//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - Lily W

Pages: 1 2 3 4 5 6 [7] 8 9 10 11 12 13 14 15
91
Lingkungan / Gaya Penjahat wanita
« on: 12 January 2009, 10:26:17 PM »
Saya mendapat informasi penting dari Milist tetangga sebelah dan dari seorang kawan. Please soon forward this such news ya...!!

Awas Rawan Pemerkosaan !!!!!!!!!!!



Be careful..... .
PERTAMA :

Katanya, sekarang ada cara baru pemerkosaan terhadap wanita. Yang terjadi seperti ini, seorang cewek melihat ada seorang anak kecil dijalanan sedang menangis. Merasa kasihan, ia menanyakan apa yg terjadi pada anak tersebut.'Aku tersesat,  bisakah mengantarku pulang?' Lalu anak kecil itu memberikan selembar kertas yg berisikan alamat rumahnya.Karena cewek itu termasuk orang yg baik hati, tidak menaruh curiga apa2 dan membawa anak tersebut ke alamat yg tertera. Ketika tiba di 'rumah' anak kecil itu, ia menekan bel, tiba2 ia kaget karena bel tersebut bertegangan tinggi dan lalu pingsan. Ketika ia terbangun pada hari berikutnya, ia mendapati dirinya dalam keadaan telanjang dalam sebuah rumah kosong Ia tidak pernah melihat wajah penyerangnya.
Itulah sebabnya sekarang ini penindak krimal mencari sasaran pada orang2 yg berbaik hati. Jika terjadi masalah seperti ini :


"JANGAN PERNAH MEMBAWA ANAK KECIL TERSEBUT KE TEMPAT YG DIMINTA. JIKA MASIH TERUS DIDESAK, BAWALAH ANAK TERSEBUT KE KANTOR POLISI."


Anak yg tersesat paling bagus dibawa ke kantor polisi.. Tolong sebarkan kepada teman2 kalian semua terutama yg cewek2, istri, adik perempuan. HARAP BER-HATI2.



KEDUA :

Telah beredar sebuah obat baru yang bernama 'Progesterex' (you may check the internet for the availability) . Obat ini adalah pil kecil yang digunakan untuk mensterilisasi. Obat ini sekarang dipakai oleh para pemerkosa pada perayaan pesta, Pub, Discotique untuk memperkosa dan mensterilisasi korbannya. Progesterex pada dasarnya dijual pada beberapa dokter hewan dan toko binatang, dan digunakan untuk mensterilkan hewan besar. Obat biasanya digunakan bersamaan dengan Rohypnol (Roofies) semacam obat bius pembeliannya harus menggunakan resep dokter (tahu sendiri dinegara yg tercinta' Indonesia , you have money you can buy almost everything). Rohypnol ini semacam effervescent tablet yang cepat larut didalam air. Pelaku hanya tinggal memasukan Rohypnol dan Progesterex kedalam minuman mereka berdua dan Korban tidak akan pernah ingat apa yang telah terjadi pada malam/pagi/siang/ sore itu dan Progesterex akan membuat si wanita TIDAK AKAN HAMIL, sehingga si pemerkosa akan tetap! bebas berkeliaran without worry about having apaternity test indentifying him beberapa bulan kemudian.
Tetapi yang perlu diperhatikan, EFFECT PROGESTEREX TIDAK SEMENTARA.Progester ex dibuat untuk mensterilkan  kuda, jerapah, dan binatang besar lainnya. Setiap wanita yang telah meminumnya TIDAK AKAN PERNAH MENGANDUNG LAGI SEUMUR HIDUPNYA.
Jadi BERHATI-HATILAH bila pergi ke PUB atau CAFE atau dimanapun anda berada dan jangan menerima minum dari sembarang pria yang tidak anda kenal dengan baik.
Believe it or not, there is even a site on the internet for the drug, telling people how to use it.

Regards,
Agust

_/\_ :lotus:

92
Kafe Jongkok / Mungkinkah Ini Pekerjaan Terbaik di Dunia?
« on: 12 January 2009, 06:05:46 PM »
Mungkinkah Ini Pekerjaan Terbaik di Dunia?

Balkon dengan pemandangan yang indah ini merupakan bagian dari vila untuk lokasi menginap pengawas konservasi Pulau Hamilton

Lokasi kerja impian: Pelamar yang lulus seleksi akan menetap di Pulau Hamilton

Menatap keindahan alam adalah bagian aktivitas di luar ruangan dalam aktivitas konservasi di Pulau Hamilton

Pelamar yang lolos seleksi akan bekerja di kawasan pulau ini mulai 1 Juli 2009

Senin, 12 Januari 2009 | 15:26 WIB

MUNGKIN pekerjaan ini bisa menjadi pelarian dari mereka yang jenuh dihadapkan dengan kekhawatiran dunia terhadap krisis global. Badan pariwisata Australia membutuhkan seseorang untuk merawat sebuah pulau terpencil dengan kontrak selama 6 bulan dan paket bayaran senilai 70.000 poundsterling atau Rp1,2 miliar dengan jumlah jam kerja hanya 12 jam per bulan.

Dengan paket bayaran tersebut, pelamar yang lolos seleksi akan menjalankan tugas seperti memberi makan penyu dan memerhatikan kelestarian hewan lainnya di pulau tersebut termasuk ikan lumba-lumba. Tak ada kualifikasi akademik khusus yang dibutuhkan bagi lowongan ini.

Namun, pelamar diharapkan memiliki keahlian dan hobi khusus seperti seperti berenang, snorkelling, scuba diving, serta olahraga air lainnya. Keinginan bekerja di luar ruangan dan kemampuan berbahasa Inggris juga menjadi persyaratan yang ditentukan untuk melamar pekerjaan ini.   

Pelamar yang akhirnya lolos seleksi harus menerima tantangan hidup penuh petualangan dan bersedia mencoba berbagai pengalaman baru. Fasilitas menggiurkan mulai dari  penginapan di Kepulauan Whitsunday, tiket pesawat pulang serta transportasi di sekitar Pulau Hamilton disediakan gratis.

Jonathan Sloan yang bekerja di Tourism Queensland, Inggris mengaku tawaran kerja ini sungguh menggiurkan. "Ini merupakan pekerjaan terbaik di dunia, tak perlu diragukan lagi," katanya.

"Lokasi kerjanya didambakan oleh banyak orang - mulai dari pantai dengan hamparan pasir putih, langit biru, sentuhan air laut yang hangat serta orang-orang di sekitarnya yang bersahabat," ujar Jonathan Sloan. "Gajinya juga sangat besar ditambah pekerjaan yang tak terlalu berat dan jam kerja tak lama per minggunya."

Lowongan kerja yang digambarkan sebagai 'peluang yang terjadi sekali seumur hidup' ini diiklankan di 18 negara.  "Kesempatan ini ditujukan untuk memperkenalkan kepulauan Great Barrier Reef dan mempromosikan keunikan kepulauan di Australia itu ke pasar global," kata Anthony Hayes, ketua eksekutif  Tourism Queensland yang berbasis di Brisbane.

Tourism Queensland akan menseleksi 11 kandidat berpotensi yang akan diterbangkan ke Pulau Hamilton untuk mengikuti proses seleksi. Kandidat yang lolos seleksi akan diumumkan 6 Mei. Proses pengajuan lamaran ini akan ditutup pada 20 Februari. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di  www.islandreefjob.com.

http://www.kompas.com/read/xml/2009/01/12/15261457/mungkinkah.ini.pekerjaan.terbaik.di.dunia
_/\_ :lotus:

