//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: meditasi = perbuat kebajikan ????  (Read 4143 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline asbak

  • Teman
  • **
  • Posts: 83
  • Reputasi: 2
  • asbak & rokok
meditasi = perbuat kebajikan ????
« on: 12 February 2008, 03:46:31 AM »
 _/\_
asbak mau tanya sama kalian ni atau belajar dari kalian
kenapa ya meditasi kalau ga salah termasuk salah satu perbuatan kebajikan ?
 ( moga ga salah ).
sbb :
1. padahal meditasi hanya melatih konsentrasi pada satu objek, dia tidak melekat apapun, bahkan pikiran pun tidak berpikir ttg cinta kasih, intinya meditasi itu hanya konsen pada satu objek, kenapa bisa dikatakan salah satu kebajikan ?

2. bisa dijelasakan kenapa meditasi bisa menyembuhkan penyakit ? soalnya asbak pernah baca salah satu ttg meditasi dan ternyata penyakitnya sembuh.

dengan kerendahan hati asbak bersujud ^:)^, memohon sesepuh yg tahu _/\_
utk memberikan pengetahuan ini ;)
Ashtray & Cigarrete differ Gun & Roses

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #2 on: 12 February 2008, 08:11:28 AM »
Bro Asbak,

Saya mencoba menjawab ya.. CMIIW

Meditasi merupakan salah satu perbuatan kebajikan, karena dengan bermeditasi, salah satu yang kita peroleh adalah ketenangan, kedamaian dalam diri kita sendiri. Jadi ini merupakan perbuatan yang menghasilkan karma baik melalui pikiran. Selain itu ada juga metta bhavana, meditasi cinta kasih yang mengharapkan kebahagiaan makhluk. Itu juga merupakan salah satu perbuatan baik bukan ?

Meditasi bisa menyembuhkan penyakit, karena pikiran kita sudah menjadi tenang.
Pepatah Cina yang sering kita dengar adalah : "Penyakit berasal dari pikiran".
Contoh simpelnya, bila tangan kita teriris pisau, kita terus berpikir tangan kita sakit, maka tangan kita akan menjadi lebih sakit dibanding orang yang lebih tenang dalam menghadapi tangannya yang sedang sakit.

Contoh lain adanya peranan pikiran dalam penyembuhan penyakit :
Ada pernah dilakukan penelitian di luar negri.
Ada beberapa pasien yang dirawat di bagi dalam beberapa kelompok :
1. Kelompok pasien yang diberikan placebo + doa + diberitahu sedang didoakan
2. Kelompok pasien yang diberikan placebo + doa
3. Kelompok pasien yang diberikan placebo saja

NB : Placebo itu bukanlah obat, hanya berisi bahan2 pembantu dalam pembuatan obat tanpa diisi zat aktif.

Namun ajaibnya, pasien dari kelompok 1 lebih cepat sembuh (yang diberikan doa dan diberitahu sedang didoakan). Dalam hal ini bisa dijelaskan, bahwa pasien yang diberi doa dan tahu dirinya sedang didoakan akan merasa senang.
Perasaan senang ini timbul karena dirinya diperhatikan, dll. Sehingga pikirannya lebih terfokus ke hal-hal lain selain penyakitnya sehingga membuat dirinya lebih rilex. Di sini tampak jelas adanya peranan pikiran dalam penyembuhan penyakit.

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #3 on: 12 February 2008, 09:09:00 AM »
Yg paling penting ketika kia berlatih meditasi, adalah mengendalikan pikiran dan tahap lanjutnya membersihkan kilesa2 dalam batin kita. Ini merupakan perbuatan kebajikan untuk diri sendiri, mengapa? karena membuat batin dan pikiran, perkataan dan perbuatan penuh dengan hal yang positif dan murni.

Otomatis dengan perkembangan batin yg sudah maju akan tercermin dalam perilaku kita yg akan berdampak pada lingkungan sosial kita. Misalnya kita akan dengan tulus membantu orang lain yg sedang membutuhkan bantuan kita. Kebajikan melalui meditasi tidak hanya dirasakan diri sendiri saja tetapi orang lain.

