bagi konsumen kami,” ucapnya.

19



JAKARTA, KOMPAS.com — Baru berjalan empat hari (sampai Selasa, 27 Juli), Toyota sudah berhasil mengumpulkan penjualan fantastis dengan 1.822 unit pada IIMS 2010 di JIExpo, Kemayoran. Tampaknya, sampai hari terakhir, Minggu (1/8/2010), rekor tahun ini bisa dilewati, bahkan Toyota bisa memasang target baru.

"Kemarin, baru empat hari saja sudah hampir 1.900 unit. Kalau dikali dua, sudah hampir 4.000. Saya rasa bisa saja terlampaui angka itu," ujar Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) di booth Toyota, Kemayoran, Jakarta Pusat Kamis (29/7/2010).

Joko menjelaskan, IIMS dijadikan semacam ajang pembelian mobil baru karena semua model berkumpul di satu atap yang sama. Jadi, untuk membandingkan antara satu model dan yang lain menjadi lebih singkat.

Di IIMS tahun lalu, Toyota berhasil melego 2.100 unit. Angka 4.000 unit menjadikan penjualan mereka terdongkrak hampir dua kali lipat dari sebelumnya. "Saya rasa hari ini (Kamis) saja sudah lewat dari 2.000 unit. Kami tak ada target. Tapi kalau pesanan terus masuk, tak masalah," ucap Joko.

Hybrid Prius
Sementara itu, selama tujuh hari berlangsungnya pameran IIMS 2010, belum ada satu pun konsumen yang tertarik memboyong Prius. Teknologi hybrid yang ramah lingkungan belum mampu mendorong minat masyarakat di Indonesia.

"Hybrid memang bagus dan banyak peminat, tapi begitu mengetahui harganya, mereka langsung mundur teratur," ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM.

Johnny menegaskan, Pemerintah Indonesia harus lebih berkomitmen mengeluarkan kebijakan pada produk ramah lingkungan. Tanpa ada sokongan penuh, mobil hybrid lebih dicap sebagai mobil mewah ketimbang eco-product.

Penulis: AGK
Editor: bastian

20
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi / Gawat! Stok Avanza Tiris
« on: 30 July 2010, 05:29:55 PM »



JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan terlaris di Indonesia, Toyota Avanza lagi kebanjiran pesanan. Sayangnya, kondisi ini tak diimbangi dengan jumlah pasokan lantaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan penurunan produksi. Akibatnya, stok pun tiris.

"Sekarang posisi stok untuk Avanza cuma 0,1 per bulan, setara dengan tiga hari. Memang kekurangan," ujar Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) di pameran mobil, Kemayoran, Jakarta Pusat, hari ini.

Selain itu, Innova juga mengalami hal yang sama. Jumlah stok di TAM cuma 0,2 per bulan setara dengan ketersediaan selama 6 hari. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai pemasok tunggal juga sudah mencapai kapasitas produksi maksimum.

Kondisi ini berpotensi mengalihkan sejumlah konsumen potensial ke kompetitor. "Memang kondisi ini tak bisa dielakkan. Tapi kami berupaya agar konsumen tak lari, tapi dialihkan ke model lain," tambah Joko.

Pada kesempatan yang sama, Jodjana Jody, Chief Executive Officer (CEO) Auto2000 menambahkan, inden memang sudah mulai menumpuk. Terutama model-model terlaris.

"Avanza inden sudah satu bulan. Jumlah stok nasional cuma 200 unit, coba bayangkan," beber Jody sedikit cemas.

Penulis: AGK
Editor: bastian

21
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi / Toyota Tawarkan Peranti Hiburan
« on: 30 July 2010, 05:29:18 PM »



JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk memenuhi selera konsumennya, Toyota meluncurkan paket entertaiment berupa audio-video yang menjadi bagian dari Toyota Genuine Accessories. Peranti tersebut berupa DVD AVX, DVD AVN dengan sistem navigasi built-in, serta entertainment dengan fasilitas DVD.

