//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - Dhamma Sukkha

Pages: [1] 2
1
Buddhisme untuk Pemula / Kekuatan batin (ABHINNA) :D :D :D
« on: 25 February 2011, 02:01:59 AM »
Kekuatan batin adalah, hal yg kita sadari dan konsennn.... \:D/\:D/\:D/\:D/ _/\_

2
Theravada / The Universal Dhamma \;D/ (Kebenaran sejati)
« on: 24 February 2011, 06:45:25 PM »
Sebenarnya ini yg mau w sampaikan, ketika retret pertama kali w mengalami byk keajaibann =))
konyol2 kisahnyaa... =))
ada yg celana dalam jato ntah ke manaa =))
uda itu ada keajaiban seorg wanitaa \;D/\;D/\;D/

waktu itu... awal pertama retrett... ;D ;D ;D
sjk kecil, smp, w pengen kali ikut retrett... :)) :PV
dan akhirnya melaksanakan sila bisa ketemu eyangg :)) :))
dulu waktu smp klas 1, w pikir semua org china agamanya Buddha, semua hwana agamanya islam, semua org batak kr****n :)) :)) :))

bhikkhu pertama yg w liat itu, eyang :)) :)) :))
w dulu berpikir kyk gitu, jadi setelah pindah sekolah ke wiyata baruu...
Nasib w dgn agama Buddha mulai berjalann... ;D ;D ;D
sangha pertama yg kuliat itu eyang, pandangan w mulai berubah sejak w tinggal di bangku smp, w ketemu guru agama Buddha, nama Buddhisnya pak indra, nama aslinya pak sembiring... ^^/
Ketika Beliau baca paritta, kedengarannya merduuuuuuuuuu sekaliii \XD/
w sampe terkantuk2 dengernyaaa... :)) :)) :))
katanya, klo baca paritta, bisa buat org ketiduran itu baguss... \:D/
maka w suka baca paritta, krn ntah kenapa rasanya tenannggggggg sekaliii :D :D :D

waktu divisuddhi eyang lagi di kassapa, jadinya bhante khemanando... :D :D :D
w pikir, apaan retret? pengen ikut lhaa... semoga kelak w bisa ikutann...

Dgn teguh pada Dhamma, w melaksanakan pancasila buddhis dan atthasila...
utk ketemu eyang itu susah kali lhooo ><""" musti rajin atthasila baru bisa ketemuu :)) :)) :))
 ketika retret pertama, awal2nya w merasa lapar, hari pertama nyampe ke sumedha, laperr :)) gara2 w laksanain atthasila berhari2, uji coba sebelum ikutann :P V

pas retret hari kedua, rasanya sudah biasaa :))
keajaibannya itu kyk ginii :
Waktu itu w lagi lai ang, tiba2 terstop, pdhl baru beberapa harii... \;D/\;D/\;D/
sungguh menakjubkannn... malam yg dingin ujan deras, fokus, aliran darah terasaa... waktu w tidur dibakti sla sambil telungkup eyang datang :)) tengah malamm :)) :)) :))
pas w lagi istirahat namaskaraa :)) :)) :)) sambil kedinginan... :))
gak bisa pulang ke tendaa... =)) lupa bawa payungg =))

terus kejadian celana dalam w ilangg...
w itu anaknya cukup ceroboh... ^^/""
ambil baju ke toilet, gantungi baju, tiba2 tekoku ilangg =)) =)) =))
w terkejutnya minta ampun :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o
w rasa muka w sampe pucat lhoo... =))
w sampe dijalan tengah malam nyari celana w pake senterr.. =))
kok gak adaa, klo ditemuin bhante hajeb lha wnyaa =))
malunya bakalan setengah matii =))
 tapi untungnya setelah dicari, ternyata ketinggalan di tendaa... :P :P :P
w kgk suka tdr di tenda, soalnya byk nyamuk, jadinya w tidur di bakti sala di hari keduaa... :P :P tapi ternyata gak boleehh... ^^/""

SELESAAIII \:D/

mettacittena,
CITTO _/\_

3
semua member dc yg di jkt, ayuk kita kopdar rame2 yukkk....
\;D/\;D/\;D/

tgl 16 nanti, oktober, 2010, w mo kopdar ke jkt..... \:)/
jadi, yukkk kita kumpulll yaaa \>U</

w di jktnya 1 mingguu.... yukkkk yaaaaaaaaaaaaaaaa \>U</

w rindu ma kalyanamittakuuuuuuu>U</

cek ang, c rina, opa, suhu, dkk yg gak habis2 disebut namanya(alias, gak mungkin disebut semua... :P ^^"")

4
Bantuan Teknis, kritik dan saran. / shoutbox hilang
« on: 08 September 2010, 03:25:11 PM »
mo numpang tanya ya,  kotak chatnya kok kgk ada yaa? ^^?""

