//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: bantu kakek wija.  (Read 26418 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
bantu kakek wija.
« on: 29 August 2014, 07:41:04 PM »
Selamat pagi anak anak
Pagi keeeek
Kek ini ada surat
Dari moruem
teman kakek
Umat agama lain.
Bacakanlah.

Kakek wija saya bertanya
Kalau tdk bisa jawab
Mending kakek pindah agama saya saja.
Pertanyaannya
Apakah agama kakek bertuhan.
ya.
apakah buddha bisa seperti tuhan sy.
apakah buddha bisa menciptakan bumi
Yg sedemikian besarnya sehingga ia tidak mampu
Mengangkatnya.
Jawab kakek bisa.
berarti ia tdk maha kuat.
Kakek jawab lagi
Tidak bisa
Berarti ia tidak maha pencipta.
Kakek takut di prita mulyasari kan
Teman teman bantu kakek ya.
jawablah dgn sopan
Agar tidak menyinggung umat agama lain



Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: bantu kakek wija.
« Reply #1 on: 30 August 2014, 12:37:13 AM »
Judul nya gak ada yg lebih informatif, singkat dan jelas..?  :-?

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #2 on: 30 August 2014, 04:49:03 AM »
Bagaimana caranya.
Sdri moderator boleh merubahnya
Judulnya
Apakah agama buddha bertuhan.

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #3 on: 30 August 2014, 05:27:12 AM »
Uhuk uhuk uhuk.
Moderator
Judulnya ini saja
Idealis memaksakan realita
Ini duarius minta tolong.
Terima kasih ya.

Offline Meruem

  • Teman
  • **
  • Posts: 88
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #4 on: 30 August 2014, 11:09:16 AM »
Selamat pagi anak anak
Pagi keeeek
Kek ini ada surat
Dari moruem
teman kakek
Umat agama lain.
Bacakanlah.

Kakek wija saya bertanya
Kalau tdk bisa jawab
Mending kakek pindah agama saya saja.
Pertanyaannya
Apakah agama kakek bertuhan.
ya.
apakah buddha bisa seperti tuhan sy.
apakah buddha bisa menciptakan bumi
Yg sedemikian besarnya sehingga ia tidak mampu
Mengangkatnya.
Jawab kakek bisa.
berarti ia tdk maha kuat.
Kakek jawab lagi
Tidak bisa
Berarti ia tidak maha pencipta.
Kakek takut di prita mulyasari kan
Teman teman bantu kakek ya.
jawablah dgn sopan
Agar tidak menyinggung umat agama lain
:'( kesien amet kakek uda bau tanah masi dikerjain ama si moruem
blg aja ora iso, kek... buddhanye kakek bkn tuhan tp tukang bengkel yg kerjaanye patahin roda

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #5 on: 30 August 2014, 11:44:22 AM »
ah lumayan ada dagelan nihhh.... :))
I'm an ordinary human only

Offline Meruem

  • Teman
  • **
  • Posts: 88
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #6 on: 30 August 2014, 11:48:34 AM »
ah lumayan ada dagelan nihhh.... :))
numpang senyum asal jgn maen brp yah nak...  ^:)^

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #7 on: 30 August 2014, 11:55:43 AM »
numpang senyum asal jgn maen brp yah nak...  ^:)^
Jiaahhh....nak...omaaa...ini oma tau... :whistle:
cucu meruem....jgn nakal2 ya..sekolah yg rajin....bantu mama bersihin rmh..nyapu ngepel...akan lbh bermanfaat.

##oma paling rajin bagi2 GRP...tanya tuh ama member...kmrn aja oma barusan bagi2 GRP sayang cucu meruem ga kebagian kmrn.... :))
I'm an ordinary human only

Offline Meruem

  • Teman
  • **
  • Posts: 88
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #8 on: 30 August 2014, 01:08:04 PM »
Jiaahhh....nak...omaaa...ini oma tau... :whistle:
cucu meruem....jgn nakal2 ya..sekolah yg rajin....bantu mama bersihin rmh..nyapu ngepel...akan lbh bermanfaat.