Widyawati, Division Head Marketing Planning & Customers Relation Division PT Toyota Astra Motor, mengatakan, Toyota mencoba merespons pasar dengan memperkenalkan perangkat in-car entertainment yang dilengkapi sistem navigasi lebih baik.

"Tren multimedia semakin berkembang pesat, tak terkecuali kendaraan. Kebutuhan konsumen terhadap fitur ini kian beragam seiring naiknya mobilitas konsumen saat ini," ujar Widyawati pada pergelaran IIMS di Kemayoran, Jakarta Pusat, hari ini.

Keunggulan perangkat multimedia itu ada pada fungsi full screen navigation (pada DVD AVN) serta konektivitas Bluetooth dan kartu memori. Mengenai konten, Toyota menggandeng Garmin yang merupakan produsen peranti lunak navigasi dunia. Di perangkat tersebut sudah tersedia informasi mengenai posisi dealer terdekat.

DVD AVX dan AVN bisa dipasang pada beberapa model, yakni Camry, Corolla, Vios, Kijang, Innova, Fortuner, dan Hilux. Adapun fitur Rear Seat Entertainment baru bisa diaplikasikan pada Innova saja. Perlengkapan ini dibanderol mulai dari Rp 11,1 juta (DVD AVX), Rp 18,7 juta (DVD AVN), dan Rp 6 juta (Rear Seat Entertainment). Semua produk disertai garansi 2 tahun atau 20.000 km.

Penulis: AGK
Editor: bastian

22
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi / Mazda2 Raih Penjualan Tertinggi
« on: 30 July 2010, 05:28:36 PM »



JAKARTA, KOMPAS.com — PT Mazda Motor Indonesia bisa tersenyum sedikit manis dalam IIMS 2010. Bagaimana tidak. Sampai hari ketujuh, Kamis (29/7/2010), mereka secara total bisa menjual 277 unit. Yang terlaris, primadona Mazda, hatchback Mazda2 dengan angka penjualan 143 unit. Posisi itu disusul CX-7 dengan 33 unit, Mazda2 Sedan (20 unit), CX-9 (19 unit), Mazda6 (7 unit), BT-50 (3 unit), dan RX-8 (2 unit).

Astrid Ariani Wijana, Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia (MMI), mengatakan, "Setelah penetrasi pasar dengan Mazda2 hatchback, dibandingkan dengan tahun lalu, penjualan Mazda di IIMS tahun ini meningkat cukup signifikan," ujar Astrid dalam keterangan resminya yang diterima Kompas.com, hari ini.

Untuk menopang penjualan, MMI menawarkan berbagai promo menarik selama pameran berlangsung, antara lain, gratis audio kit, liburan tiga hari dua malam ke Singapura, dan undian memenangkan liburan ke Tokyo untuk 2 orang (tersedia bagi lima pemenang).

"IIMS menjadi ajang yang tepat bagi pelanggan untuk langsung mencoba dan membeli Mazda. Kalau yang masih penasaran dengan brand Mazda, silakan mampir di booth Mazda sekaligus melihat tamu istimewa kami dari Jepang, yaitu Ryuga, sebuah concept car yang mendapat penghargaan bergengsi Louis Vuitton Classic Concept Award," beber Astrid.

Penulis: AGK
Editor: bastian

23
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi / Isuzu Laku 200 Unit
« on: 30 July 2010, 05:27:42 PM »



JAKARTA, KOMPAS.com – Supranoto, CEO PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO), mengaku, 6 hari IIMS berlangsung, sudah berhasil menjual 200 unit produknya untuk berbagai tipe. Kini, Isuzu  lebih berkonsentrasi menjual kendaraan komersial, yaitu truk, mikrobus dan bak terbuka seperti D-Max, baik single maupun double cab.

