//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pikiran  (Read 20977 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Pikiran
« on: 09 March 2009, 01:55:52 PM »
Apakah kekuatan pikiran dapat mempengaruhi sebuah kejadian?
Ataukah kejadian yang mempengaruhi pikiranku?
CMIIW.FMIIW.

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Pikiran
« Reply #1 on: 09 March 2009, 04:59:28 PM »
Pikiran mendahului semua kondisi batin,
pikiran adalah pemimpin,
segalanya diciptakan oleh pikiran,
Bila seseorang berbicara atau berbuat dengan jasmani,
maka penderitaan akan mengikuti si pelaku karenanya,
seperti roda kereta yang mengikuti jejak kaki lembu yang menariknya
(Dhammapada, I : 1)

Pikiran mendahului semua kondisi batin,
pikiran adalah pemimpin,
segalanya diciptakan oleh pikiran,
bila seseorang bertindak dengan pikiran yang benar,
maka kebahagiaan akan mengikuti si pelaku karenanya,
seperti bayang-bayang yang selalu mengikuti gerakan seseorang
(Dhammapada, I : 2)

Nah, bro matahari joh, sekarang menurut bro matahari joh bagaimana, apakah pikiran dapat mempengaruhi sebuah kejadian? :D :D :D :D

Apakah kekuatan pikiran dapat mempengaruhi sebuah kejadian?
Ataukah kejadian yang mempengaruhi pikiranku?
mungkin jawabannya dua-duanya bisa ya...^^
karena menurut saya, kejadian dapat mempengaruhi pikiran kita, hal itu bisa saja,
contohnya: Si A merupakan orang jahat, ia selalu berpikiran buruk, lalu suatu hari, ia ingin menjadi orang baik, kemudian ia ingin menolong seseorang yang dalam kesulitan, misalnya si A melihat ada orang yang dia kirain, mau bunuh diri(misalnya dia kirain org itu mo cebur ke sungai), lalu dia menghampiri orang itu, dan orang2 yang melihatnya, berpikir si A mo mendorong orang tersebut ke sungai, lalu orang2 menghampiri si A dan rame2 mau melaporkannya ke kantor polisi misalnya, lalu si A kabur.
Karena kejadian ini, si A menjadi berpikiran, tak ada gunanya dia berbuat baik lagi, karena ketika dirinya mau berbuat baik pun, orang orang tetap saja menyalahkan dirinya...^^
Jadi, kejadian tersebut dapat dikatakan mempengaruhi pikirannya.

Tapi, Pada dasarnya semuanya adalah hanya pemikiran si A saja... semua tergantung apa yang dipikirkannya, karena ia berpikir begitu maka kejadian tersebut berarti telah mempengaruhi pikirannya...

Coba kalau ia berpikir: Ini hanya akibat dari perbuatan jahatku yang dulu pernah kuperbuat, sehingga sekarang saya tidak dipercayai orang2 lagi... saya tidak boleh menyerah!!! saya harus berusaha untuk merubahnya!!!

^ Kalau si A berpikir begitu, maka kejadian tersebut tidak mempengaruhi pikirannya, bukan?
Jadi, menurut saya, semuanya tergantung pada hal apapun yang ia pikirkan, mau itu bersifat memotivasinya, ataupun menghancurkannya, baik atau buruk, itu hanyalah sebuah proses pemikiran.

Kalau ada yang salah mohon dikoreksi yaa ;D ^:)^ ^:)^ ^:)^

Metta Cittena,
Citta _/\_
« Last Edit: 09 March 2009, 05:34:16 PM by Citta Devi »
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Dhamma Sukhita

