//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Ask: Kecapean  (Read 8667 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Ask: Kecapean
« on: 06 November 2012, 11:28:41 PM »
Om Forte,

klo seseorg jadwal kerjanya padat..kecapean, sering kerja ampe mlm banget, ga makan breakfast, merokok..klo ada wkt lgsg bales dendam dgn bobok ampe skip makan.. apakah itu sehat? apa jenis penyakit yg mgkn diderita dgn kasus ini? maaf pertanyaannya random bgt  :P
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ask: Kecapean
« Reply #1 on: 07 November 2012, 01:16:04 AM »
Sori kepo dikit...
Setahu saya penyakit yang mungkin terjangkit pada org dengan lifestyle spt itu adalah obesitas, PJP (dari rokoknya) atau bisa juga brokhitis, dan biasanya aktivitasnya benar2 padat disarankan breakfast dulu atau maagnya bisa gastritis akut...

Menurut pengalaman kurang jam tidur 1 hari aja gag biasa ditebus dengan tidur berhari2 setelahnya :)
Om Forte,

klo seseorg jadwal kerjanya padat..kecapean, sering kerja ampe mlm banget, ga makan breakfast, merokok..klo ada wkt lgsg bales dendam dgn bobok ampe skip makan.. apakah itu sehat? apa jenis penyakit yg mgkn diderita dgn kasus ini? maaf pertanyaannya random bgt  :P
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Ask: Kecapean
« Reply #2 on: 07 November 2012, 07:08:17 AM »
Saya pikir sist pasti tahu itu gak sehat, kenapa harus "berusaha" membohongi diri ? :)) dan parahnya berusaha menggunakan info yang gw sampai andaikata gw bilang sehat untuk membohong diri.. :P
 
1. Pagi adalah waktu untuk memulai aktivitas, idealnya kita harus makan. Jika tidak makan, energi yang dibutuhkan untuk aktivitas datang dari mana ? Untuk masalah makan, menurut saya cobalah mengubahnya dari pagi makan banyak sampai malam makannya dikurangi, karena pada malam hari harusnya sudah sedikit aktivitas

2. Merokok sudah jelas gak baik, iklan rokok saja sudah membunyikan : merokok dapat menyebabkan blablabla (jadi ya kemungkinannya sama seperti yang ditulis iklan rokok.. :P )

3. Cari solusi kenapa harus kerja sampai malam ? Saya pikir idealnya kita berpikir seperti quotenya om Kaucu "Hidup itu penderitaan, kenapa kita harus menambah penderitaan ?" Jika company memaksa harus kerja sampai malam sesekali sih tidak masalah, tapi jika company tersebut kerjanya sering lembur sampe malam, maka harus dipikirkan dampak kesehatannya. Dan kita juga yang kerja tiap hari sampai malam juga tidak akan happy. Jangan menggadaikan kesehatan hanya demi uang, karena biaya kesehatan bisa jadi lebih mahal dibanding uang lembur. Dan mengenai solusi, silakan konsultasi di threadnya om Kaucu

4. Balas dendam tidur saya pikir tidak berefek besar. Ilustrasinya begini, sist menggunakan laptop berhari2, ternyata ada bagian yang korslet terlalu panas, lalu sist membiarkan laptop itu berhari2, pertanyaannya bagian laptop yang korslet itu apakah akan sembuh sendiri karena dibiarkan "tidur berhari2" ? Dan sist juga mungkin pernah mengalaminya, sekedar share (bukan ilmiah), saya pernah lembur berhari2 sampai jam 10 malam, paling parah pernah sampai jam 1 pagi untuk menangani deadline. Terus balas dendam tidur, abis bangun tidur, badan tetap lemas. Jadi sekali lagi, jangan balas dendam tidur, soalnya tidak menyelesaikan masalah.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Ask: Kecapean
« Reply #3 on: 07 November 2012, 07:11:23 AM »
fatty liver dan pengerasan liver /cirrhosis
There is no place like 127.0.0.1

Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.293
  • Reputasi: 81
Re: Ask: Kecapean
« Reply #4 on: 07 November 2012, 07:27:47 AM »
Om Forte,

klo seseorg jadwal kerjanya padat..kecapean, sering kerja ampe mlm banget, ga makan breakfast, merokok..klo ada wkt lgsg bales dendam dgn bobok ampe skip makan.. apakah itu sehat? apa jenis penyakit yg mgkn diderita dgn kasus ini? maaf pertanyaannya random bgt  :P

Sangat tidak sehat, apalagi kalau merupakan pelarian karena ditinggal kekasih.  ;D
Penyakit yang timbul selain pada fisik adalah berkurangnya kegembiraan.
~Life is suffering, why should we make it more?~

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.107
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Ask: Kecapean
« Reply #5 on: 07 November 2012, 08:46:16 AM »
Yang terang bila kerja sampai malam dll takut nya badan you overheat (istilahnya), akibatnya sumberdaya di dalam tubuh anda akan terkuras, makan banyak belum tentu dapat mengembalikan sumberdaya yang terkuras ini karena untuk memulihkan sumberdaya tubuh ini memerlukan proses (waktu). juga sampah beracun akibat overheat ini harus di netralisir oleh hati (memberi beban tambahan ke hati dan sistem kekebalan tubuh)! hingga mudah jatuh sakit dan terkena penyakit dari ringan sampai berat.