##oma paling rajin bagi2 GRP...tanya tuh ama member...kmrn aja oma barusan bagi2 GRP sayang cucu meruem ga kebagian kmrn.... :))
ooo gt y...  :o haha emg watak ga slalu sbanding umur sih ye hehe serasi ama kakek wija
ga nakal cm bangor aje

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #9 on: 30 August 2014, 06:56:23 PM »
Uhuk uhuk uhuk
Kakek sulit menjelaskan
Asta lokiya dharma kepadamu.
Mungkin dgn seperti ini
Kamu bisa melihat bahwa
Pandangan benar adalah dasar
Pengertian benar.
Nak kamu memang belum bau tanh.
Tapi jangan komentar disini.
Mangkin komentar mangkin tidak mengerti.


Anak anak
Ya kek
Si meriam sudah para jika
berapa kali
Empaaaaaaaaaaaaaaaat
Pintar.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #10 on: 30 August 2014, 07:14:53 PM »
ooo gt y...  :o haha emg watak ga slalu sbanding umur sih ye hehe serasi ama kakek wija
ga nakal cm bangor aje
Serasi ? Gubrakkkkk.... :'(
Oma udh peotttt....

btw, tu kok dpt BRP ?
bukan oma lhoooo...
I'm an ordinary human only

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #11 on: 30 August 2014, 08:50:08 PM »
cu kakek tidak pernah bertemu tuhan tapi alam semesta ini mempunyai hukum alam namanya niyama2 entah di ciptakan tuhan kah kakek tidak pernah ketemu lsg sih sama pembuatnya ada atau tidak hal itu tidak penting, tapi melalui hukum yang di ada di alam semesta ini kita bisa belajar melangkah dan menciptakan keajaiban keajaiban dari citta niyama (hukum semesta tentang pikiran), bija niyama (hukum alam semesta ttg tumbuhan), uttu niyama (hukum alam semesta tentang cuaca atau physic), kamma niyama (hukum alam semesta tentang perbuatan yang di lakukan), dan dhamma niyama (hukum alam semesta tentang keajaiban).

saat ini manusia sudah cukup maju dalam ilmu pengetahuan dari hasil pengamatan tentang alam semesta seperti air manusia banyak membuat alat seperti perahu, kapal laut, dam (bendungan), irigasi pertanian, pembangkit listrik dari bendungan air, membuat hujan buatan dengan menebar garam di awan, menjernihkan air kotor atau bergaram hingga dapat di minum, mengalirkan air dari tempat jauh ke rumah rumah penduduk, bisa menggunakan air bertekanan tinggi untuk memotong benda, dll apakah hal ini bukan keajaiban dari ilmu pengetahuan cu.
« Last Edit: 30 August 2014, 09:00:01 PM by kullatiro »

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #12 on: 31 August 2014, 11:22:10 AM »
Jeruk kuning
Ada beberapa bagian surat yg terpaksa
Kakek sensor.
Terpaksa kakek babarkan sekarang.
Begini isinya
Kek wija
Bukankah kalau beragama
Tapi tidak bertuhan
Seperti lukisan buddha tanpa bingkai.
lukisan itu akan menggulung.
Tidak bisa berdiri tegak.

Uhuk uhuk uhuk
Kakek sudah sensor dari awal
Spy tdk menyinggung.

salam kakek u teman teman disono.


Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.231
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: bantu kakek wija.
« Reply #13 on: 31 August 2014, 12:57:44 PM »
dalam konteks..jika suatu agama..diharuskan memiliki tuhan..maka aku setuju Buddhist memang bukan agama, tp untuk mensosialisasi ini agak sulit.. krn banyak aliran Buddhist bbrp memiliki tuhan, walau tidak di dukung oleh sutta/sutra awal.
...

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #14 on: 31 August 2014, 01:22:38 PM »
cu coba tanya pada yang bertuhan apakah mereka pernah ketemu sendiri, meraba dgn tangan sendiri, menyaksikan sendiri rupa tuhan, bahkan pada beberapa agama bahkan berkata tuhan nya tidak dapat di gambarkan, di rupakan, di wujudkan dan sebagai nya tapi agama yg mengaku ber tuhan tersebut telah melanggar nya dgn menggambarkan, mewujudkan, merupakan tuhan sesuai kehendak kaum mereka masing masing baik dgn gambar atau gambar tulisan dan lain sebagai nya.

