//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.  (Read 551893 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Thema

  • Teman
  • **
  • Posts: 64
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Think Most Talk More
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #255 on: 26 December 2010, 02:40:45 PM »
Quote
Bro Thema yang baik, saya hanya mengutip poin 5 yang menurut saya tidak benar.
Sang Buddha membebaskan diri Beliau lebih dahulu, setelah mendapatkan cara pembebasan lalu menolong mahluk lain dengan mengajarkan jalan pembebasan juga.
Ini juga merupakan jalan yang ditempuh para Siswa Ariya, yang berusaha mempelajari jalan pembebasan bagi diri mereka, baru menolong mahluk lain dengan mengajarkan jalan pembebasan yang telah dialami/dipahaminya.

Jika para Siswa Ariya/Sang Buddha mau egois, setelah mendapatkan jalan pembebasan/pencerahan mereka tak perlu repot-repot mengajarkan mahluk lain jalan pembebasan. Sebodo amat, ya kan...?

setuju

Quote
Apakah sikap tidak egois ditunjukkkan dengan membaca mantra agar mahluk lain selamat/ diselamatkan mahluk lain (Bodhisatta/Buddha) atau secara langsung mengajarkan jalan pembebasan bagi diri mereka...? Sehingga mereka terbebas dan mencapai jalan ke Nibbana...?

Jadi membaca mantra tidak bisa membebaskan/menyelamatkan? Kalau jawabannya ya, itulah KECENDERUNGAN pikiran/jawaban Theravadin.

Quote
Menurut anda manakah yang lebih egois:
- Membaca mantra agar orang lain selamat, agar ditolong Bodhisatta/Buddha, melepas kura-kura burung, tidak makan daging dan lain-lain, atau....
- Mengajarkan dan membimbing mahluk lain bermeditasi Vipassana agar mencapai jalan pembebasan bagi dirinya, hingga mencapai Nibbana...? Dan lebih dari itu mereka yang telah diselamatkan (telah mencapai Nibbana) lalu pada gilirannya juga membimbing mahluk lain yang belum terbebas agar menjadi selamat dan terbebas juga/mencapai Nibbana...?

saya tidak dalam posisi menghakimi mana yang lebih baik atau lebih buruk. saya hanya menganalisis kecenderungan-kecenderungan yang sangat ‘abhi’ alias halus, tinggi, dan luas sekali.

_/\_
Think most :?? Talk more ;D

Offline Thema

  • Teman
  • **
  • Posts: 64
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Think Most Talk More
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #256 on: 26 December 2010, 02:42:27 PM »
Quote
kayaknya yg dimaksudkan om thema di atas adalah penganutnya.

Bro Morpheus, thanks ya, telah menafsirkan maksud saya dengan tepat.

Think most :?? Talk more ;D

Offline Thema

  • Teman
  • **
  • Posts: 64
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Think Most Talk More
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #257 on: 26 December 2010, 03:00:38 PM »
Jika mau mengerti Buddha Dhamma, referensi Tipitaka  ^:)^
kalau cuma membandingkan pendapat pribadi2 tentunya tidak akan ketemu, malah bingung ???

Tipitaka atau Tripitaka adalah step awal mengerti Buddha Dhamma/ Dharma. Saya sudah cukup banyak membaca sutta/sutra bahkan sedang mendalami abhidhamma.

Tapi apakah kita akan terus menerus berpatokan pada sebuah 'buku' yang tingkat kebenarannya tidak 100%?
Ingat bahwa Buddha sendiri mendorong kita berpikir kritis dan skeptis sebelum menerima sebuah ajaran.
Mengapa kita bisa menerapkan pikiran kritis dan skeptis kepada ajaran/kitab agama lain namun tidak mau menerapkannya ke Tipitaka/Tripitaka.

