//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Daptar plintiran dan disinformasi agama  (Read 4544 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Daptar plintiran dan disinformasi agama
« on: 16 July 2007, 01:22:38 PM »
Daptar plintiran2 dan disinformasi dalam penyebaran agama:
1. Bhikkhu bangkit dari kematian liat neraka
http://www.mabindo.org/index.php?option=content&task=view&id=16&Itemid=27

2. Gempa bumi peringatan dari Tuhan?
http://www.mabindo.org/index.php?option=content&task=view&id=143&Itemid=27

3. Einstein mempermalukan dosen atheis
http://www.snopes.com/religion/einstein.asp

4. Daging babi ada cacingnya
http://www.snopes.com/cokelore/porkworm.asp

5. menyusul

Kalo ada yg tau plintiran yg laen, silakan tambah ;D
« Last Edit: 16 July 2007, 01:26:54 PM by morpheus »
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #1 on: 16 July 2007, 01:52:16 PM »
morpheus: um... berhubung tidak semua bisa menganalisa dengan baik (maklum saya bloon di pengunaan logika),
bukankah sebaiknya om morpheus membantu memberikan analisa dari masing-masing pelintiran ?

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #2 on: 16 July 2007, 01:54:50 PM »
mbah menyan, analisa dan sanggahannya udah ada dilinknya...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #3 on: 16 July 2007, 01:55:59 PM »
buset... ~_~ mbah pulak

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #4 on: 16 July 2007, 02:07:13 PM »
wah, bagus neh nambah wawasan...

wakakaka kk Menyan jangan becanda deh...  ^-^

btw ni gw ada tapi mungkin kurang relevan  :P

&mode=related&search=
« Last Edit: 16 July 2007, 02:11:35 PM by 7th »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #5 on: 16 July 2007, 02:35:41 PM »
Good job Sdr. Morpheus
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #6 on: 16 July 2007, 02:39:46 PM »
5. menyusul

Kalo ada yg tau plintiran yg laen, silakan tambah ;D

cerita kiriman dari orang kr****n:
Ini adalah kisah nyata yang terjadi beberapa tahun lalu di USC
(University of Southern California). Disana ada seorang profesor
filosofiyang mengaku ateis. Tujuan utamanya selama kelas semester
adalah berusaha membuktikan bahwa Tuhan itu tidak ada. Para
mahasiswanya selalu takut untuk berargumentasi dengan dia karena
logikanya yang sangat masuk akal.

Telah 20 tahun berselang ia mengajar kelasnya dan tidak seorang pun
berani menentangnya. Beberapa mahasiswa memang pernah mencoba, tapi
tidak seorangpun berhasil karena reputasinya. Di akhir setiap
semester, pada hari terakhir, dia selalu berkata dihadapan 300 orang
mahasiswanya, "Bila ada yang masih percaya pada Yesus, silahkan
berdiri!" Selama duapuluh tahun, tidak seorang pun yang berani
berdiri. Mahasiswanya sudah tahu apa yang akan dilakukan profesor
tsb selanjutnya. Ia akan berkata, "Siapapun yang percaya pada Tuhan
adalah seorang yang tolol.

Bila Tuhan memang ada, Ia mampu memberhentikan kapur ini jatuh
mengenai lantai dan tidak pecah. Contoh sederhana untuk membuktikan
bahwa Dia adalah Tuhan, dan memang Ia tidak dapat melakukannya."
Dan setiap tahun, profesor tersebut menjatuhkan kapur ke lantai dan
kapur itu pecah menjadi ratusan potongan. Semua mahasiswanya tidak
dapatberbuat apa-apa selain diam dan menyaksikannya. Kebanyakan
mahasiswanya terlalu takut untuk berdiri.

Beberapa tahun kemudian seorang mahasiswa muda mendaftarkan diri
pada kelas profesor tsb. Ia adalah seorang kr****n dan sudah
mendengarcerita tentang bakal profesornya. Ia wajib mengikuti kelas
profesor tersebut dan dia merasa gentar menghadapinya. Untuk 3 bulan
semesternya, ia berdoa setiappagi supaya ia dimampukan untuk
berdiri, apapun yang akan dikatakan profesor dan yang dipikirkan
oleh rekan-rekannya. Tidak ada yang dapat melemahkan imannya, ia
hanya berharap. Akhirnya hari terakhir itu tiba. Profesor tersebut
berkata, "Bila ada diantara anda yang masih percaya pada Tuhan,
silahkan berdiri."

Profesor dan 300 orang mahasiswanya terkejut melihat seorang
mahasiswa muda yang berdiri dibagian belakang kelas. Profesor
tersebut berteriak, "Anda bodoh !!! Bila Tuhan benar-benar ada Ia
akan mampu mencegah kapur ini pecah saat menyentuh lantai!" Ia
bersiap melepaskan kapur yang dipegangnya.

Tapi saat ia melepaskannya, kapur tersebut terlepas dari jarinya dan
masuk ke lenganbajunya, meluncur terus ke celananya melewati kakinya
hingga ke sepatunya. Saat menyentuh lantai kapur tersebut tidak
pecah.

Kesombongan profesor luluh saat ia melihat kapur tersebut. Ia
menatap mahasiswa muda tadi dan segera lari dari ruangan kuliah.
Mahasiswa yang berdiri tadi, berjalan ke depan kelas dan berbagi
iman tentang Yesus selama 30 menit. Tigaratus mahasiswa bertahan dan
mendengarkan saat ia menceritakan kasih Tuhan untuk mereka dan
Kuasanya melalui Yesus.