5
Buddhisme untuk Pemula / Mengapa Metta tdk termsk JMB8?
« on: 01 September 2010, 10:14:44 PM »
Dari judulnya mengapa juga yaa? :-? :-? :-?

waktu kemarin, 40 vassanya eyang di vhr Buddha Dharma di Bagan Batu, pada ada diskusi soal ini jugaa... \;D/ \;D/ \;D/

waktu itu sih, masih bingung juga wnyaa, tdk begitu mengerti apa yg didiskusiin berdua... bahkan gak ngerti apa yg dibahass punn... :)) :)) ^^"" (bukan krn orgnya gak pande jelasin lhoo... tapi krn memang lagi hengg... alias bodohh... :P ^^"" jgn ada yg salah paham yaa... ^^"")

Orangnya bilang, krng lbh spt inii=>"Cinta kasih (metta) itu, gak bisa buat kita jadi capai Nibbana..."
kami rada gak ngerti apa yg diomongii... :P
dlm hati, "Lhoo? kenapaa? :-? " Lalu dijelasin, krng lbh begini=> metta tuh target yg digapainya, alam bahagia ajaa... bukan Nibbanaa... yg buat kita capai Nibbana tuh bukan metta...
jadi pertanyain yg di Karaniya metta sutta, lalu nanya... jadi yg di Karaniya Metta Sutta, bagaimana? waktu itu otaknya lagi heng, jadinya ikut lupa bait terakhirnyaa...(pas ditanya apa bait akhirnya.. gak teringat di otak sama sekali...  ::) ::) ::) loncat2 ingatnyaa... ^^"" krn lagi bodoo...^^"")
"Dengan pandangan yg benar ttg atta(aku), serta sila yg sempurna, hingga bersih dari nafsu indera, pasti ia tak akan lahir dalam rahim manapun jugaa..." \;D/ \;D/ \;D/
makna yg sungguhhhhh... tersiratt.. :)
org tsb bilang, "iya lha... krn, di akhir2 baitnya kan ditulis, hingga tdk terlhr dalam rahim manapun jugaa... " Lalu terpikirr...  ::) ::) hoo.. iya jugaa yaa... :yes: :yes: :yes: kan yg dibilang dlm rahim manapun jugaa... bisa berarti kan bukan jadi manusiaa, rahim kan hanya berlaku bagi manusiaa, berarti maksudnya spontann... yakni ke alam bahagia (surga), bknnya ke Nibbanaa... :-? :-? :-? begitu ternyataa.. benar jugaa... ;D ;D ;D senengg bisa tau hal inii \;D/ \;D/ <<= ketika itu dlm hatii... ;D, rupanya yg dicapai ke surga bknnya Nibbana... Orgnya hebat sekalii... bisa mengetahui hal sekecil ituu... w aja gak nyadari benar2 maksud rahim manapun juga, krn bacanya (baca paritta) gak nyadarr... dan bukan di waktu yg tepatt... klo baca di waktu yg tepat, walau gak sadar pun bait akhirnya, tapi tetep ada rasa seneng gituu... ;D ;D ;D kenapa bisa hebat begitu yaa? dlm hati nyari tauu... pasti krn nerjemahin Dhamma... ;D ;D ;D makanya bisa nyadar akan hal sekecil ituu... 8-> 8-> kagumm jadinyaa... :)) selain nerjemahin demi org lain bisa turut mengetahui Dhamma (scr gratis) dan smkn nambah wawasan Dhamma, juga org itu jadi bisa lbh mengertii lbh dalam (pariyatti Dhamma) akan Dhamma itu, sungguh muliaa... \;D/ \;D/, apa yg didapatpun krn pikiran akan Dhamma yg free, pun jadi double2, double impact deh... \;D/ \;D/ \;D/ krn apa yg dipikirkannya itu tulus, agar org lain juga bisa turut mempelajari Dhamma ituu... krn Dhamma is FREE \;D/ \;D/ "Not for Sale" :no:/ , dapatnya pun sesuai ketulusan hati org ituu... double2 impact jadinyaa... \;D/ klo smkn tuluss... \;D/ \;D/ \;D/ , maka keinginan org2 yg mo wujudkan free Dhamma itu pada org2, bukannya hanya yg mampu saja yg bisa mempelajari Dhamma, tetapi, yg tak mampu pun, akan dpt mempelajarinya dgn bebas...  krn Dhamma adalah tanpa adanya ikatan...(tdk memiliki batas) krn Dhamma is FREE, "Not for Sale" \;D/ , w kagum pada org2 yg spt ituu... \;D/ rela berkorban demi Free Dhamma tadii... 8-> sampe2 ngengorbanin waktu tidurnyaa tuk tdr pulas spt org lain... ^-^ ^-^ :))
pdhl, Sutta itu tebel2nya minta ampunn.... :hammer: :o :o :o :)) :)) :)) tiap dibawa ke skul, pasti jadinya bhn perhatian tiap org yg melihatnya (sesuatu yg beda dari biasanyaa... tebel2 dari buku pelajarann... =)) , yg membuat org terheran2... Makkk... bisa baca sampe habis tuh BUKUuu...? minta ampun liatnyaa... =)) ) pdhl perjuangan org2 yg nerjemahinnya juga gak kalah minta ampunnyaa... =)) =)) =)) , makanya tuh buku bisa jadi bhn perhatian org2... jadinya dikirain nih anak.... , suka banget baca bukuu... =)) , pdhl krn ketulusan org itu yg buat bukunya jadi bhn perhatiann, otomatis yg lagi memegangnya juga jadi bhn perhatiaann... =)) =)) =)) pdhl, sesungguhnya, buku pelajaran yg lbh kalah tipisnya dibanding Dhamma yg diterjemahin, kadang w bacanya setengah matii... (setengah mati ngantoknyaa... =)) ), tapi tetep dikirain kami nih anak yg suka belajarr... =)) , ada sebabnya juga sih dikirain begituu... ^-^ :)) :)) (krn suka megang bukuu =)) , walau gak dibacaa... =)) , ntah kenapa suka dipaksa tuh buku dibuka, padahal liat2 ajaa... =)) , jadinyaa... gitu dehh... dikirain anak yg suka bacaa... :)) :)) pdhl nyata2nya sama juga spt yg lain... bisa ngantuk bacanya :P (tapi mana ada yg tau, klo gak diksh tauu... :-" benar kann?), krn beratnya cara tuk menyerapnyaa... :)) :)) , tapi ada makna tersiratnya... kenapa nih anak begitu aneh, tampaknyaa... ^-^ ^-^ :)) :)) ) , dan jujurr... pun buku itu bacanya setengah matii... :)) :)) :P bisa terkantok2 juga bacanyaa... mana ada yg tauu... :)) , HANYA, klo bukunya dibaca di waktu yg rasanya tepat, bacanya bener2 bikin bahagiaa (amat bahagiaa) gk tau juga sih alasannya ketika itu kenapaa... tapi yg tau, yg bikin bahagia itu ISI yg ada di dalamnyaa 8) begitu berkilauu... 8) sampe silauu rasanyaa... :)) :P, dan makin salut ma org2 yg dah berusaha tuk menyalurkannyaa... 8)
Gann Ennnn....  _/\_  ^:)^ ^:)^ ^:)^ \;D/ \;D/ \;D/
thanks dah mau menerjemahkan Dhamma yg begitu tebell lhoo... tanpa kenal lelahh... \;D/ \;D/ jadii ;D , teruslah berjuangg... \;D/ \;D/ <:-P <:-P <:-P semangat dalam nerjemahinnyaa... \;D/ \;D/ \;D/
Karena ketulusan akan Free Dhamma inilahh... \:)/ yg menggerakkan hati org2 tuk membantu penggalangan dananyaa \;D/ (alias nimbrung jasa kebajikannya<nanam kamma baik>), Jangan lengahh... \;D/ ingatlahh... klo tiap kali lengah, ingat yg dipostkan inii... \;D/ :P , ingat bahwa krn ketulusan itulah... yg membuat hati org2 tuk tergerak berpartisipasi atas ketulusan kalian tuk membabarkan kebenaran yg tanpa batas.., luass... tdk mengenal batasan kaya, miskinn... semua pasti bisa mempelajarinyaa!! begitulah tekad kaliann... \;D/ Luar Biasaaa! (jadi buat w mengaum berkali2 kata luar biasaa... :)) :)) thanks a lot lhoo... >U</) , krn ketulusan tekad kalian, dana pun mengalir... mengalir begitu derasnyaa... \;D/ sangattt derass (saking tulusnyaa... \;D/)... jadi org2 tanpa sengaja maupun disengaja tergerak berkontribusi di dlm Free Dhamma inii... begitulah ketulusan kaliaann... \;D/ begitu mengagumkann... 8) \;D/ jangan lengahh... \;D/ \;D/ \:D/ , klo tdk lengahh, tekad Free Dhamma ini akan bertahan tuk selalu didukung oleh org2... tanpa tau sebabnya pun, begitu senang dlm mendukung Free Dhamma inii... INGAT!! Jangan lengahh.... \;D/ \;D/ \;D/ \;D/ \;D/
klo lengah bahayaa lhoo.. ^-^ ^-^ ^-^ Jadi harus hati2... \;D/ , tuk jgn sampai lengah ataupun lalai... \;D/ \;D/
Krn METTA menyebar begitu luass.... \;D/ \;D/ \;D/ Krn Metta jugalah Dhamma \;D/ \;D/ \;D/
Because of METTA... \;D/

