//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Dihadapkan pada Penderitaan  (Read 1788 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Dihadapkan pada Penderitaan
« on: 09 April 2008, 07:15:14 PM »
DIHADAPKAN PADA PENDERITAAN
Nasehat Master Chu Hung untuk Umat Chu Hsi Tsung

Pertanyaan :

Saat dihadapkan pada penderitaan, bagaimana kita dapat berkonsentrasi dan melafalkan Nama Buddha dengan penuh perhatian?

Jawaban :

Konfusius berkata : Tidak berusaha melawan standar kemanusiaan walau saat lapar, tergesa-gesa dan marah. Walaupun hal yang tidak berusaha melawan (standar yang penting saat tekanan berat) bukanlah suatu hal yang mudah untuk menyempurnakan semuanya dalam sesaat, tapi bila anda melakukannya tanpa berhenti, akhirnya hal tersebut akan menjadi spontan.

Demikian juga, bila anda berlatih pelafalan Nama Buddha sebentar atau lama, dengan segera anda akan memiliki penglihatan. Kemudian Jalan itu akan dihadirkan di sana tepat di tengah-tengah penderitaan. “Batuk, meludah, mengangkat bahu, tidak satupun dari tindakan itu yang tidak disebut Zen”. Itu hanyalah sebuah masalah yang membawanya pada ketidak siapan secara penuh.


Pertanyaan :

Apakah benar bahwa kita sebagai umat awam biasa tidak dapat mencapai perenungan khusus pada ciri2 seorang Buddha yang begitu hebat dan telah mencapai Pencapaian yang lebih jauh?

Jawaban :

Orang bijaksana berkata bahwa selama kesadaran makhluk hidup masih kacau, sangatlah sukar bagi mereka untuk secara sempurna merenungkan konsep Buddha, dengan semua sifat2 yang dimilikiNya.
Akibatnya Para Makhluk Suci mengasihani dan menganjurkan mereka untuk mencurahkan diri mereka untuk melafal Nama Buddha.

Maka saat ini untuk sementara waktu anda harus melafal Nama Buddha, dan melakukan perenungan pada konsep Buddha, dan tidak mendiskusikannya.
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

 

anything