Topik lama, tetapi sepertinya masih menarik.
Bro semua, ada Bhante yang menyatakan pendapatnya seperti dibawah ini :
Bahwa ajaran Buddha yang dibabarkan zaman sekarang ini dapat menyimpang dari ajaran yg sejati.
Walau dibabarkan oleh Bhikku atau dijelaskan dibuku harus dibandingkan dengan Sutta Pitaka dan Vinaya Pitaka,
Bila tidak sesuai dengan Sutta dan Vinaya, maka janganlah dianggap sebagai ajaran Buddha yang benar.
Pernyataan ini praktis mematikan Kalama Sutta yang mengatakan, "Janganlah percaya begitu saja apa yang tertulis di dalam kitab-kitab suci".
Vipassana baru ada 30 tahun terakhir, dalam Tipitaka tidak ada istilah Vipassana.
Sang Buddha tidak mengajarkan Vipassana, Vipasanna adalah istilah yang dipopulerkan oleh Bhante Mahasi Sayadaw, agar orang2 tertarik pada metoda meditasi yang lebih 'mudah' (krn tidak mencapai jhana), tapi dapat mencapai tingkat2 kesucian.
Selain itu, murid2 sang Buddha pada jaman dulu hanya mengagungkan Samatha Bhavana,
Juga dalam Mahasatipathana Sutta yang dijelaskan adalah Samatha Bhavana.
Ini orang ngomong ga pake research.
Vipassana muncul di mana-mana, ini salah satunya:
‘‘Tena hi tvaṃ, vaccha, dve dhamme uttari bhāvehi – samathañca vipassanañca."
"Kemudian, Vaccha, kembangkanlah dua hal - Samatha dan Vipassana."
(Majjhima Nikaya, 73. Maha-Vacchagotta Sutta)
Dalam terjemahan Bahasa Inggris, biasa "Samatha dan Vipassana" disebut "Calm and Insight".
Kesucian tingkat pertama (Sotapana) dapat dicapai hanya dengan mendengarkan dan membaca ttg dhamma, dan bukan dengan meditasi Vipassana.
Sedangkan tingkat2 kesucian yang lebih tinggi hanya dapat dicapai setelah mencapai jhana jhana dalam menditasi Samatha Bhavana.
Setelah jhanna tanpa bentuk tingkat 4 (jhanna ke 8 ) ada jhanna ke 9, dimana orang yang mencapai jhanna 9 berarti telah mencapai Nibbana, dengan kata lain orang yang dapat mencapai jhana 9 dapat menjadi seorang Arahat.
Sungguh menarik. Berarti kisah Agga-Savika Khema mencapai Arahatta hanya dengan melihat gambaran orang menjadi tua adalah tidak benar.
Apakah pendapat ini bisa diterima?
Terus terang, Pendapat yg dinyatakan Bhante ini agak bertentangan dengan pandangan saya yang selama ini saya yakini..
Bagaimana menurut pendapat bro sekalian?
Menurut pendapat saya, bhante berbicara satu kebenaran dan telah menunjukkannya.
Bahwa ajaran Buddha yang dibabarkan zaman sekarang ini dapat menyimpang dari ajaran yg sejati.
Ia sudah membuktikan bahwa ia sekarang ini ada ajaran yang menyimpang.