Sekarang, w mo bahas inti2nyaa...
Kenapa tuh, metta kok gak termasuk(ditambahin ke) JMB8?
jadi pertanyaann... \:D/ \:D/ \:D/
pdhl... nyata2nya metta itu kan tak terbatas... sama spt Nibbana dan Dhamma... Tanpa batass... terkecuali... (ada kecualinyaa... ^-^ ^-^ ^-^ nyari sendiri pengecualiannya yaa... ^-^ ^-^ :-" \;D/ )
Lantas kenapa Metta jadi tdk termasuk syarat tercapainya Nibbana? :-? :-? :-?
Mo jawabannyaa gakkkk? \:D/ \:D/ \:D/ \;D/
klo mauu, silahkan dipermintakan jawabannyaa... atoo... nyari sendirii... \;D/ \;D/ lbh enakk.. 8) :P \;D/ \;D/
Kunci jawabannya :\;D/ Karaniya Metta Sutta \;D/

gak mo lanjut makin panjangg... T__T""
ntar klo makin panjangg....  ::) ::) ::)
bisa2 pada byk yg tau lagii...  :whistle: :whistle: ^-^ ^-^ ^-^
gak lhaa... gak baikk bagiku lanjutinnyaa.... :whistle: :whistle: :whistle: :P
krn juga, klo mkn panjang sering ilang postingnyaa.... T__T""" ujung2nyaa.........
Ya kecewa sendirii... >>Y__Y?""" gara2 LALAI... :-" :-" :-"

cukup sampe di sinii...
_/\_
gak lupa salam mettanyaa... :P _/\_

Oh iyaa... setelah tau (kenapa Metta gak termsk ke dlm JMB8?), jadi makin kagumm jadinyaa... ;D ;D ;D kagum sama Buddhaa... \;D/ \;D/ \;D/
Karena ternyataaa... semua sudah Buddha rencanakan (alias pikirkann... \;D/), bener2 LUAR BIASAA...
bisa ngomong mantap berkali2... asik NGRAumm NGraummm NGramMMm.... jadinya auman singa dehh... :P :)) :)) :)) jadi mengerti maksud perenungann... \;D/ \;D/ \;D/
Nyari sendirii yaa.... :P :P :P :))

