Buddhisme Awal, Sekte dan Tradisi > Tibetan

Mandala dalam Vajrayana - Tantrayana

(1/1)

Tan:
Namo Buddhaya,

Saya ingin mengajak rekan-rekan di sini untuk mengulas mengenai makna mandala dalam Buddhisme Vajrayana/ Tantrayana, karena saya melihat bahwa mandala di Tantra Tibet dan Tantra Timur (Shingon) berbeda. Kalau di Shingon atau Tantra Timur, mandala dibagi dua Vajradhatu (Kongokai) dan Garbhadhatu (Taizokai); sedangkan dalam Tantra Tibet, biasanya adalah gunung Sumeru beserta empat benua dan benua2 tambahannya, delapan benda pemberkah, dan lain sebagainya. Mandala di Shingon biasanya berpusatkan Mahavairocana yang dikelilingi Buddha dan Bodhisattva lainnya.
Kira-kira apakah hubungan antara keduanya. Kalau ada rekan-rekan yang memiliki buku khusus Mandala, sudilah kiranya untuk mengopikan buat saya, nanti saya ganti biayanya. Lalu apakah signifikansi Mandala bagi pelatihan spiritual dan juga ilmu pengetahuan modern? Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Metta,

Tan

kiman:
sama2 dikumpulkan/dibuat untuk dipersembahkan.

kiman:
gimana ya susah untuk dijelaskan tapi intinya kamu (ngebayangin) mengumpulkan semua permata, makanan, dll untuk dipersembahkan... persembahan tersebut kamu berikan ke Mereka demi kebaikan semua makhluk.. motivasi nya untuk semua makhluk agar semua makhluk tetap dapat menikmati tanah suci tersebut...

kenapa semua makhluk? karena seorang bodhisatwa tidak pernah memikirkan dirinya sendiri.

Sunkmanitu Tanka Ob'waci:
Dan kenapa yang terpenting adalah penghancuran mandala tersebut?

kiman:
thx bwt karuna_murti, berkat kamu, aku baca buku Dharma lg...

gini teman...
yg terpenting bukan penghancuran/disassemble mandala. yg terpenting itu visualisasi. ni kutipan dari Liberation in Our Hand halaman 201:
"The most important element in the mandala offering is to perform the visualizations properly."

sekedar tambahan, penghancuran mandala memiliki 2 cara dan tujuan:
dimiringkan kedepan sampai habis agar terhindar dari gangguan (dispel obstruction); atau
dimiringkan kedalam sampai habis agar kamu mendapatkan merit field's blessing...

kenapa visualisasi? karena kamu dapat mengumpulkan kebaikan (merit) dengan mudah, tanpa karma buruk dari penipuan/kebohongan. apa yg di visualisasiin (dibayangin)? kamu membawa/offer 7 obyek: Gunung Meru, 4 benua, matahari, dan bulan kepada Buddha.. kan gunung Meru itu ada, 4 benua, matahari, n bulan itu nyata... so itu semua bener khan? ga bohong kan? n kita (pastinya) ga kena karma buruk...
:)

Navigation

[0] Message Index

Go to full version