93
Forward dari teman....Kalo repost tolong di delete yah?  _/\_

Dear Friends....
Penipuan ini terjadi kira-kira 5 hari yang lalu. Nama dan identitas kami rahasiakan untuk menjaga aja kalo email ini menyebar kamana-mana. Saya merasa berkewajiban berbagi cerita agar tidak ada korban penipuan dengan modus seperti ini. Saya juga minta komentar dan pendapat dari temen-temen tentang hal ini, coz saya juga penasaran kenapa penipunya bisa canggih banget ya....???
5 Hari yang lalu sekitar jam 11 siang saya ditelpon dari no telp 081513531213 yang mengaku dari Polda Metro Jaya. "Halo apa benar ini dengan nomor 0815 xxx xxxx ?" Kemudian saya jawab, "Benar, ini dari mana ya..?? "Ini dari Polda Metro Jaya, begini bu... no telpon ibu ini sudah digunakan untuk Sindikat Narkoba, tapi dalam hal ini ibu tidak terlibat, kami hanya minta kerjasamanya untuk mematikan handphone ibu, karena kami akan mengadakan penyidikan dan pelacakan jadi kami perlu kerjasamanya untuk mematikan HP, kira-kira sampai dengan jam 1 ibu bisa menyalakan hp ibu lagi "
Saat itu saya bingung tapi juga curiga, "Lho kok bisa no.hp saya digunakan untuk sindikat narkoba, gimana caranya..???" (kemudian terdengar suara-sura dijalanan yang berisik...) "Iya bu bisa, untuk itu kami mohon kerjasamanya untuk mematikan hp..!!!!" dengan nada menyidik saya tanya lagi, "Ini saya bicara dengan siapa ya?" "Saya Inspektur Satu Sumantri dari Bagian Narkoba Polda Metro Jaya" Kemudian saya catat identitas si penelepon. "Mohon segera matikan hp ibu karena kami akan mengadakan penyidikan..!!" (terdengar suara-suara kendaraan dan tut...tut..tut... telpon mati)
Saat itu saya masih bingung tapi tidak langsung percaya, dan saya TIDAK mematikan hp, 1 menit kemudian saya ditelpon lagi dg no telp yang sama 081513531213, tapi tidak saya angkat. dan hp saya berdering terus tidak berhenti dari no.telp yang sama. Pada saat itu juga saya langsung telpon Polsek Setiabudi. saya cerita tentang telpon yang mengaku dari Polda, yang menjawab telpon bilang kalau dari Polda tidak ada seperti itu, tapi kalau memang tidak perlu hp ya matikan saja.. kan gak ada salahnya, trus saya jawab juga kalau untuk penipuan bagaimana? dan pada saat itu hp saya bunyi terus dari nomer yang sama, dan tidak saya angkat.
Kemudian saya menelpon suami saya yang kebetulan sedang berada di luar kota . Saya cerita tentang telpon itu dan make sure kalo dia baik-baik aja dan hati-hati. Hp saya masih saja bunyi dari nomer yang sama tapi saya tutup aja.... Kemudian saya juga menghubungi security ditempat tinggal saya. Yang saya tahu security ditempat tinggal saya dibawah pengawasan langsung dari Polda Metro Jaya, jadi pasti punya akses langsung ke Polda. Setelah saya lapor, langsung pihak security menelpon ke Polda Metro Jaya Bagian Narkoba, dan ternyata tidak ada yang namanya Inspektur 1 Sumantri di bag. Narkoba, dan tidak ada kegiatan penyidikan yang mengharuskan mematikan hp. Jadi dalam hal ini saya benar-benar dibohongi..... dan saya masih curiga juga... ini pasti penipuan.. tapi siapa yang ditipu..??? Dan Hp saya masih terus bunyi dari nomer yang sama, memang orang itu gak kenal menyerah..... Saya langsung menelpon saudara-saudara dan sahabat-sahabat saya di Jakarta . Kemudian ada telpon masuk lagi tapi kali ini dari mertua saya yang di luar kota , dan langsung saya angkat "Halo kamu baik-baik aja kan ..??" "Iya ma.. emang knapa...???" "Lho tadi papamu telpon kantanya kamu kecelakaan.." MasyaAllah.....
Ternyata penipu itu menipu orang tua saya yang ada di luar kota ....!!!! Langsung saya telpon orangtua, kemudian beliau cerita tadi ditelpon dari kantor polisi di Jakarta . Orang yang mengaku polisi itu bilang kalau saya kecelakaan dengan mobil tanki pertamina, dan saya sekarang luka parah di RSCM. Ayah saya menelpon RSCM dan berbicara dengan oarang yang mengaku dr. Listyo, dia mengaku telah merawat saya dan menerangkan secara medis luka serius yang saya alami dan keubtuhan pengobatan yang tidak tersedia di Jakarta . Obat-obat dan pen untuk patah kaki saya hanya ada di aptk Singapore dengan biaya sekitar Rp. 21 juta. Ayah saya diminta mentransfer uang sebesar Rp. 21 juta. karena urusan transfer-mentransfer uang, ayah saya masih belum terlalu percaya, beliau mencoba menghubungi HP. saya dgn nomer 0815 xxx xxxx (prabayar), kemudian ada yang mengangkat dan mengaku bernama Agus. si Agus ini bilang kalo dia adalah teman suami saya dan sekarang menjaga rumah karena rumah tidak ada orang, dia juga bercerita kalau tadi banyak polisi datang ke rumah mengabari kecelakaan mobil yang saya alami dan sekarang suami saya sedang ke RSCM. Dari situ ayah saya mulai panik, sudah percaya dan hampir menyiapkan uang sebesar Rp. 21 juta yg diminta Kemudian ayah saya menelpon mertua saya yang tinggal satu kota , mengabari kecelakaan itu, mertua saya juga ikut panik. Alhamdulillah...... mertua saya ingat kalau suami saya sedang tugas di luar kota , jadi kok bisa ada di rumah sakit...???? Orang tua saya juga menggunakan telpon yang lain untuk menelpon, karena telpon yang satunya terus-menerus berdering dari rumah sakit yang meminta ayah saya segera mentransfer uang untuk pengobatan. Orang tua dan mertua saya mencoba menelpon saudara-saudara saya di Jakarta untuk mengecek kebenaran telpon tadi. Tapi anehnya saudara-saudara saya tidak bisa menghubungi hp saya, padahal saya tidak mematikan hp.
Kemudian terakhir kalinya yang mengaku dokter tadi menelpon, diterima oleh adik saya, begitu orang tersebut meminta untuk mentransfer uang, oleh adik saya dijawab, "Kakak saya sudah dicover oleh Asuransi, jadi nanti masalah biaya-biaya, Asuransi yang urus semuanya". telpon langsung terputus dan orang tersebut tidak meneror orang tua saya lagi. Alhamdulillah.... Puji Syukur kehadirat Allah, kami sekeluarga terhindar dari penipuan itu. Ini semua cobaan dan untuk pelajaran kita semua...... Sekarang yang membuat saya penasaran dengan modus penipuan ini:....!!!!
1. Bagaimana orang tersebut bisa memblok dan menyadap no telpon orang tua saya dan no HP saya, jadi kamanapun ayah saya telpon masuknya ke penipu-penipu itu juga yang angkat telpon.
2. Darimana penipu itu bisa tau data saya dan orang tua saya, juga posisi saya yang berlainan kota dengan orang tua? Mungkin gak sih data-data kita di Bank bisa bocor...??? Atau mungkin gak dari HP yang pernah saya service, coz sudah sebulan ini saya service HP di Nokia Service Centre Mampang, dan sampe sekarang hp saya rawat inap terus gak sembuh-sembuh.
3. Bagaimana dengan pengkloningan no telp? Benar gak sih no telp Pra Bayar bisa dikloning & didouble line...??? Bagaimana dengan pasca bayar?
4. Saya juga sudah lapor ke Satelindo dan katanya sedang diinvestigasi karena banyak pengaduan tentang hal ini, dan ternyata nomor 081513531213 sudah ada note: no. ini digunakan untuk penipuan.
So... kalo temen-temen ada yang tau tentang teknologi canggih yang digunakan untuk penipuan ini, terutama teman-teman dari TELKOM & INDOSAT tolong.. dong bagi-bagi ilmunya ke kita kenapa bisa terjadi seperti itu dan gimana cararanya untuk antisipasi supaya next time penipuan seperti ini tidak terjadi lagi. Karena saya pernah dengar di radio penipuan seperti ini sudah ada yang kena dan mentransfer uang jutaan rupiah...... Waspadalah... waspadalah....