Untuk kendaraan penumpang individual atua keluarga, Isuzu hanya memamerkan  Panther. Selebihnya adalah kendaraan komersial, yaitu Elf dump truck, Elf mikrobus, Bison mikrobus, D-Max Double Cab. Ditambahkan oleh Supranoto, perkiraan penjualannya tahun ini di IIMS sama dengan tahun lalu.

“Penjualan kendaaan komersial cenderung stabil. Tidak seperti kendaraan penumpang,” jelasnya saat mengadakan jumpa pers di booth Isuzu kemarin.

Penulis: ZBJ
Editor: zbj

24
Namo buddhaya
saya ingn brtanya kpd para pakar maupun para kalyanamitta...
Apakah bila kita belajar abhidhamma maka lebih mudah memasuki arus kesucian, sebalikny apakah bila seseorang tidak pernah tahu dan tidak pernah  belajar abhidhamma maka sulit memasuki arus kesucian, dan sulit mencapai kesucian batin..apakah memahami abhidhamma adlah syarat untk memperoleh arus kesucian?
Misalny kita kan cuma tahu pelajaran vipasana tentang pancakhanda dan 12 nidana, dll, apakah pelajaran vipasana ini bila dipraktekkan tidak cukup untk mengantarkan pada arus kecsucian, tetapi harus memahami abhidhanma dulu dan praktek ajaran abhidhamma baru bisa mengantarkan seseorang mencapai buah sotapanna,sakadagami,anagami dan arahat???
Sekian dulu pertanyaan dari w. Sekian terima kasih..\\/\/\//

sedikit share aja bhw bhante gunasiri yg berlatih di birma sana, menyebutkan bhw bhikkhu disana jika sudah "mentok" dengan vipassana, mereka akan belajar abhidhamma..... setelah beberapa lama, kembali vipassana lagi.....

itu contoh dari bagaimana sinkronisasi praktek dan teori, bukan bagaimana membandingkan mana yg lebih atau kurang bermanfaat


25
Theravada / Re: Cara Kerja Kamma
« on: 29 July 2010, 08:38:02 AM »
senang jika semua rekan berdiskusi bisa saling asah, asih dan asuh

26
Theravada / Re: betulkah karma bisa diturunkan?
« on: 29 July 2010, 08:36:38 AM »
betulkah karma itu bisa diturunkan kepada generasi kita yang akan datang?

seperti misalnya pernah saya dengar kalau seorang anak yg terlahir cacat tetapi yang di salahkan orang tua nya,
maksud nya bahwasanya dlu orang tua nya (dalam hal ini kita sebut saja ayahnya) pernah melakukan kejahatan atau perbuatan buruk sehingga anak nya yang terkena karma nya.

ada yang bisa bantu jelaskan gak..
thanx


dear robby,

menjadi anak dari 1 pasang org tua sudah menunjukkan adanya pertalian kamma, atau bisa disebut kecocokan kamma

dan setiap org, tentunya sudah melakukan sangat banyak kamma dalam hidupnya

sehingga tidak aneh jika ada beberapa kamma yang dicocok2an sehingga dianggap menurun ke anaknya, misal org tua yg hobi memancing, anak yg lahir di keluarga itu tentu ada kecenderungan tertentu sehingga lahir di pasangan org tua itu

sehingga tidak heran misal nanti anaknya sakit2an, atau mgkn mulutnya mirip mulut ikan yg sobek terkena kail

kira2 seperti itulah, semoga bs menjawab

27
Gadget dan Toys / Dell Hentikan "Pre Installed" Ubuntu
« on: 29 July 2010, 08:20:06 AM »
AKARTA, KOMPAS.com - Dell telah memutuskan untuk menghentikan penjualan laptop dan PC yang menggunakan sistem operasi Ubuntu, salah satu distro yang berbasis open source Linux. Meski demikian, perusahaan itu mengatakan tetap akan melakukan penjualan laptop dan PC menggunakan Ubuntu bila ada permintaan dari pelanggannya saja.

