//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Benarkah JHANA itu MUDAH ?  (Read 36678 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« on: 01 December 2017, 05:38:31 PM »
Apakah pencapaian Jhana itu sulit ?
Mengapa ada yang beranggapan Jhana itu mudah ?
Seberapa hebatnya pengalaman meditasi yogi yang bisa dengan mudah mencapai Jhana ?
Minimal dibutuhkan kualitas apakah pencapaian Jhana ?
I'm an ordinary human only

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #1 on: 01 December 2017, 08:00:08 PM »
Apakah pencapaian Jhana itu sulit ?
Mengapa ada yang beranggapan Jhana itu mudah ?
Seberapa hebatnya pengalaman meditasi yogi yang bisa dengan mudah mencapai Jhana ?
Minimal dibutuhkan kualitas apakah pencapaian Jhana ?

sebaiknya pertanyyan ini diajukankepada guru meditasi. Nanti beliau memberi jawabandlm bentuk praktek.semua pertanyaan diatas akan terjawab saat praktek.jgn sekali sekali belajar jhana melalui buku.terutama buku visudxxx magga.
Itutidak jelas kenapa seperti itu.penulisnya sdh tdk ada.kmd buku itu sendiri sudah lewat sekian tahun. Bagaimana jika ada yg merubah isinya dgn tujuan tdk bagus.

Semua tertawa melihat buku itu. Masak seperti itu belajar nya

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #2 on: 01 December 2017, 08:54:00 PM »
Jhana apa nih setiap meditasi ada jhana nya yang buddha ajarkan atau buku ajarkan?
Masing masing punya mengatakan  jhana nya sendiri.
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #3 on: 01 December 2017, 11:16:28 PM »
Jhana apa nih setiap meditasi ada jhana nya yang buddha ajarkan atau buku ajarkan?
Masing masing punya mengatakan  jhana nya sendiri.
terajhana
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #4 on: 01 December 2017, 11:35:39 PM »
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #5 on: 01 December 2017, 11:41:36 PM »
sebaiknya pertanyyan ini diajukankepada guru meditasi. Nanti beliau memberi jawabandlm bentuk praktek.semua pertanyaan diatas akan terjawab saat praktek.jgn sekali sekali belajar jhana melalui buku.terutama buku visudxxx magga.
Itutidak jelas kenapa seperti itu.penulisnya sdh tdk ada.kmd buku itu sendiri sudah lewat sekian tahun. Bagaimana jika ada yg merubah isinya dgn tujuan tdk bagus.

Semua tertawa melihat buku itu. Masak seperti itu belajar nya

Apakah anda sudah baca Visuddhi Magga ?
Mengapa anda bisa bilang semua orang tertawa ?
I'm an ordinary human only

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #6 on: 01 December 2017, 11:42:23 PM »
Jhana apa nih setiap meditasi ada jhana nya yang buddha ajarkan atau buku ajarkan?
Masing masing punya mengatakan  jhana nya sendiri.

Menurut anda jhana yg mana yg sy tanyakan ?
I'm an ordinary human only

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #7 on: 01 December 2017, 11:43:45 PM »
terajhana

Baaahhhh....!!!
Lulus cumlaude ga traktir makan2 malah ngacak2 wall orang....
I'm an ordinary human only

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #8 on: 01 December 2017, 11:49:54 PM »
Baaahhhh....!!!
Lulus cumlaude ga traktir makan2 malah ngacak2 wall orang....
hi oma.. ;D
hoax darimana tuh cumlaud?
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #9 on: 02 December 2017, 12:48:25 AM »
hi oma.. ;D
hoax darimana tuh cumlaud?

Bisikan dari alam...
I'm an ordinary human only

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #10 on: 02 December 2017, 06:13:49 AM »
Menurut anda jhana yg mana yg sy tanyakan ?

