Buddhisme Awal, Sekte dan Tradisi > Buddhisme Awal

apakah kita buddhist?

(1/4) > >>

Alucard Lloyd:
Apakah kita buddhist ? adalah sebuah pertanyaan yang sesungguhnya mempunyai makna yang dalam untuk diri kita sendiri untuk dijawab apakah kita bener bener murid sang buddha atau umat awam yang bersetatus agama buddha?

banyak dari kita belajar agama buddha dan akhirnya kita menentukan ajaran yang kita ambil dalam ajaran buddha yang terbagi dalam beberapa aliran mahayana, teravada, tantrayana, dan lain lain sebagainya tergantung dinegara mana kita hidup dan mempercayainya? bahkan dalam satu aliran saja masih banyak cabang atau ranting yang berbeda tergantung lagi gurunya yang mengajar atau adat istiadat yang berjalan di daerah itu.

pertanyaannya adalah apakah sang buddha mengajarkan begitu banyak ajaran kepada murid murid nya atau hanya satu ajaran dengan berbagai metode saja?
banyak dari kita mempelajari agama atau mencari agama hanya karena kita mau kaya, berkuasa, berhasil, atau berpolitik.
tidak dipungkiri banyak pemuka agama hanya mencari rasa aman dalam menjalankan kehidupannya didunia ini menjadi pilihan hidupnya hanya karena kenikmatan duniawi saja karena umat masih bisa dibodohi oleh sampul depan buku agama.
banyak guru yang tersesat dalam pemikiran tentang agama yang dia pelajari yang membuat dampak murid murid nya menjadi kehilangan arah pada awal niat sang murid belajar agama yang ia yakini hanya karena sang guru sesat.

kita sebagai manusia dan dalam kontek ini beragama buddha sangat menyakini ajaran buddha dan warisan yang sang buddha tinggal kan yaitu kita yakin kepada buddha, dhamma, dan sangha. ini adalah tiga permata dalam kehidupan kita yang kita punya sebagai perhiasan diri kita. tetapi tiga permata ini banyak disalah artikan atau digunakan oleh kita sebagai jimat untuk memperoleh keinginan kita akan harta, kekuasaan, dan nafsu keinginan lain nya bahkan sampai kita berbuat jahat pada orang lain.
banyak dari kita bersembah sujud kepada rupang buddha hanya karena ingin kaya, atau berhasil ataupun lolos dari kesulitan hidup yang kita buat sendiri atau pun orang lain.
banyak dari kita belajar dhamma hanya karena mau mengakali hidup menjalankan hidup dengan lebih mudah dengan merasa kita pintar dhamma dan membodohi lain dengan kata kata dhamma.
banyak dari kita pergi ke persamuan sangha hanya untuk berdana dan berharap diberikan berkah supaya kita bisa hidup lebih bahagia dan berhasil dalam menjalankan usaha dan lain sejenisnya.

apakah serendah itu kita sebagai budhist menjalankan ajaran sang buddha?
apakah itu buddhistme seperti itu?

sesungguhnya kita sebagai manusia sangat beruntung dalam zaman sekarang yang masih baik ajaran buddha berkembang dimuka bumi ini, yang keasliannya masih ada untuk kita dapat pelajari kita gunakan dalam kehidupan sehari hari kita agar kita bisa menjadi buddhistme yang sesungguhnya yaitu persamuan sangha yang asli yang di katakan buddha dalam ajarannya.
persamuan sangha yang asli dikatakan buddha adalah ia 4 pasang mahluk suci terdari dari 8 mahluk yaitu sotaphanna, sakagadami, anagami, dan arahat yang terbagi menjadi 2 jalan dan buah.
pertanyaan selanjutnya apakah mungkin kita yang hidup di zaman sekarang bisa masuk dalam jalan pemasuk arus tersebut?
jawaban yang sangat saya percaya bisa saja terjadi di kehidupan ini untuk mencapai itu semua. bahkan hanya untuk menjadi sotaphanna itu sangat mudah dan nyata.

ini adalah jawab yang sangat saya bisa di buktikan karena pada awalnya saya tidak percaya itu bisa terjadi di kehidupan ini karena saya berpikir sangat tidak mungkin karena itu terlalu suci dan tinggi untuk digapai. tetapi saya katakan ini ada dan bisa dirahi saat ini dan mudah tidak sulit seperti sang buddha dapat membuat para muridnya menjadi para arahat, anagami, sakagadami, dan sotaphanna.