Dell telah menawarkan sistem konsumen pilih dengan Ubuntu pre-installed selama lebih dari dua tahun. Namun, Dell memutuskan untuk menghapus mesin Ubuntu dari saluran penjualan online-nya karena platform itu dinilai lebih cocok untuk pengguna tingkat lanjut dan penggemar komputasi. Dengan demikian Dell berusaha menyederhanakan penjualan onlinenya dan berfokus pada produk-produk unggulannya.

Keputusan ini sedikit mengejutkan karena pada bulan lalu, Dell menyatakan bahwa Ubuntu lebih aman dibandingkan dengan sistem operasi Microsoft Windows dan menawarkan perlindungan lebih saat browsing web. "Ubuntu lebih aman dibandingkan Windows, sebagian besar virus dan spyware tidak menargetkan Linux untuk menjadi sasaran serangan yang di lakukan para hacker," ungkap Dell.

Linux telah eksis selama hampir 20 tahun dan selalu diunggulkan karena stabil dan handal selain itu Linux juga bisa di modifikasi sesuai keninginan pemiliknya. Hingga saat ini Linux telah digunakan di banyak komputer, mulai dari komputer dengan ukuran besar hingga ukuran kecil.

28
Gadget dan Toys / Parade Tablet Setelah iPad
« on: 29 July 2010, 08:08:23 AM »


TEMPO Interaktif, Jakarta - Membeludaknya antrean pembeli Apple iPad di Amerika Serikat saat peluncuran perdana produk ini, April lalu, belum hilang dari ingatan kita. Produk vendor komputer berlambang buah apel ini memang mendulang sukses. Hanya dalam tiga bulan sejak peluncuran perdana, tablet yang diluncurkan dalam dua varian (Wi-Fi dan 3G) ini mencatatkan rekor penjualan hingga 3 juta unit. Tak mengherankan jika lantas banyak vendor yang ingin meraup keuntungan dari demam iPad ini.

Tak terkecuali di Indonesia. Dua pabrikan lokal, seperti Zyrex dan Skybee, memulainya dengan meluncurkan PC tablet di Indonesia Cellular Show 2010. Zyrex meluncurkan tablet bernama OnePad, sedangkan Skybee merilis Skypad. Zyrex bahkan menyediakan dua pilihan sistem operasi untuk produknya itu.

Embel-embel "pad" membuat orang mudah menebak: kedua produk anyar ini mencoba menyamai iPad, meski bentuknya tak sama persis. CEO PT Sykbee Tbk Kendro Hendra optimistis produknya itu mampu mengobati rasa penasaran pengguna lokal terhadap iPad. Kendro tak menampik anggapan bahwa sukses iPad yang mendorong mereka membuat perangkat mirip iPad atau yang sering disebut "iPad wannabe" itu.

"Kami memang follower, tapi kami harus punya sesuatu yang berbeda untuk dilirik konsumen," ujar Kendro. Dia menyebutkan Skypad sebagai mobile Internet device.

Adapun Zyrex, selain menyediakan dua pilihan sistem operasi, mengandalkan teknologi multitouch. "Kami tak takut bersaing. Dari sisi teknologi tak jauh beda, secara kualitas juga sama, tinggal konsumen apakah mau memilih brand lokal ini," kata Nursam, Manajer Komunikasi, Promosi, dan Pemasaran PT Zyrexindo Mandiri Buana.

Selain dua vendor lokal itu, Huawei turut meramaikan parade PC tablet di pameran tersebut. Vendor Cina ini meluncurkan SmaKit S7, PC tablet yang juga bisa berfungsi sebagai telepon seluler. Menyusul OnePad, Skypad, dan SmaKit S7, kabarnya sejumlah "iPad wannabe" lainnya akan meluncur tahun depan. Informasi mengenai hal ini bertebaran di Internet. Sebut saja iPed, EzyPad, inPad, LifesPad, atau Meizu Mbook.


