//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Secuil Memori  (Read 90986 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #255 on: 14 August 2013, 08:21:16 PM »
hai sis..  :)
iya nih..
akhirnya malah bikin masalah sendiri..
untungnya sudah sedikit kenal dhamma, jadi efeknya gak terlalu parah..  :-[

thx ya link2 nya.. iya, moga2 selalu terus bisa inget dhamma n Buddha, belajar n menjalaninya..  _/\_
sama2 sis  >:)<
Sering2 main kesini sis, jadi sll inget...saya aja sll diingetkan utk Sholat.... ^-^

Jika sis sedang sedih krn punya masalah setidak nya sis punya teman2 disini, dengan membaca postingan yg lucu2 ntar sis bisa sedikit lupa (walau sedikit khan lumayan... ;D )

Semoga sis makin maju dalam dhamma.
 _/\_
I'm an ordinary human only

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #256 on: 14 August 2013, 08:29:59 PM »
kalau manusia lahir itu kan karena karma di hidup sebelumnya..

misalnya ada yang lahir dengan kekurangan ini-itu..

nah, tapi begitu dia lahir kan dia ngga tau apa-apa.. bahkan sampai dia jadi dewasa, dia ngga ngerti kan kenapa dia lahir cacat, sakit atau apa gituu..

kasian donk..

*tiba2 kepikiran pas lihat anak2 kecil yang kurang sempurna fisiknya*

Itulah KEBERUNTUGAN sis mengenal DHAMMA sekarang, itu juga karena kamma baik sis, mereka2 yang kurang memiliki kamma baik tidak ketemu dengan dhamma, jadi mrk tidak tahu bagaimana mengakhiri dukkha.

Walau kita beruntung ketemu dhamma, tapi kembali ke kita sendiri pula, mampu ga kita tetap hidup dalam dhamma? menjalankan dhamma? menjaga dhamma? teori MUDAH sis.... ;D saya pernah menjalankan dan memang tidak semudah teori  ;D

Mereka2 tidak mampu mengerti sis dan memang kasihan sekali, mereka akan terus berputar dalam samsara, kita2 yang udah ngerti dhamma seharusnya bisa membebaskan diri dari samsara (butuh latihan yang kuat, keras, tidak tergoyahkan). Lagi2 teori mudah....! jangan mudah percaya teori sis...BUKTIKAN sendiri langsung (spt saya  ;D )
I'm an ordinary human only

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori (karena karma atau keajaiban medis atau apa??)
« Reply #257 on: 16 August 2013, 07:58:49 PM »
lagi nonton On The Spot..

kembar siam itu terjadi karena apa..??
bahkan pada hewan pun bisa terjadi, seperti ular dan kucing berkepala dua..
dijelaskan secara ilmu medis kah??
atau karena karma perbuatan sebelumnya..?? ???
mana yang lebih relevan n masuk akal..??

ada orang yang sangat mirip satu sama lain padahal berbeda keluarga bahkan negara,
kenapa itu bisa terjadi..??
secara medis, ngga mungkin kan..??
keajaiban Tuhan, kalo kata orang..
tapi sesungguhnya kenapa bisa gitu..??
*amazing lihat pasangan yang mirip sama pasangan David Beckham - Victoria*

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #258 on: 16 August 2013, 08:04:35 PM »
Itulah KEBERUNTUGAN sis mengenal DHAMMA sekarang, itu juga karena kamma baik sis, mereka2 yang kurang memiliki kamma baik tidak ketemu dengan dhamma, jadi mrk tidak tahu bagaimana mengakhiri dukkha.

Walau kita beruntung ketemu dhamma, tapi kembali ke kita sendiri pula, mampu ga kita tetap hidup dalam dhamma? menjalankan dhamma? menjaga dhamma? teori MUDAH sis.... ;D saya pernah menjalankan dan memang tidak semudah teori  ;D

Mereka2 tidak mampu mengerti sis dan memang kasihan sekali, mereka akan terus berputar dalam samsara, kita2 yang udah ngerti dhamma seharusnya bisa membebaskan diri dari samsara (butuh latihan yang kuat, keras, tidak tergoyahkan). Lagi2 teori mudah....! jangan mudah percaya teori sis...BUKTIKAN sendiri langsung (spt saya  ;D )

maksud aq, orang2 yang terlahir dengan ketidaksempurnaan, bisa jadi akan berpikir menyalahkan keadaan, menyalahkan ortu, menyalahkan tuhan, menyalahkan nasib n takdir..
ada juga yang berpikir bahwa itu adalah keajaiban tuhan, jalan tuhan..
sehingga membawa efek yang berbeda2 terhadap orang2 tersebut..

ada juga yg dikucilkan.. kan kasihan.. iya toh..??

lalu bagaimana yang paling benar untuk menjelaskan kelahiran kembali..?? kalau dengan ehipasiko, bagaimana misalnya orang terdekat saya tau ketika saya mati di kehidupan sekarang, lalu saya akan terlahir jadi apa n dimana n kapan..