Terus terang saya mempercayai tingkat kebenaran Tipitaka sekitar 90% dan Tripitaka hanya sekitar 70% saja (mengingat begitu tidak sistematisnya sutra-sutra dan begitu banyak variasi sutra dari begitu banyak aliran). ;D

Ini masih lebih baik lho dibandingkan Veda/Upanishad/Bhagavad Gita yang bagi saya tingkat kebenarannya kira-kira 50%, Bible 30%, dan paling parah Qur'an yang hanya 10%. :))



Think most :?? Talk more ;D

Offline Thema

  • Teman
  • **
  • Posts: 64
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Think Most Talk More
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #258 on: 26 December 2010, 03:21:07 PM »
Dengan mengatakan bahwa Theravada menuduh Mahayana dan sebaliknya, tentu yg anda maksudkan adalah ajaran dari kedua aliran tersebut. dalam sutta manakah terdapat tuduhan dari theravada bahwa mahayana menganut eternalistik?

saya tidak bermaksud membahas terlalu jauh sampai ke sutta/sutra yang ujung-ujungnya pasti debat kusir seperti di PANDANGAN KRITIS MENGENAI MAHAYANA yang sudah mencapai 130-an halaman. Lagipula saya tidak mempercayai kebenaran sutta/sutra 100% (hanya 90% untuk Tipitaka dan 70% untuk Tripitaka seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, tentu saja angka 90% dan 70% ini bukan angka mutlak, hanya sebagai deskripsi saja)

saya hanya membahas KECENDERUNGAN-KECENDERUNGAN dari pola pikir yang sangat halus, tinggi dan luas dari para pengikut dari kedua belah pihak yang kadang tidak disadari oleh mereka sendiri.

I can see that TENDS. Can't you see them?

Kembali lagi ke IDE saya mengenai AN-ATTA yang seharusnya secara logis berpasangan dengan NIHILISME dan ketika parinibbana sebagai padamnya atta didefinisikan sebagai BUKAN nihilis dan BUKAN eternalis, definisi yang tidak jelas dan tidak bisa dicapai pikiran kita yang awam itulah yang menurut saya pribadi merupakan asal muasal dari perdebatan tiada akhir antara Theravada dan Mahayana yang kemudian merembet kemana-mana hingga ke konsep/teori mengenai arahat dan bodhisattva.
Think most :?? Talk more ;D

Offline Thema

  • Teman
  • **
  • Posts: 64
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Think Most Talk More
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #259 on: 26 December 2010, 03:39:46 PM »


bro Thema yg baik,
- apakah sesuatu yg tidak sesuai dengan textual bisa dibilang liberal/ceroboh?

mettacittena,

Begini saja, coba kita bayangkan antara orang-orang terpelajar seperti kita (anggaplah kita berdua sudah lulus universitas) dengan seorang businessman yang hanya lulus SMA. Kita yang terpelajar umumnya cenderung konservatif dan tidak terlalu berani mengambil resiko karena kita ini boleh dibilang 'kutubuku' (pinjem istilah bro Tan) alias demennya menggeluti 'textbook' saja. Bandingkan dengan businessman yang hanya lulus SMA dan tidak demen baca buku alias tidak kutubuku seperti kita, sehingga tindakannya cenderung bebas dan berani langgar aturan pemerintah misalnya menjalankan bisnis padahal belum ada akte notaris PT atau CV nya, atau bikin merk tanpa izin dari deperindag, atau membuat produk makanan tanpa izin depkes terlebih dulu, atau tidak melakukan business planning yang matang, dll. Pokoknya 'ceroboh' sekali dalam pandangan kita. Slogan mereka hanya "Just do it!" kayak iklan Nike tempo dulu.  Kita mungkin takut berbuat seperti itu, tapi mereka tidak tuh. Dan bisa jadi akhirnya mereka lebih sukses dibandingkan kita yang sarjana. =))

