//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Secuil Memori  (Read 90982 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #165 on: 11 June 2013, 03:45:12 PM »
:)) :))

soalnya udah lupa-lupa inget, udah lama bacanya sih... :P

BTW, ada cara lain juga untuk berhenti merokok yang efektif:



iya, abis itu sisa yg diguntingnya dibakar n diisep juga..
yang baik yah, gak beli rokok lagii, kk will..  ::)

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #166 on: 11 June 2013, 03:47:16 PM »
kyknya coklat bukan penyebab sakit gigi deh sis  :P

iya ya?? soalnya aku kalo kebanyakan makan cokelat, mulai deh giginya nyut2an..  ;D

yg model beng2 aja gak brani banyak2.. kadang 1 aja udah bikin gigi gak enak..  :(

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #167 on: 11 June 2013, 03:56:13 PM »
iya ya?? soalnya aku kalo kebanyakan makan cokelat, mulai deh giginya nyut2an..  ;D

yg model beng2 aja gak brani banyak2.. kadang 1 aja udah bikin gigi gak enak..  :(

giginya sensitif tuh, kan ada iklan pasta gigi bwt gigi sensitif, hahaha.

atau abis makan ga dibersihin  ;D

atau rokok yg bikin gigi jd rusak?  :-?
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Secuil Memori
« Reply #168 on: 11 June 2013, 04:01:26 PM »
dokter Dhammacitta kan?? ::)
bukan dokter koq ;D dokter itu cita2 yang gak sampean.. :-[

iya ya?? soalnya aku kalo kebanyakan makan cokelat, mulai deh giginya nyut2an..  ;D

yg model beng2 aja gak brani banyak2.. kadang 1 aja udah bikin gigi gak enak..  :(
yang bikin gak enak itu biasanya kadar gulanya cukup tinggi.. jadi merangsang pertumbuhan bakteri karena banyak sisa makanan..  pertumbuhan bakteri yang tinggi menyebabkan suasana pH mulut menjadi lebih asam, sehingga merangsang gigi lebih cepat rusak selain pengrusakan oleh bakteri itu sendiri.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kiyomi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 142
  • Reputasi: 11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #169 on: 11 June 2013, 04:03:40 PM »
KOMPAS.com - Berhenti merokok itu sebenarnya mudah. Namun, dibutuhkan komitmen yang sangat kuat untuk mempertahankan kemauan dan tekad.

BagiAnda yang ingin berhenti merokok, pengalaman mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie ini mungkin dapat menginspirasi. Jimly adalah mantan perokok. Kini ia sudah berhenti total dan berniat meninggalkan kebiasaan merokok untuk selamanya.

 Jimly menuturkan, tekad dan keinginan berhenti merokok berkali-kali muncul dalam dirinya. Tetapi akibat pengaruh lingkungan, tekad tersebut dapat runtuh dengan mudahnya. Faktor lingkungan diakuinya adalah hambatan yang kerap merusak niat seseorang untuk berhenti merokok. 

"Saya lima kali berhenti merokok. Namun balik merokok lagi karena pengaruh teman," ujar  mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie pada Peresmian S Clinic di Jakarta Rabu (5/6/2013).

Rata-rata setelah sekitar 3 bulan berhenti, Jimly memutuskan untuk kembali merokok. Niatnya untuk berhenti sebenarnya sudah tercetus sejak 1995. Namun niat ini baru benar-benar terlaksana pada 1998. Sampai sekarang sudah 14 tahun Jimly bebas dari rokok.  "Yang penting cari momentum. Jadikan berhenti kerokok bagian dari sejarah hidup," kata pria kelahiran Palembang 17 April 1956 ini.

Selain mencari momentum, Jimly berpesan kepada mereka yang berniat stop merokok untuk mencari lingkungan yang lebih mendukung. Lingkungan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan. Motivasi kuat juga sangat dibutuhkan bila kita terjebak dalam lingkungan yang penuh dengan perokok. 

"Kalau lingkungan merokok, kita akan mudah terpengaruh. Sedapat mungkin bertahan jangan terpengaruh," kata Jimly.

Ia juga menyarankan untuk mencari aktivitas baru sebagai penyeimbang.  Carilah kesibukan dan lingkungan berbeda. "Sedapat mungkin cari kesibukan untuk mengisi kekosongan. Lingkungan yang beda dengan keseharian juga akan membuka wawasan pentingnya berhenti merokok," kata Jimly. 

