//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Investasi, reksadana (mutual fund), jual beli saham/valas (stock/forex trading)  (Read 171964 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.344
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Pasar dah mulai tenang tuh.... lg bullish2nya.... Tp, g tau akan bertahan seberapa lama... Hehehe....

Masa2 krisis gini bisa buat org kaya, juga bisa buat org miskin. Kl cm sekedar belajar2 sprt bro Lothar, pasti santai aja hadapin masa krisis gini...  [at]  bro Lothar Tp, emank modal di bwh 10 jt bs buat main saham? Pake pialang mana sih? Biaya adminnya tinggi g?  ;D ;D
kan ada yang min 25 juta, tuh kresna. saya gabung ama teman maen kok :p
saya dapat bbrp duit dari kenaikan saham sekarang, itung2 duit itu bisa disumbangkan _/\_
Smile Forever :)

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Bro markosprawira, karena pasar saham adalah ajang latihan yang sangat baik untuk mengendalikan lobha dan dosa maka bagi orang yang dapat mengendalikan diri dan tahu betul apa yang sedang dan akan dilakukannya, pasar saham akan memberikan "manfaat" bagi mereka yang lulus latihan. Marilah kita mulai berlatih  ;D

 _/\_
CKRA

btw... apa sebab maen saham kalau bukan karena ingin profit/memiliki perush?
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.344
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Saya pernah dengar 1 hal "ambilah peluang yang ada" nah saat2 anjlok saham nya, kita beli loh untuk invest, saat naek dapat untung dan bisa digunakan modal untuk makan2, berdana, dll... ;D
Smile Forever :)

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Sebagai trader/investor, kita pasti akan melatih lobha dan dosa...dan saya rasa susah dihindarkan...yang paling bisa ya cuma kadarnya berbeda aja... Karena di lahan ini kalo kita bisa menguasai akan memberikan cukup income....Untuk bisa passive inco tentu harus ada massive income terlebih dahulu...hehhee

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Bro markosprawira, karena pasar saham adalah ajang latihan yang sangat baik untuk mengendalikan lobha dan dosa maka bagi orang yang dapat mengendalikan diri dan tahu betul apa yang sedang dan akan dilakukannya, pasar saham akan memberikan "manfaat" bagi mereka yang lulus latihan. Marilah kita mulai berlatih  ;D

 _/\_
CKRA

btw... apa sebab maen saham kalau bukan karena ingin profit/memiliki perush?

Karena pasar saham adalah produk kapitalis maka tujuan orang yang berinvestasi di pasar saham adalah meningkatkan nilai modalnya alias profit, baik dalam bentuk dividen, capital gain maupun voting right.

Yang dapat menjadi diskresi dari investor tersebut adalah profitnya akan digunakan untuk apa? Apakah dia akan menjadi sangat terikat dengan materi tersebut? Itulah ajang latihan yang sebenarnya.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Bro markosprawira, karena pasar saham adalah ajang latihan yang sangat baik untuk mengendalikan lobha dan dosa maka bagi orang yang dapat mengendalikan diri dan tahu betul apa yang sedang dan akan dilakukannya, pasar saham akan memberikan "manfaat" bagi mereka yang lulus latihan. Marilah kita mulai berlatih  ;D

 _/\_
CKRA

btw... apa sebab maen saham kalau bukan karena ingin profit/memiliki perush?

dear tesla

banyak sekali yang bisa dipelajari dalam setiap hal dalam hidup kita,termasuk main saham

Disitu kita akan belajar misalnya:
1. When enough is enough : manage lobha agar untung "secukupnya"
2. Jangan taruh semua telur di 1 keranjang : manage resiko sekaligus lobha, dimana nanti akan dapat mengurangi dosa juga. Bayangkan jika semua harta kita digunakan untuk beli saham pada harga Rp 2.500, tapi mendadak turun menjadi Rp 50  ;D disitulah kematangan batin kita diuji

dan sebenarnya masih banyak lagi yang bisa didapat dalam hidup kita sehari-hari, yang bisa digunakan untuk melatih batin kita....

semoga bisa dimengerti  _/\_

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Bro markosprawira, karena pasar saham adalah ajang latihan yang sangat baik untuk mengendalikan lobha dan dosa maka bagi orang yang dapat mengendalikan diri dan tahu betul apa yang sedang dan akan dilakukannya, pasar saham akan memberikan "manfaat" bagi mereka yang lulus latihan. Marilah kita mulai berlatih  ;D

 _/\_
CKRA

btw... apa sebab maen saham kalau bukan karena ingin profit/memiliki perush?

Karena pasar saham adalah produk kapitalis maka tujuan orang yang berinvestasi di pasar saham adalah meningkatkan nilai modalnya alias profit, baik dalam bentuk dividen, capital gain maupun voting right.