Banyak makan yang berantioksidant, ingat ini tidak menghilangkan efek buruk yang sudah terjadi tetapi hanya memberi sedikit bantuan (bisa dibilang sedikit pelumas kepada sistem yang overheat itu).
« Last Edit: 07 November 2012, 08:47:53 AM by kullatiro »

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ask: Kecapean
« Reply #6 on: 07 November 2012, 09:00:20 AM »
 [at] all

thx atas perhatiannya, tp itu bukan gw kok..gw masi cinta diri dan hidup sehat, hehe. merokok? amit2 deh.

itu yg dialami ama papanya teman (mantan), ampe masuk ugd..kondisi skrg ga gt baik.

pernah dijelasin, tp ga ngerti penyakitnya apa so pgn tau di sini dan sharing biar yg lain bs mencintai diri.

nah, mantan sdr jg punya pola hidup kayak gt. suruh berhenti merokok, ga mau. breakfast, ga mau..dan kerjanya padat, lebih keras dr rekan lain..hmmm, agak mengkhawatirkan jg hidupnya ke dpn.

even dgn imunitas tubuh yg paling bgs pun ga bs survive ya?

uda sakit fisik, sakit di pikiran lagi, emang betul. hidup jgn menambah penderitaan.
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Ask: Kecapean
« Reply #7 on: 07 November 2012, 09:19:31 AM »
Masih memikirkan mantan terus sis, sampe2 pantau kesehatannya ?  ::) ;D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ask: Kecapean
« Reply #8 on: 07 November 2012, 09:36:26 AM »
Sori kepo dikit...
Setahu saya penyakit yang mungkin terjangkit pada org dengan lifestyle spt itu adalah obesitas, PJP (dari rokoknya) atau bisa juga brokhitis, dan biasanya aktivitasnya benar2 padat disarankan breakfast dulu atau maagnya bisa gastritis akut...

Menurut pengalaman kurang jam tidur 1 hari aja gag biasa ditebus dengan tidur berhari2 setelahnya :)

Saya pikir sist pasti tahu itu gak sehat, kenapa harus "berusaha" membohongi diri ? :)) dan parahnya berusaha menggunakan info yang gw sampai andaikata gw bilang sehat untuk membohong diri.. :P
 
1. Pagi adalah waktu untuk memulai aktivitas, idealnya kita harus makan. Jika tidak makan, energi yang dibutuhkan untuk aktivitas datang dari mana ? Untuk masalah makan, menurut saya cobalah mengubahnya dari pagi makan banyak sampai malam makannya dikurangi, karena pada malam hari harusnya sudah sedikit aktivitas

2. Merokok sudah jelas gak baik, iklan rokok saja sudah membunyikan : merokok dapat menyebabkan blablabla (jadi ya kemungkinannya sama seperti yang ditulis iklan rokok.. :P )

3. Cari solusi kenapa harus kerja sampai malam ? Saya pikir idealnya kita berpikir seperti quotenya om Kaucu "Hidup itu penderitaan, kenapa kita harus menambah penderitaan ?" Jika company memaksa harus kerja sampai malam sesekali sih tidak masalah, tapi jika company tersebut kerjanya sering lembur sampe malam, maka harus dipikirkan dampak kesehatannya. Dan kita juga yang kerja tiap hari sampai malam juga tidak akan happy. Jangan menggadaikan kesehatan hanya demi uang, karena biaya kesehatan bisa jadi lebih mahal dibanding uang lembur. Dan mengenai solusi, silakan konsultasi di threadnya om Kaucu

4. Balas dendam tidur saya pikir tidak berefek besar. Ilustrasinya begini, sist menggunakan laptop berhari2, ternyata ada bagian yang korslet terlalu panas, lalu sist membiarkan laptop itu berhari2, pertanyaannya bagian laptop yang korslet itu apakah akan sembuh sendiri karena dibiarkan "tidur berhari2" ? Dan sist juga mungkin pernah mengalaminya, sekedar share (bukan ilmiah), saya pernah lembur berhari2 sampai jam 10 malam, paling parah pernah sampai jam 1 pagi untuk menangani deadline. Terus balas dendam tidur, abis bangun tidur, badan tetap lemas. Jadi sekali lagi, jangan balas dendam tidur, soalnya tidak menyelesaikan masalah.

