//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: suara "musik surgawi" pada saat meditasi  (Read 13577 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #30 on: 10 May 2010, 11:01:18 AM »
hebat amat bro
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #31 on: 10 May 2010, 11:32:51 AM »
hebat amat bro

itu ga hebat, kan udah sy bilang "itu semua karena ketenangan, sehingga memunculkan imajinasi/gambaran2 pada saat bermeditasi", berarti gw berimajinasi seakan gw keluar dr tubuh gw... :D kayak sun go kong ya... hahaha...

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #32 on: 10 May 2010, 07:49:04 PM »
yeah...at least hebat amat imajinasinya deh
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline siaocing29

  • Teman
  • **
  • Posts: 99
  • Reputasi: 2
  • Gender: Female
  • Buddha Mahayana (Kwan Im)
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #33 on: 21 May 2010, 01:14:49 AM »
Adakah temen2 yang pernah mendapat pengalaman "mendengar musik surgawi" pada waktu meditasi....mohon sharingnya dan bagaimana kita harus bersikap setelah "mendengar musik surgawi" tersebut....anumodana atas sharingnya.

 _/\_
Buddha Mahayana 100%

Offline VinBaik

  • Teman
  • **
  • Posts: 54
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
  • OM MANI PADME HUM
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #34 on: 26 May 2010, 04:14:30 PM »
Kalo dibilang tenang terus mucul imajinasi, bukankah artinya tidak sadar atau melamun,
Jadi apakah hal tsb bisa dibilang meditasi atau bukan ?


  [at] TS
just curious...kalo tetap fokus pada objek meditasi apakah "musik surgawi" itu tetap ada/semakin jelas kedengaran atau menghilang ?
VAYADHAMMA SANKHARA, APPAMADENA SAMPADETHA

Nasehat terakhir Sang Buddha sebelum Parinibbana :
"Segala sesuatu yang terjadi dari paduan unsur adalah sasaran perubahan.
Berjuanglah mencapai kebebasan dengan sadar dan waspada"

Offline waliagung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 417
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • SEMOGA SEMUA MAHLUK HIDUP BERBAHAGIA
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #35 on: 19 May 2011, 01:02:04 AM »
ikut nimbrung tapi no coment............

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #36 on: 19 May 2011, 07:28:17 AM »
Cb Bro Tuwino periksa di sekitar tempat meditasi Saudara, apakah sekirannya ada sumber-sumber suara (mis: tetangga lg setel musik / suara2 angin, efek gema, gaung, resonansi, Etc)  :)

Jika tempat meditasi Saudara sekirannya bebas dr sumber2 suara tersebut, bisa jadi suara "musik surgawi" pada saat Bro meditasi adalah benar2 suara musik para Dewa Dewi/ mungkin itu makhluk halus yg sedang bersenandung di sebelah telinga Saudara  :P
 
Jika mengalami hal tersebut, Saudara dpt mengembangkan pikiran penuh cinta kasih dan kebajikan ke segala penjuru :)

 _/\_ SSBS
« Last Edit: 19 May 2011, 07:30:42 AM by PIKOCHAN RAPTOR »
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #37 on: 19 May 2011, 07:05:36 PM »
di bukunya biografi Master Zen Sheng Yen yang melatih kucing menangkap tikus, ada tentang hal ini. Jadi ada orang yang meditasi yang baru masuk tahap pertama, kadang terdengar suara musik yang indah atau melihat gambarang seperti alam semesta (galaksi, bintang dll)....ada yang merasa sudah tercerahkan saat memasuki tahap ini. dan jangan dihiraukan juga katanya.harus naik ke tahap berikut.

saya pernah juga kok cuman sekali, ada gambar alam semesta dan musik juga. saya mengalami hal ini sebelum saya baca bukunya Master Sheng Yen itu.

musiknya bukan musik rock kok, jazz juga bukan...mirip kayak ada suara2 harpa...tapi menurut saya musiknya bagus kok..

saya malah pernah baca juga lantunan lagu ini:
http://dhammacitta.org/perpustakaan/kategori/mp3/chanting-mandarin/

juga didapat dari surga..ntar kapan saya cari artikelnya

trus lagu yang ekadasa mukha dharani, lagunya juga gitu cara dapatnya

saya belum tau apa itu imajinasi pembuat lagunya atau memang beneran dari dewa2 inspirasinya...yang jelas enak kok...


Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #38 on: 19 May 2011, 07:17:55 PM »
Bro Mahadeva, sy tny sst ya  :) :

Pd saat sy meditasi terkadang seolah-olah muncul sensasi visual seperti cahaya berwarna ungu / putih, penjelasan Bro Mahadeva terhadap hal tersebut?  :)

 _/\_ SSBS


 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #39 on: 19 May 2011, 08:11:42 PM »
Bisa kekotoran batin atau bisa juga nimitta.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #40 on: 19 May 2011, 08:14:11 PM »
Alamak.....  :)

Btw, thx ya Bro. Syahrini  ;)

 _/\_ SSBS
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #41 on: 19 May 2011, 09:24:26 PM »
saya barusan cek lagi di bukunya...musik2 itu merupakan rintangan meditasi pertama, dibarengi dengan suasana relax dan tenang.

 [at] pikochan: yoi, bisa saja itu nimitta, bisa saja bukan.


Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #42 on: 19 May 2011, 09:41:36 PM »
OK Bro tengkiu  :)

 _/\_ SSBS
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #43 on: 20 May 2011, 08:58:36 AM »
saya barusan cek lagi di bukunya...musik2 itu merupakan rintangan meditasi pertama, dibarengi dengan suasana relax dan tenang.

 [at] pikochan: yoi, bisa saja itu nimitta, bisa saja bukan.


suasana relax dan tenang itu merupakan rintangan jg yah ??

dlm posisi ini harusnya gmn ?

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: suara "musik surgawi" pada saat meditasi
« Reply #44 on: 20 May 2011, 12:56:07 PM »
suasana relax dan tenang itu merupakan rintangan jg yah ??

dlm posisi ini harusnya gmn ?

kalau menurut buku yang saya baca, rintangan ini muncul kalau seseorang sudah memegang obyek dengan baik, disebut rintangan karena kalau seseorang sudah merasa puas dan melekati ketenangan ini maka dia tidak akan maju. namun menemui rintangan ini juga bukan berarti kabar buruk karena berarti dia sudah lumayan konsentrasinya. orang yang tidak meditasi nda bakal ketemu rintangan ini.

jadi menurut buku itu, fenomena apapun jangan dilekati saat meditasi.

rintangan kedua katanya rasa senang dan rileks yang ekstrem...

 

anything