_/\_ :lotus:

94
Theravada / PENGELOLAAN DHAMMA oleh ARIYA PUGGALA
« on: 27 December 2008, 09:16:07 AM »
PENGELOLAAN DHAMMA OLEH SOTAPANNA

AKUSALA KAMMAPATTHA 10 (10 SALURAN TUK BERBUAT TAK BERMANFAAT)
1. Panatipata (Membunuh)
2. Adinnadana (Mencuri)
3. Kamesumicchacara (Berbuat Asusila)
4. Musavada (Berdusta)
5. Micchaditthi (Pandangan Salah)

6. Pisunavaca (Bicara Fitnah)
7. Pharusavaca (Kata kasar)
8. Byapada (Itikat Jahat)
9. Samphappalapa (Gosip)
10. Abhijjha (Hasrat Rendah, ketamakan)

LOKA DHAMMA 8 (8 KONDISI DUNIA)
1. Alabha (Rugi)
2. Ayasa (Tidak Masyur)
3. Ninda (cela)
4. Dukkha (Penderitaan)
5. Labha (Untung)
6. Yasa (Kemasyuran)
7. Pasamsa (Pujian)
8. Sukha (kebahagiaan)

MACCHARIYA 5 (5 JENIS KEKIKIRAN)
1. Dhammamacchariya (Kekikiran terhadap kebenaran/pengetahuan/ajaran/Dhamma)
2. Vannamacchariya (Kekikiran terhadap kemasyuran/keterkenalan)
3. Labhamacchariya (Kekikiran terhadap keuntungan/rejeki)
4. Kulamacchariya (Kekikiran terhadap keluarga)
5. Avasamacchariya (Kekikiran terhadap tempat tinggal)


NIVARANA 6/7 (RINTANGAN BATIN)
1. Kukkucca (Kekhawatiran)
2. Vicikiccha (Keragu-raguan)

3. Kamaraga (Hawa nafsu, nafsu indera)
4. Byapada (Itikat Jahat)
5. Thina-Middha (Malas-Lamban)
6. Uddhaca (Kegelisahan)
7. Avijja (Kegelapan batin )

SANYOJANA 10 (10 BELENGGU)
1. Ditthi (Pandangan)
2. Vicikiccha (Keragu-raguan)
3. Silabataparamasa (Kepercayaan bahwa dengan upacara saja bisa mencapai kesucian)

4. Kamaraga (Hawa Nafsu, Nafsu Indera)
5. Patigha (Kebencian, kemarahan)
6. Ruparaga (Nafsu untuk bertubuh dengan materi/nafsu untuk lahir di alam bermateri)
7. Aruparaga (Nafsu untuk menjadi bertubuh tanpa materi/nafsu untuk lahir di alam tanpa materi)
8. Mana (kesombongan)
9. Uddhacca (Kegelisahan)
10. Avijja (Kegelapan batin)

KILESA 10 (10 KEKOTORAN BATIN)
1. Ditthi (pandangan)
2. Vicikiccha (Keragu-raguan)

3. Dosa (Kebencian)
4. Ahirika (tidak malu akan kejahatan)
5. Anottappa (tidak takut akibat perbuatan jahat)
6. Thina (Kemalasan)
7. Uddhacca (Kegelisahan)
8. Mana (kesombongan)
9. Moha (kebodohan batin, kegelapan batin)
10. Lobha (Keserakahan)

MICCHATTA DHAMMA 10 (10 KEKELIRUAN)
1. Miccha-ditthi (Pengertian keliru)
2. Miccha-Vaca (Ucapan salah)
3. Miccha-Kammanta (Perbuatan jasmani salah)
4. Miccha-Ajiva (Penghidupan salah)

5. Miccha-Sankhappa (Pikiran salah)
6. Miccha-Vayama (Daya upaya salah)
7. Miccha-Sati (Perhatian salah)
8. Miccha-Samadhi (Konsentrasi salah)
9. Miccha-Nana (Pengetahuan salah)
10. Miccha-Vimutti (Pembebasan salah)

VIPALLASA DHAMMA 12 (12 KESEMUAN)
1. Nicca-Sanna (Persepsi/pencerapan tentang segalanya kekal)
2. Nicca-Citta (Pemikiran tentang segalanya kekal)
3. NicchaDitthi (Pandangan/paham tentang segalanya kekal)
4. Atthasanna (Persepsi/pencerapan tentang sesuatu mengandung inti kekal/atta)
5. Attacitta (Pemikiran tentang sesuatu mengandung inti kekal/atta)
6. Atthaditthi (Pandangan/paham tentang sesuatu mengandung inti kekal/atta)
7. Sukhaditthi (Pandangan bahwa segala sesuatu itu menggembirakan)
8. Subhaditthi (Pandangan bahwa segala sesuatu itu indah)

9. Subhasanna (Persepsi/pencerapan bahwa segala sesuatu itu indah)
10. Subhacitta (Pemikiran bahwa segala sesuatu itu indah)
11. Sukhasanna (Persepsi/pecerapan bahwa segala sesuatu itu menggembirakan)
12. Sukhacitta (Pemikiran bahwa segala sesuatu itu menggembirakan)

AKUSALA DHAMMA 12 (12 DHAMMA TAK BERMANFAAT)
1. Ditthigatasampayutta 4 (4 jenis Citta yg bersekutu dengan pandangan keliru)
2. Ditthigatavippayutta 4 (4 jenis Citta yang tidak bersekutu dengan pandangan keliru)
3. Dosamulacitta 2 (2 jenis Citta yang dipimpin oleh kebencian)

4. Vicikiccha-sampayutta 1 (1 jenis Citta yang dipimpin oleh keraguan-raguan)
5. Uddhaccasampayutta 1 (1 jenis Citta yang dipimpin oleh kegelisahan)

Ket :
~Yg di bold biru adalah Sotapanna mampu memusnahkan secara total (samuccheda-pahana)
~Yg di bold merah adalah Sotapanna baru mampu mengendalikan dengan melemahkan (Tanukara-pahana)

_/\_ :lotus:

95
Seremonial / Sabbe Sankhara Anicca
« on: 24 December 2008, 11:23:44 AM »
Sabbe Sankhara Anicca...

Hari ini (tadi pagi) Ayahnya Bro Suchamda telah meninggalkan dunia ini...Semoga Alm terlahir di alam yang lebih bahagia...sadhu3x...

_/\_ :lotus:

96
Seremonial / Deposito Jatuh Tempo
« on: 12 December 2008, 12:29:58 PM »
Hari ini deposito saya jatuh tempo lagi setahun... itung2 depostio saya makin berkurang di samsara (kehidupan) ini...  ;D. Maka itu saya mengundang saudara-saudara untuk menikmati makanan-makanan yg ada.... silakan... jangan malu2 yaah?  ;D Sori yaah...kalo telat buat lunch...  :(


Telur Rebus merah-->
Bakmi Goreng -->
Masakan Singkawang -->
Ikan Goreng terbang --->
Nasi -->
Kue tart-->
Minuman --->  

Selamat menikmati... ;D

 [at] Jendral... sori... Panda nya kabur dan ga tahu sembunyi dimana?  jadi ga ada daging panda yaah... :))


_/\_ :lotus:


97
Kesehatan / [INFO] Manfaat Madu
« on: 09 December 2008, 02:52:07 PM »
MOD... kalo repost tlg di delete yaah?  _/\_ Sy dapat forward dari teman... ;D mungkin teman2 mau coba? silakan... ;D

MANFAAT MADU
 

1. Kerontokan Rambut
Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira2 15
menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yang didiamkan dikepala selama 5 menit pun tetap efektif.

2. Infeksi Kandung Kemih
Campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam2 kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman2 dalam kandung kemih

3. Sakit Gigi
Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit. Pemakaian ramuan ini dapat dilakukan 3 kali sehari setiap hari sampai gigi berhenti sakit.

4. Kolesterol
Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur Dalam 16 ons air teh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar Kolesterol dalam darah sampai 10 persen dalam 2 jam.
Madu murni yang diminum sehari2 meringankan gangguan kolesterol

5. Pilek
Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam2 kuku dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus

6. Mandul
Pengobatan Yunani dan ayurveda telah menggunakan Madu selama bertahun2 untuk memperkuat semen para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur sebelum tidur akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina
dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak berabad2 lalu. Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu
manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami istri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis
dan madu, mereka mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang istri mulai mengandung dan melahirkan bayi kembar.

7. Sakit Perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai > keakar2nya.

8. Kembung
Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut

9. Bau Napas
Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur dalam air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut dipagi hari

10. Sakit Kepala Sinus
Minum campuran madu dan jus jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus

11. Kelelahan
Studi terakhir menunjukan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat daripada merugikan bagi tubuh. Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama, terbukti lebih waspada dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan 1/2 sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat
meningkatkan vitalitas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalitas tubuh menurun.

12. Kanker
Riset terakhir di Jepang dan Australia menunjukan bahwa kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan 3 kali sehari

13. Kelebihan Berat Badan
Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi 1/2 jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk. Minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi
dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi

14. Influenza
Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika akan flu

15. Jerawat
Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai keakar2nya

16. Infeksi Kulit
Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit

17. Mencegah Penuaan
Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti membuat teh. Minumlah sebanyak 4 kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta mencegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah

18. Sakit Perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai akar2nya

19. Arthritis (radang sendi)
Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam2 kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam2 kuku dan bubuk kayu manis. Pijat kebagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1-2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas
dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam. Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Compenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan ½ sendokteh bubuk kayu manis yang
diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total. Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit

20. Penyakit Jantung
Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap harinya. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri dan mengurangi resiko serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan
jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung kedua. Konsumsi madu dan kayu manis secara teratur dapat memperlancar pernapasan dan memperkuat detak jantung. Rumah jompo di Amerika dan Kanada, berhasil mengobati penghuninya yang memiliki gangguan pembuluh darah karena tersumbat, dan berkurang fleksibilitasnya karena usia, dengan ramuan tersebut.