_/\_ Sabbe satta bhavantu sukkhitatta _/\_ \;D/

6
Seremonial / <:-P \:D/Met Ultah to forte\:D/ <:-P
« on: 03 June 2010, 09:10:57 PM »
Ntah salah ato ngga...
sptnya hari ini forte ultah, klo gak salahh.... :-? :-? :-?
seingat w, waktu thn2 kemarin, ultahnya beda 1 bulan aja ma ultah kamii.... \;D/ \;D/ \;D/ :D :D :D

:lotus: <:-P <:-P <:-P Met Ultahhh yooo fortttt <:-P <:-P <:-P :lotus:

moga jaya selaluu yaa.... \;D/ \;D/ \;D/
& moga slalu hidup bahagiaa... \;D/ \;D/ \;D/ _/\_

7
Hobi dan Kegiatan Ektrakulikuler / Naik ke Atap :D
« on: 01 May 2010, 12:31:56 AM »
enak lhoo naik ke atap rumahh... ;D ;D ;D
bisa liat pemandangann... bisa nyantaii... ;D ;D bisa tuk menenangkan dirii... ;D ;D ;D
pokoknya enakkk... >U</
di atap kadang ada nampak burung rame2 terbang berbentuk huruf V \;D/ \;D/ \;D/
kadang juga langitnya baguss.... \;D/ \;D/ \;D/
angin di atap, sejukk lhooo... ;D ;D ;D
anginnya sepoi2....
pokoknya tenang sekali di atap rumahh... ;D ;D ;D
kadang liat bintang dari atap lebih jelass.... ;D ;D ;D
banyak lagi bintangnyaa....
pas malam apalagii... langitnya sejukk sekalii... ;D ;D ;D sayangnya nyamuk gigit malam2...

tapi dah ketahuan ma bpk....................... :| :| :|
pas ketahuannyaa... =)) =))
thira manggilin wnya, lalu manjat jugaa... :)) :))
lalu w turun duluann... :)) :)) ,
terakhir, bapak marah2... kalian tau gak kalian cewee.... :)) :))
w yg manjat duluan, thira yg kena marahh pulaa... =))

tapi tadi ketahuan lagi......... :| :| :|
dah jarang2 bisa ke atap jadinyaa....... :| :| :|

pdhl kami panjat itu gak bakalan jatuhh lhoo... T__T
lagian kan manjatnya hanya panjat ke tetangga sebelah ajaa....
trus dari tangganya ke atap rumah kamii dehh...
malah gak dikasih lagii..... :( :( :(
hanya pas bpk pergi baru bisa manjatt... T__T
klo ketahuan lagi ntar gawatt... musti waspadaa... ^-^ ^-^ :)) :))

pokoknya seruu lhoo di atap sanaa... ;D ;D ;D/

8
Kafe Jongkok / Seed of Kindness ^^
« on: 21 April 2010, 02:12:41 AM »
Di dalam diri setiap orgg, pasti ada kebaikan hatii... \;D/ \;D/ \;D/
Oleh krn ituu, thread ini dibuatt... \;D/ \;D/ \;D/

Thread ini utk mempost hal2 baik yg terdpt dlm diri org lainn, baik itu keluarga, musuh kitaa, teman kitaa... siapapun ituu \;D/ \;D/ \;D/

Bersyukurlahh... ;D ;D ;D
bahwa di dunia inii, masih ada secerca kebaikann... \;D/ \;D/ \;D/
Krn ada kebaikan itulah kita masih bisa hidupp... \;D/ \;D/ \;D/

Tetapi bukan berarti org jahat tdk pantas hidup lhoo... bukan begituu... :no: :no: :no:
Manusia/org spt apapunn, pasti di dlmnya punya suatu kebaikan hatii \;D/ \;D/ \;D/
sejahat apapunn ituu... \;D/ \;D/

Ayoo... kita kumpulkan bibit2 kebaikan di dlm thread inii...^0^/ \:D/
Silahkan masukk.... ;D ;D ;D
di dlm thread kebaikannn \;D/ \;D/ \;D/
menerima segala macam kebaikan, maupun keburukan  juga bolehh( biar dicari kebaikannyaa... ;D ).. \:D/

Bila ada org yg putus asaa... ataupun mo bunuh dirii ;D ;D ;D , ketahuilahhh \;D/ \;D/ \;D/
bahwa masih byk terdpt kebaikan hati setiap org di dlm dirimuu...\;D/ \;D/ \;D/
Oleh krn ituuu ;D ;D ;D , AYOoooo, Semangaatttt lhaaa! \;D/ \;D/ \;D/ \;D/ \;D/

\;D/ \;D/ \;D/ Thread Penuh Kebaikannnn DI BUkaaa... \;D/ \;D/ \;D/


 

9
Pengalaman Pribadi / Kesan2 kopdar warga DC di Bagan Batu :D
« on: 04 November 2009, 06:34:28 PM »
Ayooo ayooo warga DC yg ikut kopdar di Bagan Batu, post kesan2nya yooo.... ;D ;D ;D ;D ;D
kalian2 dulu yaa yg postingg yoo ^-^ ^-^ ^-^, w yg terakhir ntarr ngasih kesannyaa.... ;D ;D ;D :P

10
Buddhisme untuk Pemula / pertanyaan dan tanya jawab tentang UPOSATHA-SUTTA
« on: 26 September 2009, 05:08:05 AM »
krn wnya merasa bertambah wawasan, jadi wnya postkan yoo...
setelah baca buku ini, wnya jadi lbh jelas ttg uposatha...^^/
w hanya post bagian tanya jawabnya aja yoo... ^^/
klo misalnya repost, silahkan diapa2in threadnya yoo mod2...
sumber: Uposatha-Sila Pengamalan delapan sila karya Somdet Phra Buddhaghosacariya(Nanavara Thera)


T. Apakah arti kata Uposatha?
J. Artinya hari pengamalan (dgn berpuasa)*
Spoiler: ShowHide
*[editor]Umumnya Uposatha bisa diartikan sebagai hari Uposatha, Uposatha-sila & pengamalan Uposatha sila pada hari Uposatha.