apakah saya terlihat gila? dengan jawaban ini ya mungkin bila anda tidak percaya seperti sang buddha mengatakan aku adalah buddha untuk pertama kalinya dan 1 orang tidak mempercayainya dan bilang sang buddha gila. tapi apa yang terjadi pada lima pertapa yang diajarkan sang buddha tentang ajaran nya mereka menjadi arahat.
ajaran sang buddha tidak lah sulit dan bukan hal yang mustahil untuk dilakukan dan juga tidak ada mujizat atau keajaiban ini murni ada dalam diri kita. bila sulit dilakukan dan sulit dimengerti bagaimana mungkin sang buddha dapat mengajarkan orang orang bersetatus rendah dimasa sang buddha mengajar tetapi nyata semua dapat menerima ajaran sang buddha yang sang manusiawi sekali tanpa embel embel keajaiban.

ajaran sang buddha sangat sederhana yaitu dana sila samadhi cuma tiga ini saja dan dalam pegembangan nya menjadi 4 kebenaran mulia dan jalan beruas 8 tapi dalam semua itu diringkas menjadi satu yaitu cinta kasih ini lah keasilan ajaran buddha yang masih kita bisa gunakan dan ada didunia ini cinta kasih adalah ajaran sang buddha yang original.
bahkan kenyataan sang buddha adalah sang pelopor yang dalam cerita kehidupannya tanpa permusuhan yang tanpa ada perperangan karena bagaimana mungkin ada peperangan bila yang diajarkan adalah cinta kasih.
cinta kasih yang diajarkan oleh sang buddha adalah murnia cinta kasih tidak ada noda tanpa nafsu.
buddha pernah berkata bila saja ada orang yang menghina dirimu maka kembangkan lah cinta kasih pada diri nya.
buddha pernah berkata bila saja ada orang yang memukul dirimu maka kembangkan lah cinta kasih pada diri nya tanpa batas.
buddha pernah berkata bahkan bila ada orang yang memotong diri mu dengan gergaji sehingga menjadi terpisah bagian tubuh satu dengan yang lain nya maka kau tidak boleh ada kebencian sedikit pun tetapi kau harus memancarkan cinta kasih kepada orang tersebut tanpa batas tanpa noda.
bagaimana mungkin ajaran buddha bisa ada perperangan bila sang guru megajarakan cinta kasih yang begitu murni tanpa batas seperti ini.
sang buddha tidak pernah mengajarakan kita untuk menjadi kaya raya dengan ajarannya tetapi sang buddha mengajarkan bagaimana untuk hidup makmur dan berkecukupan.
sang buddha tidak pernah mengajarkan kita untuk menjadi orang yang berkuasa tetapi sang buddha mengajarkan bagaimana cara memimpin dan bermoralitas.
sang buddha tidak pernah mengajarkan kita untuk cantik dan berpenampilan menarik tetapi sang buddha mengajarkan kita bagaimana kita merawat diri dan berprilaku.

pertanyaan selanjutnya bagaimana mungkin bisa ada cinta kasih tanpa nafsu cinta kasih yang murni?
kita sebagai umat buddhist diajarkan dengan dana sila dan samadhi
apa itu dana? dana adalah berbuat kebajikan bukan hanya sekedar menaruh uang di kotak dana atau membangun vihara dana yang dimaksud sang buddha adalah berbuat kebajikan apa itu berbuat kebajikan adalah sesuatu yang di lakukan oleh tiga pintu yaitu pikiran ucapan dan perbuatan. jadi dana dilakukan di dalam diri kita sendiri yang nanti akan berkembang menjadi tindakan prilaku kita contoh pikiran yang bahagia katakan senyum dipikiran kita apa yang terjadi senyum di bibir mengembang lalu apa yang terjadi bila bertemu orang ? orang lain akan bilang kita gila mungkin  tetapi kenyataannya orang akan ikut tersenyum. dengan kata lain ada sudah membuat orang lain bahagia. ini lah cinta kasih yang murni tanpa noda.
selanjutnya sila adalah disiplin diri untuk berprilaku dan dalam menjalankan kita perlu dana yang kita lakukan sebelumnya dana yang penuh cinta kasih. begitu juga dengan samadhi adalah pengembangan dari cinta kasih menjadi tanpa batas.

jadi ajaran sang buddha adalah 90 persen mengajarkan cinta kasih dan 10 persen mengajarkan kita menjadi bijaksana
jadi apakah kita buddhist?