Penjelasan 1
mengapa saya tidak percaya tulisan mengenai kisah profesor yg
sombong yg dikirimkan oleh kabar baru merupakan hal benar ? saya
sangat sangsi akan kebenarannya...

kita ulas 1 paragrap saja untuk membuktikan apa benar atau bualan
belaka dari cerita ini, seakan luar biasa kerja tuhan tersebut

"Tapi saat ia melepaskannya, kapur tersebut terlepas dari jarinya
dan masuk ke lengan bajunya, meluncur terus ke celananya melewati
kakinya hingga ke sepatunya. Saat menyentuh lantai kapur tersebut
tidak pecah."

1. Bagaimana posisi lengan terhadap kapur yg ia pegang ? tegak 90
derajat ? atau posisi 60/45 derajat terhadap sudut pandang.
2. Apakah profesor tersebut menggunakan baju kaus lengan panjang ?
atau menggunakan kemeja lengan panjang ?
3. Agar kapur itu dapat masuk ke dalam lengan bajunya, maka tentunya
kaus/kemeja dia harus panjang, lingkarang bagian ujung dari
kaus/kemeja dia harus lebar, muat untuk memasukkan sebah kapur,
bukan seperti kaus/kemeja pada umumnya, cukup kecil lingkarang
bagian ujung dari kaus/kemeja.
4. apakah kaus/baju terurai keluar ataukah dimasukkan rapi kedalam
celana ?
5. apakah profesor tersebut menggunakan celana ?
6. apakah profesor tersebut menggunakan ikat pinggang/sabuk celana ?
7. jika jawaban no 4, 5 dan 6 adalah betul/iya, maka bagimana
mungkin kondisi "masuk ke lenganbajunya, meluncur terus ke
celananya" ? itu mungkin terjadi jika ia mengeluarkan kaus/kemeja
dia, tidak menggunakan celana dan tidak menggunakan ikat
pinggang/sabuk celana.
8. "meluncur terus ke celananya melewati kakinya hingga ke
sepatunya. Saat menyentuh lantai kapur tersebut tidak pecah." ini
bisa terjadi jika ia melewati step no 4, 5 dan 6 dan celana dia
harus celana panjang dan lingkarang di bagian ujung celana harus
besar minimal muat untuk di lewati kapur secara leluasa tanpa
halangan serta tentunya panjang celana dia harus pas sedikit di atas
sepatu, tidak kepanjangan. jika kepanjangan, maka pasti akan
menyangkut di celana profesor tersebut.

terlihat sekali cerita ini sengaja dibuat untuk membuat takjub orang
yg mendengar dan membacanya, namun ia tidak memperhatikan cara
menulis cerita yg benar dan logis/masuk akal.

Penjelasan 2:
anda merevisi tulisan, bahwa dosen tersebut mengunakan
baju toga waktu mengajar, haha.. padahal atribut itu belum ada
didalam cerita asli, koq anda tau dosen diluar negeri mengajar
menggunakan baju toga ? anda boleh tanya teman anda kalo ada yg
kuliah di luar negeri/amerika.

nah koq anda tau lagi yg sebenarnya didalam cerita tersebut, dosen
itu mengajar menggunakan baju toga ? tentu anda telah berbual ? tau
dari mana ? kecuali anda yg menyaksiakan ataukah anda yg mengarang
cerita tersebut ? bisa jadi, saya tambah sangsi...


Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #7 on: 16 July 2007, 02:46:02 PM »
hahaha...
yang terakhir bagus...  =))

herannya mereka yang mengaku intelek kadang sanagt gampang kemakan cerita" dashyat tersebut...

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #8 on: 16 July 2007, 02:57:44 PM »
penjelasan ketiga:
peristiwa itu gak pernah terjadi ;D
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #9 on: 16 July 2007, 03:14:48 PM »
penjelasan ketiga:
peristiwa itu gak pernah terjadi ;D


Penjelasan keempat:
Hukum ke-11 tuhan : Berdusta lah kamu atas namaku, maka kamu akan di tinggikan/dibenarkan dalam segala hal

mode kidding on  =))

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #10 on: 16 July 2007, 04:04:32 PM »
Hahaha..
Lagi2 propaganda.. heran d..
Agama yang baik gak perlu pake iklan d..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Tan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 510
  • Reputasi: 31
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #11 on: 17 July 2007, 10:19:40 PM »
Sekedar becanda.....

Bisa lah... namanya juga kuasa Tuhan. Waktu menyentuh bagian celana yang berikat pinggang, Tuhan merubah kapur itu menjadi gelombang atau energi yang ditransmisikan ke bawah sabuk. Di sana kapur diubah lagi menjadi materi dan terus meluncur turun ke tanah. Hahahahaha.  =))

Tapi temen gua yang kr****n juga ga demen cerita beginian. Dia bilang ini namanya "teologi permen coklat" buat anak kecil.

Metta,

TAn

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #12 on: 19 April 2008, 10:26:34 AM »
Mengenai Einstein, ada hal yang menarik. Ada yang namanya dingin karena 'absence' dari kalor. Adanya gelap karena 'absence' dari cahaya. Adanya kejahatan karena 'absence' dari Tuhan.
1. Berarti Tuhan tidak maha-hadir (omnipresent)
2. Berarti Tuhan masih terukur dalam dualisme ada & tidak ada. Mungkin lebih jauh bisa diukur ada tempat/keadaan yang 'banyak/dikit Tuhannya'.

Kisah2 begini kadang bagus juga, bukan untuk propaganda agama siapa yang bener, tapi untuk berpikir kritis terhadap pernyataan orang. Jangan gampang dibohongin.

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Daptar plintiran dan disinformasi agama
« Reply #13 on: 31 May 2008, 01:36:44 PM »
Great
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...