Kalo anda pikir perumpamaan mengenai bisnis di atas nggak pas (kadang saya pikir organisasi agama itu semacam organisasi bisnis, sorry kalau saya ini kadang nyerempet-nyerempet atheis ^-^ ). Coba kita lihat Tzu Chi saja deh yang prinsipnya juga Just Do It. Dan terbukti mereka suskes khan? Bekerja sambil belajar dari kerja itu sendiri. ;D
« Last Edit: 26 December 2010, 03:48:47 PM by Thema »
Think most :?? Talk more ;D

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.375
  • Reputasi: 42
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #260 on: 26 December 2010, 04:43:52 PM »
setuju

Jadi membaca mantra tidak bisa membebaskan/menyelamatkan? Kalau jawabannya ya, itulah KECENDERUNGAN pikiran/jawaban Theravadin.
Kalau anda sudah tahu,kenapa anda harus bertanya?

Quote
saya tidak dalam posisi menghakimi mana yang lebih baik atau lebih buruk. saya hanya menganalisis kecenderungan-kecenderungan yang sangat ‘abhi’ alias halus, tinggi, dan luas sekali.
Jawabannya karena tulisan tebal diatas.Makanya topik ini anda buat dimasing-masing board yang strategis.Dengan memberikan pandangan-pandangan yang bertentangan sehingga masing-masing mengeluarkan pikirannya.Dan setiap tebakan anda benar maka anda akan mengatakan ini kecenderungan pikiran penganut theravada.Ini kecenderungan mahayana.Dan jika tidak ada yang menjawab sama sekali maka anda akan bingung,dan karena topik yang membuat orang bereaksi adalah yang menyerang individu,makanya anda tampilkan.

Jika anda memang sudah mempelajari sekian banyak.Dan dengan kemampuan menganalisa yang anda punya,pasti anda sudah mengerti.Untuk apalagi permainan yang anda buat???Untuk pembuktian???Untuk menyamakan??

Saya yakin anda sudah tahu pola pikir seorang theravada akan banyak menggunakan logika dan mahayana dengan rasa.
Contoh:
1. Jika ada seekor burung diudara.
Orang yang memakai logika akan melihat dan berkata,"Ada yang burung yang sedang terbang diudara !"
Orang yang memakai rasa akan melihat dan berkata,"Oh,indahnya...lihatlah burung itu sedang menari-nari diangkasa."
2. Jika ada seseorang istri yang sedang berduka cita karena suaminya meninggal.
Orang yang memakai logika akan melihat dan berkata."Kasihan dia,sekarang dia harus seorang diri."
Orang yang memakai rasa akan melihat dan berkata,"Kasihan dia,sekarang dia pasti merasakan sakit karena kehilangan orang yang dicintainya."

Saya tidak membawa nama theravada atau mahayana.Tapi pada orangnya...karena tidak semua pemeluk theravada atau mahayana seperti yang anda pikirkan.Orang yang biasa memakai logika karena bergerak karena hasil pikirannya,apakah itu benar atau tidak benar,bermanfaat atau tidak bermanfaat.Sedangkan orang yang memakai rasa bergerak terutama karena rasa yang diterimanya.menyenangkan atau tidak menyenangkan atau tidak 22-nya.

Orang yang memakai logika akan cocok meditasi dengan menyadari objek adalah objek..kontak adalah kontak dst.Mereka akan memahami dengan cara seperti itu,dengan hanya melihat objek tanpa tercampur konsep-konsep dan lainnya.Sehingga sedikit demi sedikit nafsu keinginannya/kemelekatannya mulai hilang.Tapi jika disuruh dengan objek yang menyangkut rasa misalnya yang menjijikkan atau menyayangi...naka mereka akan bingung.Karena mereka memang unggul dilogika bukan di rasa.