seorang buddhist adalah sesorang yang bertekad menjadi para pemasuk arus inilah seorang buddhist sejati.

sair seorang sotaphanna

saya sotaphanna
kemana kah tubuh ini berakhir?
tubuh berakhir bersama tanah.
kemana kah bahtin ini berakhir?
bahtin berakhir bersama nibbana.
dengan mengingat ini maka saya sotaphanna.

sala45:
[quot author=Alucard Lloyd link=topic=26401.msg472249#msg472249 date=1492482120]

Sebenarnya siapa penulis ybs.masa seperti ini

-----------------
Apakah kita buddhist ? adalah sebuah pertanyaan yang sesungguhnya mempunyai makna yang dalam untuk diri kita sendiri untuk dijawab apakah kita bener bener murid sang buddha atau umat awam yang bersetatus agama buddha?

banyak dari kita belajar agama buddha dan akhirnya kita menentukan ajaran yang kita ambil dalam ajaran buddha yang terbagi dalam beberapa aliran mahayana, teravada, tantrayana, dan lain lain sebagainya tergantung dinegara mana kita hidup dan mempercayainya? bahkan dalam satu aliran saja masih banyak cabang atau ranting yang berbeda tergantung lagi gurunya yang mengajar atau adat istiadat yang berjalan di daerah itu.

-----------
Dgn mengucapkan dan mengulang perlindungan ia adalah umat buddha.

-----------------

pertanyaannya adalah apakah sang buddha mengajarkan begitu banyak ajaran kepada murid murid nya atau hanya satu ajaran dengan berbagai metode saja?
banyak dari kita mempelajari agama atau mencari agama hanya karena kita mau kaya, berkuasa, berhasil, atau berpolitik.
tidak dipungkiri banyak pemuka agama hanya mencari rasa aman dalam menjalankan kehidupannya didunia ini menjadi pilihan hidupnya hanya karena kenikmatan duniawi saja karena umat masih bisa dibodohi oleh sampul depan buku agama.
banyak guru yang tersesat dalam pemikiran tentang agama yang dia pelajari yang membuat dampak murid murid nya menjadi kehilangan arah pada awal niat sang murid belajar agama yang ia yakini hanya karena sang guru sesat.

kita sebagai manusia dan dalam kontek ini beragama buddha sangat menyakini ajaran buddha dan warisan yang sang buddha tinggal kan yaitu kita yakin kepada buddha, dhamma, dan sangha. ini adalah tiga permata dalam kehidupan kita yang kita punya sebagai perhiasan diri kita. tetapi tiga permata ini banyak disalah artikan atau digunakan oleh kita sebagai jimat untuk memperoleh keinginan kita akan harta, kekuasaan, dan nafsu keinginan lain nya bahkan sampai kita berbuat jahat pada orang lain.
banyak dari kita bersembah sujud kepada rupang buddha hanya karena ingin kaya, atau berhasil ataupun lolos dari kesulitan hidup yang kita buat sendiri atau pun orang lain.
banyak dari kita belajar dhamma hanya karena mau mengakali hidup menjalankan hidup dengan lebih mudah dengan merasa kita pintar dhamma dan membodohi lain dengan kata kata dhamma.
banyak dari kita pergi ke persamuan sangha hanya untuk berdana dan berharap diberikan berkah supaya kita bisa hidup lebih bahagia dan berhasil dalam menjalankan usaha dan lain sejenisnya.

-----------------
Knp menulis spt ini.
Apakah umat buddha setelah berlindung berdoa agar usahanya menurun.
Bukankah dgn materi yg cukup, ia baru punya waktu ldbih mendalami agama, sila,
samadhi, dsb.

-----------

apakah serendah itu kita sebagai budhist menjalankan ajaran sang buddha?
apakah itu buddhistme seperti itu?

----------
Masa kaya gini.

-----------------

sesungguhnya kita sebagai manusia sangat beruntung dalam zaman sekarang yang masih baik ajaran buddha berkembang dimuka bumi ini, yang keasliannya masih ada untuk kita dapat pelajari kita gunakan dalam kehidupan sehari hari kita agar kita bisa menjadi buddhistme yang sesungguhnya yaitu persamuan sangha yang asli yang di katakan buddha dalam ajarannya.
persamuan sangha yang asli dikatakan buddha adalah ia 4 pasang mahluk suci terdari dari 8 mahluk yaitu sotaphanna, sakagadami, anagami, dan arahat yang terbagi menjadi 2 jalan dan buah.