  • Sebelumnya: Thiravaddhani
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 195
  • Reputasi: 14
  • Save our earth
Re: Pikiran
« Reply #2 on: 09 March 2009, 06:53:42 PM »
Apakah kekuatan pikiran dapat mempengaruhi sebuah kejadian?
Ataukah kejadian yang mempengaruhi pikiranku?
mungkin 22nya bs
cth pikiran dpt mempengaruhi suatu kejadian :
misal : terjd suatu pencurian di suatu rumah
          Si A nampak pencuriny, rupany pencurinya adlh si B (Sahabat dekat si A)
          jd si A bingung mo ngaku si B pencuriny ato gak
          Jd semuany tergantung ama si A klo A berpikir dia tmnku biarlah tp ku nasehatin dia spy             
          gak mencuri lg jd situasiny gak terjd apa2 tp yg dicuri jd kehilangan
          Bila si A berpikir pencuri tetap pencuri maka si A melaporkanny ke warga, si B y bs  aja 
          dipukul warga ato apa gitu. Jadi semua tergantung pikiran si A
Dlm kondisi ini pikiran mempengaruhi suatu kejadian

Klo kejadian mempengaruhi pikiran  :-?
misalnya si A dimrhi abis2an sm si B jd timbul dendam yg berbekas di dlm hati si A jd si A berniat membunuh si B. Tapi suatu ketika si A dlm bhy dan ditolong sm si B jd si A tidak jd membunuh si B krn kejadian tsb.
Maka dlm hal ini kejadian mempengaruhi pikiran si A..

Semoga bermanfaat  _/\_

Offline ENCARTA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 797
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • love letters 1945
Re: Pikiran
« Reply #3 on: 09 March 2009, 08:39:39 PM »
mimpi buruk.. nanti juga bangun :))

masih ada besok , untuk memperbaiki kok ^^!

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Pikiran
« Reply #4 on: 09 March 2009, 09:07:29 PM »
Ya. Gw se7 dngan contoh yg kalian critakan.
Tapi pada dhammapada 1, gw kurang se7, koq bisa dikatakan segalanya diciptakan oleh pikiran?
Gw pikir pikiran bukanlah hal penentu, melainkan kejadian dan peristiwa trtentu yang sanggup menentukan apa yg jdi bentuk2 pikiran yg akan menjadi pola pikiran.
Jadi aspek luar diri cenderung mempengaruhi aspek pikiran dalam diri.
Cmiiw.
Walau gitu, gw gak terlalu menyangkal sebuah daya kekuatan pikiran yg dapat mempengaruhi keadaan.
Tadi,
gw pikir ehmm, thread pikiran ini bakal kurang yg post, eh ternyata benar thread ini cuma kalian berdua yg post, huehue ;D,

trkadang bila sugesti negatif kayak begini dibawa dalam berdagang atau berbisnis, bisa bangkrut juga lama2. ;D.

Tapi gw percaya ada sesuatu kekuatan yang lebih besar dari pikiran kita, yang mengatur pola pikir kita, yaitu sebuah doa, dan doa kepada sesuatu Yang Lebih Besar dari segala pikiran2.
Setuju? ?

Kalau segalanya diciptakan oleh pikiran, maka gw kurang setuju.
Orang sedang koma saja gak bisa menentukan kapan dia bisa bangun? Nah gmana bisa dikatakan segalanya diciptakan pikiran.
Lalu gw ingin kaki gw jadi bersih dari bulu2 kaki, dan bisa gak kaki jadi bersih dari bulu hasil ciptaan pikiran??
Gak bisa!!!
CMIIW.FMIIW.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pikiran
« Reply #5 on: 09 March 2009, 09:17:57 PM »
dapat contekan darimana Bro, yg bilang segalanya diciptakan oleh pikiran?

Offline ChangAn

  • Sebelumnya: Heri
  • Teman
  • **
  • Posts: 73
  • Reputasi: 3
Re: Pikiran
« Reply #6 on: 09 March 2009, 09:30:55 PM »
Menurut saya bisa koq, bisa pusing  ;D

 _/\_

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Pikiran
« Reply #7 on: 09 March 2009, 10:26:50 PM »
Ya. Gw se7 dngan contoh yg kalian critakan.
Tapi pada dhammapada 1, gw kurang se7, koq bisa dikatakan segalanya diciptakan oleh pikiran?
Gw pikir pikiran bukanlah hal penentu, melainkan kejadian dan peristiwa trtentu yang sanggup menentukan apa yg jdi bentuk2 pikiran yg akan menjadi pola pikiran.
Jadi aspek luar diri cenderung mempengaruhi aspek pikiran dalam diri.
Cmiiw.
Walau gitu, gw gak terlalu menyangkal sebuah daya kekuatan pikiran yg dapat mempengaruhi keadaan.
Tadi,
gw pikir ehmm, thread pikiran ini bakal kurang yg post, eh ternyata benar thread ini cuma kalian berdua yg post, huehue ;D,

trkadang bila sugesti negatif kayak begini dibawa dalam berdagang atau berbisnis, bisa bangkrut juga lama2. ;D.