T. Secara ringkas apa saja kedelapan sila Uposatha?
J. Mereka adalah :
   1. Tidak membunuh
   2. Tdk mengambil barang yg tdk diberikan
   3. Tdk melakukan hub. seks
   4. tdk berbohong
   5. Tdk mengkonsumsi minuman beralkohol
   6. Tdk makan pada waktu yg salah
   7. Tdk bernyanyi, menari atau menonton hiburan. Dan tdk memakai perhiasan, kosmetik atau parfum
   8. Tdk duduk atau berbarting di tempat duduk atau tempat tidur yg besar atau tinggi

T. Apakah makna Sutta ini mirip dgn paccavekkhana (perenungan) yg dibaca umat setiap sore hari-dhammassavana(mendengarkan Dhamma)?
J. Ya.

T. Bila seseorang mengetahui arti dari apa yg dibacakan, dan pada saat pembacaan memusatkan pikiran pada maknanya, itu akan membuat pikirannya menjadi tenang dan diliputi sifat kebaikan (kusala-dhamma) serta mendatangkan manfaat yg besar sekali. Mungkin praktek ini akan membuat pelaksana sesaat terbebas dari berbagai rintangan (tadangapahana) : apakah ini dapat dianggap sbg pelaksanaan silanussati, perenungan atas moralitas?
J. Ya.

T. Secara singkat, ada berapa kemungkinan dalam pelanggaran kedelapan sila Uposatha?
J. Ada dua kemungkinan : melalui badan jasmani dan melalui ucapan. Dari kedelapan sila, jika seseorang melanggar satu sila, maka itu dilakukan melalui badan jasmani. Jika seseorang menyuruh org lain melakukannya, maka pelanggaran sila itu dilakukan melalui ucapan.
Pelanggaran sila yg dilakukan atas usaha diri sendiri dikenal sebagai sahattikapayoga. Menyuruh org lain melakukan tindakan yg melanggar sila disebut anattikapayoga.
Seseorang yg berhati2 dan tdk menyimpang dari siula adalah org yg bermoral (bajik). Kaum bijak berkata bahwa sila, atau pengamalan sila merupakan sarana di mana badan jasmani dan ucapan dapat dimurnikan. Itu merupakan suatu cara utk memusnahkan kekotoran batin (kilesa) yg kasar yg menyembul melalui badan jasmani dan ucapan.

T. Dgn mempertimbangkan semua sila uposatha, dlm hal pelanggarannya ada berapa jenis kesalahan? Apa saja?
J. Yg pertama disebut lokavajja**, atau kesalahan duniawi (dicela dunia) yg seyogianya dihindari semua umat. Yg kedua disebut pannattivajja.
Terlepas dari apakah org2 sedang berupaya mengamalkan sila2 tsb atai tdk apabila mereka melakukan sesuatu yg bertentangan dgn sila pertama(tdk membunuh), kedua(tdk mencuri), keempat(tdk berbohong) dan kelima(tdk mabuk2an), hal itu disebut lokavajja. Dalam hal ini diri sendirilah yg rugi dan dunia akan mencela/menghukumnya. Sedangkan utk sila ketiga(tdk melakukan perbuatan yg tdk suci/asusila) dan ketiga sila terakhir(tdk makan lwt tengah hari, tdk nyanyi, nari, nonton, menggunakan kosmetik, bunga2an, perhiasan, wangi2an dgn tujuan mempercantik diri, tdk duduk atopun berbaring di tempat duduk/tidur yg tinggi atopun mewah), jika dilanggar disebut pannattivajja. Hal ini terjadi bila seseorang berniat utk melanggar janji yg telah diucapkannya. Jika tdk ada maksud utk melanggar janji tsb, maka tdk ada kesalahan.
Spoiler: ShowHide
<Juga ada apatti (pelanggaran) yg dikenal sbg lokavajja (kesalahan duniawi), di mana org awam yg bukan bhikkhu dapat pula melakukan kesalahan demikian, dan akibatnya akan ditanggung mereka sendiri, misalnya mencuri, membunuh, dan bahkan tindakan salah lainnya yg lbh ringan, misalnya memukul, mencaci maki, menyiksa, dan sebagainya

(the Entrance to the Vinaya, Vol. I, hal. 15)


T. Ada berapa jenis akibat buruk yg timbul dlm pelanggaran sila, dan apa saja?
J. Ada dua jenis : 1. Menimbulkan akibat buruk (vera)
                        2. Tdk menimbulkan akibat buruk (secara langsung)
   Pelanggaran sila pertama, kedua, keempat, dan kelima menimbulkan akibat buruk bagi si pelanggar, yaitu : buah/hasil perbuatannya akan berbuah di masa mendatang, misalnya berusia pendek. Sedangkan pelanggaran sila ketiga dan ketiga sila terakhir tdk menimbulkan akibat buruk dari perbuatan itu sendiri. [Editor: tetapi ada pelanggaran terhadap janji yg telah diucapkan.]