Semoga bermanfaat.. ..

_/\_ :lotus:

98
Diskusi Umum / Kontrasepsi dalam Pandangan Buddhisme
« on: 02 December 2008, 10:15:29 AM »
at SUHU : kalo spiral keknya itu termasuk "membunuh".
maksudnya apa SUHU, ga mengerti ... tolong dijelaskan .. jd dosa dong
Sis stef, prinsip IUD (Intrauterine Device atau biasa disebut spiral) adalah menggagalkan implantasi zygot ke dalam rahim/uterus. Zygot merupakan hasil dari pembuahan sperma dan sel ovum yang terjadi di dalam tuba fallopi. Dan biasanya dari zygot akan bermitosis membentuk morula, dan akhirnya terbentuk embrio yang selanjutnya digerakkan oleh flagel2 di sepanjang tuba fallopi menuju uterus untuk diimplan.

IUD itu sendiri sebenarnya terbagi menjadi 2, ada yang dikatakan IUD karena biasanya terbuat dari tembaga yang berfungsi sebagai pembunuh sperma (spermacid), dan ada juga yang dikatakan IUS karena melepaskan progesteron. Dengan adanya progesteron yang dilepaskan diharapkan terjadi mekanisme feedback yang akan ditangkap oleh sistem endokrin pusat (tepatnya gland pituitari) sehingga akan menyebabkan proses kehamilan terganggu.

Dalam pandangan agama samawi, zygot ini sudah dikatakan makhluk hidup, makanya dikategorikan membunuh.

Semoga dapat dipahami.

Kalo dalam Buddhism... apakah zigot itu termasuk makhluk hidup?

_/\_ :lotus:

99
Politik, ekonomi, Sosial dan budaya Umum / PAJAK REKLAME
« on: 24 November 2008, 12:51:48 PM »
kalo bingung dan merasa di kejar-kejar pajak( katanya ada yang di todong dan di peras segala) mending perhitungan pajak nya di serahkan ke konsultan pajak biar konsultan pajak nya yang menghadapi dan bernegosiasi jadi kita tidak pusing tujuh keliling dan biasanya konsultan pajak mempunyai hubungan yang baik dengan kantor pajak jadi kalo keterlaluan atau macem macem dia tahu harus berbuat apa gitu.

contoh (ini kejadian nyata lohh) toko wa kan ada reklame(maksudnya papan nama toko) nah orang pajak reklame dki bilang bahwa kita ini belum bayarpajak reklame dll katanya pajak nya papan nama tidak besar kok dan kalau tidak mau bayar tuh papan nama mesti diturunkan segala.

lalu diancem kalo hari ini tidak bayar juga tuh papan nama bakal di turunkan pake satgas, kakak ipar wa merasa dia dah bayar pajak kok akhirnya panggil konsultan pajak kita lalu berikan nomor telpon si petugas pajak reklame ini lsg tidak ada kabar beritanya lagi sampai saat ini.

jadi aku menganjurkan jangan kita sendiri yang ngurus pajak (apalagi kalau kita buta dengan selak beluk lebih baik pakai jasa konsultan pajak baik untuk pribadi dan perusahan karena mereka mempunyai hubungan yang lebih luas dan menghindari pemerasan dll)

Menyambung contoh Bro Daimond tentang pajak reklame itu memang tidak bisa di hindari, orang pemda selalu check di mana ada reklame, di situlah dia akan beritahu (memberikan surat pemberitahuan) kita dimana kita harus membayar.

Bro Diamond... apakah benar pajak reklame itu sudah dibayar? Kalo memang belum, sebaiknye itu di bayar. soalnye tiap tahun orang pemda akan mengechecknya. Kalo sudah bayar, jika ada pemeriksaan... tinggal tunjukkin aja bukti pembayaran pajak reklame.... jadi ga ada masalah lagi.
Di kantor saya, tiap tahun pasti ada pemeriksaan... saya hanya tunjukkin aja bukti pembayaran dan orang pemda itu ga masalah.

Tapi kalo bayar sendiri ke pemda..agak ribet... di kantor pemda pengawainya terang-terangan minta uang kopi (diatas Rp.10.000) di setiap roket (ada 4 roket).  Tahun ini, pajak reklame di kantor saya bayarnye telat sehari (padahal itu ketemu hari libur) dan dikenakan denda. Nah...waktu bayar di loket pemeriksaan, dia udah meminta denda itu (Rp. 200.000 tapi orang saya hanya kasih Rp. 100.000) dan uang kopi... ternyata di bukti pembayaran ada tercantum denda itu dan kami harus membayarnya lagi kira-kira Rp. 150.000. Jadi Kantor saya harus keluarin biaya sekitar Rp. 300.000,- untuk biaya denda n uang kopi di 4 loket tersebut.
Btw... Tetangga di kantor saya punya kenalan orang pemda dan dia suruh kenalannya itu yang urus pajak reklamenya dan hanya di kasih uang kopi Rp. 100.000,- serta terima beres.

Oh ya... ada yang pernah alami ga kejadian seperti itu?

_/\_ :lotus:







100
Informasi dan Pengumuman Kegiatan Buddhis / KABAR GEMBIRA
« on: 24 November 2008, 09:24:42 AM »
KABAR GEMBIRA

Rekan-rekan,

Saya menyampaikan pesan yang dikirim oleh guru saya Pandit Jinaratana Kaharuddin, perihal telah terbitnya buku ABHIDHAMMATTHASANGAHA cetakan baru. Biaya per buku adalah Rp 50.000; dan ongkos kirim ditambah 20% via TIKI.

Hasil dari penjualan buku ini akan dipergunakan untuk mencetak salah satu kitab suci Abhidhamma, yaitu KITAB YAMAKA.
 
Apabila ada rekan yang berminat, harap mentransfer dananya ke rekening atas nama:

ABBAYAHEMA SIDJE;

BCA NO. REK. 7560002691

BCA.KCP. TAMAN KOTA .

Setelah transfer harap menghubungi via SMS kepada Pandit J. Kaharuddin no hp: 0816.4816.122 atau kepada ibu Pandit (Abbayahema) no. hp. 0816.117.0960.
 

Kabar selanjutnya:

Pada tanggal 20 dan 21 Desember 2008 akan diselenggarakan kursus kilat sistematika KITAB SUCI ABHIDHAMMA PERTAMA, YAITU KITAB DHAMMASANGANI, yang diajarkan langsung oleh Pandit J. Kaharuddin.  Tempat di Satipatthana Centre, BACOM, Puncak. Pendaftaran agar disampaikan kepada RINI: 081382013839, 0816706756, 08161309433; paling lambat tanggal 15 Desember 2008.

Demikian dua kabar gembira untuk rekan-rekan, dan apabila rekan-rekan berkenan, berita ini tolong disebarluaskan.

 
Muditacittena,

Selamat Rodjali

_/\_ :lotus:

101
Kesehatan / [JUNK] Junk Post Board Kesehatan / Chit Chat
« on: 29 October 2008, 02:50:55 PM »
Dari Nenek moyangku udah makan daging babi... dan Nenekku bilang : Tidak makan daging babi, hatinya ga enak lho..... :))

_/\_ :lotus:


102
Theravada / ABHIDHAMMA by Dr. Mehm Tin Mon
« on: 20 October 2008, 03:56:56 PM »
Saya mau posting sedikit (yang saya ringkas) tentang  penjelasan Dr. Mehm Tin Mon tentang Abhidhamma di kursus intensif Abhidhamma di VPDS pada tanggal 14 Mei 2008, adalah sebagai berikut :

Menurut Dr. Mehm Tin Mon….ada 2 aspek yang di kenal oleh secara umum tentang Abhidhamma yaitu :
1.   Membosankan
2.   Tidak menarik