DIAN YULIASTUTI | DIM | BERBAGAI SUMBER


1. OnePad

a. OnePad MS110:

- Prosesor: Samsung ARM Cortex A-8 S5PC100

- Memori: 512 MB DDR3, 16 GB iNand

- Layar: 10 inci 16 : 9 multitouch screen

- Kamera: tak ada

- Konektivitas: Mini USB 3,0, mini HDMI, Wi-Fi 802,11b/g/n

- Sistem operasi: Android

- Fitur lain: stereo speaker, G-sensor

- Dimensi: 253 x 164 x12,5 mm, 620 gram

- Harga: Rp 3,5 juta

- Tombol sentuh tak terlalu responsif


b. OnePad MP1210

- Prosesor: Intel Atom N450 166 GHz

- Memori: 1 GB DDR2

- Layar: 10 inci 16 : 9 multitouch screen

- Kamera: 1,3 MP webcam

- Konektivitas: USB 2,0, LAN, Wi-Fi 802,11b/g/n

- Sistem operasi: Windows 7

- Dimensi: 263 x 168 x 18 mm, 900 gram

- Harga: Rp 4,5 juta, belum termasuk harga sistem operasi

- Tombol sentuh tak terlalu responsif


2. Skypad

- CPU Rockchip RK2808 Chipset (ARM 926EJC [at] 600 MHz+DSP)

- Display 800 x 480/7 inci LCD

- Input resistive single point touch screen

- Sensor rockchip accelerometer

- Kamera 1,3 MP

- Jaringan konektivitas Wi-Fi 802,11 Wireless b/g

- Internal memory ROM 128 MB, Nan Flash 2GB, Micro SD Trans Flash hingga 16 GB

- Sistem operasi Android 1,6

- Dimensi 190 x 120 x 14 mm, 400 gram

- Harga Rp 2,5 juta


3. Huawei SmaKit S7

- Sistem operasi Android

- Layar 7 inci WVGA 800 x 480, layar sentuh resistif dan kapasitif

- Sensor gravitasi

- Bluetooth 2.1 dan Micro USB 2.0, Wi-Fi, speaker Hi-Fi, jack audio 3,5 mm

- Slot kartu SIM dan Micro SD

- Multimedia: media player dan photo browser


4. Inkia Pad-inPad 702

- Prosesor Rockchip RK2808 600 Mhz

- Memori 4 GB atau 16 GB SSD, RAM 128-256 MB

- Dua model didukung dua USB port, mini HDMI

- Baterai 2.200 mAH

- Konektivitas Wi-Fi, HDMI port

- Sistem operasi Android


5. LifesPad

- CPU 1 GHz Freescale

- Memori 512 MB DDR2 RAM

- 3G module

- Sistem operasi Android 2,1

- Multitasking


6. Meizu Mbook

- Processor chip 1,5 GHZ

- Berkapabilitas GPS

- Konektivitas Wi-Fi, 3G

- Baterai diharapkan mencapai 12 jam

- Sistem operasi mirip Android

- Layar sentuh selebar 8,4 inci dengan display 1.024 x 768

- Dimensi 210 x 140 x 14 mm

- Rencana dirilis pada 2011


7. Ezy Tablet PC

- Prosesor Atom 1,6

- Hard drive 250 GB RAM 2 GB

- Sistem operasi Windows 7

- Jaringan konektivitas Wi-Fi, 3G, tiga USB port

- Kamera 1,3 MP

- Harga US$ 679

- Layar sentuh 10,2 inci


8. iPed

- Prosesor Intel Chip

- Memori 16 GB RAM 128 MB

- Harga US$ 105

29
Teknologi Informasi / Layanan Data AHA Rambah Bandung
« on: 29 July 2010, 08:06:06 AM »





VIVAnews - Bakrie Connectivity (BConnect), terus memperluas layanan data berbasis teknologi 3,75G, EVDO Rev A.

Bila di awal peluncuran layanannya bulan lalu anak perusahaan Bakrie Telecom itu memulainya dari bagian Timur Pulau Jawa, kini BConnect mulai merambah wilayah Jawa Barat.