Jimly bilang, seorang perokok akan memiliki sejuta alasan yang memperbolehkan tindakannya. Bermacam kesibukan akan menghalangi orang untuk menciptakan alasan tersebut.  Jimly mengatakan, dari berbagai tips menjaga komitmen menjadi yang utama. Dia mengatakan dirinya tak butuh lama untuk berhenti merokok. 

"Saya berhenti merokok 20 Mei 1998, bersamaan lengsernya mantan presiden Soeharto. Saat memutuskan berhenti, saya langsung tidak menghisap rokok," kata Jimly.

Pengurangan rokok sedikit demi sedikit tidak berlaku bagi dirinya. Hal ini dikarenakan komitmen yang sudah tertanam kuat.  Saat ini Jimly mengatakan dirinya merasa sangat sehat. "Berbeda dengan saat masih merokok. Sekarang badan terasa lebih enak, segar, dan mulut tidak bau rokok," kata Jimly.

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #170 on: 11 June 2013, 04:09:28 PM »
giginya sensitif tuh, kan ada iklan pasta gigi bwt gigi sensitif, hahaha.

atau abis makan ga dibersihin  ;D

atau rokok yg bikin gigi jd rusak?  :-?

iya udah pake kok yg sensitif ituu...

banyak bolongnya soalnya..  ;D

bukan dokter koq ;D dokter itu cita2 yang gak sampean.. :-[
yang bikin gak enak itu biasanya kadar gulanya cukup tinggi.. jadi merangsang pertumbuhan bakteri karena banyak sisa makanan..  pertumbuhan bakteri yang tinggi menyebabkan suasana pH mulut menjadi lebih asam, sehingga merangsang gigi lebih cepat rusak selain pengrusakan oleh bakteri itu sendiri.

iya gak kesampean di dunia nyata, makanya skrg gelar dokter nya di Dhammacitta aja ya, om..  ;)

intinya gigi banyak yg bolong.. ???

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #171 on: 11 June 2013, 04:10:33 PM »
kiyomi: thx u artikelnya, kk..

iya nih juga karena punya keinginan kuat, makanya lagi maksain banget untuk brenti..

Offline kiyomi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 142
  • Reputasi: 11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #172 on: 11 June 2013, 04:12:27 PM »

Bahaya rokok tak lain adalah karena kandungan zatnya. Menurut para ahli, rokok mengandung banyak sekali zat berbahaya. Saat rokok terbakar, rokok diklaim lebih berbahaya karena mampu menghasilkan zat racun yang jauh lebih banyak, yaitu sekitar 4000 zat racun.
Berikut ini adalah beberapa contoh zat racun dalam rokok yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh siapapun.

    Nikotin. Zat kimia beracun ini menyerang saraf dan mampu membuat pengkonsumsinya merasa kecanduan.


    Tar. Zat ini biasanya merusak paru-paru dan menjadi penyebab kanker karena sifatnya yang sangat beracun.


    Karbon monoksida. Zat ini jelas-jelas beracun, bisa membuat tubuh kekurangan oksigen.


    Ammonia. Zat beracun dan dapat membuat pingsan ini biasanya dipakai pada sabun pencuci lantai.


    Aseton. Zat ini digunakan dalam proses pembuatan cat.


    Hydrogen cyanide. Gas ini jelas beracun dan bisa menyebabkan kematian, pernah digunakan untuk menghukum mati terpidana. Hukuman ini biasa disebut “kamar gas beracun”.


    Arsen/arsenik. Zat yang bersifat racun dan biasa digunakan sebagai pestisida atau herbisida.


Itulah beberapa contoh zat berbahaya rokok yang paling banyak dikenali orang, tapi masih ada ribuan zat racun lain dalam rokok. Dampak negatif merokok tak bisa lepas dari ribuan zat berbahaya itu. Anda masih tidak peduli dan ingin mencoba merokok? Lihat dulu apa saja dampaknya.

Dampak Negatif Merokok

    Rokok adalah pemicu kanker yang sangat baik. Sejumlah zat kimia dalam rokok rata-rata bersifat karsinogenik/ beracun yang merupakan zat penyebab kanker.


    Rokok juga penyebab penyakit lain. Penyakit yang disebabkan rokok antara lain bronkhitis, gangguan pernafasan, stroke, jantung dan juga gangguan fungsi ginjal.


    Dampak negatif merokok yang lain adalah terganggunya fungsi seksual, seperti impoten pada pria. Bagi wanita yang merokok, bisa membuat wanita tidak memiliki anak karena akan mengalami keguguran. Kalau pun bisa hamil dan melahirkan, kemungkinan besar bayi tersebut akan lahir cacat.