Pada tahun 2000, Dr. Mehm Tin Mon datang ke Kualalumpur (Malaysia) karena diundang oleh seorang teman dan di sana Dr. Mehm Tin Mon bertemu dengan Kepala Bhikkhu dari Malaysia dan Singapore yaitu Bhikkhu Dr. K. Sri Dhammananda. Bhikkhu Dr. K. Sri Dhammananda juga menulis banyak buku yang bagus dan beberapa buku juga diterjemahkan oleh Dr. Mehm Tin Mon. Jadi waktu itu Dr. Mehm Tin Mon meminta ijin  untuk mengajarkan Abhidhamma di Malaysia. Dan Bhikkhu tersebut mengatakan : Abhidhamma itu membosankan tapi sebaliknya Dr. Mehm Tin Mon mengatakan Abhidhamma itu sangat menarik karena   selama 24 tahun Dr. Mehm Tin Mon mengajar Abhidhamma di Myanmar, semua orang suka dengan Abhidhamma dan menurut mereka Abhidhamma itu sangat menarik. Maka Dr. Mehm Tin Mon meminta izin untuk mengajar Abhidhamma. Pada Saat itu dibuatkan perjanjian bahwa Dr. Mehm Tin Mon untuk mengajar di 6 vihara yang telah disepakati oleh Bhikkhu Dr. K. Sri Dhammananda dan Bhikkhu Dr. K. Sri Dhammananda meminta Dr. Mehm Tin Mon untuk mengajar pertama kali di vihara beliau (Bhikkhu Dr. K. Sri Dhammananda) dan Bhikkhu Dr. K. Sri Dhammananda  juga menjadi peserta bersama dengan pendengar lainnya. Setelah Bhikkhu Dr. K. Sri Dhammananda  mengikuti Abhidhamma yang diajarkan Dr. Mehm Tin Mon selama 5 ½ jam, Bhikkhu Dr. K. Sri Dhammananda berkata : Setahu saya, Abhidhamma itu sangat membosankan tapi kali ini Abhidhamma sangat menyenangkan..

Dr. Mehm Tin Mon mengajar Abhidhamma selama 8 tahun di Malaysia  dan itu merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi beliau. Beliau juga mengajar selama 3 tahun di Singapura. Sekarang disana lagi memasuki pelajaran buku Wisudhi Magga  dan  juga tentang meditasi yaitu aplikasi dari Abhidhamma itu sendiri.

Ada pertanyaan yang selalu dipertanyakan adalah kenapa Abhidhamma diajarkan oleh Sang Buddha di alam Dewa (Tavatimsa) dan bukan di alam Manusia? Dr. Mehm Tin Mon menjelaskan sebagai berikut :
Sang Buddha mengatakan : Bumi ini sedang berproses panjang sekali atau berkalpa-kalpa dan banyak Buddha yang muncul di dunia ini seperti banyaknya jumlah pasir yang ada di sungai gangga.
Alasan-alasan  Sang Buddha mengajarkan Abhidhamma di alam Dewa (tavatimsa) adalah :
1.   Sang Buddha mengajarkan Abhidhamma di alam Dewa (Tavatimsa) karena para Buddha terdahulu juga mengajarkan Abhidhamma di alam itu. Jadi ini adalah merupakan salah satu tradisi para Buddha terdahulu.
2.   Sang Buddha mengajar selama 3 bulan (selama musim hujan/vasa) tanpa berhenti di alam Dewa (Tavatimsa), kalo diajarkan di alam manusia, siapa yang sanggup bertahan selama 3 bulan secara berturut-turut. 3 bulan di alam manusia sama dengan 2 ½ jam di alam Tavatimsa.
3.   Untuk menghormati Ibunya. Setelah 7 hari melahirkan Sang Buddha, Ibu Sang Buddha meninggal dan terlahir di alam Tusita. Dengan Beliau mengajarkan Abhidhamma di alam Dewa maka Ibunya dapat mendengarkan Abhidhamma ini dan sehingga Ibunya bisa tercerahkan.

Jadi pada saat Sang Buddha mengajarkan Abidhamma ini, semua Dewa dan Brahma (ada 6 alam Dewa dan 16 alam Brahma diatas alam 6 dewa) mendengarkannya, ketika itu kira-kira ada 10 ribu dunia yang dapat mendengarkan khotbah (Pembabaran tentang Abhidhamma) dari Sang Buddha dan 8 ribu juta pendengarnya (para dewa dan brahma) tercerahkan pada saat itu.

Yang dimaksud dengan Tercerahkan adalah Seseorang yg dapat merealisasi Nibbana yaitu kebahagiaan karena terbebasnya penderitaan dan mencapai percerahan yang terendahpun mereka akan terlepas/terbebas dari kelahiran di alam rendah atau tidak akan terlahir di  4 alam rendah ( Binatang, Peta/Setan, Jin/Asura, Neraka).

Bahkan Ibu Sang Buddhapun juga mencapai pencerahan yaitu tingkat Sotapanna, dan betapa besarnya manfaat Ajaran Abhidhamma yang telah dipaparkan oleh Sang Buddha.

Jadi kita mengerti alasan mengapa Sang Buddha mengajarkan Abhidhamma di alam Dewa? Walaupun demikian, Sang Buddha setiap hari turun ke bumi untuk makan  (karena Sang Buddha adalah manusia) dan Beliau juga melakukan pindapatta di hutan Himalaya. Sang Buddha menduplikasi dirinya dan tetap mengajar Abhidhamma di alam Dewa ketika turun ke alam manusia untuk makan dan pindapatta.

Ada satu murid utama Sang Buddha yaitu Sariputta, dimana Beliau adalah yang tertinggi dalam kebijaksanaan diantara murid lainnya. Dengan kekuatan supernormalnya beliau bisa terbang ke alam Dewa untuk mendengarkan Abhidhamma yang diajarkan oleh Sang Buddha. Sang Buddha memberikan penjelasan Abhidhamma yang lebih singkat kepada Sariputta. Sang Buddha dengan pengetahuannya mengerti bahwa Sariputta bisa membabarkan Abhidhamma kepada manusia dan juga bisa mengembangkannya sesuai dengan yang diajarkan Sang Buddha dan pada saat itu Sariputta membabarkan penjelasan Abhidhamma kepada 500 bhikkhu lainnya. Jadi tiap hari Sang Buddha turun dan mengajarkan penjelasan Abhidhamma ke Sariputta dan setelah selesai, kemudian Sariputta membabarkan kepada 500 Bhikkhu lainnya. Jadi Sang Buddha mengajarkan Abhidhamma tanpa henti di alam Dewa tersebut dan Sariputta yang mendapatkan ringkasan dari Sang Buddha juga mengajarkan Abhidhamma kepada 500 bhikkhu tersebut dan bersama dengan selesainya Sang Buddha mengajarkan Abhidhamma, Sariputta juga selesai membabarkan Abhidhamma kepada 500 bhikkhu lainnya.
 Dan seperti yang kita ketahui, Abhidhamma Tipitaka sekarang adalah di ambil dari Abhidhamma yang pernah diajarkan oleh Sariputta. Jadi Sang Buddha berusaha untuk mengajarkan Abhidhamma ini di alam Manusia yaitu melalui Sariputta. Sang Buddha juga ingin semua makhluk termasuk manusia (bukan hanya dewa & brahma saja) bisa tercerahkan. Kemudian Sang Buddha mengumpamakan dengan mengambil segenggam daun dan bertanya kepada Bhikkhu : daun yang mana lebih banyak, di hutan ini atau di genggaman Saya? Kata Bhikkhu : daun di genggaman Sang Buddha sangat sedikit dibandingkan dengan daun yang ada di hutan ini. Terus Sang Buddha berkata : ya, benar sekali, Itulah yang saya ajarkan lebih sedikit dari pengetahuan yang Saya miliki dan pengetahuan itu adalah intisari atau pengetahuan yang penting yang dapat mencapai pencerahan.

Jadi  yang berpendapat bahwa Abhidhamma itu tidak penting untuk mencapai pencerahan adalah salah. Abhidhamma itu sangat penting. Untuk mengetahui implementasinya adalah dengan melalui meditasi Vipassana yaitu bisa untuk melihat sebenarnya (hakikat sesungguhnya). Jadi yang sebenarnya ini hanya diajarkan di Abhidhamma, tidak diajarkan di sutta. Misalnya apa yang membentuk mental (nama) dan materi(rupa), semuanya dijabarkan secara detail di dalam Abhidhamma. Sifat-sifat alamiah dari semua hal ketika kita bisa bervipassana dengan baik maka kita akan mencapai magga nana (Jalan Kebijaksanaan), dengan mencapai itu kita bisa merealisasi semua ajaran Sang Buddha yaitu 4 kebenaran mulia.

Abhidhamma tidak membosankan, malah sangat menyenangkan karena dengan Abhidhamma kita bisa mengerti apa yg terjadi di diri kita dan kita mengetahui semua sikap kita, kalo itu semua membosankan, apa yang harus dipelajari karena diri sendiri sudah bosan.