Lebih murni mana dgn kita kaum yang tidak membicarakan tuhan tersebut, tidak mewujudkan, tidak merupakan dan tidak menggambarkan nya tapi menghargai dalam prilaku kita sehari hari sesuai hukum yang ada di tinggalkan untuk kita pelajari dgn rendah hati.
« Last Edit: 31 August 2014, 01:44:34 PM by kullatiro »

Offline btj

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputasi: 5
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #15 on: 31 August 2014, 05:31:41 PM »
Selamat pagi anak anak
Pagi keeeek
Kek ini ada surat
Dari moruem
teman kakek
Umat agama lain.
Bacakanlah.

Kakek wija saya bertanya
Kalau tdk bisa jawab
Mending kakek pindah agama saya saja.
Pertanyaannya
Apakah agama kakek bertuhan.
ya.
apakah buddha bisa seperti tuhan sy.
apakah buddha bisa menciptakan bumi
Yg sedemikian besarnya sehingga ia tidak mampu
Mengangkatnya.
Jawab kakek bisa.
berarti ia tdk maha kuat.
Kakek jawab lagi
Tidak bisa
Berarti ia tidak maha pencipta.
Kakek takut di prita mulyasari kan
Teman teman bantu kakek ya.
jawablah dgn sopan
Agar tidak menyinggung umat agama lain
Bumi gak perlu diangkat karena bisa melayang sendiri.
Buddha gak perlu lagi mencipta karena sudah disediakan segalanya oleh Tuhan.
Buddha gak perlu sehebat Tuhan karena pada dasarnya keduanya sama hebat.

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #16 on: 31 August 2014, 06:35:46 PM »
Di luar saat ini banyak yang menuding kitab yang di miliki dari kaum yahudi, nasrani dan muslem adalah palsu. hal ini karena muncul nya kaum yazidi ke permukaan karena serangan ISIS, kaum yang mengakui mereka berdasarkan garis keturunan adam saja tidak seperti manusia lain yang berdasarkan garis keturunan adam dan hawa, pertanyaan timbul bagaimana dgn terjadi bencana banjir dimasa nuh seperti di ketahui nuh merupakan keturunan adam dan hawa, dimana keberadaan kaum yazidi yang merupakan garis keturunan adam saja di bahtera nuh?, hingga cerita banjir besar nuh hanya dianggap sebagai cerita karangan/buatan saja.

Quote
The tale of the Yazidis' origin found in the Black Book gives them a distinctive ancestry and expresses their feeling of difference from other races. Before the roles of the sexes were determined, Adam and Eve quarreled about which of them provided the creative element in the begetting of children. Each stored their seed in a jar which was then sealed. When Eve's was opened it was full of insects and other unpleasant creatures, but inside Adam's jar was a beautiful boychild. This lovely child, known as son of Jar grew up to marry a houri and became the ancestor of the Yazidis. Therefore, the Yazidis are regarded as descending from Adam alone, while other humans are descendants of both Adam and Eve.

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Yazidi


Kemudian pertanyaan tentang kisah penciptaan di hari pertama dan penciptaan matahari, bulan dan bintang2 di hari hari berikut nya di banding kan dgn fakta sains?

Biarkan saja mereka berkicau toh pada akhirnya tiada yang menganggap mereka.
« Last Edit: 31 August 2014, 07:05:08 PM by kullatiro »

Offline sirimadevi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 21
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • Exert yourself today. Tomorrow is too late.
Re: bantu kakek wija.
« Reply #17 on: 01 September 2014, 12:29:35 AM »
Kalo menurut saya, tuhan dan surga di agama lain dijadikan sebagai tujuan hidup. Misalnya menyenangkan tuhannya, atau mencapai surga. Sedangkan dalam buddhis tidak demikian.

Untuk perumpamaan tentang lukisan, menurut saya "bingkai" dari kita adalah perbuatan kita sendiri. Kalau mereka punya tuhan untuk tujuan hidup di dunia dan dijanjikan surga, kita bermawas diri untuk saat ini. Jadi bertindak sesuai kesadaran diri. Kesadaran ini diperoleh dari dhamma yg di ajarkan Sang Buddha.

Ini pendapat saya, maap kalo salah..