Orang yang memakai rasa jika diterangkan dengan cara logika juga tidak akan menangkap.Malah membosankan bagi mereka.Disuruh melatih meditasi dengan nafas keluar masuk saja,tidak akan bertahan lama.Karena membosankan..Tapi jika disuruh dengan objek seperti cinta kasih.Dia bisa merasakan rasa bahagia dan bisa mempertahankan rasa itu.Dan dia mendeteksi dengan rasa.Jika rasa itu menuju kearah yang menyenangkan maka itu tidak boleh,jika kearah tidak menyenangkan juga tidak boleh.Pada posisi netrallah,yang dipertahankan.Sehingga orang yang bergerak karena rasa,dia bisa menyayangi tanpa melekat.Yang bagi pemakai logika itu agak susah dicerna.Bagi pemakai logika,itu bukan menyayangi tanpa melekat tapi yang terbayang tanpa perasaan.

Tapi apakah para pemakai logika dia tidak bisa menyayangi?Bisa,tapi dia bergerak berupa...itu makhluk sedang menderita dan harus ditolong.Sebatas itu yang bekerja disistem pikirannya.

Dan Sang Buddha tahu itu,sehingga banyak sekali objek dan cara yang diberikan.Sang Buddha tidak pernah memaksakan kecenderungan yang satu harus melakukan kecenderungan yang lain.Tapi dia memberikan dhamma dan membantu pencapaian kesucian satu makhluk sesuai dengan kelebihan masing-masing.Karena dia sangat bijaksana,dia tahu tidak akan bermanfaat jika itu dilakukan.





PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #261 on: 26 December 2010, 04:52:55 PM »
setuju

Jadi membaca mantra tidak bisa membebaskan/menyelamatkan? Kalau jawabannya ya, itulah KECENDERUNGAN pikiran/jawaban Theravadin.

Bro Thema yang baik, Saya ingin bertanya kepada saudara apakah menurut anda dengan membaca mantra bisa membebaskan mahluk hidup dari kelahiran berulang/ Nibbana...? Bila ya coba terangkan bagaimana caranya...?

Quote
saya tidak dalam posisi menghakimi mana yang lebih baik atau lebih buruk. saya hanya menganalisis kecenderungan-kecenderungan yang sangat ‘abhi’ alias halus, tinggi, dan luas sekali.

_/\_

Pertanyaannya, apakah memiliki kecenderungan itu keadaan batin yang baik atau buruk? Manakah yang harus diperhatikan kecenderungan-kecenderungan batin atau isi dari kecenderungan-kecenderungan batin itu..?
 
_/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.375
  • Reputasi: 42
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #262 on: 26 December 2010, 04:54:37 PM »
Kembali lagi ke IDE saya mengenai AN-ATTA yang seharusnya secara logis berpasangan dengan NIHILISME dan ketika parinibbana sebagai padamnya atta didefinisikan sebagai BUKAN nihilis dan BUKAN eternalis, definisi yang tidak jelas dan tidak bisa dicapai pikiran kita yang awam itulah yang menurut saya pribadi merupakan asal muasal dari perdebatan tiada akhir antara Theravada dan Mahayana yang kemudian merembet kemana-mana hingga ke konsep/teori mengenai arahat dan bodhisattva.
Bukan karena itu..tapi karena masing-masing berbeda keunggulan.Dan perdebatan terjadi karena ingin mengetahui, karena seni berbicara dan karena ingin memuaskan ego.Dan sebagian kecil ingin mendapatkan kemajuan karena perdebatan baik dalam sisi melatih kesabaran,baik dalam berbicara,baik dalam melatih kecepatan mengetik dan banyak lagi yang lainnya.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.375
  • Reputasi: 42
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #263 on: 26 December 2010, 05:08:00 PM »
Begini saja, coba kita bayangkan antara orang-orang terpelajar seperti kita (anggaplah kita berdua sudah lulus universitas) dengan seorang businessman yang hanya lulus SMA. Kita yang terpelajar umumnya cenderung konservatif dan tidak terlalu berani mengambil resiko karena kita ini boleh dibilang 'kutubuku' (pinjem istilah bro Tan) alias demennya menggeluti 'textbook' saja. Bandingkan dengan businessman yang hanya lulus SMA dan tidak demen baca buku alias tidak kutubuku seperti kita, sehingga tindakannya cenderung bebas dan berani langgar aturan pemerintah misalnya menjalankan bisnis padahal belum ada akte notaris PT atau CV nya, atau bikin merk tanpa izin dari deperindag, atau membuat produk makanan tanpa izin depkes terlebih dulu, atau tidak melakukan business planning yang matang, dll. Pokoknya 'ceroboh' sekali dalam pandangan kita. Slogan mereka hanya "Just do it!" kayak iklan Nike tempo dulu.  Kita mungkin takut berbuat seperti itu, tapi mereka tidak tuh. Dan bisa jadi akhirnya mereka lebih sukses dibandingkan kita yang sarjana. =))