Socrates (469-399 SM), fisuf Yunani yang dianggap sebagai salah seorang manusia paling bijaksana sepanjang masa, berdiskusi dengan Oracle yang terkenal di Delphi. Ketika temannya bertanya, “Siapakah manusia paling bjiak di dunia?” Oracle menjawab, “Kenalilah dirimu sendiri! Socrates adalah manusia paling bijak di dunia.”

Tentu saja pertama-tama yang paling penting adalah mengenali diri kita sendiri. Tetapi Socrates jelaslah [tidak dapat disangkal lagi] adalah seorang manusia bijaksana: “Segala yang saya ketahui adalah bahwa saya tidak tahu apa pun.”

Dan Leo Tolstoy (1828-1910), penulis Rusia dan filsuf religius, yang memenangi hadiah Nobel dengan novel hebatnya “War and Peace”, memikirkan [merenungkan] kehidupan dengan serius di masa tuanya.
“Mengapa kita lahir? Bagaimana  kita datang ke dalam keberadaan [kehidupan] ini? Mengapa kita hidup? Apakah tujuan kehidupan? Apakah yang terjadi setelah kematian? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang penting”, katanya, “tetapi karena saya tidak mampu menemukan jawabannya, saya merasa tempat saya berpijak runtuh.”
Jadi Leo Tolstoy merasa bahwa kehidupan ini tidak memiliki makna kecuali hanya menunggu mati.

Bertrand Russell, filsuf modern dan matematikawan modern Inggris yang memenangi hadiah Nobel kesusatraan tahun 1950, membandingkan manusia dengan para pelancong korban kapal karam yang berpegangan pada papan kayu di tengah lautan dalam kegelapan. Malam menggigilkan dan angin bertiup dengan kuat. Ombak besar menghantam orang-orang yang kecapaian dengan tangan-tangan yang telah mati rasa itu, melempar mereka menjauh dari papan pelampung. Mereka pun tenggelam ke dalam laut menyebabkan beberapa gelembung udara muncul di tempat mereka tenggelam. Tetapi segera saja ombak menyapu bersih gelembung-gelembung itu dan terus bergulung di lautan seakan-akan tidak pernah terjadi apa-apa.

Semua ahli filosofi ingin tahu bagaimana bumi terbentuk dan lain-lain dan sampai saat ini belum mendapatkan jawaban. Sang Buddha bisa menjabarkan itu semua secara detail (tentang udara/angina, api dll) dan itu semua bisa di dibuktikan melalui meditasi. Abhidhamma menjelaskan semuanya tapi ahli filosofi hanya mengerti sebagian itu dari Abhidhamma.

Semoga bermanfaat....

_/\_ :lotus:

103
Informasi dan Pengumuman Kegiatan Buddhis / KEBAKTIAN MAHASATHI
« on: 15 October 2008, 12:26:24 PM »
Dear All,

Jadwal Kebaktian Mahasathi

Hari,Tanggal     : Minggu, 19 Oktober 2008

Tempat : Ruang Serbaguna Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya

Waktu              : 09.09 WIB

Narasumber     : Bapak. Selamat Rodjali

Topik               : Konsep dan Persepsi Pikiran

 
“Terdapat serangkaian tiga Dhamma yang secara sempurna dinyatakan oleh Guru,

  Apa sajakah itu ?

  Pengertian Benar (Dassananuttariyam),

  Praktek menuju Nibbana (Patipadanuttariyam),

  Pembebasan atau hasil kesucian (Vimuttanuttariyam), yaitu:

  Sotapana, Sakadagami, Anagami, Arahat”

 
Kita semua tentunya pernah melihat lambang Carrefour, sebuah Hypermarket yang terkenal dan sekarang sudah ada di berbagai bagian Jakarta, bahkan saat ini sudah merambah ke luar Jakarta. Cobalah sejenak mengingat kembali lambang tersebut, siapa dari kita yang melihatnya seperti gambar anak panah atau trisula dlm posisi horizontal? Atau ada pula rekan-rekan yang melihat huruf C di lambang tersebut?

Hal di atas hanyalah salah satu contoh bagaimana pikiran kita mempunyai konsep dan persepsi yang berbeda satu sama lain terhadap satu objek yang sama. Konsep dan persepsi pikiran kita juga menjadi salah satu topik yang hangat dan mengundang banyak ketertarikan para pakar ilmu kejiwaan. Saat ini bahkan banyak seminar-seminar yang diadakan oleh para pakar ilmu tersebut, mereka memberikan latihan dan pengetahuan agar kita mampu meningkatkan kemampuan diri untuk meraih kebahagiaan materi dengan mengubah konsep dan persepsi pikiran kita.

Bagaimanakah pandangan Buddhis terhadap hal ini?

Ternyata Sang Buddha sudah mengajarkan ttg Konsep dan Persepsi Pikiran dengan sangat detail dan jelas yang sangat bermanfaat bagi kita untuk memperoleh Kebahagiaan Sejati yang melampaui kebahagiaan Materi. Konsep yang diajarkan 2500 tahun lalu oleh Sang Buddha dimana peralatan dan teknologi yang ada pada waktu itu masih sangat minim, namun kini mengundang decak kagum banyak kalangan karena ketepatannya.

TeamMahasathi kembali mengundang seorang Pakar Abhidhamma yang sudah berpengalaman dan sudah mengajar di banyak kelas Abhidhamma di Jakarta dan Bogor, juga selaku penulis tetap di Majalah Dhammacakka.

Berikut ini adalah profil pribadi Beliau:
Nama: Selamat Rodjali
Pendidikan formal: petani
Pendidikan agama :
dulu: kong hu cu dan kr****n (SD , Buddha (SMP), ka****k (SMA)
perguruan tinggi - sekarang: Buddha
Belajar Praktik Abhidhamma: sejak 1986 hingga sekarang belum tamat
Pekerjaan: karyawan bank
Umur: 45  ½ tahun

Kami menunggu kedatangan Saudara/I se-Dhamma di Kebaktian Mahasathi Minggu ini.

Semoga semua makhluk berbahagia,

Metta cittena,

Team Mahasathi

_/\_ :lotus:

104
From: mahasathi [at] yahoogroups.com [mailto:mahasathi [at] yahoogroups.com] On Behalf Of Laurensius Widyanto
Sent: 16 September 2008 19:05
To: mahasathi [at] yahoogroups.com; samanngadimin [at] yahoo.com
Subject: [mahasathi] Jadwal Kebaktian Mahasathi

 

Jadwal Kebaktian Mahasathi

Hari,Tanggal     : Minggu, 21 September 2008

Tempat : Ruang Serbaguna Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya

Waktu              : 09.09 WIB

Narasumber     : Bapak. Selamat Rodjali

Topik               : Anatta, Konsep dan Faktanya

 

“Tidak berpegang pada pandangan salah (tentang Atta/aku)

  Dengan Sila dan penglihatan sempurna

  Hingga bersih dari nafsu Indera

  Ia tak akan lahir dalam rahim manapun juga”

 

Kita selaku umat Buddha sangat tidak asing dengan istilah Anatta, suatu konsep yang sangat unik, original dan khas Buddhis. Namun apakah kita sudah mengetahui konsep ini dengan baik.? Seperti apa sebenarnya konsep yang diajarkan Guru Agung kita ini? Mengingat hanya dalam Buddhisme kita dapat menemukan konsep ini.

Kami mengundang seorang Pakar Abhidhamma yang sudah berpengalaman dan sudah mengajar di banyak kelas Abhidhamma di Jakarta dan Bogor, juga selaku penulis tetap di Majalah Dhammacakka. Tentunya merupakan suatu kesempatan langka bagi kita semua terutama bagi Team Mahasathi yang sudah berhasil memperoleh waktu Beliau yang sangat sibuk ini. Mari kita bersama-sama belajar dan mendengar apa yang beliau sampaikan kepada kita, semoga kita dapat memperoleh pengetahuan dan manfaat dalam memperkuat keyakinan kita terhadap Tiratana. Berikut ini kami berikan sedikit profil pribadi Beliau:

Nama: Selamat Rodjali
Pendidikan formal: petani
Pendidikan agama :
dulu: kong hu cu dan kr****n (SD , Buddha (SMP), ka****k (SMA)
perguruan tinggi - sekarang: Buddha
Belajar Praktik Abhidhamma: sejak 1986 hingga sekarang belum tamat
Pekerjaan: karyawan bank
Umur: 45  ½ tahun


Kami menunggu kedatangan Saudara/I se-Dhamma di Kebaktian Mahasathi Minggu ini.

