definisi itu adakah rujukannya? biasanya saya menerjemahkan spirit sebagai "makhluk bukan manusia" atau "makhluk halus" ini bisa saja berarti "Dewa", "yakkha", "peta", dll tapi bukan ROH. sekali lagi saya tanya kepada anda, dari kelima kelompok unsur penyusun makhluk hidup, pancakkhandha, yg manakah yg disebut ROH? sebelumnya anda menjawab kelompok KESADARAN, dari 6 kesadaran, yg manakah yg menjadi ROH?
kesadaran-mata bergantung pada mata dan bentuk, jika tidak ada salah satu atau dua2nya maka tidak ada kesadaran-mata. ini berlaku untuk kesadaran-kesadaran lainnya. sekali lagi jadi yg mana yg disebut ROH?
ada. buku2 spiritual dan google translate
kapan saya jwb kelompok kesadaran ?
karena roh yg saya maksud sama dengan "nama" dlm buddhisme
maka pertanyaan anda tidak lagi valid krn sekarang yg anda tanya adl nama bukan roh
dengan jawaban anda ini, ijinkan saya meralat pertanyaan saya.
nama dalam Buddhisme tersusun dari 4 unsur yaitu perasaan, persepsi, bentukan-bentukan, dan kesadaran. Bagian manakah dari 4 unsur ini yg anda maksudkan dengan ROH?
nama secara umum , atau 4 unsur tsb secara keseluruhan
jadi sewaktu anda mengatakan ROH yg menyeberang, adalah 4 unsur ini yg menyeberang?
bahasa anda bisa mengacaukan maksud / arti sebenarnya
jangan dianggap terpisah, tapi dianggap satu kesatuan
beigini gampangnya : roh manusia sebenarnya adl manusia , hanya saja kurang tubuh fisik
roh binatang sebenarnya adl binatang, hanya saja kurang sebuah fisik
saya yakin anda sudah mengerti maksud saya ttg roh
hanya saja sebagai " tukang debat handal " anda tidak akan puas sebelum lawan anda tidak bisa jawab
anda sedang berusaha untuk memasukkan ajaran Non-Buddhist kepada umat Buddhist, saya hanya merasa perlu untuk meluruskan.
4 unsur penyusun Nama memang terpisah, 4 ini bukan satu kesatuan, mungkin anda perlu lebih banyak membaca sutta-sutta yg diajarkan oleh Sang Buddha, itu kalau anda adalah seorang umat Buddhis.
Sang Buddha dalam banyak sutta mengajarkan bahwa manusia terbentuk dari Pancakkhandha, yaitu, jasmani, perasaan, persepsi, bentukan-bentukan, dan kesadaran. masing2 dari unsur itu bekerja pada bidang wilayahnya masing2.
Apakah anda sedang merevisi ajaran Buddha dengan mengatakan bahwa 4 unsur batin itu adalah ROH, dan ROH ini diseberangkan dalam suatu upacara LSY menyeberangkan ROH?
anda katakan bahwa ROH manusia adalah manusia minus tubuh fisik, dalam kasus manusia yg mati, dimanakah unsur perasaannya? (catatan: perasaan dalam buddhis ada 3, yaitu, perasaan menyenangkan, perasaan tidak menyenangkjan, dan perasaan netral).