Offline Meruem

  • Teman
  • **
  • Posts: 88
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #18 on: 01 September 2014, 12:13:50 PM »
Di luar saat ini banyak yang menuding kitab yang di miliki dari kaum yahudi, nasrani dan muslem adalah palsu. hal ini karena muncul nya kaum yazidi ke permukaan karena serangan ISIS, kaum yang mengakui mereka berdasarkan garis keturunan adam saja tidak seperti manusia lain yang berdasarkan garis keturunan adam dan hawa, pertanyaan timbul bagaimana dgn terjadi bencana banjir dimasa nuh seperti di ketahui nuh merupakan keturunan adam dan hawa, dimana keberadaan kaum yazidi yang merupakan garis keturunan adam saja di bahtera nuh?, hingga cerita banjir besar nuh hanya dianggap sebagai cerita karangan/buatan saja.

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Yazidi


Kemudian pertanyaan tentang kisah penciptaan di hari pertama dan penciptaan matahari, bulan dan bintang2 di hari hari berikut nya di banding kan dgn fakta sains?

Biarkan saja mereka berkicau toh pada akhirnya tiada yang menganggap mereka.
ah kk jeruk... kalo dongeng manusia sinar ngambang di atas aer padahal blm ada matahari sama fakta sains gmana ntu?? klop ame fakta sains yee??

Offline Meruem

  • Teman
  • **
  • Posts: 88
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #19 on: 01 September 2014, 12:17:53 PM »
Kalo menurut saya, tuhan dan surga di agama lain dijadikan sebagai tujuan hidup. Misalnya menyenangkan tuhannya, atau mencapai surga. Sedangkan dalam buddhis tidak demikian.

Untuk perumpamaan tentang lukisan, menurut saya "bingkai" dari kita adalah perbuatan kita sendiri. Kalau mereka punya tuhan untuk tujuan hidup di dunia dan dijanjikan surga, kita bermawas diri untuk saat ini. Jadi bertindak sesuai kesadaran diri. Kesadaran ini diperoleh dari dhamma yg di ajarkan Sang Buddha.

Ini pendapat saya, maap kalo salah..
:o klo di wihara2 ada silena sugatim yanti artinye ape tuh?


Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #20 on: 01 September 2014, 03:41:05 PM »
Uhuk uhuk uhuk
Sdri sirima
Jangan dengarkan dia.
Ini kakek ada rahasia
Uhuk uhuk uhuk

Banyak sila banyak salah
Sedikit sila sedikit salah
Tidak ber sila tidak salah.

Tiap orang punya standar
Bingkai masing masing
Jangan dengarkan dia
Ingat kata kata diatas.

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #21 on: 01 September 2014, 06:58:18 PM »
duh cucu yang manis mari kita duduk menikmati indahnya bulan purnama yang akan datang sambil mencicipi kue bulan, cu sudah makan kue bulan pas tanggal 8 september 2014 adalah hari festival musim gugur dimana kita biasanya mencicipi kue bulan sambil memandang keindahan rembulan di atas langit di katakan saat ini sebagai super moon.

cu tahukah warna yang di sukai tuhan?

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #22 on: 01 September 2014, 07:37:22 PM »
Uhuk uhuk uhuk
Aduh kakek wija sengaja
Menjauhkan sdri dari sila.
Dari cara menjawabnya saja
Kakek sarankan membuat bingkai
Kehidupannya dengan sradha saja.

Bagaimana membedakan baik buruk dgn sradha.
Dengan selalu merenungkan buddha.
Bagaimana beliau memberi teladan
Dalam kehidupannya.

Sila terkadang membuat orang jadi kuat
Oleh sekitarnya dipandang kaku, kolot, dst
Kamu siap tdk jadi seperti itu.

jeruk kuning
siapa pun anda
Tampaknya anda sangat berpengaruh disini.
Si meriam saja panggil kakak.

Kakek wija akan jawab
pertanyaan jeruk kuning
Dengan di sesi yg lain
Berkenaan dgn proses kasina
Membentuk kesombongan.

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #23 on: 01 September 2014, 09:26:12 PM »
cu sila adalah yang paling dasar, tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berbuat asusila, tidak berbohong, tidak meminum dan memakan yang dapat menghilangkan kesadaran diri.

ini lah dasar nya orang yang tidak pernah menjalani nya tidak tahu kekuatan nya, keajaiban dapat terjadi, hal2 yang mencengangkan dapat di terjadi di sekitar mu, latih lah setiap hari.

