//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta  (Read 76811 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #105 on: 19 February 2009, 09:40:00 AM »
Teman-teman,

Memang susah menerangkan mengenai nimitta, terutama patibhaga nimitta bagi orang yang belum mengalami langsung, Mungkin saya hanya bisa memberi pedoman seperti ini, bila kita melihat nimitta seperti orang yang matanya minus sembilan melihat mobil berwarna merah yang berjarak 3 hingga limameter di depan itu masih disebut uggaha nimitta. bila yang melihat adalah orang yang normal matanya melihat mobil yang sama dari jarak satu meter maka seperti itulah patibhaga nimitta, pokoknya bila anda melihat nimitta sejelas anda melihat dengan mata terbuka, maka itulah patibhaga nimitta.

Mudah-mudahan pada ngiri sama pengalaman saya hehehe...

sukhi hotu

Ko Fabian...

Imo.... melihat nimitta itu adalah proses kesadaran melalui manodvara vithi.

Lokiya apanna vithi (disebut jg citta vithi yg mempunyai jhana) timbul hanya dalam manodvara vithi.

_/\_ :lotus:



Ceu Lily yang baik,
Ceu Lily terangkan dalam bahasa Indonesia dong vitthi itu apa dsbnya, supaya menjadi jelas.

Oh ya dalam kasus tertentu patibhaga nimitta muncul dalam keadaan mata terbuka dan nimitta tsb nampak sama jelasnya, baik membuka mata maupun menutup mata.

Demikian kuatnya nimitta tersebut sehingga dalam keadaan membuka mata, apapun yang ada di belakang nimitta tersebut tidak nampak, karena tertutup oleh nimitta.

hayo... tambah kepengen latihan meditasi kan?

trims
sukhi hotu

 _/\_

Citta : Kesadaran/pikiran
Vithi : proses yg berkesinambungan.
Citta Vithi : proses kesadaran yang berkesinambungan
Manodvara : Pintu Pikiran
Manodvara Vithi : Proses kesadaran yang melalui Pintu Pikiran.

Kalo melihat nimitta itu kek proses kesadaran dalam jhana, maka itu adalah proses kesadaran melalui pintu pikiran. ini adalah asumsiku...soalnya di buku abhidhammatthasangaha tidak di jelaskan citta vithinya org yg melihat nimitta itu. Kalo melalui manodvara vithi berarti kesadaran melihat (pancadvara/pintu panca indera) tidak berfungsi.

Maaf...Ko Fabian...mungkin saja asumsiku bisa salah...soalnya saya belum mengalami nimitta tsb. tolong di koreksi kalo saya salah.

Anumodana..._/\_

 :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #106 on: 19 February 2009, 10:00:58 AM »
Quote
2. Apakah pikiran atau dengan pintu pikiran  yg melihat patibagha nimitta?
yup, manodrava (mano = indra pikiran)

Quote
lalu kesadaran apa yg muncul saat kita melihat patibagha nimitta dalam meditasi kita?
manodvaravajjana

vitthinya adalah:
"Na-Da-Ma-Ja-Ja-Ja...dst.."-Bh-Bh

Na&Da = 2 bhavanga, yg bergetar & terputus
Ma = manodvaravajjana (mind-door-adverting consciousness)
Ja = javana (impulsive consciousness (enjoying taste of the sense object)
Bh = Bhavanga


Quote
3. Apakah bisa pintu pikiran atau pikiran itu "melihat" patibagha nimitta?
bisa, namun bukan dalam artian "melihat" seperti melihat dg mata

Quote
Yang pasti patibagha nimitta ini bukanlah hasil imajinasi. tapi refleksi kejernihan batin.
ya & tidak.
utk parikamma nimitta & uggaha nimitta, adalah imajinasi dari yogi dapat bantuan melihat objek aslinya terlebih dahulu
utk patibhaga nimitta, nimitta yg sebelumnya imajinasi mengalami perubahan, yaitu menjadi bebas dari cacat, yg disebabkan oleh kejernihan pikiran.
oh ya... imaginasi bukan berarti lamunan. imaginasi artinya membuat gambaran tentang objek pada pikiran kita...
proses imaginasi ini lebih jelas dideskripsikan dalam tahapan latihan meditasi objek kasina.
teorinya sih begitu...

