//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Melafal Nama Buddha  (Read 90586 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #15 on: 06 May 2009, 11:15:44 AM »
 [at] hengki

mantap bro penjelasannya ... grp sent :)


nienfo " namo amithofo " atw " amithofo " atw " amitabha " sama saja , tdk masalah .
mau posisi bersila , duduk atw berdiri jg gak apa2 , mau pake tasbih atw nggak jg gak apa2 .
tp untuk pemula akan lebih baik kalo menggunakan tasbih spy lebih mudah konsentrasi .
kalo di rmh ada altar , akan lebih baik kalo nienfo nya di dpn altar , tetapkan satu wkt khusus tuk nienfo , yg penting ketekunan dan disiplin diri .

Amithofo _/\_
thanks Buddha...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #16 on: 06 May 2009, 12:04:44 PM »
Sebenarnya ada yang inign saya tanyakan tapi keknya dah sering :D

Berarti mau kata2 apa saja boleh ya? tidak usah amitabha ?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #17 on: 06 May 2009, 12:14:35 PM »
kalau amitofo ganti amitabha boleh ngak ?
tasbih itu apa yach ?
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #18 on: 06 May 2009, 01:10:23 PM »
Amithofo = Amitabha artinya adalah Buddha yg cahayanya tanpa batas ,
Amithofo adalah lafalan dlm bhs mandarin, sdg Amitabha adalah versi sansekerta, sama saja .
terserah mo nien pake yg mana , ttp yg umumnya adalah " amithofo "

masa vat2 gak tau tasbih sih , itu lo yg biasa dikalungkan para bikhsu mahayana di lehernya,
berbentuk butiran2/biji2 bulat yg diuntai spt kalung , biasanya berjumlah 108 butir .
ada jg yg lebih kecil yg dipake ditangan :)
thanks Buddha...

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Melafal Nama Buddha
« Reply #19 on: 06 May 2009, 01:11:09 PM »
Vathena, boleh aja Amitabha. Tasbih itu seperti digunakan dlm Islam utk Zikir atau Rosario dlm ka****k.
Ryu, maksud kamu mau gunakan kata apa? Sembarangan kata atau gimana?
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #20 on: 06 May 2009, 01:17:05 PM »
Sebenarnya ada yang inign saya tanyakan tapi keknya dah sering :D

Berarti mau kata2 apa saja boleh ya? tidak usah amitabha ?

maksud anda kata2 apa ? bukankah diatas sdh jelas , " nienfo ... melafal nama Buddha "
apa masih gak ngerti ???
thanks Buddha...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #21 on: 06 May 2009, 01:41:57 PM »
Vathena, boleh aja Amitabha. Tasbih itu seperti digunakan dlm Islam utk Zikir atau Rosario dlm ka****k.
Ryu, maksud kamu mau gunakan kata apa? Sembarangan kata atau gimana?
Seperti menggunakan/mengucapkan nama tokoh agama lain, jadi maksud saya makna nien fo itu berguna itu dari pengucapan, atau dari Buddhanya atau dari mana dapat manfaatnya :)
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #22 on: 06 May 2009, 02:02:29 PM »
Makanya susah klo berpengetahuan masih jalan luar... dan masih melekat pada yang berkondisi.
Segala sesuatu hanya diukur menurut pengetahuan sebatas pengetahuan kebijaksanaan batasan pengalaman diri yang berkondisi.
Manfaatnya saat anda menyebut nama Buddhanya (Amitabha) dengan pengharapan, keyakinan/percaya.
Hahahaha, pengetahuan aye dangkal kok, pengalaman apalagi kerena aye bukan Buddhist sejatinya, soal melekat pastinya sama dengan ente :P

Jadi maksud anda apabila tanpa pengharapan dan percaya tidak berguna? Kalau di balik dengan pengharapan dan percaya tapi tidak ke Buddha nya bagaimana?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Melafal Nama Buddha
« Reply #23 on: 06 May 2009, 02:15:18 PM »
Ryu, kamu baca dulu 48 Ikrar Buddha Amitabha jadi kamu mengerti kenapa Melafal Amitofo bukan yg lain misal Mr. Y atau yg lain.
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.286
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #24 on: 06 May 2009, 02:20:09 PM »
Vathena, boleh aja Amitabha. Tasbih itu seperti digunakan dlm Islam utk Zikir atau Rosario dlm ka****k.
Ryu, maksud kamu mau gunakan kata apa? Sembarangan kata atau gimana?
Seperti menggunakan/mengucapkan nama tokoh agama lain, jadi maksud saya makna nien fo itu berguna itu dari pengucapan, atau dari Buddhanya atau dari mana dapat manfaatnya :)

Ada yang mengatakan, bahkan kata "Coca-Cola"-pun bisa digunakan... u see. Namun, khusus untuk nienfo nama Amitabha digunakan karena artinya adalah "cahaya tanpa batas". Pengertian kata ini penting, supaya pikiran praktisi tidak melenceng ke hal-hal yang lain. Lagi pula sering ada perumpamaan bahwa pikiran yang murni adalah pikiran yang terang. :) kata cahaya selalu mengingatkan kita pada jati diri Kebuddhaan kita yang terang dan murni.

Karena itu beberapa metode juga menganjurkan untuk sambil membayangkan Tanah Murni yang diliputi oleh Cahaya Tak Terbatas sebagai bantuan untuk memurnikan pikiran.

Lalu nggak masalah kah diganti dengan yang lain? Tentu saja tidak, asalkan seseorang bisa melafalkannya dengan terus menerus tanpa pikirannya terganggu pada hal-hal lainnya dan terus terkonsentrasi. Namun, ketika kita memilih kata-kata yang digunakan untuk membantu kita bermeditasi bukankah ada baiknya kita menggunakan sesuai dengan yang kita yakini. Bahkan Ajahn Mun pun memilih kata "Bu-do" sebagai alat untuk membantu meditasi, bukan kata lainnya. So, mengapa kita harus harus menggunakan nama dari agama lainnya?
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #25 on: 06 May 2009, 02:20:50 PM »
Makanya susah klo berpengetahuan masih jalan luar... dan masih melekat pada yang berkondisi.
Segala sesuatu hanya diukur menurut pengetahuan sebatas pengetahuan kebijaksanaan batasan pengalaman diri yang berkondisi.
Manfaatnya saat anda menyebut nama Buddhanya (Amitabha) dengan pengharapan, keyakinan/percaya.
Hahahaha, pengetahuan aye dangkal kok, pengalaman apalagi kerena aye bukan Buddhist sejatinya, soal melekat pastinya sama dengan ente :P

Jadi maksud anda apabila tanpa pengharapan dan percaya tidak berguna? Kalau di balik dengan pengharapan dan percaya tapi tidak ke Buddha nya bagaimana?

betul, harus ada percaya ke Buddhanya.

klo anda ada percaya gak ke pembebasan (adanya pembebasan), ke pencapaian Nibanna atau keBuddhaan?
maybe yes maybe no ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #26 on: 06 May 2009, 02:22:15 PM »
Ryu, kamu baca dulu 48 Ikrar Buddha Amitabha jadi kamu mengerti kenapa Melafal Amitofo bukan yg lain misal Mr. Y atau yg lain.
Ok Ko :) _/\_
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #27 on: 06 May 2009, 02:23:43 PM »
Vathena, boleh aja Amitabha. Tasbih itu seperti digunakan dlm Islam utk Zikir atau Rosario dlm ka****k.
Ryu, maksud kamu mau gunakan kata apa? Sembarangan kata atau gimana?
Seperti menggunakan/mengucapkan nama tokoh agama lain, jadi maksud saya makna nien fo itu berguna itu dari pengucapan, atau dari Buddhanya atau dari mana dapat manfaatnya :)

Ada yang mengatakan, bahkan kata "Coca-Cola"-pun bisa digunakan... u see. Namun, khusus untuk nienfo nama Amitabha digunakan karena artinya adalah "cahaya tanpa batas". Pengertian kata ini penting, supaya pikiran praktisi tidak melenceng ke hal-hal yang lain. Lagi pula sering ada perumpamaan bahwa pikiran yang murni adalah pikiran yang terang. :) kata cahaya selalu mengingatkan kita pada jati diri Kebuddhaan kita yang terang dan murni.

Karena itu beberapa metode juga menganjurkan untuk sambil membayangkan Tanah Murni yang diliputi oleh Cahaya Tak Terbatas sebagai bantuan untuk memurnikan pikiran.

Lalu nggak masalah kah diganti dengan yang lain? Tentu saja tidak, asalkan seseorang bisa melafalkannya dengan terus menerus tanpa pikirannya terganggu pada hal-hal lainnya dan terus terkonsentrasi. Namun, ketika kita memilih kata-kata yang digunakan untuk membantu kita bermeditasi bukankah ada baiknya kita menggunakan sesuai dengan yang kita yakini. Bahkan Ajahn Mun pun memilih kata "Bu-do" sebagai alat untuk membantu meditasi, bukan kata lainnya. So, mengapa kita harus harus menggunakan nama dari agama lainnya?
Untuk memperjelas saja apakah ini merupakan doktrin atau Dogma :)
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #28 on: 06 May 2009, 02:27:28 PM »
betul, harus ada percaya ke figur Buddhanya.

klo anda ada percaya gak ke pembebasan (adanya pembebasan), ke pencapaian Nibanna atau keBuddhaan?
maybe yes maybe no ;D

 [at]  ryu

klo temen-teman yang lain bagaimana yah?  ^-^
Apa jawaban anda bisa di sebut mewakili aliran ini?
Karena anda tidak jelas lho asal usulnya :D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.286
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Melafal Nama Buddha
« Reply #29 on: 06 May 2009, 02:38:43 PM »
Untuk memperjelas saja apakah ini merupakan doktrin atau Dogma :)

apa bedanya doktrin dengan dogma?
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

 

anything