Waduh saya belum punya abhinnya buat baca pikirana org....
Kalau bilang jhana tentu banyak pendapat seperti ini dan seperti itu.... Apalagi jhana yang buat cari super power tentu beda dengan jhana yang dikatakan di sutta.
Jhana sederhana nya adalah penyatuan dengan objek meditasi. Maka saat kita menyatu dengan objek meditasi katakan jhana kesatu maka yang di butuhkan adalah awal pikiran, berlangsungnya pikiran, kegiuran, suka, dan tenang seimbang. Dan ini semua bukan terjadi hanya dipikirin saja tapi keadaan pikiran yang tadi nya lari sana lari sini kaya kera sakti jadi diam dan melakukan syarat jhana kesatu tadi. Sekarang ciri nya sebagai meditator kita merasakan satu letup an suka bisa sangat lama bisa juga sebentar tergantung berapa lama kita diam di dalam jhana. Suka disini merasakan happiness bahagia yang tanpa alasan jadi murni bahagia. Bukan di buat buat atau dipikirkan.
Ini lah jhana yang buddha ajarkan.

( Wah saya bisa di serang om sama merta ni. Harus kuat benteng nya ni.)
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #11 on: 02 December 2017, 06:20:38 AM »
Waduh saya belum punya abhinnya buat baca pikirana org....
Kalau bilang jhana tentu banyak pendapat seperti ini dan seperti itu.... Apalagi jhana yang buat cari super power tentu beda dengan jhana yang dikatakan di sutta.
Jhana sederhana nya adalah penyatuan dengan objek meditasi. Maka saat kita menyatu dengan objek meditasi katakan jhana kesatu maka yang di butuhkan adalah awal pikiran, berlangsungnya pikiran, kegiuran, suka, dan tenang seimbang. Dan ini semua bukan terjadi hanya dipikirin saja tapi keadaan pikiran yang tadi nya lari sana lari sini kaya kera sakti jadi diam dan melakukan syarat jhana kesatu tadi. Sekarang ciri nya sebagai meditator kita merasakan satu letup an suka bisa sangat lama bisa juga sebentar tergantung berapa lama kita diam di dalam jhana. Suka disini merasakan happiness bahagia yang tanpa alasan jadi murni bahagia. Bukan di buat buat atau dipikirkan.
Ini lah jhana yang buddha ajarkan.

( Wah saya bisa di serang om sama merta ni. Harus kuat benteng nya ni.)

Saya beritahu
Orang yg tdk memiliki jhana, faktor j hana tdk ada.
Faktor jhana yg ditulis di sutta tidak sama dgn yg anda tulis diatas.




Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #12 on: 02 December 2017, 07:04:56 AM »
Apakah anda sudah baca Visuddhi Magga ?
Mengapa anda bisa bilang semua orang tertawa ?
isinya kaya gitu. mungkin penulisnya tdk menguasai praktek.banyak buku ditulis dgn cara saduran dr sumber lain.dr ceramah.dr diskusi.dr guru lain.bisa juga ada orang yg merubahnya
shg  jadinya tdk karuan.

Jika anda belajar praktek jhana intensifkmd bacabuku itu, pasti tertawa

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #13 on: 02 December 2017, 07:22:53 AM »
Saya beritahu
Orang yg tdk memiliki jhana, faktor j hana tdk ada.
Faktor jhana yg ditulis di sutta tidak sama dgn yg anda tulis diatas.





Baik lah coba cerah kan saya di uposata ini supaya bisa lebih baik dalam meditasi.
Mohon bantuan bimbingan nya.
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Benarkah JHANA itu MUDAH ?
« Reply #14 on: 02 December 2017, 08:43:10 AM »
isinya kaya gitu. mungkin penulisnya tdk menguasai praktek.banyak buku ditulis dgn cara saduran dr sumber lain.dr ceramah.dr diskusi.dr guru lain.bisa juga ada orang yg merubahnya
shg  jadinya tdk karuan.

Jika anda belajar praktek jhana intensifkmd bacabuku itu, pasti tertawa

bisa disebutkan bagian yang anda tuduh saduran atau yg anda curigai telah diubah orang lain? atau yg bikin tertawa? sekedar untuk membuktikan bahwa anda memang telah membaca buku itu, karena tampaknya dari banyak self-claim anda tidak ada satupun yang benar, tapi karena ini tidak didepan altar ya berbohong bagi anda adalah tidak apa2 =)) =))

 

anything