Quote
Kalo saya sih pake bahasa tarzannya melihat nimitta dengan "mata batin" ngak tau bahasa keren abhidhamma atau bahasa palinya apa
nimitta dilihat dg manodvara (pintu pikiran).

Quote
Nah mungkin ada yg bisa menjelaskan lebih detil dari pakar abhidhamma,meditasi ataupun sutta. monggo....
itu penjelasan berdasarkan the essense of visuddhi magga...
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #107 on: 19 February 2009, 10:52:06 AM »
Quote
2. Apakah pikiran atau dengan pintu pikiran  yg melihat patibagha nimitta?
yup, manodrava (mano = indra pikiran)

Quote
lalu kesadaran apa yg muncul saat kita melihat patibagha nimitta dalam meditasi kita?
manodvaravajjana

vitthinya adalah:
"Na-Da-Ma-Ja-Ja-Ja...dst.."-Bh-Bh

Na&Da = 2 bhavanga, yg bergetar & terputus
Ma = manodvaravajjana (mind-door-adverting consciousness)
Ja = javana (impulsive consciousness (enjoying taste of the sense object)
Bh = Bhavanga


Quote
3. Apakah bisa pintu pikiran atau pikiran itu "melihat" patibagha nimitta?
bisa, namun bukan dalam artian "melihat" seperti melihat dg mata

Quote
Yang pasti patibagha nimitta ini bukanlah hasil imajinasi. tapi refleksi kejernihan batin.
ya & tidak.
utk parikamma nimitta & uggaha nimitta, adalah imajinasi dari yogi dapat bantuan melihat objek aslinya terlebih dahulu
utk patibhaga nimitta, nimitta yg sebelumnya imajinasi mengalami perubahan, yaitu menjadi bebas dari cacat, yg disebabkan oleh kejernihan pikiran.
oh ya... imaginasi bukan berarti lamunan. imaginasi artinya membuat gambaran tentang objek pada pikiran kita...
proses imaginasi ini lebih jelas dideskripsikan dalam tahapan latihan meditasi objek kasina.
teorinya sih begitu...

Quote
Kalo saya sih pake bahasa tarzannya melihat nimitta dengan "mata batin" ngak tau bahasa keren abhidhamma atau bahasa palinya apa
nimitta dilihat dg manodvara (pintu pikiran).

Quote
Nah mungkin ada yg bisa menjelaskan lebih detil dari pakar abhidhamma,meditasi ataupun sutta. monggo....
itu penjelasan berdasarkan the essense of visuddhi magga...

Terima kasih atas penjelasannya mengenai manodvara. Adakah referensi khusus mengenai kesadaran "melihat nimitta" kaitannya  dg manodvara? karena menurut mami Lily di Abhidhamma tidak ada penjelasan tsb. Bagaimana mengenai hal tersebut?

Lalu bagaimana dengan kasus yg dikatakan oleh ko Fabs yaitu saat dalam keadaan mata terbuka melihat patibagha nimitta? karena ini benar2 bisa terjadi dan fakta, bagaimana prosesnya?

 

Dan mengenai imajinasi saya rasa arti imajinasi = khayalan. Dalam objek kasina lebih tepat disebut memvisualisasikan atau membayangkan objek nyata dan dijadikan objek meditasi bukan imajinasi. Karena bila objek kasina diimajinasikan maka konsentrasi tidak dapat tercapai. Mengapa karena kita akan terpleset pada kekotoran ciri dari kasina sehingga patibagha nimitta tidak pernah tercapai.

Dan dalam meditasi ugaha nimitta atau patibagha nimitta bukan hasil dari imaginasi. Tapi nimitta itu muncul sebagai refleksi dari watak ataupun gambaran batin kita. Dalam hal ugaha masih terdapat kekotoran berbeda dengan patibagha nimitta.

Dalam hal nimitta dari kasina  muncul karena kuatnya konsentrasi terhadap visualisasi objek kasina tanpa adanya gangguan dalam pikiran(patibagha nimitta kasina) atau hasil refleksi dari kuatnya(konsentrasi) memvisualisasi objek dan kejernihan batin

refleksi = pantulan /cermin, imajinasi adalah berkhayal atau membayangkan yg tidak2 tanpa arah atau tujuan atau yg tidak nyata.

Essence of visuddhi magga terjemahan siapa yg Anda jadikan referensi?. Saya cross check yg ditulis Dr.Mehm Tin Mon tidak ada nimitta karena hasil dari imajinasi.
« Last Edit: 19 February 2009, 11:03:18 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #108 on: 19 February 2009, 11:03:00 AM »
Quote
2. Apakah pikiran atau dengan pintu pikiran  yg melihat patibagha nimitta?
yup, manodrava (mano = indra pikiran)

Quote
lalu kesadaran apa yg muncul saat kita melihat patibagha nimitta dalam meditasi kita?
manodvaravajjana

vitthinya adalah:
"Na-Da-Ma-Ja-Ja-Ja...dst.."-Bh-Bh

Na&Da = 2 bhavanga, yg bergetar & terputus
Ma = manodvaravajjana (mind-door-adverting consciousness)
Ja = javana (impulsive consciousness (enjoying taste of the sense object)
Bh = Bhavanga


Quote
3. Apakah bisa pintu pikiran atau pikiran itu "melihat" patibagha nimitta?
bisa, namun bukan dalam artian "melihat" seperti melihat dg mata

Quote
Yang pasti patibagha nimitta ini bukanlah hasil imajinasi. tapi refleksi kejernihan batin.
ya & tidak.
utk parikamma nimitta & uggaha nimitta, adalah imajinasi dari yogi dapat bantuan melihat objek aslinya terlebih dahulu
utk patibhaga nimitta, nimitta yg sebelumnya imajinasi mengalami perubahan, yaitu menjadi bebas dari cacat, yg disebabkan oleh kejernihan pikiran.
oh ya... imaginasi bukan berarti lamunan. imaginasi artinya membuat gambaran tentang objek pada pikiran kita...
proses imaginasi ini lebih jelas dideskripsikan dalam tahapan latihan meditasi objek kasina.
teorinya sih begitu...

Quote
Kalo saya sih pake bahasa tarzannya melihat nimitta dengan "mata batin" ngak tau bahasa keren abhidhamma atau bahasa palinya apa
nimitta dilihat dg manodvara (pintu pikiran).

Quote
Nah mungkin ada yg bisa menjelaskan lebih detil dari pakar abhidhamma,meditasi ataupun sutta. monggo....
itu penjelasan berdasarkan the essense of visuddhi magga...

Terima kasih atas penjelasannya mengenai manodvara. Adakah referensi khusus mengenai kesadaran "melihat nimitta" kaitannya  dg manodvara? karena menurut mami Lily di Abhidhamma tidak ada penjelasan tsb. Bagaimana mengenai hal tersebut?

Lalu bagaimana dengan kasus yg dikatakan oleh ko Fabs yaitu saat dalam keadaan mata terbuka melihat patibagha nimitta? karena ini benar2 bisa terjadi dan fakta, bagaimana prosesnya?

 

Dan mengenai imajinasi saya rasa arti imajinasi = khayalan. Dalam objek kasina lebih tepat disebut memvisualisasikan atau membayangkan objek nyata dan dijadikan objek meditasi bukan imajinasi. Karena bila objek kasina diimajinasikan maka konsentrasi tidak dapat tercapai. Mengapa karena kita akan terpleset pada kekotoran ciri dari kasina sehingga patibagha nimitta tidak pernah tercapai.

Dan dalam meditasi ugaha nimitta atau patibagha nimitta bukan hasil dari imaginasi. Tapi nimitta itu muncul sebagai refleksi dari watak ataupun gambaran batin kita. Dalam hal ugaha masih terdapat kekotoran berbeda dengan patibagha nimitta. ---> yg di bold itulah proses kesadaran melalui pintu pikiran (manodvara vithi).

Dalam hal nimitta dari kasina  muncul karena kuatnya konsentrasi terhadap visualisasi objek kasina tanpa adanya gangguan dalam pikiran(patibagha nimitta kasina) atau hasil refleksi dari kuatnya(konsentrasi) memvisualisasi objek dan kejernihan batin

refleksi = pantulan /cermin, imajinasi adalah berkhayal atau membayangkan yg tidak2 tanpa arah atau tujuan atau yg tidak nyata.

Essence of visuddhi magga terjemahan siapa yg Anda jadikan referensi?. Saya cross check yg ditulis Dr.Mehm Tin Mon tidak ada nimitta karena hasil dari imajinasi.
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #109 on: 19 February 2009, 11:14:44 AM »
Quote
Dan dalam meditasi ugaha nimitta atau patibagha nimitta bukan hasil dari imaginasi. Tapi nimitta itu muncul sebagai refleksi dari watak ataupun gambaran batin kita. Dalam hal ugaha masih terdapat kekotoran berbeda dengan patibagha nimitta. ---> yg di bold itulah proses kesadaran melalui pintu pikiran (manodvara vithi).--> Sama ngak artinya "melihat" nimitta dengan pintu pikiran? [/b][/i]


Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.197
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #110 on: 19 February 2009, 11:38:26 AM »
hehehehheheeh... cahaya nya masih ada pas buka mata :jempol:

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #111 on: 19 February 2009, 11:41:06 AM »
Quote
Terima kasih atas penjelasannya mengenai manodvara. Adakah referensi khusus mengenai kesadaran "melihat nimitta" kaitannya  dg manodvara? karena menurut mami Lily di Abhidhamma tidak ada penjelasan tsb. Bagaimana mengenai hal tersebut?
seingat saya, penjabaran vitthi bisa dilihat di abhidhamma ultimate science karya MTM. saya sendiri udah delete file tsb :P (kalau saya tidak salah ingat)

Quote
Dan mengenai imajinasi saya rasa arti imajinasi = khayalan. Dalam objek kasina lebih tepat disebut memvisualisasikan atau membayangkan objek nyata dan dijadikan objek meditasi bukan imajinasi.
sudah saya katakan, bahwa imaginasi bagi saya adalah memvisualisasikan atau membayangkan dalam pikiran.
bro menganggap itu bukan imaginasi, terserah...

Quote
Karena bila objek kasina diimajinasikan maka konsentrasi tidak dapat tercapai. Mengapa karena kita akan terpleset pada kekotoran ciri dari kasina sehingga patibagha nimitta tidak pernah tercapai.
justru sebaliknya, dg mengimaginasikan kasina kedalam pikiran terus menerus, konsentrasi semakin meningkat.

Quote
Dan dalam meditasi ugaha nimitta atau patibagha nimitta bukan hasil dari imaginasi. Tapi nimitta itu muncul sebagai refleksi dari watak ataupun gambaran batin kita. Dalam hal ugaha masih terdapat kekotoran berbeda dengan patibagha nimitta.
dalam meditasi kasina, nimitta justru adalah imaginasi (imagine in your mind) objek kasina yg asli. mengenai nimitta yg muncul sbg refleksi watak ditemui pada mis: anapanasati. & itupun banyak guru meditator yg mengatakan pada anapanasati tidak selalu muncul nimitta. mis: Ajahn Chah dalam bukunya samadhi-bhavana, mengatakan munculnya nimitta pada meditasi anapanasati dapat menimbulkan keragu-raguan. oleh karena itu, apabila anda mengalaminya, jgn ragu & teruskan pada nafas.

Quote
Dalam hal nimitta dari kasina  muncul karena kuatnya konsentrasi terhadap visualisasi objek kasina tanpa adanya gangguan dalam pikiran(patibagha nimitta kasina) atau hasil refleksi dari kuatnya(konsentrasi) memvisualisasi objek dan kejernihan batin
bukan, patibagha nimitta justru tanpa gangguan "cacat" dari objek yg sebenarnya.
pada objek kasina yg sebenarnya ada "cacat", sedangkan setelah mencapai konsentrasi tertentu, cacat pada nimitta (mental image) itu hilang.


