tahu gak om hendra bedanya?
pengajaran guru Buddha itu benar,
tetapi dasar bertumpu (pandangan) ikatan/ketercekatan keberadaan kehidupan anda atau umat itu pada atau berada dimana saat memandang? itu yang menyebabkan perbedaan atau sesat atau kesalah-pandangan, yang menjadikan/membedakan seseorang disebut awam atau tercerahkan.maksudnya berada apa sich... saya sich melihatnya/memandang sekarang ada di depan komputer
Yang berkondisi dan Nibanna, cuma dua pilihannya, klo mau masuk (pengalaman) Nibanna harus menanggalkan ikatan atau cekatan atau kemelekatan yang berkondisi
(khususnya sumber kesesatan/kesalah pandangan bagi setiap orang/makhluk adalah atta diri yang bukan sejati). klo yang berkondisi, bukan sama sekali Nibanna,tidak bisa digambarkan/diequalkan/dicocok-cocokan kepada/dengan Nibanna.
salah satu sumber yang coba anda sampaikan menggambarkan diri sejati dan itu tidak ada dalam ajaran buddha
melalui berkondisi maka ada tidak berkondisi itu adalah hukumnya...
kenapa saya bilang ajaran guru Buddha, bukan buddhisme?
karena klo buddhisme termasuk juga pandangan-pandangan pendapat-pendapat pengajar-pengajar yang lain (orang lain selanjutnya, bukan (mendekati) keotentikan guru Buddha).\
pengetahuan anda hanyalah pengetahuan anda...
bisa menangkap/semakin jelas gak... om...?