//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Bekerja dengan kesadaran  (Read 1982 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Bekerja dengan kesadaran
« on: 07 April 2008, 10:44:15 PM »
BEKERJA DENGAN KESADARAN
Nasehat Master Chu Hung utk Kepala Administrasi Chien Kuang Chan

Pertanyaan :

Saya telah membiarkan kesadaran ini pergi begitu lama. Walaupun saya menyatukan di dalam dan mencoba menggenggamnya dengan Melafal Nama Buddha, saya hanya dapat melakukan ini sebentar saja, kemudian saya kehilangannya lagi. Bagaimana saya dapat menjaga kesadaran Buddha tersebut?

Jawab :

Sebidang tanah yang telah lama tidak dapat dimenangkan kembali dengan sekali perang. Ini masalah dari kesabaran dan keteguhan hati juga sifat pantang mundur. Saat kesadaran terbuka untuk penerangan, maka secara alami sekali tingkat ini dapat dicapai, dan akan hadir untuk selamanya.

Pertanyaan :

Setelah saya letakkan rantai pada kera (kesadaran saya yang tidak terkendali), saya biasanya tenggelam dalam sebuah kelambanan. Saat saya bangun dan melakukan lagi, maka dengan cepat terpecah dalam kebingungan. Bagaimana saya dapat mengatasinya?

Jawab :

Keheningan akan mengobati kebingungan. Saat kebingungan berlalu, ini akan memunculkan kelambanan. Membangkitkan kesadaran akan mengobati kelambanan. Saat kelambanan berlalu, ini memunculkan kebingungan. Dengan memelihara keduanya “menghentikan” (pandangan-pandangan salah) maupun “mengamati” (kerja dari kesadaran), kelambanan dan kebingungan akan berkurang.

Mulai sekarang anda sendiri harus melafal Nama Buddha dengan suci dan terang. Suci berarti melafal Nama Buddha tanpa berpikir hal lain. Suci berarti “menghentikan”. Terang berarti “mengamati”. Menyatukan kesadaran Buddha dengan melafal Nama Buddha, dan menghentikan serta mengamati keduanya adalah kuncinya.
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri