//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Listrik statik  (Read 16515 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.403
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Listrik statik
« on: 26 July 2007, 03:38:18 PM »
Teman-teman,

Ada cerita, tadi siang ada ikut nebeng mobil teman pergi makan. Ketika turun dan hendak menutup pintu, tiba-tiba ada bunyi 'TAAAKKk' cukup kencang. Saya sampai melompat. Rupanya ada loncatan listrik dengan pintu mobil yang terbuat dari logam. Bunyi sangat kencang sampai dikira kejedot pintu. Seperti kena setrum. Dan ketika pulang, terjadi lagi  #-o (padahal kemarin malam beru terjadi jg)
Ini sih bukan pertama kali, terlalu sering sekali. Bahkan ketika mo tekan tombol flush urinoir saja bisa terjadi :))

Katanya sih karena ada pergesekan antara karet (sol sepatu) dengan karpet. Tapi dimobil ada beberapa orang, tidak ada yang demikian ?

Punya pengalaman begini juga ?

 _/\_
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Listrik statik
« Reply #1 on: 26 July 2007, 03:41:55 PM »
Jangan2 Bro Sumedho.. itu Flashman..  ^-^
Coba ditest larinya cepat kagak ? hahahaha  >:D
Canda..

Btw apakah ini listrik statis atau arus bocor ?
Arus bocor itu seperti di komputer casingnya kan kadang ada listriknya..
Makanya dibikin kabel yang ditancepin ke ground

Hayo2.. Yang pakar fisika.. silakan mengemukakan pendapat..

« Last Edit: 26 July 2007, 03:44:47 PM by Hedi Kasmanto »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.403
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Listrik statik
« Reply #2 on: 26 July 2007, 03:53:53 PM »
Masa sih tombol flush di wc ada arus bocor ?
btw kalo jalan di mal kl kesenggol orang jg bisa loh. Yg kesenggol kaget :)) *nanti dikira aye tukang hipnotis ato ada niat buruk pulak*
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Listrik statik
« Reply #3 on: 26 July 2007, 04:02:52 PM »
Flush urinoir ditekan dalam keadaan tangan basah ?

Tapi kadang ada fenomena seperti kesengat listrik bila siku kita dipukul pada bagian tertentu..
Ya intinya termasuk bagian dari gerak refleks juga..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.403
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Listrik statik
« Reply #4 on: 26 July 2007, 04:11:34 PM »
Tangan kering loh....
Kalau kena tiang besi juga bisa, tapi bukan tiang listrik yah :)
Yah tidak terduga lah, kalau pakai sepatu/sendal dan tidak menyentuh lantai, harus hati2x...
There is no place like 127.0.0.1

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Listrik statik
« Reply #5 on: 26 July 2007, 04:12:54 PM »
kantor lama owe sering kejadian listrik statis gini...
sering handel pintu sama keyboard laptop tau2 ada loncatan listrik ke tangan...
mungkin gara2 karpetnya atau something else...

sebelom pegang apa2, tangannya di-ground-kan dulu hehehe...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.403
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Listrik statik
« Reply #6 on: 26 July 2007, 04:19:13 PM »
Makanya sekrang kalo mo pipis mesti raba tembok dulu...
iya tuh, dari laptop juga sering.

Cuma yg dimobil yg repot, mesti pegang jalanan dulu :))
There is no place like 127.0.0.1

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Listrik statik
« Reply #7 on: 26 July 2007, 05:43:33 PM »
wah ternyata ada jg kejadian yg sama dgn sy. Sudah beberapa hari ini ga tau kenapa setiap bersentuhan dgn logam sering nyetrum dan bahkan kalau tdk sengaja bersentuhan dgn orang lain jg sama sy nyetrum dia jg. Ada apa ya?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Listrik statik
« Reply #8 on: 26 July 2007, 05:49:53 PM »
wah ternyata ada jg kejadian yg sama dgn sy. Sudah beberapa hari ini ga tau kenapa setiap bersentuhan dgn logam sering nyetrum dan bahkan kalau tdk sengaja bersentuhan dgn orang lain jg sama sy nyetrum dia jg. Ada apa ya?
Ada Flashman kedua selain Bro Sumedho ??  ^-^
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Listrik statik
« Reply #9 on: 26 July 2007, 06:15:43 PM »
hayoo loh...
bisa buat PLTM dunk  ;D
*Pembangkit Listrik Tenaga Manusia*
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Listrik statik
« Reply #10 on: 26 July 2007, 06:24:23 PM »
Wah harus sembunyi nich, takut jd manusia percobaan.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Listrik statik
« Reply #11 on: 26 July 2007, 06:49:38 PM »
 [at] Ryu.
Berani melawan Jendral ? Bahaya lho..  :-SS
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Listrik statik
« Reply #12 on: 26 July 2007, 07:54:46 PM »
Kaga bisa ngelawan kalo 1 truck mah....
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.403
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Listrik statik
« Reply #13 on: 26 July 2007, 08:45:19 PM »
 [at] ryu:
coba aja siapin posisi kek di avatarnya, lalu dorong kedepan dan tereak "HADOKEEEN"
There is no place like 127.0.0.1

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Listrik statik
« Reply #14 on: 26 July 2007, 08:51:39 PM »
Udah di siapin sich....
apa gara2 gw pake avatar Ryu Yach???
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))