Semoga semua makhluk berbahagia,

Metta cittena,

Team Mahasathi

_/\_ :lotus:

105
OH… KAMMA….., FATALISME ALA BUDDHIST….? 
Oleh Selamat Rodjali
 

Pendahuluan

Para pembaca yang baik,
Apabila terdapat nama yang ternyata penulisannya sama dengan penulisan nama para pembaca, penulis memohon maaf. Semua nama yang dipakai di dalam artikel ini ilustrasi semata, bukanlah nama yang sesungguhnya.

Mitra, berjalan limbung ke luar kantornya setelah mendapatkan keputusan bahwa dia diputus hubungan kerja (di-PHK) oleh perusahaannya. Tak lama berselang diberitakan bahwa dia saat ini terbaring di rumah sakit karena ditabrak mobil di depan kantornya. “Oh… sungguh kasihan Mitra, setelah jungkir balik cari kerjaan dan diterima, eh…. di-PHK pula…”, gumam Wati.  Mengapa orang se-sabar Mitra terkena musibah serumit ini, demikian Wati bertanya kepada Adhitthana. “Itu karena Mitra kurang berbuat baik”, jawab Adhitthana. “Kemarin si Mahawan meninggal dunia, setelah sakit-sakitan delapan tahun… Kalau sudah kamma, mau diapa-in lagi…”, demikian sambungnya.  “Itulah Kamma, ajaran Sang Buddha”, sambut Vajra, “Maka-nya…. Pahami dengan baik ajaran Kamma ini supaya kita dapat menjawab setiap fenomena”, sambung Vajra dengan bangga. “Lihatlah si Saddha… sejak lahir hingga umur 17 tahun ini masih tidak bisa mandiri, mati tidak hidup-pun kasihan…yaaah… inilah permainan kamma”, tambahnya.    “Sakit-sakitan….. karena dulu melakukan Kamma buruk….; susah mencari pekerjaan…. karena kurang melakukan kamma baik… Inilah kamma…. “Apakah kamu tidak ingat yang sering kamu bacakan…. Kamma yoni  (lahir dari kammamu), kamma bandhu (berhubungan dengan kammamu), …., Yam kammam karissami Kalyanam va papakam va tassa dayado bhavissami (apapun kamma yang diperbuat, baik atau buruk, itulah yang akan diwarisi)… “

“Tidak demikian Adhitthana, tidak demikian Vajra…. Kamma tidaklah demikian fatal…. Saya yakin tidak seperti demikian…, janganlah kamu berbicara demikian di hadapan Mitra maupun Saddha serta keluarga Mahawan….. Mereka nanti bisa tersinggung dan keluar dari agama Buddha”, Chandra nimbrung dengan semangatnya.

“Chandra… kamu ini tahu apa tentang ajaran Kamma… Saya tahu modal kamu… bahkan ketika kamu baru lahir, saya sudah paham betul ajaran Kamma ini”, jawab Vajra dan Adhitthana serentak.

Demikian saudara pembaca…. Banyak sekali contoh kalimat, konsep, pernyataan umat Buddha yang mengaku “pakar” ajaran Buddha, khususnya ajaran Kamma, mengobral kebanggaan “ajaran Kamma” yang dipahaminya dan berupaya menenangkan dan meyakinkan umat yang bingung atau sedang goncang batinnya, sehingga tak kurang kebanyakan umat Buddha pun menjadi bertanya-tanya… Kamma ini fatal sekali… , tak ada bedanya dengan ajaran “ber-Tuhan” yang lain… . Bukan itu saja… banyak juga umat yang akhirnya lebih memilih keluar dari agama Buddha setelah mendengar ajaran fatalisme ala Buddhist di atas…

Sebaliknya, penulis pun pernah menjumpai kasus “goyahnya” keyakina seorang pandita Buddhist dalam kasus berikut:
Sebagian besar umat Buddha, tentu ingat peristiwa beberapa tahun lampau di mana satu kendaraan penuh berisi para Bhikkhu, Samanera dan seorang umat pendana mengalami musibah sehingga satu kendaraan itu meninggal dunia semua…. Kejadiannya di jalan Raya Ancol…  Seorang ‘Pandita Buddhist’ menyatakan bahwa ternyata kamma baik belum tentu menghasilkan buah (vipaka kamma) yang baik, sebab kalau baik berbuah baik maka tak mungkin pendana dan bhikkhu yang sama-sama baru saja berbuat baik tersebut meninggal dunia kecelakaan…

Jadi, saudara…. Bagaimanakah kita memahami fenomena di atas? Marilah kita mulai menelusurinya dari dasar-dasar kamma di bawah ini hingga ke akhir artikel ini.

Apakah kamma? Apakah merupakan Fatalisme ala Buddhist?
Kamma sebagai kehendak…
Berbicara etimologi, kamma mengandung arti ‘pekerjaan’ atau ‘perbuatan’. Namun di dalam konteks Dhamma kita mendefinisikan kamma lebih spesifik sebagai ‘perbuatan yang didasari kehendak (cetana)’ atau ‘perbuatan-perbuatan yang dilakukan dengan kehendak’.  Di dalam ajaran Buddha, perbuatan-perbuatan yang tidak dilandasi kehendak tidak dipandang sebagai kamma.

Namun demikian, definisi ini, adalah definisi yang umum.  Apabila kita mengharapkan untuk mengklarifikasinya, dan melihatnya di dalam rentang makna yang menyeluruh, kita harus menganalisanya lebih mendalam, membaginya ke dalam perspektif yang berbeda

Secara dasariah, kamma adalah kehendak, yang mencakup kehendak, keinginan, pemilihan dan keputusan, atau energi yang mendorong ke arah perbuatan.  Kehendak adalah sesuatu yang mendorong dan mengarahkan semua perbuatan mahluk hidup.  Kamma adalah agen atau kekuatan pendorong di dalam semua pembentukan dan penghancuran yang dilakukan mahluk hidup, oleh karena itu, kehendak merupakan dasar / inti aktual dari kamma, seperti diberikan di dalam kata-kata Buddha: Cetanaham bhikkhave kammam vadami: Para bhikkhu, saya katakan, kehendak adalah kamma. Setelah berkehendak, kita membentuk kamma melalui jasmani, ucapan dan pikiran.

Pada titik ini, kita seyogyanya memperluas pengertian atas kata ‘kehendak’ (cetana) ini.  ‘Kehendak’ di dalam konteks Dhamma memiliki pengertian yang lebih halus daripada pengertian di dalam penggunaan umum.  Di dalam bahasa Indonesia, lebih cenderung digunakan kata ‘kehendak’ apabila kita ingin menyediakan suatu hubungan antara pikiran internal dengan hasil perbuatan eksternal. Sebagai contoh, kita cenderung untuk mengatakan,’Saya tidak berniat untuk melakukannya’, ‘Saya tidak berarti mengatakan itu’ atau ‘ia melakukannya tanpa kehendak’.  Namun menurut ajaran Dhamma, semua perbuatan dan perkataan, semua pikiran tidak masalah bagaimana bergulir, dan tanggapan pikiran terhadap berbagai objek yang diterima melalui indera penglihatan, indera pendengaran, indera penciuman, indera pengecapan dan indera sentuhan, dan perenungan di dalam batin itu sendiri, tanpa kecuali, mengandung unsur kehendak.  Kehendak, dengan demikian adalah dorongan atau pemilihan secara sadar atas objek kesadaran melalui batin.  Kehendak merupakan faktor yang mendorong batin untuk mengarah ke, atau menolak dari, berbagai objek kesadaran atau perhatian batin, atau untuk melanjutkan dalam arah tertentu.  Kehendak merupakan pembimbing, manajer atau pemerintah dari bagaimana batin menanggapi stimuli / rangsangan.  Kehendak merupakan kekuatan yang merencanakan dan mengorganisasikan proses pergerakan batin, dan secara mutlak kehendaklah yang menentukan berbagai kondisi yang dialami oleh batin.

Satu contoh kehendak adalah satu contoh kamma.  Apabila ada kamma, maka ada hasil yang segera.  Bahkan hanya satu saat pikiran kecil, walaupun tidak penting, tidaklah terlepas dari konsekuensinya. 

Punabbhava (tumimbal lahir) merupakan konsekuensi logis dari proses kamma.

Kamma dan tumimbal lahir saling terkait, dan merupakan ajaran pokok dalam Buddha Dhamma.  Sebelum kehadiran Buddha Gotama, kepercayaan tentang kamma dan tumimbal lahir sudah umum dikenal di India. Namun demikian, hanya Sang Buddha yang telah menerangkan dan memformulasikan kedua doktrin tersebut secara lengkap seperti yang kita miliki sekarang.