Untuk wilayah Bandung sendiri BConnect telah menyiapkan 250 BTS yang semuanya telah dipasangi teknologi EVDO. Direktur Utama Bconnect Erik Meijer mengatakan, dengan tersedianya layanan data Affordable High-Speed Access (AHA), masyarakat Bandung tak perlu lagi khawatir untuk mendapatan kecepatan akses internet cepat.

Pasalnya Bconnect memang telah menginvestasikan dana sebesar US$100 juta untuk memenuhi kepuasan konsumen yang selama ini mengeluh dengan layanan internet mobile yang ada.

"Kami berkomitmen untuk memberikan keseimbangan antara jumlah pengguna dengan jumlah bandwidth. Kita akan terus meningkatkan kapasitas jika suatu wilayah tersebut sudah padat," ujar Direktur Utama Bconnect Erik Meijer, pada Media Launch layanan AHA di Bandung, 28 Juli 2010.

Investasi US$100 juta tadi antara lain dialokasikan untuk melakukan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) baru, maupun upgrade BTS yang sudah ada dengan perangkat baru.

AHA sendiri memanfaatkan jaringan BTS Esia yang telah ada sebelumnya, sekaligus menambahkan EVDO Card dan kanal ekslusif data. "Dengan adanya kanal ekslusif data maka trafik data tidak akan tercampur dengan Esia," ungkapnya.

Laporan: Iwan Kurniawan | Bandung

30
Sains / Mengenal Lebih Dekat Hepatitis
« on: 29 July 2010, 08:04:05 AM »


JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak peringatan Hari Hepatitis Dunia akan dilakukan pada Rabu, 28 Juli 2010. Peringatan ini sebagai bagian dari kampanye berkelanjutan yang diluncurkan oleh World Hepatitis Alliance sejak 2008. Apa yang sebaiknya kita ketahui?

Hepatitis berarti radang hati dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab hepatitis kronis yang paling umum adalah infeksi virus. Hepatitis B dan C adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B dan virus hepatitis C.

Kedua virus itu secara bersama-sama telah dilaporkan membunuh sekitar 1 juta orang setahun di seluruh dunia, hampir 500 juta orang saat ini terinfeksi hepatitis B atau C kronis, serta 1 dari 3 orang telah terkena salah satu atau kedua virus tersebut. Tidak seperti hepatitis C, hepatitis B dapat dicegah dengan vaksinasi yang efektif.

Hepatitis B adalah infeksi hati yang berpotensi mengancam jiwa dan disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB).

Penyakit ini merupakan masalah kesehatan utama di seluruh dunia dan jenis yang paling serius dari hepatitis virus, yang mengenai dua kali lipat lebih banyak dibandingkan hepatitis C. Penderita yang menjadi kronis terinfeksi dengan VHB berada pada risiko yang lebih tinggi untuk mengalami sirosis hati dan kanker hati.

Empat cara utama penularan HBV adalah kontak seksual, transmisi parenteral dari ibu ke bayi saat lahir (melalui kulit atau melalui pembuluh darah), dan melalui cairan tubuh yang terinfeksi.

Di seluruh dunia, sekitar 2 miliar orang diperkirakan telah terinfeksi virus hepatitis B dan lebih dari 350 juta telah menjadi infeksi hati kronis.

Sebuah vaksin untuk melawan hepatitis B telah tersedia sejak 1982, telah diberikan kepada hampir semua bayi, dan dimasukkan ke dalam program imunisasi nasional di banyak negara, termasuk di Indonesia. Vaksin hepatitis B mencapai tingkat efektivitas 95 persen dalam mencegah infeksi kronis VHB sehingga dianggap sebagai vaksin pertama untuk melawan penyakit kanker.

Hepatitis B seri imunisasi primer terdiri dari tiga dosis vaksin dengan dosis pertama diberikan secepat mungkin setelah bayi lahir.