Haiyyaa.. ;D
Pertama. Pemikiran ini dilandasi oleh pemikiran yang sempit mengenai Pikiran, dan hanya melihat secara partial (sebagian). Sebuah tipe pemikiran ala Kristiani dan monotheis lainnya. Kedua. Hati-hati menggunakan kata SEGALANYA. Dhammapada 1 dan 2 berkaitan dengan kehidupan makhluk, tidak mungkin tentang batu karena batu tidak memiliki pikiran.

Ketika anda mengatakan bahwa kejadian dan peristiwa tertentu yang sanggup menentukan apa yg jadi bentuk2 pikiran yg akan menjadi pola pikiran, Pertanyaannya:  lalu, menurut anda apa penyebab kejadian atau peristiwa itu bisa terjadi?? Biar saya tebak…… sudah kehendak tuhan (apapun sebutannya). Betul tidak ? pasti betul.

Berbeda dengan konsep Kristiani dan monotheis lainnya, Buddhisme menjelaskan bahwa setiap peristiwa/kejadian memiliki SEBAB dan TIDAK HANYA SEBAB YANG TUNGGAL. Dan setiap kejadian yang dialami oleh seseorang disebabkan oleh KAMMA (KARMA). Apa itu KAMMA, kamma itu berarti perbuatan. Perbuatan dalam bentuk apa? Perbuatan dalam bentuk PIKIRAN, UCAPAN yang didahului oleh pikiran dan TINDAKAN yang didahului oleh pikiran.

Jadi jelas ujung-ujungnya adalah PIKIRAN sebagai pelopor. Silahkan anda pelajari lagi mengenai Hukum Kamma, jika mau.  :D


Quote
Tapi gw percaya ada sesuatu kekuatan yang lebih besar dari pikiran kita, yang mengatur pola pikir kita, yaitu sebuah doa, dan doa kepada sesuatu Yang Lebih Besar dari segala pikiran2.
Setuju? ?

Tipe pemikiran ala Kristiani dan monotheis lainnya memang seperti itu, tapi tidak untuk Buddhisme.
Setuju??? jelas TIDAK setuju. Jika ada hal seperti itu, maka Gaza tidak akan hancur. ^-^


Quote
Kalau segalanya diciptakan oleh pikiran, maka gw kurang setuju.
Orang sedang koma saja gak bisa menentukan kapan dia bisa bangun? Nah gmana bisa dikatakan segalanya diciptakan pikiran.
Lalu gw ingin kaki gw jadi bersih dari bulu2 kaki, dan bisa gak kaki jadi bersih dari bulu hasil ciptaan pikiran??
Gak bisa!!!

Seperti penjelasan di atas, Penentu kondisi adalah karma, tepatnya hasil karma masa lalu, yang menentukan cepat atau lambatnya seseorang. Juga tekad yang kuat untuk hidup dari yang bersangkutan. Ada toh kisah-kisah kesaksian yang menceritakan orang mengalami koma kemudian karena cintanya, tekadnya pada keluarga akhirnya ia bangkit dari koma dan tidak jadi mati.

Kaki bersih dari bulu kaki???  :o Ya jelas bisa dari pikiran. Anda tinggal cukur bulu kaki anda bisa pakai silet atau obat cukur dll. Toh untuk melakukan tindakkan mencukur anda pakai PIKIRAN juga, masa pakai dengkul. Simpel kan, tidak perlu menghayal ada makhluk di luar sana dan kita berdoa padanya sambil mengemis minta agar bulu kaki dihilangkan. :D

Coba anda berdoa sekarang untuk menghilangkan bulu kaki anda, bisa tidak ya besok kaki anda besih dari bulu kaki? Ya semoga saja anda sebagai orang beriman tetap berkata jujur bahwa besok hari bulu kaki anda tetap ada. Btw, bahkan ketika anda ingin berdoa saja memakai pikiran. ^-^

Ya sah-sah saja dan silahkan saja anda tidak setuju karena pola pikir anda adalah pola pikir monotheis yang sudah didoktrin seperti itu, dan tidak ada dalam agama anda ajaran mengenai seluk-beluk pikiran. Jadi mau diapakan lagi?
Catatan: satu-satunya agama yang membahas seluk-beluk pikiran adalah Buddhisme. Dunia Barat menjuluki Buddhisme sebagai science of mind.