Yang dapat menjadi diskresi dari investor tersebut adalah profitnya akan digunakan untuk apa? Apakah dia akan menjadi sangat terikat dengan materi tersebut? Itulah ajang latihan yang sebenarnya.

hebat.... hebat....... bro CKRA sepertinya sudah "pro" nih  :-?

saya sih sekarang udh "pensiun"..... tapi dulu sempet ngerasain betapa banyaknya lobha dan dosa yang muncul silih berganti  ;D

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Saya pernah dengar 1 hal "ambilah peluang yang ada" nah saat2 anjlok saham nya, kita beli loh untuk invest, saat naek dapat untung dan bisa digunakan modal untuk makan2, berdana, dll... ;D

biasanya yg dipake adalah historical analysis...... jadi berapa sejarah harga dari saham tertentu.

yang apes misal pada kasus 1997 - 1998, dimana harga terendah sejarah terus menerus terlampaui  ;D

saya ngerasain tuh.... saham Rp 2.500/lembar... jadi hanya Rp 50/lembar  :P

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Bro markosprawira, karena pasar saham adalah ajang latihan yang sangat baik untuk mengendalikan lobha dan dosa maka bagi orang yang dapat mengendalikan diri dan tahu betul apa yang sedang dan akan dilakukannya, pasar saham akan memberikan "manfaat" bagi mereka yang lulus latihan. Marilah kita mulai berlatih  ;D

 _/\_
CKRA

btw... apa sebab maen saham kalau bukan karena ingin profit/memiliki perush?

Karena pasar saham adalah produk kapitalis maka tujuan orang yang berinvestasi di pasar saham adalah meningkatkan nilai modalnya alias profit, baik dalam bentuk dividen, capital gain maupun voting right.

Yang dapat menjadi diskresi dari investor tersebut adalah profitnya akan digunakan untuk apa? Apakah dia akan menjadi sangat terikat dengan materi tersebut? Itulah ajang latihan yang sebenarnya.

hebat.... hebat....... bro CKRA sepertinya sudah "pro" nih  :-?

saya sih sekarang udh "pensiun"..... tapi dulu sempet ngerasain betapa banyaknya lobha dan dosa yang muncul silih berganti  ;D

bro markosprawira bisa aja... saya juga masih terus belajar  ^:)^

bro, pangkat terakhir sebelum pensiun apa nih? kolonel atau jendral? kayaknya jendral bintang dua nih  ;)

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62

 _/\_
CKRA

btw... apa sebab maen saham kalau bukan karena ingin profit/memiliki perush?

2. Jangan taruh semua telur di 1 keranjang : manage resiko sekaligus lobha, dimana nanti akan dapat mengurangi dosa juga. Bayangkan jika semua harta kita digunakan untuk beli saham pada harga Rp 2.500, tapi mendadak turun menjadi Rp 50  ;D disitulah kematangan batin kita diuji



jangan pake duit yang dibutuhkan untuk operasional sehari-hari...tetapi emang uang yang kalo hilang masih ok ok aja sehingga beban pun tidak besar...

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71

 _/\_
CKRA

btw... apa sebab maen saham kalau bukan karena ingin profit/memiliki perush?

2. Jangan taruh semua telur di 1 keranjang : manage resiko sekaligus lobha, dimana nanti akan dapat mengurangi dosa juga. Bayangkan jika semua harta kita digunakan untuk beli saham pada harga Rp 2.500, tapi mendadak turun menjadi Rp 50  ;D disitulah kematangan batin kita diuji



jangan pake duit yang dibutuhkan untuk operasional sehari-hari...tetapi emang uang yang kalo hilang masih ok ok aja sehingga beban pun tidak besar...

Setuju dengan rekan william_phang, investasilah dengan dana yang memang dipersiapkan untuk investasi. Lakukan dengan serius. Tentukan target, tentukan risiko yang mampu ditanggung, persiapkan diri untuk berani bertindak pada saat rugi terlebih lagi pada saat untung.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
bro markosprawira bisa aja... saya juga masih terus belajar  ^:)^

bro, pangkat terakhir sebelum pensiun apa nih? kolonel atau jendral? kayaknya jendral bintang dua nih  ;)

bangkrut total  :-[ alias ludes tandas....

tabungan dari SMA bertahun2, habis total  :P

sekarang sih maen safe aja...... deposito di BTPN udah dapet bunga 13.75%.... udah cukup lah  :D

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
bro CKRA ini udah experienced... udah berapa lama trading saham?. kalo saya baru aja mulai...hehe...masih newbie....sebelumnya main forex...

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
bro markosprawira bisa aja... saya juga masih terus belajar  ^:)^

bro, pangkat terakhir sebelum pensiun apa nih? kolonel atau jendral? kayaknya jendral bintang dua nih  ;)

bangkrut total  :-[ alias ludes tandas....

tabungan dari SMA bertahun2, habis total  :P

sekarang sih maen safe aja...... deposito di BTPN udah dapet bunga 13.75%.... udah cukup lah  :D

Wah, kayaknya satu angkatan nih. Angkatan yang ludes tahun 98 kan? Sama, saya juga :)) Sampai am siong  ;D
Tapi saya belum pensiun, karena masih letnan. Pensiunnya masih kecil.  ;D

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
bro CKRA ini udah experienced... udah berapa lama trading saham?. kalo saya baru aja mulai...hehe...masih newbie....sebelumnya main forex...

Baru 13 tahun belakangan ini. Sebelumnya juga alumnus trading forex  ;D