Dan Ketika kita bermeditasi sebenarnya pikiran memancarkan getaran2 yg dapat ditangkap oleh makhluk2 lainnya termasuk manusia disekitar kita. Ketika kita melatih metta bhavana, mereka merasakannya, dan ketika kita melatih objek lainnya, mereka akan merasakan kedamaian.Dengan demikian mereka mendapatkan manfaaat2 dari meditasi yg kita lakukan. Tentu saja meditasi menjadi kebajikan jika dilakukan dengan motif yg baik dan Samma-sammadhi.
Oleh karena itu meditasi merupakan kebajikan yg amat mulia.

Anumodana
« Last Edit: 12 February 2008, 09:12:20 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline asbak

  • Teman
  • **
  • Posts: 83
  • Reputasi: 2
  • asbak & rokok
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #4 on: 12 February 2008, 04:07:10 PM »
bisa jelasin ga, kalau meditasi cinta kasih pada objek apa ?
dan meditasi ketenangan batin pada apa ?
masih butek nih soal ini .
Ashtray & Cigarrete differ Gun & Roses

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #5 on: 12 February 2008, 04:37:21 PM »
Quote
kenapa ya meditasi kalau ga salah termasuk salah satu perbuatan kebajikan ?

akar dari penderitaan adalah Lobha, Dosa & Moha (LDM).
meditasi adalah upaya pengembangan kesadaran yg tujuannya (dalam Buddhism) pertama adalah meredam LDM (dicapai melalui jhana pada pengembangan konsentrasi) dan akhirnya adalah mengikis semua LDM (dicapai melalui pencapaian nanna pada pengembangan pandangan terang).

kalau tujuan meditasi adalah mendapatkan kesaktian kemudian digunakan utk nyantet orang jelas bukan perbuatan kebajikan yah... ^-^
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #6 on: 12 February 2008, 04:41:21 PM »
IMO
meditasi cinta kasih> objeknya metta,alias yah cinta kasih.. baca dari beberapa buku.. adalah pengulangan di dalam hati :

semoga aku berbahagia
semoga aku bebas dari penderitaan fisik
semoga aku bebas dari penderitaan batin
semoga aku tidak kehilangan yg telah ku peroleh
semoga semua mahluk berbahagia

ada yg bilang pula.. dirasakan perbedaannya ketika anda mengucap itu semua untuk aku (diri sendiri) dan ketika untuk mahluk lain / orang lain. (katanya seh ada perbedaan rasa gimana gitu..)

ada juga yg bilang sambil mengulang di dalam hati...
harus di rasakan, jangan kayak mengucap mantra...(seperti kreta api...)

ada yg bilang juga.. jika metta sesungguhnya itu ,keluar dari dalam hati anda, secara spontan..
seperti kasih sayang sang ibu, terhadap anaknya, apa-pun kondisinya..
Ayo ibu2 jawab... kanapa kok isa sayang bgt ama anak2nya??
Samma Vayama

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #7 on: 12 February 2008, 05:08:22 PM »
Quote
1. padahal meditasi hanya melatih konsentrasi pada satu objek, dia tidak melekat apapun, bahkan pikiran pun tidak berpikir ttg cinta kasih, intinya meditasi itu hanya konsen pada satu objek, kenapa bisa dikatakan salah satu kebajikan ?

ada 4 sifat luhur di Buddhism (bukan cuma cinta-kasih yah) ^-^

1. Metta (mengharapkan mahkluk lain berbahagia)
2. Karuna (mengharapkan mahkluk lain terlepas dari penderitaan)
3. Mudita (ikut bersimpati atas pencapaian/keberhasilan mahkluk lain)
4. Upekkha (keseimbangan bathin)

Upekkha adalah faktor yg pasti muncul dalam meditasi (yang benar & mencapai jhana). oleh sebab itu pencapaian jhana jelas merupakan kusala kamma.