-----------------
tidak semua orang mdnyukai ariya maggaphala.
99,8 persen tidak suka.
---------------


pertanyaan selanjutnya apakah mungkin kita yang hidup di zaman sekarang bisa masuk dalam jalan pemasuk arus tersebut?
jawaban yang sangat saya percaya bisa saja terjadi di kehidupan ini untuk mencapai itu semua. bahkan hanya untuk menjadi sotaphanna itu sangat mudah dan nyata.

-------------
Apa benar demikian


-----------


ini adalah jawab yang sangat saya bisa di buktikan karena pada awalnya saya tidak percaya itu bisa terjadi di kehidup

sala45:
[quoe autr=Alucard Lloyd link=topic=26401.msg472249#msg472249 date=1492482120]


apakah serendah itu kita sebagai budhist menjalankan ajaran sang buddha?
apakah itu buddhistme seperti itu?

sesungguhnya kita sebagai manusia sangat beruntung dalam zaman sekarang yang masih baik ajaran buddha berkembang dimuka bumi ini, yang keasliannya masih ada untuk kita dapat pelajari kita gunakan dalam kehidupan sehari hari kita agar kita bisa menjadi buddhistme yang sesungguhnya yaitu persamuan sangha yang asli yang di katakan buddha dalam ajarannya.
persamuan sangha yang asli dikatakan buddha adalah ia 4 pasang mahluk suci terdari dari 8 mahluk yaitu sotaphanna, sakagadami, anagami, dan arahat yang terbagi menjadi 2 jalan dan buah.
pertanyaan selanjutnya apakah mungkin kita yang hidup di zaman sekarang bisa masuk dalam jalan pemasuk arus tersebut?
jawaban yang sangat saya percaya bisa saja terjadi di kehidupan ini untuk mencapai itu semua. bahkan hanya untuk menjadi sotaphanna itu sangat mudah dan nyata

ini adalah jawab yang sangat saya bisa di buktikan karena pada awalnya saya tidak percaya itu bisa terjadi di kehidupan ini karena saya berpikir sangat tidak mungkin karena itu terlalu suci dan tinggi untuk digapai. tetapi saya katakan ini ada dan bisa dirahi saat ini dan mudah tidak sulit seperti sang buddha dapat membuat para muridnya menjadi para arahat, anagami, sakagadami, dan sotaphanna.

------------
Buddha khan xudah mangkat. Knp ngomong gampang.
------------

apakah saya terlihat gila? dengan jawaban ini ya mungkin bila anda tidak percaya seperti sang buddha mengatakan aku adalah buddha untuk pertama kalinya dan 1 orang tidak mempercayainya dan bilang sang buddha gila. tapi apa yang terjadi pada lima pertapa yang diajarkan sang buddha tentang ajaran nya mereka menjadi arahat.

---------------------
         Lima peftapa itu adalah rsi. Tingkatan tertinggi di ajaran brahmana.rsipathana berarti rsi taklukm tunduk.
krn ada buddha disana.minimal samadi 30 thn plus 6 tahun sila keras di uruwela.rsi biasa
dipanggil bhagawan atau bhagava.
Apanya yg gampang.
Anda bukan rsi , knp ngomong begitu.

-------------------



ajaran sang buddha tidak lah sulit dan bukan hal yang mustahil untuk dilakukan dan juga tidak ada mujizat atau keajaiban ini murni ada dalam diri kita. bila sulit dilakukan dan sulit dimengerti bagaimana mungkin sang buddha dapat mengajarkan orang orang bersetatus rendah dimasa sang buddha mengajar tetapi nyata semua dapat menerima ajaran sang buddha yang sang manusiawi sekali tanpa embel embel keajaiban.

ajaran sang buddha sangat sederhana yaitu dana sila samadhi cuma tiga ini saja dan dalam pegembangan nya menjadi 4 kebenaran mulia dan jalan beruas 8 tapi dalam semua itu diringkas menjadi satu yaitu cinta kasih ini lah keasilan ajaran buddha yang masih kita bisa gunakan dan ada didunia ini cinta kasih adalah ajaran sang buddha yang original.