Coba anda tukar kejadiannya dengan bagian farmasi.Orang yang harus mengaduk-ngaduk obat dengan takaran yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi dan harus menghafal segala macam dan fungsi kimianya.Apakah yang SMA itu lebih sukses dari yang kutubuku?
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #264 on: 26 December 2010, 05:26:25 PM »
saya tidak bermaksud membahas terlalu jauh sampai ke sutta/sutra yang ujung-ujungnya pasti debat kusir seperti di PANDANGAN KRITIS MENGENAI MAHAYANA yang sudah mencapai 130-an halaman. Lagipula saya tidak mempercayai kebenaran sutta/sutra 100% (hanya 90% untuk Tipitaka dan 70% untuk Tripitaka seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, tentu saja angka 90% dan 70% ini bukan angka mutlak, hanya sebagai deskripsi saja)

saya hanya membahas KECENDERUNGAN-KECENDERUNGAN dari pola pikir yang sangat halus, tinggi dan luas dari para pengikut dari kedua belah pihak yang kadang tidak disadari oleh mereka sendiri.

I can see that TENDS. Can't you see them?

Kembali lagi ke IDE saya mengenai AN-ATTA yang seharusnya secara logis berpasangan dengan NIHILISME dan ketika parinibbana sebagai padamnya atta didefinisikan sebagai BUKAN nihilis dan BUKAN eternalis, definisi yang tidak jelas dan tidak bisa dicapai pikiran kita yang awam itulah yang menurut saya pribadi merupakan asal muasal dari perdebatan tiada akhir antara Theravada dan Mahayana yang kemudian merembet kemana-mana hingga ke konsep/teori mengenai arahat dan bodhisattva.

Bro Thema yang baik, pikiran anda persis dengan pikiran pak Hudoyo, yang beranggapan atta ada dan kemudian lenyap (padam) dengan pencapaian Nibbana.... Itu adalah pandangan salah (miccha ditthi) menurut Theravada.

Ada 4 pandangan salah mengenai atta (sakkaya ditthi) yang berhubungan dengan kelima khandha, sehingga total pandangan salah sakkaya ditthi tersebut menjadi 20.

Keempat pandangan salah tersebut menurut Manual of Buddhist terms and doctrines, oleh Nyanatiloka Mahathera yaitu:
1.  Beranggapan bahwa atta adalah identik dengan kelima khandha.
2.  Beranggapan bahwa atta ada pada setiap khandha
3.  Beranggapan bahwa atta terpisah dari khandha
4.  Beranggapan bahwa atta memiliki khandha.

Mengenai kemampuan untuk mengerti secara jelas konsep anatta, tidak bisa dicapai dengan membaca dan berusaha menyerap teori, bukan demikian caranya menyelami paham anatta.

Cara untuk memahami anatta adalah dengan bermeditasi Vipassana hingga, pengetahuan itu muncul dengan sendirinya setelah perhatian dan konsentrasi kita semakin mendalam.

Dan pengetahuan yang sangat jelas muncul hampir berbarengan dengan lenyapnya sakkaya ditthi.

