//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Umat Buddhis yang MEROKOK  (Read 12576 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #15 on: 22 April 2009, 09:54:20 PM »
1. yang sudah pasti dari segi kesehatan tidak baik bagi diri sendiri maupun bahkan apalagi
    lingkungan sekitarnya.
2. menimbulkan ikatan/kemelekatan (kecanduan), sila keberapa tuh mengkonsumsi brg-brg
    memabukan, dan menjual brg-brg berbahaya/beracun.
    Ada perbandingan nih, apa bedanya klo merokok dibilang menimbulkan kemelekatan
    (kecanduan), klo makan nasi setiap hari untuk isi perut koq gak dikatakan seperti itu?.
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #16 on: 22 April 2009, 10:09:45 PM »
Makan kan kebutuhan utama manusia bro. Kalo merokok bukan kebutuhan primer (ingat teori sandang pangan papan?). Lagipula, analogi makan nasi menimbulkan kecanduan rasanya nggak pas ya. Nasi kan bisa diganti dengan roti, pizza, pasta, dll.. Dan nasi sama sekali nggak menimbulkan kecanduan. Saya aja jarang makan nasi...
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline defact0r

  • Teman
  • **
  • Posts: 86
  • Reputasi: 2
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #17 on: 22 April 2009, 11:11:56 PM »
klo menurut saya, dalam agama ajaran agama buddha itu ga ada yang namanya benar atau salah.
benar dan salah hanya lah istilah...
apa itu kebenaran, apa itu kesalahan... semua itu hampa..
dalam ajaran buddha tidak pernah di bahas yang mana yg benar, yang mana yang salah..
ajaran mana yg benar, ajaran mana yang salah... tapi lebih menekankan ke sesuatu yang lebih dari itu semua..
sesuatu yang menurut saya sendiri tidak terbatas nilainya..  buddha lebih mengajarkan cara nya, cara mencapai kesempurnaan, cara mencapai penerangan sempurna. bukan mengjudge.. klo kita sudah mencapai penerangan sempurna, maka tida akan mempermasalahkan kebenaran dan kesalahan..

hahaha...
gitu kali iya.... CMIIW ok... itu cuma opini loh.....
pemahaman buddha saya masih dangkal banget.. hahaha kitap suci tripitaka aja bentuknya gimana ga tau..
hahaha...
saya hanya pemula yg masih perlu banyak belajar
klo ada salah kata mohon di tegur dan dimaafkan
thanks

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #18 on: 23 April 2009, 09:38:46 AM »
Soal merokok melanggar Dharma atau tidak saya kurang tahu, maaf teman-teman, pengetahuan Dharmaku masih terbatas sekaliiiiiiiiiii.......... tetapi logika saya begini : biasanya sesuatu yang dilarang itu dalam masyarakat , tentunya dilarang dalam agama juga sich...
Dilarang dalam masyarakat dalam arti : Mayoritas ortu pasti melarang anaknya merokok, dibungkusan rokok juga tertulis larangan dlm arti tertentu, pemerintah juga membuat larangan merokok dlm kondisi tertentu...

Logika yang lain : Merokok itu dari kedokteran tidak ada manfaat utk tubuh, jadi uang utk beli rokok sama saja dengan pemborosan (sia-sia). Memboroskan uang juga bukan hal yang dianuurkan dalam Dharma khan :)

Logika yang lain lagi : Asap rokok menambah 0,00...1% polusi dan global worming kali ya... hehehe gak tahulah.. buka org WAHLI sich....

Logika yang lain lagi : Asap roko sudah dibuktikan berbahaya dari segi medis, kalau seseorang merokok, dan asapnya tercium sama orang yang bukan perokok... bukankah itu termasuk suatu perbuatan yang kurang baik dalam Dharma?

Mohon pencerahan ya teman-teman.....



Dharma itu bukan untuk memberi segudang peraturan tanpa alasan seperti kepada anak kecil. Dharma itu memberi pengertian agar orang lebih dewasa menyikapi segala sesuatu tanpa terikat satu pola pikir yang picik dan kerdil. Apakah bagi anda sendiri merokok ada manfaatnya? Kalau tidak, yah jangan lakukan. Sederhana, bukan?!


Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #19 on: 23 April 2009, 09:48:22 AM »
klo menurut saya, dalam agama ajaran agama buddha itu ga ada yang namanya benar atau salah.
benar dan salah hanya lah istilah...
apa itu kebenaran, apa itu kesalahan... semua itu hampa..
dalam ajaran buddha tidak pernah di bahas yang mana yg benar, yang mana yang salah..
ajaran mana yg benar, ajaran mana yang salah... tapi lebih menekankan ke sesuatu yang lebih dari itu semua..
sesuatu yang menurut saya sendiri tidak terbatas nilainya..  buddha lebih mengajarkan cara nya, cara mencapai kesempurnaan, cara mencapai penerangan sempurna. bukan mengjudge.. klo kita sudah mencapai penerangan sempurna, maka tida akan mempermasalahkan kebenaran dan kesalahan..

hahaha...
gitu kali iya.... CMIIW ok... itu cuma opini loh.....
pemahaman buddha saya masih dangkal banget.. hahaha kitap suci tripitaka aja bentuknya gimana ga tau..
hahaha...