T. Dalam sila pertama dinyatakan bahwa seseorang harus meletakkan tongkat pemukul dan senjata tajam, apa artinya?
J. Itu semata2 berarti seseorang telah meninggalkan pembunuhan makhluk hidup, dan bukan seorang pembunuh. Misalnya, jika seseorang membunuh dgn menggunakan alat (senjata), maka apabila ia meletakkan atau mencampakkan alat tsb (senjata), pembunuhan takkan terjadi. Menurut sutta ini, ada dua jenis senjata : tumpul dan tajam. Jika alat tsb tumpul, maka dikategorikan sbg tongkat pemukul. Jika alatnya tajam, maka itu termasuk kategori senjata tajam. Ada banyak jenis alat yg digunakan utk membunuh, namun secara umum bisa dikategorikan menjadi dua jenis: tajam dan tidak tajam.

T. Sila kelima berkenaan dgn minuman beralkohol (sura dan meraya). Ada berapa jenis minuman beralkohol dan apa saja?
J. Ada sepuluh jenis minuman beralkohol, lima jenis sura dan lima jenis meraya.
   Minuman keras jenis sura: minuman beralkohol yg
   1. Terbuat dari tepung terigu.
   2. Terbuat dari penganan.
   3. Terbuat dari beras.
   4. Terbuat dari ragi.
   5. Terbuat dari kombinasi bahan2 (di atas).
   Minuman keras jenis meraya : minuman beralkohol yg
   1. Terbuat dari bunga
   2. Terbuat dari buah
   3. Terbuat dari madu
   4. Terbuat dari tebu
   5. Terbuat dari kombinasi bahan2 (diatas).

T. Dalam sila kelima tdk disebutkan obat terlarang spt candu dan marijuana. Apabila seseorang mengamalkan uposatha-sila atau nicca-sila (lima sila sebagai latihan permanen) dan menggunakan zat2 ini, apakah ia melanggar sila?
J. Pelanggaran terjadi apabila ia menggunakan candu atau marijuana. Brandy, champagne dan minuman beralkohol lainnya (walaupun tdk disebutkan  secara khusus) tercakup dalam sura dan meraya. Namun jika digunakan utk tujuan medis/pengobatan dalam jumlah kecil dan tdk menimbulkan kemabukan, maka tdk terjadi pelanggaran sila.

T. Pada sila keenam (dalam Uposatha-Sutta) dinyatakan makan hanya sekali sehari, apakah salah jika makan lebih dari satu kali?
J. Sebelum pertanyaan ini dapat dijawab, harus diketahui "waktu" (kala) terlebih dahulu. Waktu makan ada dua :
1. Purebhatta-kala : sebelum waktu makan
2. Pacchabhatta-kala : sesudah waktu makan.
Waktu dari subuh/dinihari hingga tengah hari dinamakan Purebhatta-kala. Seseorang boleh makan lebih dari sekali pada periode pertama. Dari senja hingga subuh/dinihari berikutnya disebut ratti (malam), dan tdk diperbolehkan makan dalam jangka waktu ini. Inilah maksud dari kata2 yg tercantum dalam sila tersebut agar org tdk makan pada waktu malam hari.

T. Dalam sila keenam, dinyatakan bahwa seseorang akan menahan diri dari makanan pada waktu vikala. Kapankah kala dan kapankah vikala?
J. Dari subuh/dinihari [Editor: patokannya adalah tanpa menggunakan lampu org dapat melihat garis tangannya sendiri] hingga tengah hari [Editor: matahari berada di titik kulminasi tertinggi] disebut kala (waktu yg sesuai) atau waktu di mana para Buddha dan Ariya menyantap makanan. Dari tengah hari hingga subuh/dinihari pada keesokan harinya adalah vikala atau waktu yg tdk sesuai utk makan.

T. Sila ke-7 menyatakan agar menahan diri utk tdk menari, menyanyi, dan memainkan alat musik. Apakah patut bila seseorang menyuruh org lain menyajikan pertunjukan kemudian ia menontonnya?
J. Itu tdk patut.

T. Jika demikian halnya, maka sila ketiga hingga kedelapan hanya dilanggar bila itu adalah niat org itu sendiri dan tdk dilanggar bila seseorang menyuruh org lain utk melakukannya. Betulkah demikian?
J. Jika A membuat/menyuruh B menari atau menyanyi, dan ia tdk menonton atau mendengarkannya. Dlm hal ini sila tdk dilanggarnya, walaupun bukan atas perintah mereka utk menyanyi/menari. Bahkan bagi seseorang yg menyuruh org lain menonton kegiatan tsb, ia tdk melanggar sila tersebut.

T. Dlm sutta di atas hanya disebut "menonton (pertunjukan)". Dalam hal ini, apakah mendengarkan musik tdklah patut bagi mereka yg ber-uposatha?
J. Mendengarkan musik tdklah patut bagi mereka yg ber-uposatha. Para Acariya Atthakatha (Guru2 penulis komentar sutta) berpendapat, "mendengarkan" termasuk dalam "menonton (pertunjukan)"

T. Mengapa para Acariya memasukkan pengertian "mendengarkan" ke dalam "menonton (pertunjukan)"?
J. Menurut para Acariya, pelanggaran sila terltk pd usaha yg dilakukan utk pergi menonton pertunjukan. Jika kita sedang berdiri, duduk, atau berbaring di kediaman kita, yaitu jika kita tdk berusaha utk pergi dan menonton, dan jika pertunjukan atau hiburan datang kepada kita atau lewat di hadapan kita, itu bukanlah suatu pelanggaran, walaupun sila akan menjadi goyah. Tetapi dlm situasi manapun, tdk mendengarkan atau menonton adalah yg terbaik. Mendengarkan lagu atau bernyanyi adlh pelanggaran sila, kecuali utk balada yg berisikan Dhamma yg dpt membangkitkan keyakinan/ iman dan membangkitkan perasaan letih terhadap penderitaan hidup. Misalnya, suatu ketika seseorg bhikkhu senior (Thera) mendengar seorang budak wanita bersenandung ttg kesusahan hidup. Ketika Sang Thera mendengar ini, tampak olehnya penderitaan yg berkepanjangan dan ia segera meraih Magga-Phala (tingkat kesucian). Lagu jenis demikian boleh didengarkan dan tdk berakibat buruk.