    Kandungan karbon monoksida mengganggu peredaran oksigen di tubuh. Hal ini memungkinkan Anda mengalami penurunan kinerja otak karena otak bisa bekerja dengan baik bila mendapat pasokan oksigen yang cukup, yang dibawa oleh darah. Bahaya merokok yang satu ini tentu sangat berpengaruh pada kecerdasan.


    Kulit bisa menjadi cepat keriput karena penurunan kinerja sel-selnya yang membutuhkan oksigen.


    Perokok umumnya mengalami kerusakan pada mulut, terutama pada gigi dan gusi (misalnya: gigi menjadi kuning/ kecokelatan). Selain itu juga menyebabkan nafas bau.


    Dampak negatif merokok juga mempengaruhi mental dan kejiwaan perokok. Perokok akan ketagihan merokok, hal ini bisa membuat perokok tidak konsentrasi dalam pekerjaan (di tempat kerja manapun, umunya terdapat larangan merokok).


    Perokok bisa juga mengalahi hal buruk dalam sosialisasinya. Ia mungkin akan dijauhi teman-temannya yang tidak suka dengan rokok. Bagi pria, bisa saja ia dijauhi oleh para wanita (umumnya wanita tidak suka perokok).


    Dampak negatif merokok yang lain adalah menyebabkan penurunan ekonomi. Walau harga rokok ada yang murah, bayangkan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk merokok setiap tahunnya bila perokok harus menghabiskan sejumlah rokok dalam satu hari.


    Anda ingin tahu dampak negatif merokok yang paling fatal? Kematian. Banyak bukti bahwa perokok akan mengalami kematian karena sakit yang disebabkan oleh rokok itu sendiri.


Itulah dampak negatif merokok yang harus diwaspadai. Merokok adalah tindakan bodoh karena hanya akan merusak diri sendiri dan mempercepat kematian.

http://www.anneahira.com/dampak-negatif-merokok.htm

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Secuil Memori
« Reply #173 on: 11 June 2013, 04:18:31 PM »
iya udah pake kok yg sensitif ituu...

banyak bolongnya soalnya..  ;D

iya gak kesampean di dunia nyata, makanya skrg gelar dokter nya di Dhammacitta aja ya, om..  ;)

intinya gigi banyak yg bolong.. ???
yup ;D
gigi akan banyak yang bolong..

kiyomi mantap juga tuh artikelnya
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kiyomi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 142
  • Reputasi: 11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #174 on: 11 June 2013, 04:21:00 PM »
20 Menit Pasca Berhenti Merokok

Merokok dapat meningkatkan detak jantung, membuat irama jantung menjadi tidak teratur, dan bahkan meningkatkan tekanan darah. 20 menit setelah Anda mengisap rokok terakhir, detak jantung dan ritme jantung akan kembali normal. Tekanan darah juga berangsur turun.

2 Jam Pasca Berhenti Merokok

Setelah dua jam tanpa asap rokok, denyut jantung dan tekanan darah akan kembali stabil. Ujung kaki dan tangan Anda mungkin akan terasa hangat. Semua ini merupakan tanda dari penghentian nikotin rokok yang Anda isap dua jam yang lalu.

12 Jam Pasca Berhenti Merokok

Selama merokok, Anda telah menghisap karbon monoksida, zat yang dapat meracuni tubuh dalam. Seperti kita ketahui bahwa karbon monoksida dapat mengganggu sel darah mengikat oksigen, sehingga bisa memicu penyakit jantung. Setelah 12 jam berhenti merokok, karbon monoksida dalam tubuh akan mulai menurun, dan oksigen dalam tubuh akan meningkat hingga ke tingkat normal.

24 Jam Pasca Berhenti Merokok

Bisa dikatakan bahwa rentang waktu 24 jam pasca berhenti merokok merupakan waktu krusial bagi orang yang berhenti merokok. Jika seseorang berhasil berhenti merokok selama 24 jam, berarti ia berhasil menurunkan risiko serangan jantung sebesar 20 persen dari 85 persen tingkat risiko saat ia merokok. Ini adalah awal yang sangat baik.

48 Jam Pasca Berhenti Merokok

Selain merusak sistem pernapasan dan kardiovaskular, kebiasaan merokok juga dapat merusak sistem saraf tubuh Anda, yakni saraf pada indera penciuman dan perasa. Setelah 48 jam Anda berhenti merokok, ujung-ujung saraf Anda akan kembali tumbuh secara perlahan dan kemampuan indera penciuman dan perasa Anda akan meningkat. Di saat ini Anda akan mulai merasakan nikmatnya kesehatan.

