Mengenai pernyataan "Sabba danam dhammadanam jinati" jangan hanya diartikan berdana buku atu menulis. Praktik Dhamma yang membawa pd pembebasan batin itu jg dana yang tak ternilai harganya. Peacemind adalah praktikus yang luar biasa. Saya bisa mengerti mengapa dia tidak pernah menyelesaikan tulisannya.
Sdr Dhammasiri
Yup, memang bukan.. Tapi kan kalau ada dlm bentuk buku lebih komplit bentuk2 dananya..
Btw, bagaimana yah praktik Dhamma bisa dikategorikan sbg bentuk "dana" juga? Mohon penjelasan.
mettacittena,
Pada intinya berdana dapat dikelompokkan menjadi puñña dan kusala. Dalam kategogi puñña, berdana digunakan untuk mengumpulkan kebajikan demi terlahir di alam yang lebih baik. Dāna dalam kategori kusala dipergunakan untuk melatih diri melepaskan apa yang dia miliki demi terealisasinya Nibbāna. Praktik Dhamma dapat dikategorikan dalam bentuk kusala. Saat kita praktik Dhamma secara intensif, kita akan melindungi diri kita sendiri. Saat kita melindungi diri sendiri, kita juga melindungi orang lain (Attānaṃ, bhikkhave, rakkhanto paraṃ rakkhati, paraṃ rakkhanto attānaṃ rakkhati, S. V. 169).
Bagaimana seseorang yang melindungi diri sendiri dapat dikatakan melindungi orang lain? Sang Buddha menjelaskan bahwa hal ini dapat dilakukan dengan mempraktikkan, mengembangkan dan memperbanyak. Apa yang harus dipraktikkan, apa yang harus diperbanyak dan dikembangkan adalah empat landasan kesadaran (Attānaṃ, bhikkhave, rakkhissāmīti satipaṭṭhānaṃ sevitabbaṃ; paraṃ rakkhissāmīti satipaṭṭhānaṃ sevitabbaṃ.)
Seseorang dapat dikatakan melindungi diri sendiri karena melindungi diri sendiri, apabila ia mempraktikkan kesabaran, jiwa tanpa kekerasa, kasih sayang dan simpati (Khantiyā, avihiṃsāya, mettacittatāya, anudayatāya – evaṃ kho, bhikkhave, paraṃ rakkhanto attānaṃ rakkhati.).
Sdr. Jerry, dari Sedakasutta ini, kita bisa melihat praktik Dhamma memiliki aspek berdana, yaitu memberikan perlindungan kepada orang lain. Bukankah ini adalah abhaya dāna? Semoga bisa dimengerti.
Thanks