Quote
Essence of visuddhi magga terjemahan siapa yg Anda jadikan referensi?. Saya cross check yg ditulis Dr.Mehm Tin Mon tidak ada nimitta karena hasil dari imajinasi.
betul karya MTM.
arti kata imaginasi sendiri bukan hanya berkhayal yg bukan2...
memvisualisasikan dalam pikiran termasuk imaginasi.

imaginasi terdengar rendahan yah?
padahal di terjemahan nimitta dalam kasina adalah "mental image" bukan "visualization of object" walaupun artinya bagi saya tidak berbeda... bagi saya kata "image" tidak bermakna lebih rendah daripada "visual" ;)
« Last Edit: 19 February 2009, 11:44:34 AM by tesla »
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #112 on: 19 February 2009, 11:56:20 AM »
 [at]  tesla

oh jadi masalah bahasa saja keliatannya  ;D bukan masalah rendahan bro, jangan sampai keterbatasan bahasa menjadi telunjuk yg harus menunjuk bulan malah menunjuk bintang. Memang dalam bahasa inggris  image, imagine dan imagination dan visualisation artinya sudah berbeda. Tapi kalo bro mau menyamakannya ya terserah deh... ^-^
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #113 on: 19 February 2009, 12:29:59 PM »
[at]  tesla

oh jadi masalah bahasa saja keliatannya  ;D bukan masalah rendahan bro, jangan sampai keterbatasan bahasa menjadi telunjuk yg harus menunjuk bulan malah menunjuk bintang. Memang dalam bahasa inggris  image, imagine dan imagination dan visualisation artinya sudah berbeda. Tapi kalo bro mau menyamakannya ya terserah deh... ^-^
yg mempermasalahkan keterbatasan bahasa bukan saya lho. hehehe

kata kerja memvisualisasi maka hasilnya adalah sebuah visual.
kata kerja imagine maka hasilnya adalah sebuah image.

dalam hal nimitta ini, kata visualisasi & imaginasi dapat dipakai dalam artian setara. mis dalam instruksi meditasi, kita diajarkan utk "memvisualisasi", namun kenapa hasilnya adalah "mental image" bukan "mental visual"? saya sih tidak mempermasalahkannya. bagi saya itu setara. bagi anda itu sudah berbeda... mungkin harus memperbaiki translatean nimitta menjadi "mental visual" ^-^
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #114 on: 19 February 2009, 03:38:13 PM »
When the patibhàga-nimitta of kasina appears at the minddoor,
the life-continuum vibrates twice and becomes
arrested (Na-Da). Then mano-dvàràvajjana (Ma) adverts
the consciousness-stream towards the patibhàga-nimitta,
observes and decides the sense-object whether it is good
or bad.

Sumber : Buddha Abhidhamma (Ultimate Science) ~ Dr. Mehm Tin Mon

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #115 on: 19 February 2009, 04:25:52 PM »
When the patibhàga-nimitta of kasina appears at the minddoor,
the life-continuum vibrates twice and becomes
arrested (Na-Da). Then mano-dvàràvajjana (Ma) adverts
the consciousness-stream towards the patibhàga-nimitta,
observes and decides the sense-object whether it is good
or bad.

Sumber : Buddha Abhidhamma (Ultimate Science) ~ Dr. Mehm Tin Mon

_/\_ :lotus:

Minddoor = hadaya vatthu  atau manodvarajjana mam?



Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #116 on: 19 February 2009, 04:49:18 PM »
When the patibhàga-nimitta of kasina appears at the minddoor,
the life-continuum vibrates twice and becomes
arrested (Na-Da). Then mano-dvàràvajjana (Ma) adverts
the consciousness-stream towards the patibhàga-nimitta,
observes and decides the sense-object whether it is good
or bad.

Sumber : Buddha Abhidhamma (Ultimate Science) ~ Dr. Mehm Tin Mon

_/\_ :lotus:

Minddoor = hadaya vatthu  atau manodvarajjana mam?

Manodvaravajjana : kesadaran yg menyelidiki obyek dari landasan kesadaran/pikiran.

Landasan Kesadaran/Pikiran = Hadaya vatthu

Mindoor = Pintu Pikiran = Manodvaravajjana

cmiiw..

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #117 on: 19 February 2009, 04:58:18 PM »
When the patibhàga-nimitta of kasina appears at the minddoor,
the life-continuum vibrates twice and becomes
arrested (Na-Da). Then mano-dvàràvajjana (Ma) adverts
the consciousness-stream towards the patibhàga-nimitta,
observes and decides the sense-object whether it is good
or bad.

Sumber : Buddha Abhidhamma (Ultimate Science) ~ Dr. Mehm Tin Mon

_/\_ :lotus:

Minddoor = hadaya vatthu  atau manodvarajjana mam?

Manodvaravajjana : kesadaran yg menyelidiki obyek dari landasan kesadaran/pikiran.

