//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Menemukan kesalahan sendiri dan memperbaikinya  (Read 3020 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Menemukan kesalahan sendiri dan memperbaikinya
« on: 25 April 2008, 09:37:13 PM »
Orang harus mampu menemukan kesalahan sendiri dan memperbaikinya setiap hari. Jika orang tidak mampu menemukan kesalahan pada diri sendiri maka ia akan berpikir bahwa apapun yang ia lakukan itu benar. Sehingga, mereka menjadi tidak mampu memperbaiki kesalahannya dan tidak ada kemajuan apa2 di sana.

Sadar berarti mampu mengetahui kesalahan kita setiap hari. Itu adalah Pencerahan Sempurna. Awal dari Pencerahan adalah mengetahui kesalahan sendiri setiap hari. Kita mengawali proses ini saat kita pertama-tama mengemukakan ikrar untuk menjadi seorang Bodhisattva dengan Pencerahan yang Memadai. Begitu menemukan kesalahan sendiri setiap hari, kita perlu memperbaikinya. Ini adalah Pembinaan Diri. Itu berarti memperbaiki pikiran dan perilaku kita setiap hari. Ini adalah keberhasilan sejati dalam Pembinaan Diri yang dicapai oleh orang-orang yang bijaksana dan berkebajikan.

Ini adalah kunci pengubahan nasib, meninggalkan penderitaan di belakang dan meraih kebahagiaan. Tatkala kebanyakan orang tidak mampu menjadi Bajik dan Suci dalam satu kehidupan dan tidak mampu berhasil dalam Pembinaan Diri, mereka akan melihat bahwa masalahnya ada di sini. Mengenali kesalahan diri kita sendiri setiap hari berarti SADAR setiap hari. Begitu menemukan satu kesalahan, baiklah adanya jika kita memperbaikinya. Dengan cara ini, kita akan membangun Kekuatan Pembinaan Diri untuk berubah dengan tulus. Kita mendapatkan kekuatan dari pengembangan diri yang kita lakukan. Tidak banyak yang perlu dilakukan. Jika mampu menemukan dan memperbaiki satu kesalahan setiap hari, kita akan menjadi Orang Suci dan Bajik dalam tempo tiga tahun.

Sebagai Praktisi yang Melafal Nama Buddha, jika mampu memperbaiki satu kesalahan setiap hari dan terus penuh perhatian pada Buddha Amitabha, maka dalam waktu tiga tahun kita akan mendapatkan Kelahiran Tingkat Tinggi atau Menengah di Tanah Suci. Ini adalah cara Membina Diri untuk menjadi Buddha. Pertanyaannya adalah apakah kita punya tekad untuk berbuat seperti itu dengan ulet. Kita tercemar kalau tidak mampu menemukan satu kesalahan di dalam diri kita setiap hari. Jika tidak mengenalinya, maka sudah barang tentu kita tidak bisa memperbaikinya. Bagaimana kita bisa berharap untuk maju kalau demikian halnya? Saat tidak ada kemajuan, berarti ada kemerosotan. Umumnya, kita lalu akan jatuh lagi. Menganggap diri kita sempurna, merasa yakin bahwa apapun yang kita lakukan itu benar adalah cara hidup yang paling menyeramkan bagi kita.

Sumber Buku “Seni Mengubah Nasib, Empat Ajaran Liao Fan. Ulasan oleh Master Chin Kung
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

 

anything