Quote
2. bisa dijelasakan kenapa meditasi bisa menyembuhkan penyakit ? soalnya asbak pernah baca salah satu ttg meditasi dan ternyata penyakitnya sembuh.

yg pasti penderitaan bathin akan berkurang.
meditasi yg rutin & konstan membuat pikiran menjadi lebih terkendali.
pikiran2 yg biasanya liar (menginginkan ini & itu) menjadi lebih tenang.
dan ketenangan itu menghasilkan kebahagiaan.

mengenai penderitaan fisik, misalnya menyembuhkan penyakit fisik, menurut saya tidak dapat dicapai setiap orang. fisik memiliki karmanya utk menjadi sakit, tua & mati sebagai akibat dari lahir. tetapi bukan artinya sama sekali tidak dapat berbuat apa2 yah ;)

dengan memiliki ketenangan bathin, seseorang lebih mudah mengatur dietnya, waktu istirahatnya, dll. ini sudah nilai + buat tubuh.
orang yg pikirannya kacau, makan banyak tetapi tetap lapar.
waktunya tidur, malah berpikir soal kerja shg kurang istirahat.

trus ada efek lain dari meditasi yaitu iddhi (kesaktian). iddhi adalah salah satu bukti bahwa mind has superiority over matter. yg ini ga usah dibahas yah :)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #8 on: 12 February 2008, 09:39:29 PM »
Tentang perbuatan baik, kita merujuk pada kata kusala kamma. Kusala
sendiri diterjemahkan dalam bahasa english menjadi skillful dan sering
diterjemahkan ajdi good juga. Menurut saya kusala lebih "pas"
diterjemahkan skillful bukan hanya sekadar good saja. Kusala/skillful
itu bahasa sederhananya terlatih dan mendukung untuk tujuan. Tujuan
tentu adalah pembebasan. Meditasi itu merupakan perbuatan yang
mendukung dan terlatih untuk menuju pembebasan.
There is no place like 127.0.0.1

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #9 on: 12 February 2008, 10:25:20 PM »
aku palink setuju ama Bhante Sumedho..

tapi biar hamba beri sedikit tambahan...

Kamma=perbuatan

apakah perbuatan baik itu?..perbuatan baik adalah perbuatan yg membuahkan hasil yg baik bagi diri sendiri dan orang lain..

apakah perbuatan jahat itu?..perbuatan jahat adalah perbuatan yg membuahkan hasil yg jahat bagi diri sendiri dan orang lain..

nah..

Meditasi adalah perbuatan baik..karena dari meditasi kamu bisa mendapatkan pengetahuan dan kesadaran sempurna..

Offline Huiono

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 492
  • Reputasi: 32
  • Gender: Male
  • Hmm...
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #10 on: 12 February 2008, 10:57:11 PM »
Hmm.. banyak penjelasan yang mantap...
Bagus banget...

Tambahan dikit lagi....
Setidak-tidaknya, ketika duduk dan mencoba meditasi, kita telah mengurangi kemungkinan melakukan akusala...
Dengan duduk bermeditasi, telah menghindarkan kita melakukan kontak tertentu yang menjurus pada pikiran, ucapan dan perbuatan akusala...

contoh: karena meditasi, tidak jadi menggosip... tidak bergerak atau berjalan yang mungkin saja menyebabkan kematian/penderitaan pada makhluk2 berukuran kecil

Dan juga, pikiran tidak melayang antah berantah... yang biasanya menimbulkan gejolak2 yang tidak tentu...

 :) :) :)
"During times of universal deceit, telling the truth becomes a revolutionary act"
                                                                                                   -George Orwell

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #11 on: 12 February 2008, 11:37:36 PM »
Hmm.. banyak penjelasan yang mantap...
Bagus banget...

Tambahan dikit lagi....
Setidak-tidaknya, ketika duduk dan mencoba meditasi, kita telah mengurangi kemungkinan melakukan akusala...
Dengan duduk bermeditasi, telah menghindarkan kita melakukan kontak tertentu yang menjurus pada pikiran, ucapan dan perbuatan akusala...

contoh: karena meditasi, tidak jadi menggosip... tidak bergerak atau berjalan yang mungkin saja menyebabkan kematian/penderitaan pada makhluk2 berukuran kecil

Dan juga, pikiran tidak melayang antah berantah... yang biasanya menimbulkan gejolak2 yang tidak tentu...

 :) :) :)
Sip.. Nice post.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline asbak

  • Teman
  • **
  • Posts: 83
  • Reputasi: 2
  • asbak & rokok
Re: meditasi = perbuat kebajikan ????
« Reply #12 on: 13 February 2008, 04:36:51 AM »
mulai kebuka nih pikiran, tq2 utk diatas dan dibawah ^:)^ ^:)^ ^:)^
Ashtray & Cigarrete differ Gun & Roses

 

anything