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #259 on: 16 August 2013, 10:53:17 PM »
dari mana sih sejarahnya perayaan Hari Kemerdekaan RI dengan lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, lomba balap karung, dll..??

siapa yang bikin kayak gitu?? sejak kapan??

waktu baru awal2 merdeka, pasti perayaan/peringatannya ngga kayak gitu ya..??

*lagi inget kemaren ada yg ngeluh supaya tahun ini, 17an gak pake lomba panjat pinang lagi, bosen katanya.. jd kepikiran n penasaran deh..*

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #260 on: 17 August 2013, 04:55:07 AM »
tadi nonton Ripley's Believe It Or Not..
ngilu iiihhh..

tentang upacara kedewasaan orang suku Amazon..

yang cowo, tangan nya dimasukin ke sarung tangan penuh semut api n mesti bisa nahan sakitnya..

yang cewe, mesti meditasi berdiri tanpa makan, minum n tidur selama 24 jam, trus kalo berhasil, rambutnya dicabutin sampai botak (yang bakal makan waktu berjam-jam) trus trakhirnya mandi rendem di sungai..

 :-SS

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitattha
Re: Secuil Memori
« Reply #261 on: 17 August 2013, 02:50:43 PM »
tadi nonton Ripley's Believe It Or Not..
ngilu iiihhh..

tentang upacara kedewasaan orang suku Amazon..

yang cowo, tangan nya dimasukin ke sarung tangan penuh semut api n mesti bisa nahan sakitnya..

yang cewe, mesti meditasi berdiri tanpa makan, minum n tidur selama 24 jam, trus kalo berhasil, rambutnya dicabutin sampai botak (yang bakal makan waktu berjam-jam) trus trakhirnya mandi rendem di sungai..

 :-SS


ihhh Sis, bnran jd ngilu deh bacanya hehehe, suku Amazon sampe sekrg msh menerapkan ritual2 sadis begitu ya.....pdhal negara Amerika tmpt mrk berada jelas2 negara yg sdh sgt maju termasuk dlm budayanya, ternyata adat suku ini bnr2 kuat ya ga terkikis ama liberalisme Amrik, yah baik ga baik sih, tp kalo utk upacara kedewasaan model begitu mah bs dibilang sadis ya.....(apalg cewek rambutnya dicabutin ampe botak??? hiiii....sadis bnr   :'( )
🙏

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Secuil Memori
« Reply #262 on: 17 August 2013, 03:15:38 PM »

ihhh Sis, bnran jd ngilu deh bacanya hehehe, suku Amazon sampe sekrg msh menerapkan ritual2 sadis begitu ya.....pdhal negara Amerika tmpt mrk berada jelas2 negara yg sdh sgt maju termasuk dlm budayanya, ternyata adat suku ini bnr2 kuat ya ga terkikis ama liberalisme Amrik, yah baik ga baik sih, tp kalo utk upacara kedewasaan model begitu mah bs dibilang sadis ya.....(apalg cewek rambutnya dicabutin ampe botak??? hiiii....sadis bnr   :'( )

Suku Amazon adanya di benua Amerika bagian selatan (Amerika Latin), tepatnya di negara Brazil, yang juga seperti Indonesia adalah negara yang sedang berkembang
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #263 on: 24 August 2013, 01:23:39 AM »
jujur, sempet gagal berhenti rokoknya..
kenapa..??
kemelekatan..
hawa nafsu berlebihan..

akhirnya tersadar lagii..
semuanya itu untuk saya sendiri kok..
dan memulai lagi dari 1 minggu yang lalu..

semoga kali ini ngga terprovokasi hawa nafsu dan kemelekatan lagii..
sadhu sadhu sadhu..  :)

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #264 on: 24 August 2013, 01:25:25 AM »

ihhh Sis, bnran jd ngilu deh bacanya hehehe, suku Amazon sampe sekrg msh menerapkan ritual2 sadis begitu ya.....pdhal negara Amerika tmpt mrk berada jelas2 negara yg sdh sgt maju termasuk dlm budayanya, ternyata adat suku ini bnr2 kuat ya ga terkikis ama liberalisme Amrik, yah baik ga baik sih, tp kalo utk upacara kedewasaan model begitu mah bs dibilang sadis ya.....(apalg cewek rambutnya dicabutin ampe botak??? hiiii....sadis bnr   :'( )

antara sadis n melestarikan budaya ya.. -_-
dilema..

Suku Amazon adanya di benua Amerika bagian selatan (Amerika Latin), tepatnya di negara Brazil, yang juga seperti Indonesia adalah negara yang sedang berkembang

menurut kk ariyakumara, mestinya dilestarikan sebagai bagian dari kebudayaan asli nya atau ngga..?