Metta adalah cinta, saat ini semua berkata saya mencintai mu tuhan tapi cinta tersebut bersyarat ada yang minta kesembuhan, berkah kehidupan, bahkan ada yang berkata pada saat pemilu pilpres 2014 mendesak tuhan untuk memenangkan prabowo, dll.

metta atau cinta sejati nya tulus ikhlas tanpa pamrih kepada siapa pun bahkan terhadap tuhan bila memang mencintai nya tanpa syarat dan pamrih.

dengarlah metta dari brahmavihara

semoga aku berbahagia
semoga aku bebas dari kebencian
semoga aku bebas dari penderitaan
semoga aku bebas dari gangguan
semoga aku bebas dari perlakuan buruk
semoga aku melihat diri ku sendiri dengan kelembutan (with ease).

semoga semua mahluk berbahagia
semoga semua mahluk bebas dari kebencian
semoga semua mahluk bebas dari penderitaan
semoga semua mahluk bebas dari ganguan
semoga semua mahluk bebas dari perlakuan buruk
semoga semua mahluk melihat diri mereka sendiri dengan kelembutan (with ease).

seperti seorang ibu mencintai anaknya, sang ibu ingin anak nya berbahagia (misalnya dengan meninabobokan sang bayi), sang ibu ingin anak nya bebas dari kebencian, bebas dari derita (misalnya:bebas dari gigitan nyamuk atau serangga), bebas dari ganguan (sang ibu akan mengusir serangga seperti nyamuk dan lain nya yang mendekati sang anak), bebas dari perlakuan buruk (dgn mengayunkan dengan ringan ranjang bayi tersebut), sang ibu selalu memandang nya dengan kelembutan (tanpa prasangka).

dgn melihat hal ini cu di kau bisa melihat dunia siapa saja yang mencintai mu dgn sesungguh nya dan siapa yang tidak, jangan terjebak dgn kata cinta.


mari kita nikmati kue bulan sambil memandang bulan purnama dgn keindahan cinta yang sejati.
« Last Edit: 01 September 2014, 09:37:49 PM by kullatiro »

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.225
  • Reputasi: 142
Re: bantu kakek wija.
« Reply #24 on: 01 September 2014, 10:25:58 PM »
Hanya pertanyaan renungan.

Bagaimana seseorang bisa membandingkan Buddha dengan tuhan saat orang tersebut tidak memiliki deskripsi mengenai tuhan dengan jelas bahkan tidak bisa membuktikan hasil deskripsinya tersebut?

Jika dikatakan sendiri bahwa seseorang memiliki standar bingkai masing-masing, lalu apa haknya seseorang menilai suatu agama tertentu harus bertuhan? Bukankah keindahan sebuah lukisan dinilai dari lukisan itu sendiri bukan dari bingkainya? Bukankah lukisan dibuat terlebih dulu daripada bingkainya?

Bagaimana seseorang menjadi sukses jika ia takut akan suatu kesalahan yang ia buat? Jika takut kesalahan, akanlah Thomas A. Edison melanjutkan penelitiannya dan menemukan bola lampu yang baik? Jika seseorang takut akan kesalahan dalam melatih sila yang dasarnya merupakan instrumen pengendali diri, dapatkah seseorang fasih mengendalikan diri? Atau mungkinkah jangan-jangan ia tidak tahu apa sila itu dan untuk apa sila itu?

Bagaimana mungkin seseorang berpegang pada sraddha tapi mengesampingkan sila dengan hanya selalu merenungkan Buddha? Tidakkah ia tahu bahwa justru Buddha sendiri merupakan sila yang hidup, perwujudan dari sila?

Selanjutnya no comment.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.225
  • Reputasi: 142
Re: bantu kakek wija.
« Reply #25 on: 01 September 2014, 10:27:02 PM »
:o klo di wihara2 ada silena sugatim yanti artinye ape tuh?



Silena sugatim yanti berarti dengan sila menuju (terlahir) di alam bahagia. Tidak ada dalam kalimat tersebut yang menunjukkan sugati adalah tujuan terakhir atau tertinggi. Jadi adalah salah jika memiliki pemikiran bahwa sugati adalah tujuan tertinggi.