T. Apakah sila ke-7 dilanggar bila seseorang menggunakan bedak kosmetik bukan demi kecantikan diri melainkan utk menolak penyakit?
J. Sila tdk dilanggar. Yg terpenting dari sila tsb adalah menghindari benda kosmetik yg bertujuan utk mempercantik diri dan bukan yg bersifat pengobatan.

T. Sila ke-8 tdk membolehkan penggunaan tempat tidur yg tinggi atau besar. Belum jelas apa yg dimaksudkannya. Mungkin bahkan org yg mengamalkan sila inipun tdk memahaminya betul. Apakah yg dimaksud dgn tempat tidur besar, dan apa kriteria yg membuat tempat tidur besar tdk diperbolehkan?
J. Tempat tidur dan bangku, terbuat dari papan, rotan atau kain, boleh memiliki kaki yg lurus atau melengkung. Tempat tidur tdk boleh lbh tinggi dari 8 inci-sugata* (kira2 20 inci modern) diukur dari dasar/alas papan ke bwh. Tempat tidur yg melebihi ketinggian tsb tdk diizinkan. Utk bangku persegi, bahkan jika kakinya sedikit melebihi 8 inci-sugata masih diperbolehkan. Utk tempat tdr yg mempunyai sandaran blkng atau samping, jika sedikit melebihi ukuran tsb di atas juga diizinkan. Tempat tidur atau bangku yg pjg kakinya lbh dari yg diperbolehkan namun tak dpt dipindah2kan juga dibenarkan. Tempat tidur tanpa kepala blh ditinggikan dgn meletakkan kayu di bawah kakinya namun tdk boleh melebihi 8 inci-sugata. Tempat tidur dan tempat duduk tinggi cenderung menimbulkan kesombongan dan kesenangan. Jadi tujuan utk tdk duduk atau berbaring di tempat tidur atau tempat duduk tinggi adalah utk menghindari kemungkinan terjadinya hal2 tsb yg mengarah pada timbulnya nafsu2 inderawi.
Spoiler: ShowHide
*[Editor] Oleh Bhikkhu Thanissaro, dlm bukunya yg berjudul "The Buddhist Monastic Code" dikatakan bahwa 1 inci-sugata adalah 2,08 cm. Para pembaca dpt merujuk ke buku tsb utk mengetahui alasan2nya.


T. Apa saja ciri2 tempat tidur dan bangku ?
J. Tempat tidur btknya panjang dan utk berbaring. Bangku adalah utk diduduki dan bisa berbtk (bersisi) bulat atau segi empat.

T. Dgn ukuran berapa hastakah yg diperbolehkan utk tempat duduk/tidur agar tdk termasuk terlalu besar?
J. Tempat duduk/tidur tdk diukur dgn cara demikian. Istilah "besar" di sini merujuk pada penutup dan dekorasi yg seyogianya tdk digunakan.
Para Acariya Atthakatha telah menguraikan 19 ciri yg dpt dikategorikan sbg "besar" :
 1. Tempat duduk/tidur yg dihiasi dgn gbr binatang buas spt harimau, buaya dan sebagainya.
 2. Kulit binatang dgn bulu2 pjg (melebihi 4 inci).
 3. Penutup yg terbuat dari wol, penuh dgn sulaman yg rumit (tdk sederhana).
 4. Penutup yg terbuat dari wol dgn desain rumit (tdk sederhana).
 5. Penutup yg terbuat dari wol dgn gbr2 bunga.
 6. Penutup yg terbuat dari wol dgn gbr2 rumit dari berbagai jenis hewan.
 7. Penutup yg terbuat dari wol, dgn bulu2 di kedua sisi.
 8. Penutup yg terbuat dari wol, dgn bulu2 di satu sisi.
 9. Penutup yg terbuat dari kulit harimau.
10. Kain penutup berwarna merah.
11. Pengalas dari kulit gajah.
12. Pengalas dari kulit kuda
13. Pengalas kereta kuda.
14. Penutup yg ditenun dari benang emas dan sutra lalu dilipit (dijahit-pinggir) dgn benang emas.
15. Penutup tenunan sutra dan dilipit dgn benang emas.
16. Penutup dari wol yg cukup luas bagi 16 penari utk menari di atasnya.
17. Penutup yg terbuat dari kulit musang kesturi.
18. Tempat tidur dgn bantal merah pada kedua ujungnya.
19. Matras yg diisi dgn kapuk saja.

Penjelasan lain dari istilah "besar" atau "luas" di sini merujuk pada tempat tidur yg cukup besar utk dua org atau lbh. Mereka yg mengamalkan sila uposatha menjauhi tenpat tidur demikian.