Landasan Kesadaran/Pikiran = Hadaya vatthu

Mindoor = Pintu Pikiran = Manodvaravajjana

cmiiw..

_/\_ :lotus:

Thanks mami :D


Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #118 on: 19 February 2009, 05:31:02 PM »
Hasil diskusi dari seorang rekan yg baik bahwa syarat terjadi kesadaran melihat (menurut abhidhamma):

1. Ada landasan mata yang baik.
2. Ada cahaya
3. Ada objek , bentuk atau warna
4. Ada manasikara

Saat melihat patibagha nimitta.

1. Bagi yg tidak buta pasti memiliki landasan mata yang baik, sehingga sekalipun menutup mata, ia tahu itu gelap atau ada bayangan terang jika ia menutup mata disiang hari atau ketika menatap matahari dengan mata tertutup.

2. Ada cahaya---> patibagha nimitta yg dilihat biasanya cahaya yang cemerlang atau bentukan(bola, roda pedati) yg disertai cahaya yg cemerlang.

3. objeknya adalah nimitta(patibagha nimitta) yg jelas seperti kita melihat objek didepan mata ketika kita membuka mata. Jadi sebenarnya ketika mata tertutup bukan berarti kita tidak melihat tetapi mata terhalangi oleh kelopak mata karena menutup mata sehingga kita tidak melihat objek, tapi bagian kelopak mata yg menutup sebenarnya terlihat hanya karena terlalu dekat jadi tidak jelas, kalau mau jelas ya vipasanna ;D


4. Pasti ada manasikara disana.

Jadi dengan terpenuhi syarat tersebut sebenarnya kesadaran melihat patibagha nimitta itu ada..CMIIW sehingga dapat muncul kasus dimana saat dengan mata terbuka patibagha nimitta masih bisa terlihat walaupun tidak terlihat oleh orang lainya. Jadi objek dan cahaya tidak selalu dalam bentuk materi atau benda fisik, seperti kita melihat cahaya pada umumnya.



Dan muncul pertanyaan pula jika seseorang memiliki kemampuan mata dewa, yg mana ia bisa melihat objek yg begitu jauh dari jangkauan mata fisik, apakah disana tidak ada kesadaran melihat?

Jadi selama orang pernah memiliki atau sedang memiliki landasan indria dengan lengkap maka ketika batin berkembang maka ia dapat menangkap objek walaupun bukan objek materi sesuai pengalaman indria masing2 yg "terekam" sebelumnya .

Jika manodvara yg melihat maka kata "melihat" disini adalah akibat pengalaman selama menggunakan landasan indria penglihatan. Saya lebih condong manodvara sebagai-->knowing --" ini patibgha nimitta" dan melihat patibagha nimitaa seperti kita membuka mata sebagai "seeing" makanya ada buku yg dibuat Paauk Sayadaw judulnya "knowing and seeing"  ;D


Silakan direnungkan. Kalau ada pendapat lain silahken....

 _/\_



« Last Edit: 20 February 2009, 10:15:13 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta
« Reply #119 on: 19 February 2009, 05:41:08 PM »
Quote
2. Ada cahaya---> patibagha nimitta yg dilihat biasanya cahaya yang cemerlang atau bentukan(bola, roda pedati) yg disertai cahaya yg cemerlang.

3. objeknya adalah nimitta(patibagha nimitta) yg jelas seperti kita melihat objek didepan mata ketika kita membuka mata
yg dilihat melalui indra mata adalah parikamma nimitta.


Quote
Jadi selama orang pernah memiliki atau sedang memiliki landasan indria dengan lengkap maka ketika batin berkembang maka ia dapat menangkap objek walaupun bukan objek materi sesuai pengalaman indria masing2 yg "terekam" sebelumnya .
benar, ketika objek tsb bukan bentuk/materi, maka kontak terjadi dalam indra pikiran.

bentuk/materi adalah objek utk indra penglihatan. jika tidak ada materinya maka bukan pakai indra penglihatan...

dalam banyak sutta sang buddha menjelaskan pasangan2 kontak: eye-forms, ear-sounds, dst...
jika dikatakan ada kemungkinan pasangan kontak lain mis: "eye-non forms", saya sih tidak tahu...  ;)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~