Ingat kondisi saat Buddha dan jaman sekarang berbeda. Pada jaman sang Buddha petapa itu banyak dan meditasi itu adalah hal yang biasa. Ingat sudah banyak para pertapa di jaman sang Buddha. Pada jaman sekarang banyak orang bahkan tidak tau sama sekali tentang meditasi jadi mengkin para Bikkhu membedakannya untuk memudahkan pelajaran. Selama itu membantu saya rasa tidak ada masalah untuk dibedakan.
saya gak ngerti nih. gimana pembedaan (yg dulunya gak pernah ada) bisa membantu memudahkan?
gimana memperumit sesuatu bisa memudahkan?
darimana datangnya kesimpulan ini?
Cross referensi maksudnya apa? Apa sang Buddha mengatakan sendiri bahwa karaniya metta sutta digunakan untuk bermeditasi.
anda mempermasalahkan praktek metta bhavana menggunakan karaniya metta sutta bukan?
saya bilang, praktek metta bhavana itu cross referensi banyak:
AN 4.67: Ahina (Ahi) Sutta
AN 4.125: Metta Sutta
AN 4.126: Metta Sutta
AN 8.63: Sankhitta Sutta
AN 10.208: Brahmavihara Sutta
AN 11.16: Metta (Mettanisamsa) Sutta
semuanya sama dan sejalan dengan karaniyametta sutta... jadi gak salah kan kalo orang metta bhavana pake karaniya metta sutta?
sekarang kembali ke laptop.
Bukan anda mengatakan kalau sang Buddha tidak mengatakannya sendiri itu tidak valid.
dan kembali anda salah mengerti
saya gak bilang kita harus jadi robot, buddha pencet tombol A baru kita bergerak...
saya bilang pembagian samatha dan vipassana adalah sangat penting, sangat besar. kenapa gak buddha sendiri yg membaginya sewaktu dia masih ada?
Yang disebut Vipasana juga ada referensi dari sutta bukan sembarang comot saja tapi anda katakan tidak valid karena tidak dikatakan langsung oleh sang Buddha.
saya tahu referensi vipassana adalah satipatthana sutta. sekali lagi masalahnya
bukan itu. masalahnya adalah
pembagiannya.
*nyari hemaviton*