 _/\_

« Last Edit: 26 December 2010, 05:32:04 PM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #265 on: 26 December 2010, 09:22:50 PM »
kok bisa ada yang bilang kalau theravada itu individualis, katanya mementingkan penyelamatan diri sendiri....lha kan tidak bisa ditemukan individu yang kekal pada diri sendiri dan makhluk lain....jadi buat apa menyelamatkan makhluk lain? diri sendiri aja nda pernah ada kok.......

jadi nda pernah ada yang mengalami dukkha dan tidak ada yang pernah bebas dari dukkha...

kalau seseorang berusaha bebas dari dukkha, kan hal itu sendiri hanya akan membawa dukkha lebih banyak?

yang paling logis ya, ternyata dukkha nda pernah ada kok...jadi tidak usah melepaskan diri dari dukkha....(dukkha kan nda pernah ada)

santai2 saja....

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #266 on: 26 December 2010, 09:53:13 PM »
kok bisa ada yang bilang kalau theravada itu individualis, katanya mementingkan penyelamatan diri sendiri....lha kan tidak bisa ditemukan individu yang kekal pada diri sendiri dan makhluk lain....jadi buat apa menyelamatkan makhluk lain? diri sendiri aja nda pernah ada kok.......

jadi nda pernah ada yang mengalami dukkha dan tidak ada yang pernah bebas dari dukkha...

kalau seseorang berusaha bebas dari dukkha, kan hal itu sendiri hanya akan membawa dukkha lebih banyak?

yang paling logis ya, ternyata dukkha nda pernah ada kok...jadi tidak usah melepaskan diri dari dukkha....(dukkha kan nda pernah ada)

santai2 saja....

 ??? ??? ??? ???

Offline Thema

  • Teman
  • **
  • Posts: 64
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Think Most Talk More
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #267 on: 27 December 2010, 01:57:58 PM »
Waduh, banyak sekali nih tanggapannya, bingung mau jawab yang mana dulu. :))

Harap menjaga ketenangan batin dan konsentrasi pikiran kita. ;D

Sebab percuma kita belajar samadhi (konsentrasi pikiran baik vipassana maupun membaca mantra) tapi begitu dihadapkan pada dunia nyata yang real, buyar semua terbawa emosi, sebel, kesel, marah. >:D

Itu hanya membawa akusala cetasika bagi kita. ;)

Saya perlu waktu untuk mempelajari, merenungkan, dan menjawab semua tanggapan di atas.  ;D

Satu dua hari lagi saya akan memberikan tanggapan saya satu per satu.

Harap sabar ya. Antri satu per satu. :))

Citta & Metta

Think most :?? Talk more ;D

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #268 on: 27 December 2010, 02:12:01 PM »
Waduh, banyak sekali nih tanggapannya, bingung mau jawab yang mana dulu. :))

Harap menjaga ketenangan batin dan konsentrasi pikiran kita. ;D


terima kasih atas nasihatnya, ketenangan batin dan konsentrasi pikiran kami biarlah kami yg mengurusnya, anda silahkan mengurus batin dan pikiran anda sendiri.

Offline Fake_Id

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: 0
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #269 on: 27 December 2010, 02:47:26 PM »
Quote
Fabian C :
Cara untuk memahami anatta adalah dengan bermeditasi Vipassana hingga, pengetahuan itu muncul dengan sendirinya setelah perhatian dan konsentrasi kita semakin mendalam.

Apakah bro sudah menembusnya? atau member-member theravada lainnya ada? jika tidak siapapun yang membicarakan annata hanya asal bicara omong kosong dengan teori dan akhirnya terjebak pada ego masing-masing yang notabene makin kuat egonya tetapi mengatakan tau anatta ha..ha. Bisa jadi yang dikatakan thema bisa benar adanya.

Kalau memang memahami anata dengan vipasana, mendingan ramai-ramai berlatih vipasana baru dishare ketika menembusnya. Kalau hanya teori akhirnya terpleset  ha..ha


 

anything