Sedikit menambahkan bro........ Buddha memang mengajarkan cara utk mencapai kesempurnaan bukan dengan menjudge

Pun bukan dengan mempermasalahkan benar atau salah,

Tapi dengan cara memperbanyak perbuatan kusala yaitu perbuatan yg bermanfaat utk batin
dan mengurangi perbuatan akusala, yg tidak bermanfaat utk batin
serta menyucikan batin
Ini adalah ajaran semua Buddha

Benarkah kalo sudah mencapai penerangan sempurna, maka tidak mempermasalahkan kebenaran dan kesalahan? Pada mereka yg sudah mencapai penerangan, yang tidak ada adalah konsep bhw ini benar dan salah menurutKU

Tapi kebenaran dan kesalahan itu sendiri tetap ada
Misal contoh Angulimala, Buddha menunjukkan bhw perbuatannya itu keliru
Pada pemuda Sigala yg hanya melaksanakan tradisi tanpa tahu apa maknanya, Buddha menunjukkan pengertian yg benar

Jadi bukan "tidak masalah benar atau salah" namun bagaimana jika ada salah, dapat menjadi pelajaran agar lebih maju
dan jika sudah benar, bisa membantu lingkungan agar tahu yg benar itu juga
Yang salah, tidak merasa "tersinggung" dan yang benar, tidak menjadi "sombong" (mana)

semoga bermanfaat

metta  _/\_

SarjanaHukum

  • Guest
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #20 on: 23 April 2009, 11:08:23 AM »
Makan kan kebutuhan utama manusia bro. Kalo merokok bukan kebutuhan primer (ingat teori sandang pangan papan?). Lagipula, analogi makan nasi menimbulkan kecanduan rasanya nggak pas ya. Nasi kan bisa diganti dengan roti, pizza, pasta, dll.. Dan nasi sama sekali nggak menimbulkan kecanduan. Saya aja jarang makan nasi...

Yuri diet nasi ya... pasti makan kentang rebus terus.....

Offline savana_zhang

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 253
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
  • om mani padme hum
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #21 on: 23 April 2009, 01:47:34 PM »
            Sila ke-5 dimaksudkan sebagai pengaman agar kita tidak melanggar  4 sila lainnya seperti susu adalah pelengkap bagi sayus,daging,dsb karena pelanggaran terhadap sila ke-5 tidak mengakibatkan karma lengkap seperti yg kita ketahui salah satu syarat suatu perbuatan mengakibatkan karma lengkap adalah perbuatan itu harus ditujukan dan mengenai individu lain selain diri kita.
             jd klo kita mabuk2an kita akan g sadar dan pd waktu itu maka kita akan berkelakuan yg tidak baik bg orang lain juga khan,merokok didalam kamar sendirian adalah buruk tetapi merokok yg asapnya ditiup dimuka orang lain adalah lebih buruk,Bunuh diri adalah buruk tp tidak seburuk bunuh orang lain.
              tp sebagai umat buddha kita harus waspada dan selalu mengendalikan indera n pikiran kita karena pikiran adalah sumber dari semuannya dan karena rokok melemahkan konsentrasi kita maka itu tidak bagus.

               Jd seharusnya merokok menurut agama buddha itu bukan benar atau salah tergantung individu yang menafsirnya dalam batas dia merokok didalam kamar,karena klo dia sanggup dg konsekuensinya apa urusannya agama buddha menetapkan benar salah

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #22 on: 23 April 2009, 01:49:31 PM »
biar langsing singset bro.....
iKuT NGeRumPI Akh..!

SarjanaHukum

  • Guest
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #23 on: 23 April 2009, 05:31:49 PM »
biar langsing singset bro.....

kao ditambah dengan JAMU lagi pasti sempurna dech.....

SarjanaHukum

  • Guest
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #24 on: 23 April 2009, 05:34:29 PM »
Soal merokok, ok lah kalau kita tidak tinjau dari segi Dharma, tetapi dari segi sosial kurasa gak bagus juga khan.... misalnya asapnya nyebar ke org yg tidak merokok?

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #25 on: 23 April 2009, 06:43:49 PM »
klo asap kentut???

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #26 on: 23 April 2009, 06:48:11 PM »
klo diisep sendiri sich gak berbahaya, tapi klo sampai meluas bisa mengganggu kamtibmas.
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #27 on: 24 April 2009, 06:50:48 AM »
Katanya pemerintah berniat menaikan cukai rokok dari semula Rp 35 perbatang,menjadi Rp 350 perbatang..

Kira2 harga sebungkus rokok,dari Rp11.000-16.000

sebaiknya berhenti sekarang,lumayan uangnya bila beli susu anak ;D

buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #28 on: 24 April 2009, 07:29:51 AM »
Di indonesia harga rokok masih terbilang murah, di banding negara2 tetangga...

Sy dulu juga perokok, tp sdh cukup lama berhenti... Keuntungan dari berhenti merokok

1. tentu lebih hemat duit, kemudian juga...

2. kesehatan terutama paru2 * soalnya dulu sampai kadang terasa sesak nafasnya...

3. Lebih bisa menikmati makanan, selama merokok lidah jadi terasa pahit kadang.. * dulu rokoknya marlboro lights >:D *

Yah.. Mungkin kurang lebih itu keuntungan dari berhenti merokok.

Kalau kerugian dari merokok banyak... : istilahnya "duit" di bakar, kemudian dapat menggangu pernafasan, asap yang d keluarin menggangu lingkungan, dll.

Keuntungan dari merokok : :-? Menyenangkan pikiran sendiri. Menurut saya sepertinya hanya itu saja...

Jadi silahkan di lihat keuntungan dan kerugian dari merokok itu...


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline liu_yan_ling

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 37
  • Reputasi: 1
Re: Umat Buddhis yang MEROKOK
« Reply #29 on: 24 April 2009, 07:46:57 AM »
kalo menurut saya merokok itu melanggar sila ke 1 deh, soalnya perokok pasif lebih berbahaya di banding perokok aktif, jd yang lebih cepat menimbulkan penyakit itu yah perokok pasif n bisa meninggal. yah berarti dengan tidak secara langsung dia membunuh..
Di empat penjuru samudera kita semua saudara