//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Petunjuk dari Master Yin Guang  (Read 2712 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Petunjuk dari Master Yin Guang
« on: 11 April 2008, 08:23:28 PM »
NASEHAT DARI MASTER YIN GUANG

Kedua-duanya, baik para anggota Sangha (Bhiksu dan Bhiksuni) dan para umat Buddha seharusnya selalu menghormati yang lebih tua atau yang lebih senior. Dan sekaligus harus memperlakukan yang lebih muda dengan sikap yang baik. Kita harus tahan penderitaan seperti apa yang diderita oleh orang lain, dan lakukanlah pekerjaan yang baik/ yang penuh kebajikan yang mana orang lain tidak perduli atau tidak prihatin untuk melakukannya.

Para anggota Sangha dan umat Buddha harus selalu menolong orang lain, bergembira atas kebaikan dan kebajikan yang dibuat oleh orang lain dan di samping itu juga memberi dorongan secara moral. Ketika seseorang sedang dalam kesendirian, dia haruslah selalu memikirkan kembali kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya. Dan ketika berbicara dengan orang lain, tidak boleh membicarakan kebaikan dan keburukannya. Setiap saat dalam keadaan apapun, seseorang harus selalu sadar dan berdoa berulang-ulang dan terus menerus Melafal “NA MO A MI THO FO”

Walaupun sedang berjalan, berdiri, duduk, berbaring, makan atau berpakaian harus mengingat Nama Buddha. Membaca berulang-ulang Nama Buddha Amitabha dengan nada suara yang rendah atau berdoa di dalam hati. Jangan membiarkan pikiran-pikiran yang lain timbul sewaktu berdoa Nama Buddha.

Pada waktu-waktu yang tertentu ketika pikiran kepalsuan timbul, harus segera menghentikannya dengan kesadaran yang tepat. Selalu menyesali perbuatan yang salah, dan selalu mencoba untuk Bertobat dan memperbaiki semua perbuatan yang salah. Apabila telah ada beberapa kemajuan dalam usaha pengembangan batin menyucikan diri, harus bersikap rendah hati dan tidak memamerkannya kepada orang lain. Jangan sekalipun mengharapkan pujian dan penghormatan dari orang lain. Di manapun juga harus menjaga pikirannya dengan baik dan jangan terlena dan terlibat dalam masalah orang alin yang tidak penting!

Selalu melihat kelebihan kebaikan orang lain dan jangan pernah menilai kesalahan orang lain. Perlakukan setiap orang seperti mereka itu adalah Para Bodhisattva dan anda sendiri adalah umat biasa.

Apabila seseorang dapat melatih diri menurut apa yang saya ajarkan ini, saya yakin bahwa orang itu akan dilahirkan di Tanah Suci Sukhavati yang Suci, yang mana merupakan berkah yang paling sempurna setelah berakhirnya kehidupan ini.
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

 

anything