//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi  (Read 34616 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #15 on: 30 November 2010, 08:13:57 AM »
ada gak ya? vihara yg dibangun oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia?

Saya berharap sih tidak bangun vihara tapi sekolah Buddhis. Sekolah Buddhis teladan yang bisa jadi sekolah favorit. Kita butuh manusia-manusia Buddhis yang kritis dalam bidang moral maupun akademis.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #16 on: 30 November 2010, 08:24:22 AM »
Saya berharap sih tidak bangun vihara tapi sekolah Buddhis. Sekolah Buddhis teladan yang bisa jadi sekolah favorit. Kita butuh manusia-manusia Buddhis yang kritis dalam bidang moral maupun akademis.

Ada! Sekarang lagi dibangun sekolah dasar Tzu Chi di pantai indah kapuk, Jakarta utara.

Sekolah Dasar Tzu Chi
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #17 on: 30 November 2010, 08:26:50 AM »
Kayaknya gw percaya nasihat Sang Guru masih berlaku sampe sekarang
"Kebencian tidak akan berakhir bila dibalas dengan kebencian.  Kebencian akan berakhir bila dibalas dengan cinta kasih"

kalimat yg benar adalah "Kebencian akan berakhir jika dibalas dengan tidak-membenci" apakah tidak-membenci = cinta kasih?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #18 on: 30 November 2010, 08:28:12 AM »
ada gak ya? vihara yg dibangun oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia?

gak ada ya?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #19 on: 30 November 2010, 08:28:27 AM »
kalimat yg benar adalah "Kebencian akan berakhir jika dibalas dengan tidak-membenci" apakah tidak-membenci = cinta kasih?

Thanks atas koreksinya
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #20 on: 30 November 2010, 08:30:30 AM »
Kalo vihara kayaknya gak ada, kalo STABN Sriwijaya ama rumah kasih untuk warga gak mampu ada dibangun.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #21 on: 30 November 2010, 08:34:59 AM »
Kalo vihara kayaknya gak ada, kalo STABN Sriwijaya ama rumah kasih untuk warga gak mampu ada dibangun.

kenapa ada diskriminasi di sini? menggunakan kata BUDDHA sebagai nama yayasan tetapi lebih mementingkan pembangunan mesjid daripada vihara?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #22 on: 30 November 2010, 08:44:37 AM »
hahahaha Yayasan mereka lebih mementingkan misi sosial kali, dari pada misi misionaris.  Trus kayaknya pusat kegiatan mereka di indonesia itu bukan berupa vihara, tetapi hanya berupa aula gedung saja kalo tidak salah.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #23 on: 30 November 2010, 08:49:06 AM »
hahahaha Yayasan mereka lebih mementingkan misi sosial kali, dari pada misi misionaris.  Trus kayaknya pusat kegiatan mereka di indonesia itu bukan berupa vihara, tetapi hanya berupa aula gedung saja kalo tidak salah.

jadi menurut yayasan ini membangun mesjid termasuk misi sosial tetapi membangun vihara bukanlah misi sosial?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #24 on: 30 November 2010, 08:53:56 AM »
Justru saya juga ikut heran disini, mereka banyak melakukan pembangunan, tetapi belon pernah saya dengar mereka membangun vihara.

Gak tahu kebijakan mereka itu bagaimana untuk pembangunan vihara.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #25 on: 30 November 2010, 08:55:25 AM »
^ ^ ^ IMHO, membangun vihara juga kegiatan sosial kok. Coba aja ajukan ke Tzu Chi. Kalo alasannya tepat dan dananya ada, kenapa tidak?

Sy setuju sih dengan DragonHung, fokusnya memang bukan tentang pengembangan agama. Kalo prinsip-prinsip yang digunakan, IMHO lagi, banyak digunakan ajaran Buddhism yang universal.
« Last Edit: 30 November 2010, 08:57:43 AM by Mayvise »

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #26 on: 30 November 2010, 08:56:44 AM »
imo, mesjid di sana adalah bagian dari kompleks sekolahan. kira2 mayoritas muridnya pastilah muslim. sungguh menggelikan kalo membangun vihara di tengah2 kompleks sekolahan yg mayoritasnya muslim. mereka tidak butuh vihara, mereka butuh mesjid. kalo memberi kan harus sesuatu yg dibutuhkan...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #27 on: 30 November 2010, 09:08:14 AM »
imo, mesjid di sana adalah bagian dari kompleks sekolahan. kira2 mayoritas muridnya pastilah muslim. sungguh menggelikan kalo membangun vihara di tengah2 kompleks sekolahan yg mayoritasnya muslim. mereka tidak butuh vihara, mereka butuh mesjid. kalo memberi kan harus sesuatu yg dibutuhkan...


ya benar, mesjid itu memang bagian dari sekolah, tapi indonesia kan bukan sebatas sekolah itu saja, saya melihat dalam scope yg lebih luas. bagaimana dengan daerah-daerah yg populasi buddhisnya cukup banyak misalnya di jawa tengah. di sana juga banyak umat buddhis yg secara ekonomi kurang mampu, saya tau karena pernah membantu penggalangan dana untuk pembangunan satu vihara di jawa tengah

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #28 on: 30 November 2010, 09:28:02 AM »
ya benar, mesjid itu memang bagian dari sekolah, tapi indonesia kan bukan sebatas sekolah itu saja, saya melihat dalam scope yg lebih luas. bagaimana dengan daerah-daerah yg populasi buddhisnya cukup banyak misalnya di jawa tengah. di sana juga banyak umat buddhis yg secara ekonomi kurang mampu, saya tau karena pernah membantu penggalangan dana untuk pembangunan satu vihara di jawa tengah

Habis gempa om indra di Padang sana, dan juga banyak jatuh korban jiwa mungkin lebih diprioritaskan  pembangunan disana karena peristiwa kemaren itu.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Sekolah Tahan Gempa 39 Milyar di Padang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi
« Reply #29 on: 30 November 2010, 09:32:07 AM »
ya benar, mesjid itu memang bagian dari sekolah, tapi indonesia kan bukan sebatas sekolah itu saja, saya melihat dalam scope yg lebih luas. bagaimana dengan daerah-daerah yg populasi buddhisnya cukup banyak misalnya di jawa tengah. di sana juga banyak umat buddhis yg secara ekonomi kurang mampu, saya tau karena pernah membantu penggalangan dana untuk pembangunan satu vihara di jawa tengah
betul, banyak daerah pelosok yg membutuhkan dana. ironi dana biasanya dana mengalir ke tempat2 yg publisitasnya besar. kalo ada acara pindapata bhante, umat berduyun2 menyumbangkan makanan sampai bertumpuk2, berlebih2 kadang sampai terbuang. sedangkan kalo menyumbang untuk daerah2 terpencil, adem ayem aja. saya pribadi lebih suka menyumbang kepada proyek yg publisitasnya kecil, gak gitu terkenal tapi benar2 membutuhkan seperti yg anda bilang... rasanya lebih tepat guna, efektif dan efisien...

mungkin demikian juga dengan tzu chi. moga2 suatu saat daerah lain yg membutuhkan juga kebagian gilirannya...
saya setuju dengan prinsip tzu chi yg gak memilih2 pengaliran dana ke daerah2 yg berpopulasi buddhis saja... welas asih akan kehilangan maknanya kalo pake memilih2 penerimanya berdasarkan agama, ras, suku dan golongan... itu namanya bukan welas asih, tapi perpanjangan ego...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

 

anything