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Secuil Memori
« Reply #265 on: 24 August 2013, 03:39:47 PM »
jujur, sempet gagal berhenti rokoknya..
kenapa..??
kemelekatan..
hawa nafsu berlebihan..

akhirnya tersadar lagii..
semuanya itu untuk saya sendiri kok..
dan memulai lagi dari 1 minggu yang lalu..

semoga kali ini ngga terprovokasi hawa nafsu dan kemelekatan lagii..
sadhu sadhu sadhu..  :)
CEMUNGUDDD EAAAA cc....  ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Secuil Memori
« Reply #266 on: 24 August 2013, 03:49:24 PM »

menurut kk ariyakumara, mestinya dilestarikan sebagai bagian dari kebudayaan asli nya atau ngga..?

Maksud gw, cuma mengoreksi keterangn sis Suli bahwa suku Amazon itu bukan di negara Amerika yg sudah maju, melainkan di Amerika Selatan yg masih berkembang.
Kalo ditanya apakah kebudayaan asli tsb harus dilestarikan, IMO mungkin harus dilestarikan dengan menghilangkan bagian tata cara yang terlalu sadis tsb yang bisa diganti dengan yang lebih manusiawi. Jadi, jalan tengah, tidak meninggalkan sepenuhnya tradisi lama ;D
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #267 on: 19 November 2013, 12:42:23 PM »
Maksud gw, cuma mengoreksi keterangn sis Suli bahwa suku Amazon itu bukan di negara Amerika yg sudah maju, melainkan di Amerika Selatan yg masih berkembang.
Kalo ditanya apakah kebudayaan asli tsb harus dilestarikan, IMO mungkin harus dilestarikan dengan menghilangkan bagian tata cara yang terlalu sadis tsb yang bisa diganti dengan yang lebih manusiawi. Jadi, jalan tengah, tidak meninggalkan sepenuhnya tradisi lama ;D

jalan tengah memang solusi bisa jadi yg paling baik, tapi untuk suatu tradisi yang sudah turun temurun, apa iya mereka bersedia..??
*maaf baru bales*

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #268 on: 19 November 2013, 12:46:59 PM »
ON & OFF..
hummm, masih saja begini saya nih..
sebentar nongol, sebentar hilang..
belum bisa seimbang..
manusiawi?? kenapa segala hal yg di denial selalu mengikutsertakan kata "manusiawi" , "lumrah", "wajar"..???
gimana bisa berubah kalo gitu??
yang namanya sesuatu yg salah ya gak wajar..
apalagi kalau alasan atau penjelasan dibalik hal yang salah itu tidak oke..
*mulai deh kehilangan kata*
kalau diperhatikan, terkadang bahasa saya bisa berubah2..
sebentar saya tau diksi yang baik, sebentar kemudian saya speechless, sebentar kemudian saya seperti slengean..

hmmm, kangen juga kalau udah lama gak masuk DC..
udah banyak ketinggalan, itu pasti..
dan suka males mengejar semua ketinggalan saya, iya juga..  :P

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #269 on: 19 November 2013, 12:55:58 PM »
maksud aq, orang2 yang terlahir dengan ketidaksempurnaan, bisa jadi akan berpikir menyalahkan keadaan, menyalahkan ortu, menyalahkan tuhan, menyalahkan nasib n takdir..
ada juga yang berpikir bahwa itu adalah keajaiban tuhan, jalan tuhan..
sehingga membawa efek yang berbeda2 terhadap orang2 tersebut..

ada juga yg dikucilkan.. kan kasihan.. iya toh..??

lalu bagaimana yang paling benar untuk menjelaskan kelahiran kembali..?? kalau dengan ehipasiko, bagaimana misalnya orang terdekat saya tau ketika saya mati di kehidupan sekarang, lalu saya akan terlahir jadi apa n dimana n kapan..
Maaf ya sis, saya juga lama tidak aktif jadi thread ini tidak kebaca...ternyata anda punya pertanyaan untuk saya...jadi telat bacanya baru sekarang....bila dikaitkan agama lain, maka jawabannya paling enak dan mudah "Tuhan tidak mungkin memberi percobaan diluar kemampuan umatnya" (***padahal jelas2 dia terlahir cacat).

Berkaitan dengan pertanyaan anda, menurut saya sis belom memiliki kapasitas untuk menjelaskan kepada mereka, karena anda sendiri belom memiliki cukup pengetahuan tentang dhamma, saran saya tidak perlu menjelaskan kepada mereka, namun bila sis didesak kepada mereka itu lain masalah, sampaikan aja ke mereka bahwa "Jika memang benar Tuhan ADIL mengapa bayi tidak berdosa terlahir cacat?" mereka pasti akan beragumentasi macam2, ya silahkan aja, tapi paling tidak anda telah berusaha menjawab itu, bila mereka belom puas anda tinggal melanjutkan lagi, "untuk itulah saya mempelajari dhamma karena sayapun sedang mencari jawabannya". Semoga anda berhasil sis. Sangat sulit menyakinkan mereka saya tahu itu sis.... ;D



I'm an ordinary human only

 

anything