 “Nibbanam paramam vadanti Buddha – Nibbana adalah yang tertinggi demikian sabda Buddha.” (Dhammapada 184).

Selanjutnya no comment.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Meruem

  • Teman
  • **
  • Posts: 88
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #26 on: 02 September 2014, 04:25:28 PM »
Silena sugatim yanti berarti dengan sila menuju (terlahir) di alam bahagia. Tidak ada dalam kalimat tersebut yang menunjukkan sugati adalah tujuan terakhir atau tertinggi. Jadi adalah salah jika memiliki pemikiran bahwa sugati adalah tujuan tertinggi.

 “Nibbanam paramam vadanti Buddha – Nibbana adalah yang tertinggi demikian sabda Buddha.” (Dhammapada 184).

Selanjutnya no comment.
emg ga lg omong tujuan terakhir... tp kesannya buddhis ga ingin mencapai surga gitu... pdhl smua jg ambil sila spy mencapai surga jg kan??

Kalo menurut saya, tuhan dan surga di agama lain dijadikan sebagai tujuan hidup. Misalnya menyenangkan tuhannya, atau mencapai surga. Sedangkan dalam buddhis tidak demikian.

Untuk perumpamaan tentang lukisan, menurut saya "bingkai" dari kita adalah perbuatan kita sendiri. Kalau mereka punya tuhan untuk tujuan hidup di dunia dan dijanjikan surga, kita bermawas diri untuk saat ini. Jadi bertindak sesuai kesadaran diri. Kesadaran ini diperoleh dari dhamma yg di ajarkan Sang Buddha.

Ini pendapat saya, maap kalo salah..

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #27 on: 02 September 2014, 04:51:51 PM »
tujuan mengambil sila adalah lebih memudahkan mempelajari sutta, dgn tubuh dan pikiran yang jernih seperti tempayan/guci air/ gelas air minum yang dibersihkan setiap hari hingga tidak keracunan dan dapat mencerap dhamma dgn baik.
« Last Edit: 02 September 2014, 04:53:38 PM by kullatiro »

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #28 on: 02 September 2014, 06:31:44 PM »
Uhuk uhuk uhuk
Terpaksa kakek benarkan.
Jeruk kuning
Sila itu adalah alat
Bukan dasar.

Seperti jari menunjuk ke bulan
Jari itu bukanlah bulan.

demikian pula sila itu bukan tujuan.
dasar agama adalah keyakinan.
dengan keyakinan pula
Orang berkerja membersihkan dirinya.dst dst dst.
sdri yg baik

U anda lebih baik belajar agama
Dari belakang dengan menjadikan
Buddha sebagai teladan didepan.

Sila uhuk uhuk uhuk
Hanya sesuai u mereka yg
berani dan tegas sekali.
berani benar dan mempertahankannya

Bukan seperti itu
berani salah.


Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #29 on: 02 September 2014, 06:45:05 PM »
sila bisa di katakan sebagai alat juga dasar untuk pengembangan diri tanpa sila endapan lumpur tetap ada hingga menghalangi.

Bila tidak percaya coba gelas minum cucu tidak usah di cuci selama sebulan dan pergunakan lah gelas tersebut setiap hari selama sebulan tersebut untuk minum entah untuk minum air, susu, susu coklat, kopi, cocacola, dll(jgn gunakan gelas lain),  semoga tidak masuk rumah sakit yah!

« Last Edit: 02 September 2014, 06:54:05 PM by kullatiro »

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #30 on: 02 September 2014, 08:17:20 PM »
Uhuk uhuk uhuk
Kakek jadi batuk lagi
Apakah sila sedemikian penting
Sehingga anda jadi ngotot u mempertahankan
Anak anak
Ya keeeeek
Mana minum kakek
Ini keeeeek
Wedang jae enaaaak
Mana kopi kakek
Sudah dibak cuci
Ya sudaaah.

Apapun bentuknya alat itu dia tidak boleh permanen seakan akan kakek tidak punya gelas yg lain saja.
Keeeek kalau ada banyak gelas
Kenapa ngotot mencucinya sekarang.
Nanti saja ya keeek.
mending sekarang minum bareng sama kakek.

