Buddhisme Awal, Sekte dan Tradisi > Buddhisme Awal

Citta Sankhara

(1/2) > >>

Arya Karniawan:
... Saññā ca vedanā ca cetasikā. Ete dhammā cittap­paṭi­baddhā, tasmā saññā ca vedanā ca cittasaṅkhāro”ti. ...
... Persepsi dan perasaan adalah bentukan pikiran, hal-hal ini bergantung pada pikiran; itulah sebabnya mengapa persepsi dan perasaan adalah bentukan pikiran.” ... (SN41.6)


... Manaḥ-saṁskāraḥ katamaḥ?
Raktasya yā cetanā, dviṣusya yā cetanā, mūḍhasya yā cetanā | caitasiko hyeṣa dharmaḥ | citta-niśritaḥ citta-pratibaddhaḥ, cittaṁ niśritya pravartate ||
Tasmāc-cetanā manaḥ-saṁskāra ity-ucyate || ...

Terjemahan bebas:

... Apakah bentukan batin?
Apapun niatan berhasrat, niatan kebencian, niatan terdelusi (adalah), faktor batiniah, (mereka) bergantung pada pikiran, terhubung pada pikiran, ada dengan bergantung pada pikiran. Itulah sebabnya niatan dikatakan sebagai bentukan batin.
Inilah, para Bhikṣu, yang disebut sebagai tiga bentukan-bentukan kehendak. ... (Arv 5)


###

Jadi kalo menurut kanon Pali, perasaan dan persepsi adalah bentukan-bentukan kehendak (Sankhara), sedangkan menurut kanon Sanskrit kehendak (Cetana) itu sendiri adalah bentukan bentukan kehendak (Sankhara)...  :-?

seniya:
Padanan SN 41.6 dalam Agama Sutra, yaitu SA 568, mengatakan sbb:

想、思是意行,依於心、屬於心、依心轉,是故想、思是意行

Terjemahan bebas:

Persepsi dan kehendak adalah bentukan pikiran, berlandaskan pada pikiran, berhubungan dengan pikiran, muncul bergantung pada pikiran, oleh sebab itu persepsi dan kehendak adalah bentukan pikiran.

xenocross:
Tapi kalau demikian, pancakhanda itu gimana? Pancakhanda jelas membedakan vedanakhanda, sannakhanda, sankharakhanda

Mengenai cetasika, di abhidhamma versi theravada maupun versi tradisi utara, menyatakan vedana dan sanna sebagai cetasika universal (selalu hadir)

seniya:

--- Quote from: xenocross on 14 January 2018, 08:12:19 AM ---Tapi kalau demikian, pancakhanda itu gimana? Pancakhanda jelas membedakan vedanakhanda, sannakhanda, sankharakhanda

Mengenai cetasika, di abhidhamma versi theravada maupun versi tradisi utara, menyatakan vedana dan sanna sebagai cetasika universal (selalu hadir)

--- End quote ---

SN 22.256:

Katame ca, bhikkhave, saṅkhārā? Chayime, bhikkhave, cetanākāyā—rūpasañcetanā, saddasañcetanā, gandha­sañ­cetanā, rasasañcetanā, ­phoṭṭhab­ba­sañ­cetanā, dhamma­sañ­cetanā.

“Dan apakah, para bhikkhu, bentukan-bentukan kehendak itu? Ada enam kelompok kehendak: Kehendak sehubungan dengan bentuk, kehendak sehubungan dengan suara, kehendak sehubungan dengan bau-bauan, kehendak sehubungan dengan rasa-kecapan, kehendak sehubungan dengan objek-sentuhan, kehendak sehubungan dengan fenomena-pikiran. Ini disebut bentukan-bentukan kehendak.

Padanan Agama dlm SA 41:

云何行如實知?謂六思身——眼觸生思,耳、鼻、舌、身、意觸生思,是名為行,如是行如實知。

“Bagaimanakah seseorang memahami bentukan sebagaimana adanya? Yaitu, [seseorang memahami] enam kelompok kehendak: kehendak yang muncul dari kontak-mata… [kontak]-telinga… [kontak]-hidung… [kontak]-lidah… [kontak]-badan… dan kehendak yang muncul dari kontak-pikiran – ini disebut bentukan. Dengan cara ini seseorang memahami bentukan sebagaimana adanya.

Jadi, dlm sutta2 awal, sankharakkhanda itu 6 jenis kehendak (cetana) yang muncul dari kontak 6 indera.

Arya Karniawan:
Emang agak aneh aja Cetana disebut Sankhara... :/

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version