72 Jam Pasca Berhenti Merokok

Pada masa ini, kadar nikotin dalam tubuh Anda akan benar-benar bersih dan dikeluarkan oleh tubuh. Namun, tantangan terbesar biasanya akan mencapai puncak di waktu ini. Keinginan untuk kembali merokok yang lebih kuat, sakit kepala, mual, dan beberapa gejala psikis seperti sering marah, stres, mungkin akan Anda rasakan di masa ini. Namun Anda tidak perlu khawatir karena gejala tersebut akan berlalu dengan cepat.

2-3 Minggu Pasca Berhenti Merokok

Setelah mencapai dua minggu berhenti merokok, tingkat kesehatan Anda akan meningkat. Fungsi-fungsi tubuh Anda mulai bekerja sebagai mana mestinya. Bahkan, Anda tidak akan merasa ‘ngos-ngosan’ atau berat di dada saat berolahraga. Di masa ini tubuh akan melakukan regenerasi sel-sel yang rusak, sirkulasi oksigen dalam tubuh akan meningkat, disertai peningkatan fungsi paru-paru yang signifikan. Anda pun bisa bernapas lebih ringan dan lega.

1-9 Bulan Pasca Berhenti Merokok

Di dalam paru-paru terdaapt rambut halus (silia) yang berfungsi mendorong lendir keluar. Silia akan meregenerasi diri dan mulai berfungsi optimal, sehingga mengurangi risiko infeksi paru-paru. Gejala batuk dan sesak napas pun akan mulai menurun dengan pesat.

1 Tahun Pasca Berhenti Merokok

Hadiahkan diri Anda reward yang paling istimewa untuk merayakan satu tahun bebas dari asap rokok. Satu tahun setelah berhenti merokok risiko serangan jantung akan berkurang hingga 50 persen. Dan tentunya risiko ini akan semakin menurun drastis jika Anda berhasil menghentikan kebiasaan merokok di tahun-tahun mendatang.

Berhenti merokok memang tidak mudah. Namun, jika Anda ingin mendapatkan peluang hidup lebih lama agar bisa berkumpul bersama orang-orang tercinta, maka berhenti merokok patut dicoba.

http://duniafitnes.com/health/inilah-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-berhenti-merokok.html

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #175 on: 11 June 2013, 04:26:07 PM »
72 Jam Pasca Berhenti Merokok

Pada masa ini, kadar nikotin dalam tubuh Anda akan benar-benar bersih dan dikeluarkan oleh tubuh. Namun, tantangan terbesar biasanya akan mencapai puncak di waktu ini. Keinginan untuk kembali merokok yang lebih kuat, sakit kepala, mual, dan beberapa gejala psikis seperti sering marah, stres, mungkin akan Anda rasakan di masa ini. Namun Anda tidak perlu khawatir karena gejala tersebut akan berlalu dengan cepat.

saya sedang di tahap iniii....  :'( :'(

Offline kiyomi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 142
  • Reputasi: 11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #176 on: 11 June 2013, 04:31:16 PM »
kiyomi: thx u artikelnya, kk..

iya nih juga karena punya keinginan kuat, makanya lagi maksain banget untuk brenti..


Semoga sis dapat berhenti merokok..... _/\_

yup ;D
gigi akan banyak yang bolong..

kiyomi mantap juga tuh artikelnya

Thanks.... :)

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Secuil Memori
« Reply #177 on: 12 June 2013, 07:34:59 AM »
apa penyebab orang ingin mencoba rokok (pertama kali rokok) ?

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #178 on: 12 June 2013, 07:42:49 AM »
apa penyebab orang ingin mencoba rokok (pertama kali rokok) ?

gak tau kalau yang lain...

kalau saya dulu pas SMP, karena tertarik saat liat kk n org lain merokok.. kelihatannya enak banget gituuu..
dan begitu pertama kali saya coba, gak pake batuk2, jadi yah enak ajaa...

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Secuil Memori
« Reply #179 on: 12 June 2013, 09:32:28 AM »
kalau saya dulu pas SMP, karena tertarik saat liat kk n org lain merokok.. kelihatannya enak banget gituuu..
dan begitu pertama kali saya coba, gak pake batuk2, jadi yah enak ajaa...

SMP udah merokok, dan ga pake batuk2 dulu....  ^:)^ ;D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

 

anything