Sampai akhir 2009, 46 negara di Eropa telah melaksanakan imunisasi hepatitis B universal dengan 29 negara menerapkan imunisasi universal bayi yang baru lahir, 15 negara menerapkan imunisasi bayi pada usia 2-3 bulan, 3 negara menerapkan pada anak-anak dan remaja, serta 6 negara menerapkan vaksinasi untuk orang dewasa dengan risiko tinggi oleh karena perilaku seksual dan pengguna narkoba suntik.

Yang kronis dan akut

Virus hepatitis C (VHC) merupakan penyebab utama dari hepatitis akut dan penyakit hati kronis.

Secara global, 130-170 juta orang diperkirakan terinfeksi dengan VHC kronis dan 3-4 juta yang baru terinfeksi setiap tahun. VHC menular terutama melalui kontak langsung dengan darah manusia dan terutama ditularkan secara parenteral dan vertikal dari ibu ke anak.

Penyebab utama dari infeksi VHC di seluruh dunia adalah penggunaan transfusi darah tanpa diskrining ketat, penggunaan kembali jarum atau jarum suntik yang tidak disterilkan secara memadai.

Berbagi jarum, jarum suntik dan perlengkapan medis oleh pengguna narkoba suntikan merupakan kontribusi infeksi yang signifikan, terutama di Eropa.

Hepatitis C kronis menyebabkan risiko lebih tinggi terjadinya sirosis dan kanker hati. Saat ini belum ada vaksin terhadap VHC yang tersedia.

Beberapa tindakan pencegahan yang efektif, termasuk skrining, tes darah, dan donor organ yang lebih ketat, penggunaan produk plasma darah yang diperketat, pengendalian infeksi yang lebih baik dan praktik injeksi yang aman dalam perawatan pasien di rumah sakit.

Kampanye

Pada 2008, World Hepatitis Alliance meluncurkan kampanye peningkatan kesadaran global dengan tema program ”Am I No 12?”.

Kampanye ini memiliki pesan sederhana dan dirancang untuk mengomunikasikan fakta bahwa satu dari 12 orang di seluruh dunia hidup dengan virus hepatitis B atau C. Dengan demikian, prevalensi hepatitis adalah jauh lebih tinggi daripada HIV atau kanker apa pun.

Hal tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong orang mempertanyakan diri sendiri, apakah dirinya termasuk salah satu dari 12 orang yang terkena. Dengan mempertanyakan diri ini, bukan oleh orang lain yang terkesan mencela, pada umumnya akan lebih berhasil guna dan jika gejalanya sesuai, diharapkan segera menjalani pemeriksaan medis dengan sukarela.

Kampanye tersebut telah sukses besar dan pada 2010, World Hepatitis Alliance meluncurkan tema kampanye baru, ”This is hepatitis&hellip”. Kampanye ini untuk pertama kali mengungkapkan kisah penyebaran virus hepatitis yang sebenarnya dan justru disampaikan oleh orang yang paling dekat dengan orang yang terkena penyakit tersebut.

Inisiatif kampanye ini dipimpin sepenuhnya oleh para pasien hepatitis itu sendiri yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas terhadap bahaya hepatitis B dan hepatitis C.

Tujuan jangka panjang dari kampanye ini adalah untuk mencegah terjadinya infeksi baru dan untuk meningkatkan kualitas hidup para pasien yang terpaksa harus hidup dengan hepatitis B dan C.

Dengan peringatan Hari Hepatitis Dunia tahun ini, diharapkan perhatian semua pihak akan bahaya dan perhatian akan pencegahan untuk hepatitis dapat terus ditingkatkan. Semoga para penderita hepatitis kronis tetap dapat mengisi dan menikmati hari-harinya meski penuh dengan banyak keterbatasan.

FX WIKAN INDRARTO Dokter Spesialis Anak di RS Bethesda, Yogyakarta

Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7 8 9 ... 420
anything