Sdri yg baik
Lihatlah contoh dari bahaya sila
kamu siap tidak jadi seperti ini.
Kakek punya banyak gelas
Untuk kamu kakek baiknya dengan
Sraddha saja.



Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #31 on: 02 September 2014, 08:25:07 PM »
orang yang punya egoisme tinggi makanya punya banyak gelas sehabis pakai lsg lempar hingga menghabiskan sumber daya alam, menyebabkan polusi dan mencelakan banyak mahluk lain nya cu.

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #32 on: 05 September 2014, 09:34:54 PM »
Jeruk kuning
Persoalannya ada pada anda
Yg melihat budha pada diri sendiri
Dalam wujud sila.
Lihatlah bingkai yang anda buat
Apa benar sila menyeberangkan orang
Ke pantai seberang.
Saya akan berikan kebajikan yg dimiliki
Jika anda menjawab
Dengan benar.

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #33 on: 05 September 2014, 09:40:58 PM »
Yg kedua
Tidak ada bedanya
Brahmavihara dalam bahasa inggris dan indonesia.
Apa yg diperbuat anak anak disana
Begitu pula yg akan dikerjakan anak anak disini
Tidak ada batasan bagi sy u melakukan penindakan.


Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #34 on: 06 September 2014, 06:25:24 AM »
Jeruk kuning
Persoalannya ada pada anda
Yg melihat budha pada diri sendiri
Dalam wujud sila.
Lihatlah bingkai yang anda buat
Apa benar sila menyeberangkan orang
Ke pantai seberang.
Saya akan berikan kebajikan yg dimiliki
Jika anda menjawab
Dengan benar.


hoi orang sesat, wa mengatakan sila penting tapi sila hanya merupakan bagian kecil dari keseluruhan jalan mulia berunsur delapan, bagi yamg ingin memulai bisa mulai dari sila sebagai langkah pertama, kemudian berdana, meditasi mengulang dhammacakapavatana sutta dll, wa mengatakan sila penting karena akan memudahkan pencerapan dhamma bila sila tidak penting maka anggota sangha yang di dirikan sang Buddha maka tidak akan punya vinaya nya.

Offline wijananda

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: -10
  • brahmajala. sutra
Re: bantu kakek wija.
« Reply #35 on: 06 September 2014, 06:45:06 AM »
Jawaban anda salah. Sy akan melakukan penindakan
Sama dengan yg terjadi pada predator.



Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #36 on: 06 September 2014, 06:46:36 AM »
Yg kedua
Tidak ada bedanya
Brahmavihara dalam bahasa inggris dan indonesia.
Apa yg diperbuat anak anak disana
Begitu pula yg akan dikerjakan anak anak disini
Tidak ada batasan bagi sy u melakukan penindakan.

penderitaan
dulu di tulis dgn kata suffering, saat ini di tulis dgn stress and pain.
dan masih ada yg lainya

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: bantu kakek wija.
« Reply #37 on: 06 September 2014, 06:59:19 AM »
Jawaban anda salah. Sy akan melakukan penindakan
Sama dengan yg terjadi pada predator.




saya tanya karena bilang salah, jalan mulia berunsur delapan yang di ajarkan di sutta dhammacakkapavatana sutta salah? ini kah maksud anda.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: bantu kakek wija.
« Reply #38 on: 06 September 2014, 09:07:15 AM »
Judulnya meminta bantuan namun isinya berusaha mengajari. Apa yang dibahas tidak jelas, mungkin memang cuma lelucon, jadi saya bantu pindah ke sini. Semoga tidak 'garing'.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: bantu kakek wija.
« Reply #39 on: 06 September 2014, 11:21:05 AM »
akhirnya ada 'suntikan' semoga lekas sembuh ya kek...

Bro Kullatiro, hanya anda seorang aja yang masih bersedia menemani kakek, temani beliau ya biar ga kesepian...
I'm an ordinary human only

Offline cakrawala

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 135
  • Reputasi: -12
  • supermoon
Re: bantu kakek wija.
« Reply #40 on: 04 October 2014, 09:36:09 PM »

Jawaban u kakek wija
Bisa.
Bukan dengan logika.
Tapi dengan keyakinan.
Keyakinan yg bersih
Dari noda yg halus
Itulah cikal bakal nyana.