Ko tesla thank atas infonya...
Tolong jelasin yg ini donk,"sugati ahetuka puggala
beda dg yg pertama adalah terlahir di alam manusia bahkan bisa di alam deva, tetapi mereka cacat."
Mereka cacat??Maksud cacat disni apa??kata ko tesla ada yg cacat juga walau indranya lengkap??Jd definisi cacat disni apa??Kan kata ko tesla tdk berkaitan dgn 6indera.
batas perbedaan cacat & normal saya tidak berani mendefinisikannya utk publik, sorry...
tapi saya bisa kasih contoh cacat yg memang pernah saya baca dari buku biar jelas bedanya
indra yg ingin saya bahas adalah indra pikiran...
jadi ternyata kondisi cacat di alam manusia, belum pernah kita temui yg lahir & hidup tanpa indra pikiran yah
ada yg gila, ada yg pikun, ada yg bodoh. sebaliknya ada yg pintar, bahkan jenius.
yg pernah saya baca, yg kategori cacat itu adalah gila atau bisa juga tidak gila, tetapi dilatih sebagaimanapun juga, berhitung 1 sampai 10 saja tidak bisa...
Truz benih yg dikatakan diatas maksudnya apa??benih kebuddhaan??
benih ini ceritanya agak panjang juga neh...
jadi
citta(kesadaran) dalam abhidhamma dikatakan muncul dan hilang dalam kecepatan yg sangat tinggi (jutaan/milyaran kali dalam satu detik).
nah pada saat menjelang kematian, citta akan mengalami objek yg namanya maranasanna-nimitta (objek tanda menjelang kematian).
kemudian cuti-citta (citta kematian) timbul, artinya kematian.
disusul dg patisandhi-citta (citta kelahiran), artinya lahir kembali.
yg menjadi objek dari patisandhi-citta ini adalah maranasanna-nimitta tadi...
kemudian setelah patisandhi-citta lenyap disusul oleh bhavanga-citta (citta keberlansungan hidup).
bhavanga-citta ini juga memiliki objek dari maranasanna-nimitta (objek menjelang kematian
pada kehidupan sebelumnya lho)... dan bhavanga-citta ini muncul dan hilang terus berulang2
dg objek ini ini terus sampe kematian lagi...
itulah sebabnya dibutuhkan rebirth lagi utk menjadi tihetuka baru bisa mencapai maggapatisandhi, bhavanga, cuti citta merupakan vipaka citta.
kalau bahasa sehari-harinya, kelahiran ini merupakan akibat dari perbuatan sebelumnya.
perbuatan sebelumnya inilah yg akarnya dipertanyakan, apakah berakar pada alobha-adosa, atau pada alobha-adosa-amoha, atau tidak berakar pada kebaikan sama sekali...
akar dari kamma (sebab) & vipaka (akibat) adalah sama.
artinya kalau kamma nya berakar pada alobha&adosa, vipaka juga berakar pada alobha&adosa.
artinya lagi bhavanga citta yg adalah sama terus sepanjang hidup, kalau berakar pada alobha&adosa, akan selalu berakar pada alobha&adosa sampai kematian datang.
singkat kata, bhavanga citta ini adalah arus kesadaran utama kehidupan kita.
begitulah kira2...