Apakah penyebab ketidaksamaan yang ada di antara umat manusia?

Bagaimanakah kita bertanggung jawab atas ketidaksamaan di dalam dunia yang tidak seimbang ini?

Mengapa seseorang harus dibesarkan di dalam kemewahan yang tak terhingga dengan sikap batin, moral dan kualitas fisik yang baik, sedangkan orang lainnya dilahirkan sebagai jutawan dan yang lainnya sebagai fakir miskin?  Mengapa seseorang harus memiliki keajaiban mental sedangkan yang lainnya idiot?   Mengapa seseorang dilahirkan dengan sikap ‘kesucian’ sedangkan yang lainnya memiliki kecenderungan kriminal? Mengapa seseorang harus memiliki kemampuan berbagai bahasa, sebagai artis, ahli matematika, dan sebagai musisi sejak kecil (balita)? Mengapa beberapa orang harus buta, tuli dan cacat sejak dilahirkan? Mengapa beberapa orang  dipuja sedangkan orang lainnya dikutuk/dicampakan sejak kelahirannya?

Secara pasti, terdapat satu sebab ATAU sebab-sebab yang mengakibatkan ketidaksamaan di antara umat manusia, ataukah murni merupakan kecelakaan semata?

Tak seorang pun yang memiliki kebijaksanaan akan berpikir bahwa ketidaksamaan, keragaman ini disebabkan oleh peluang membuta/untung-untungan (seperti teori peluang statistic) atau murni karena kecelakaan semata.

Di dunia ini tidak satupun yang terjadi bahwa manusia tidak berhak hanya karena beberapa alasan atau lainnya yang tak masuk akal.  Biasanya alasan atau alasan-alasan yang sesungguhnya, tidak dapat dimengerti oleh akal manusia atau intelektual biasa. Sebab tak terlihat yang pasti atau sebab-sebab dari akibat yang terlihat tidaklah perlu dibatasi hanya oleh kehidupan sekarang, namun dapat ditelusuri ke kelahiran sebelumnya atau kelahiran-kelahiran jauh sebelum kehidupan saat ini.

Dengan bantuan pengetahuan telesthesia dan retro- cognitive, tidak mungkinkah bagi seseorang yang dengan baik mengembangkan ‘penglihatannya’ untuk mencerap kejadian-kejadian yang secara biasa tidak dapat dicerap dengan fisik mata?  Umat Buddha mengakui kemungkinan pencerapan tersebut !

Beberapa kaum religius dengan puasnya mempertalikan ketidaksamaan ini kepada satu sebab tunggal seperti ‘Dewa/Tuhan Pencipta’ yang tidak dapat dimengerti.  Buddha secara langsung menolak keberadaan satu mahluk pencipta, yang diinterpretasikan sebagai ‘Mahluk Yang Maha Kuasa’ atau sebagai satu ‘kekuatan kosmik yang tanpa sebab.’

Istilah bahasa Pali yang setara bagi ‘Dewa/Tuhan Pencipta’ seperti di dalam kepercayaan lain adalah Issara (Isvara dalam bahasa Sansekerta) atau Brahma.  Di dalam Tipitaka secara mutlak tidak ada referensi tekstual apapun akan keberadaan satu mahluk pencipta atau hubungannya dengan kisah penciptaan manusia.

Meskipun kenyataannya bahwa Buddha tidak mendudukkan ‘Dewa/Tuhan’ gaib mengatasi manusia, beberapa pakar memaksakan bahwa Buddha bersikap diam terhadap pertanyaan kontroversial yang penting ini.  Pertanyaan-pertanyaan berikut ini akan jelas menunjukkan pandangan Buddha terhadap konsep satu ‘Dewa/Tuhan Pencipta.’

Di dalam Anguttara Nikaya, Buddha menyatakan ada 3 pandangan yang berbeda yang terdapat pada jaman Beliau. Satu dari ketiga pandangan tersebut adalah :

“Perasaan senang, tidak menyenangkan atau perasaan netral apapun yang dialami orang-orang ini, semuanya disebabkan oleh kreasi/ciptaan satu Dewa Agung (Issara-nimmanahetu).” (Anguttara Nikaya I, 174; Gradual Sayings I, 158).
Menurut pernyataan ini kita adalah apa yang diinginkan oleh satu ‘Pencipta.’  Masa depan kita tergantung sepenuhnya di dalam tangannya.  Nasib kita telah ditentukan olehnya. Keinginan bebas yang diakui sebagai ciptaannya tak pelak lagi merupakan kekeliruan.

Meng-kritik pandangan yang fatal ini, Buddha mengatakan:
“Demikian, kemudian, karena ciptaan dari satu Dewa Agung, orang-orang akan menjadi pembunuh, pencuri, pezinah, pembohong, pemfitnah, pembicara kasar, pembicara omong kosong, penuh nafsu serakah, berkeinginan jahat dan memiliki pandangan salah. Demikianlah bagi mereka yang bersandar pada ciptaan satu Dewa/Tuhan sebagai alasan utamanya, maka tidak akan ada keinginan untuk melakukan sesuatu, juga tidak ada usaha untuk melakukan, ataupun tidak perlu untuk melakukan perbuatan ini atau mengendalikan diri dari perbuatan itu.” (Anguttara Nikaya I, 174; Gradual Sayings I, 158).

Di dalam Devadaha Sutta (Majjhima Nikaya No. 101, ii. 222), berkenaan dengan pertapa telanjang, Buddha menyatakan:
“Apabila, O para bhikkhu, mahluk-mahluk mengalami penderitaan dan kebahagiaan sebagai hasil atau sebab dari ciptaan Dewa/Tuhan (Issaranimmanahetu), maka para pertapa telanjang ini tentu juga diciptakan oleh satu Dewa/Tuhan yang jahat/nakal (Papakena Issara), karena mereka kini mengalami penderitaan yang sangat mengerikan.”

Di dalam ajaran Buddha, perbedaan kondisi batin, moral, intelektual, temperamen merupakan kombinasi dari perbuatan dan tendensi kita di masa lalu maupun kini.

Walaupun Sang Buddha mengatributkan variasi atau keragaman ini karena Kamma, sebagai sebab terdekat dan utama di antara sebuah keragaman, namun bukanlah berarti bahwa segala sesuatu disebabkan oleh kamma. Ajaran Kamma, penting seperti adanya, hanya merupakan satu dari 24 (dua puluh empat) kondisi (paccaya), yang dideskripsikan di dalam ajaran Buddha.

Sebuah teks penting yang menceritakan Sang Buddha meng-‘counter’ sebuah pandangan keliru bahwa “segala sesuatu yang menyenangkan, tak menyenangkan ataupun netral yang dialami disebabkan oleh beberapa perbuatan lampau (pubbekatahetu), Sang Buddha menyatakan:

“Demikian, karena perbuatan lampau manusia menjadi pembunuh, pencuri, pe-zinah, pembohong..... berpandangan salah. Demikianlah bagi mereka yang bersandar pada kamma perbuatan lampau sebagai sebab utama, maka tidak akan ada keinginan untuk melakukan sesuatu, juga tidak ada usaha untuk melakukan, ataupun tidak perlu untuk melakukan perbuatan ini atau mengendalikan diri dari perbuatan itu.” (Anguttara Nikaya, I, 173).

Uraian tersebut bertentangan dengan kepercayaan bahwa semua kondisi fisik maupun kecenderungan batin lahir diakibatkan kamma. Apabila kehidupan kini secara total dikondisikan atau sepenuhnya dikontrol oleh kamma lampau, maka kamma tertentu cenderung mengarah ke fatalisme atau determinisme atau predestinasi. Seseorang tidak akan pernah memiliki kebebasan untuk menentukan kehidupannya kini dan akan datang. Artinya kebebasan berkehendak merupakan isapan jempol belaka. Kehidupan seolah bersifat murni mekanis, tak ubahnya sebuah mesin. Tak ada bedanya dengan dikontrol atau dikendalikan oleh “Dewa/Tuhan Pencipta”. Perbedaannya hanya perbedaan kata, yaitu kata “Dewa/Tuhan Pencipta” dengan kata “kamma” Susunan kata yang satu dapat disubstitusikan dengan kata yang lain, karena kekuatannya sama.

Quote
DOKTRIN KAMMA YANG DIAJARKAN OLEH BUDDHA BUKANLAH SEBUAH DOKTRIN FATALISTIK DEMIKIAN.

bersambung....

_/\_ :lotus:

Pages: 1 2 3 4 5 6 [7] 8 9 10 11 12 13 14 15
anything