-----------------
Metta adalah jhana1
Masa ajaran Buddha maksimal jhana1
-----------------



bahkan kenyataan sang buddha adalah sang pelopor yang dalam cerita kehidupannya tanpa permusuhan yang tanpa ada perperangan karena bagaimana mungkin ada peperangan bila yang diajarkan adalah cinta kasih.
cinta kasih yang diajarkan oleh sang buddha adalah murnia cinta kasih tidak ada noda tanpa nafsu.
buddha pernah berkata bila saja ada orang yang menghina dirimu maka kembangkan lah cinta kasih pada diri nya.
buddha pernah berkata bila saja ada orang yang memukul dirimu maka kembangkan lah cinta kasih pada diri nya tanpa batas.
buddha pernah berkata bahkan bila ada orang yang memotong diri mu dengan gergaji sehingga menjadi terpisah bagian tubuh satu dengan yang lain nya maka kau tidak boleh ada kebencian sedikit pun tetapi kau harus memancarkan cinta kasih kepada orang tersebut tanpa batas tanpa noda.
bagaimana mungkin ajaran buddha bisa ada perperangan bila sang guru megajarakan cinta kasih yang begitu murni tanpa batas seperti ini.



sang buddha tidak pernah mengajarakan kita untuk menjadi kaya raya dengan ajarannya tetapi sang buddha mengajarkan bagaimana untuk hidup makmur dan berkecukupan.
sang buddha tidak pernah mengajarkan kita untuk menjadi orang yang berkuasa tetapi sang buddha mengajarkan bagaimana cara memimpin dan bermoralitas.
sang buddha tidak pernah mengajarkan kita untuk cantik dan berpenampilan menarik tetapi sang buddha mengajarkan kita bagaimana kita merawat diri dan berprilaku.

pertanyaan selanjutnya bagaimana mungkin bisa ada cinta kasih tanpa nafsu cinta kasih yang murni?
kita sebagai umat buddhist diajarkan dengan dana sila dan samadhi
apa itu dana? dana adalah berbuat kebajikan bukan hanya sekedar menaruh uang di kotak dana atau membangun vihara dana yang dimaksud sang buddha adalah berbuat kebajikan apa itu berbuat kebajikan adalah sesuatu yang di lakukan oleh tiga pintu yaitu pikiran ucapan dan perbuatan. jadi dana dilakukan di dalam diri kita sendiri yang nanti akan berkembang menjadi tindakan prilaku kita contoh pikiran yang bahagia katakan senyum dipikiran kita apa yang terjadi senyum di bibir mengembang lalu apa yang terjadi bila bertemu orang ? orang lain akan bilang kita gila mungkin  tetapi kenyataannya orang akan ikut tersenyum. dengan kata lain ada sudah membuat orang lain bahagia. ini lah cinta kasih yang murni tanpa noda.
selanjutnya sila adalah disiplin diri untuk berprilaku dan dalam menjalankan kita perlu dana yang kita lakukan sebelumnya dana yang penuh cinta kasih. begitu juga dengan samadhi adalah pengembangan dari cinta kasih menjadi tanpa batas.

jadi ajaran sang buddha adalah 90 persen mengajarkan cinta kasih dan 10 persen mengajarkan kita menjadi bijaksana
jadi apakah kita buddhist?

------------------
Metta adalah 1/40 ajaran Buddha dalam samadhi.
Darimana angka 90 itu




sala45:

--- Quote ---author .alucardloyd.

seorang buddhist adalah sesorang yang bertekad menjadi para pemasuk arus inilah seorang buddhist sejati.

sair seorang sotaphanna

saya sotaphanna
kemana kah tubuh ini berakhir?
tubuh berakhir bersama tanah.
kemana kah bahtin ini berakhir?
bahtin berakhir bersama nibbana.
dengan mengingat ini maka saya sotaphanna.

--- End quote ---

--------------
Syair sotapati pemasuk arus

        Tidak pernah kalah dengan kehidupan.

Karena itu disebut juga sdbagai pemenang arus (kehidupan).sotaphana.

Ibarat sepotong dahan kecil mengalir di sungai
       Bila menepi di sisi timur sungai,
               Jatuh kedalam 5 indria ( pikiran diabaikan)
       Bila menepi di sisi barat sungai
               Jatuh kedalan obyek 5 indria ( pikiran diabaikan)
         Bila dipungut penebang kayu
                jatuh krn usia kehidupan berakhir dan dipungut Dewata di surga.

Jatuh berarti kalah, merosot.bukan seorang pemenang.

Alucard Lloyd:
 [at] sala45
Satu hal yg pasti anda masih harus banyak berlatih

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version