tp herannya ga sakit maag atuh..

stuju, balas dendam dgn tidur berhari2 ga efektif..contohnya klo kebanyakan begadang, mau tidur ampe siang besoknya jg lemes, hehe.

baiknya jgn dikacaukan jam tidurnya, segala sst tercipta dgn baik emang ada manfaatnya ya..ngapain diganggu.
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ask: Kecapean
« Reply #9 on: 07 November 2012, 09:37:26 AM »
fatty liver dan pengerasan liver /cirrhosis

klo fatty liver itu bisa jd krn kebanyakan makan makanan berlemak (oily) dan jarang olahraga kan? hati terbungkus minyak.
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ask: Kecapean
« Reply #10 on: 07 November 2012, 09:41:26 AM »
Masih memikirkan mantan terus sis, sampe2 pantau kesehatannya ?  ::) ;D

yaa bukan pantau jg sih..krn ini emang pgn gw tanyakan dr dl, cuman belom ketemu sumber yg pas.

pas disini banyak yg pinter2.

tanya mantan, lhaaa dia jawab mao tze tung, deng xiao ping, bla bla bla merokok kerja keras bs panjang umur..well, one in a million. penyesatan jg, haha.
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.293
  • Reputasi: 81
Re: Ask: Kecapean
« Reply #11 on: 07 November 2012, 09:45:41 AM »
klo fatty liver itu bisa jd krn kebanyakan makan makanan berlemak (oily) dan jarang olahraga kan? hati terbungkus minyak.

Fatty liver bisa juga karena kebanyakan makan karbohidrat dengan sedikit protein.
Banyak diidap oleh mereka yang strict vegetarian tetapi kurang memperhatikan asupan makanan yang berimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat nabati.

Itu karena tubuh kita secara alami sangat pintar, jika asupan protein tidak mencukupi, maka akan memicu rasa "lapar" dan ingin makan lagi, dan karena vegetarian, maka yang dimakan karbohidrat lagi, otomatis akan kelebihan karbohidrat. Dalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi gula, kalau berlebihan gula, akan diubah menjadi kolesterol; yang disimpan dimana mana temasuk di hati sebagai fatty liver.

Karena itu, banyak juga vegetarian yang mengidap kolesterol tinggi, diabetes, dan darah tinggi, apalagi jika sebagian hidangan digoreng dan diberi garam berlebihan untuk menambah rasa.

~Life is suffering, why should we make it more?~

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ask: Kecapean
« Reply #12 on: 07 November 2012, 11:53:07 AM »
Fatty liver bisa juga karena kebanyakan makan karbohidrat dengan sedikit protein.
Banyak diidap oleh mereka yang strict vegetarian tetapi kurang memperhatikan asupan makanan yang berimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat nabati.

Itu karena tubuh kita secara alami sangat pintar, jika asupan protein tidak mencukupi, maka akan memicu rasa "lapar" dan ingin makan lagi, dan karena vegetarian, maka yang dimakan karbohidrat lagi, otomatis akan kelebihan karbohidrat. Dalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi gula, kalau berlebihan gula, akan diubah menjadi kolesterol; yang disimpan dimana mana temasuk di hati sebagai fatty liver.

Karena itu, banyak juga vegetarian yang mengidap kolesterol tinggi, diabetes, dan darah tinggi, apalagi jika sebagian hidangan digoreng dan diberi garam berlebihan untuk menambah rasa.

i see, ya, pernah liat kasus org vegetarian yg meninggal krn stroke (darah tinggi), krn pengaruh makanan, suka makan telor asin, hehe.  jd vegetarian jg ga menjamin sehat, pilihan makanannya itu.

klo daging2an kan dibuat dr tepung. so tepung itu lebih banyak karbohidrat dibanding protein ya?

ada kasus dimana seseorg kena fatty liver, bukan vegetarian, masi muda (22 thn), nah klo itu bagaimana? itu ketauan pas lg body check-up.  apakah ada faktor internalnya? sdgkn dr riwayat keluarga, ga ada yg kena.

pengobatan utk fatty liver bagaimana? klo kata dokternya cukup jaga makan dan berolahraga..ga dikasi resep obat sih.
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Ask: Kecapean
« Reply #13 on: 07 November 2012, 12:47:25 PM »
Kayanya saya pernah fatty liver.

Bisa ketauannya dg cek darah. Ada terdeksi enzym dalam ginjal cukup byk di darah.

Pengobatannya waktu tu cuma dikasih vitamin E. Hanya saja dokter menganjurkan jgn mengkonsumsi vit e berlebih jg. Jd lbh dianjurkan utk menghindari makanan berminyak san berolah rqga.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Ask: Kecapean
« Reply #14 on: 07 November 2012, 08:10:15 PM »
fatty liver bahasa kampungnya apa ya?
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

 

anything