T. Apa saja isi matras/tilam yg diperkenankan?
J. Mereka adalah :
1. Matras/tilam yg diisi dgn kain.
2. Matras/tilam yg diisi dgn kulit pohon.
3. Matras/tilam yg diisi dgn rumput.
4. Matras/tilam yg diisi dgn daun, kecuali daun Borneo camphor. Daun Borneo camphor, Jika dicampur dgn dedaunan lain diperbolehkan. Matras yg tsb di atas diperkenankan oleh Sang Buddha.

T. Menurut Sutta, tdk diperkenankan berbaring di tempat tidur yg besar dan tinggi. Apakah duduk di atas tempat tidur yg besar dan tinggi dianggap melanggar sila?
J. Walaupun Sutta hanya menyebut berbaring, duduk tercakup juga di dlmnya oleh para Acariya Atthakatha. Ini mirip dgn sila ke-7, di mana para Acariya Atthakatha juga memasukkan "mendengarkan" dlm larangan menonton tarian, nyanyian dan sbgnya. Berdiri atau berjalan di atas tempat duduk atau tempat tidur tdk dilarang.

T. Jika seseorang tdk memahami kerumitan (dlm menaati sila) sebagaimana yg diterangkan di sini, apakah mungkin bagi seseorang utk terhindar dari berbagai pelanggaran dan mampu menahan diri dgn baik sehubungan dgn sila?
J. Ini sama saja halnya dgn kasus seorang penukar uang yg tdk bisa membedakan uang kertas asli dgn yg palsu. Mungkin saja ia akan menyimpan uang kertas palsu dan membuang uang kertas asli, atau secara kebetulan menyimpan yg asli dan membuang yg palsu. Dlm situasi apapun org lain tdk berani mempercayai keaslian dari uang org ini. Atau spt peralatan sang perajin emas, jika dia tdk tahu berapa byk palu, pengikir dan peralatan lain yg dimilikinya dgn ukuran segini atau segitu. Dan jika peralatannya hilang, dicuri atau ditukar dgn alat yg jelek, bagaimana ia mengetahuinya? Pada saat ia sadar akan hal ini, kebykan dari peralatannhya tlh hilang. Apabila peralatan sang perajin emas jelek maka pekerjaannya pun akan jelek. Demikian pula halnya dgn sila Uposatha.


segini dulu yoo yg wnya postin...^^""
msh byk lagi sih sebenarnya...^^"
tapi wnya, dah capee nihh...-_-/"""
moga bermanfaat.... dan menambah wawasan pembaca sekalian...\;D/ _/\_

Metta cittena,
Citta _/\_

11
<:-P <:-P <:-P <:-P :lotus: Met Lebarannnnnn :lotus:<:-P <:-P <:-P
Walau DC termasuk forum Buddhis, tapi tak ada salahnya lhoo mengucapin slamat lebarann...\;D/\;D/\;D/
kan member DC juga ada beberapa yg kaum muslim, jadinya gak ada salahnya kann? \:D/\:D/\:D/

dan lagi, ini sebagai wujud toleransi umat beragamaa....\;D/\;D/\;D/
toleransii.... toleransiiii....... ^0^/

Akhir kata dari saya(<<= kayak pidato ajaa... :)) )
sekali lagi, <:-P <:-P <:-P MET LEBARANNNNN, bagi member DC yg merayakannyaaa <:-P <:-P <:-Pdan juga, slamat atas kesuksesan dlm berpuasanyaa yoooooo <:-P <:-P <:-P

walau DC itu forum Buddhis, but not for Buddhis doangg, but DC are for ALL \;D/\;D/\;D/
tdk mengenal suku, kaum, sekte, gender, perbedaan dll sbgnya... \;D/\;D/\;D/\:yes:/\:yes:/
Becausee, we are One Familyyyy <:-P
sama2/saling belajar, sama2/saling berbagii, sama2/saling memahamiii....^^/

Juga, MOHON MAAF LAHIR DAN BATINNYA YOO..... ^:)^ \;D/\;D/\;D/

Salam Metta,
Citta _/\_

12
Tolong ! / ayooo... ayooo sapa yg bisaa?
« on: 28 August 2009, 10:54:34 PM »
wnya mo minta tolongg... ;D ;D ;D ;D
Integral (sinx)-2 dx = brapaa yaa? :-? :-? :-? :-? :-?

^dibaca integral akar sin x dx
ayooo, ayoooo, yg bisa jawab, ntar w kasih hadiahhhh?\:D/\:D/\:D/


13
Thiraaaaaa

MET ULTAHYOOOO
Moga be goodd n be happpyyy <:-P <:-P <:-P \;D/\;D/\;D/ _/\_ _/\_ _/\_


Met ultah jugaa kedirikuu...\:P/\:P/\:P/
wish myself be tegarr n kuatttt\;D/\;D/\;D/ n be good jugaa... :P :P :P
wish thira jugaa\;D/\;D/\;D/ _/\_ _/\_ _/\_

14
<:-P <:-P <:-P \;D/\;D/\;D/Met Ultahhh yooo viiiiiii\;D/\;D/\;D/ <:-P <:-P <:-P
moga tambah be good n happyy <:-P <:-P <:-P _/\_ _/\_ _/\_

hee... w ucapinnya lbh dulu dari ortunya gak yaa... 8-> 8-> 8-> :)) :)) :P :P :P

MET ULTAHH YOO VIIII <:-P <:-P <:-P <:-P <:-P \;D/\;D/\;D/

15
Jurnal Pribadi / Jurnal citta
« on: 10 April 2009, 10:41:38 AM »
Ini jurnal wnya, jadi wnya bebas ngomong apa aja yaa...\:D/\:D/\:D/


Jurnal wnya dimulaii.... 8) 8) 8)

Pages: [1] 2