Anda akan setuju bahwa pikiran adalah penentu jika anda melepaskan dogma yang anda pegang, seperti yang pernah saya lakukan. Sayangnya anda tidak mau. Jadi bagaimana mau melepaskan dogma anda ?? Mau…mau…mau?? ;D 8)
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Pikiran
« Reply #8 on: 09 March 2009, 10:47:49 PM »
[at] Johsun

Pikiran adalah pelopor. Yang dimaksud dengan pikiran ini adalah mano (mind).
Pemikiran adalah aktivitasnya, yaitu citta (thought).
Dari pikiran (mano), maka segala pikiran (citta), ucapan dan perbuatan kita akan mengikutinya.
Coba Anda menelaah lebih lanjut lagi mengenai pikiran (yang dalam kosakata Bahasa Pali, diuraikan menjadi "mano", "citta" dan kadang memakai "vinnana").

Tidak ada yang menggerakan pikiran. Tidak ada yang digerakkan pikiran. Pikiran adalah pergerakkan itu sendiri. Coba Anda menelaah lebih lanjut lagi mengenai kebenaran relativitas dunia ini. Mungkin lebih baik jika merenungkannya secara meditatif.
Saran saya : Coba juga renungkan apakah ada kekuatan lain yang menggerakan pikiran Tuhan.

Kita bahagia atau menderita semuanya diciptakan oleh pikiran. Dunia ini netral, hanya cara pandang kita yang memlihanya menjadi hal yang menyenangkan atau hal yang menyedihkan. Pertanyaan Anda mengenai "orang koma" dan "bulu roma di kaki" dalam hubungannya dengan pikiran adalah miskonsepsi Anda sendiri mengenai pikiran (mano dan citta). Jadi pertanyaan Anda itu tidak relevan.


Salam.

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Pikiran
« Reply #9 on: 09 March 2009, 11:05:56 PM »
Ya. Gw se7 dngan contoh yg kalian critakan.
Tapi pada dhammapada 1, gw kurang se7, koq bisa dikatakan segalanya diciptakan oleh pikiran?
Gw pikir pikiran bukanlah hal penentu, melainkan kejadian dan peristiwa trtentu yang sanggup menentukan apa yg jdi bentuk2 pikiran yg akan menjadi pola pikiran.
Jadi aspek luar diri cenderung mempengaruhi aspek pikiran dalam diri.
Cmiiw.
bro matahari joh...T_T
napa jam segini baru dipost... wnya dah mo off pun...T_T
Quote
Walau gitu, gw gak terlalu menyangkal sebuah daya kekuatan pikiran yg dapat mempengaruhi keadaan.
Tadi,
gw pikir ehmm, thread pikiran ini bakal kurang yg post, eh ternyata benar thread ini cuma kalian berdua yg post, huehue ;D,
negative thinking yoo... ^-^ ^-^ ^-^ ^-^
bro matahari joh....T_T tadi w perhatiin perhatiin yang ol gak rame... jadinya mungkin byk yg blum tau bro matahari joh posting thread ini, makanya yg post blum byk org\ ;D / ;D ;D
Quote
terkadang bila sugesti negatif kayak begini dibawa dalam berdagang atau berbisnis, bisa bangkrut juga lama2. ;D.
sugesti yang mana mangnya bro matahari joh?
Quote
Tapi gw percaya ada sesuatu kekuatan yang lebih besar dari pikiran kita, yang mengatur pola pikir kita, yaitu sebuah doa, dan doa kepada sesuatu Yang Lebih Besar dari segala pikiran2.
Setuju? ?

Kalau segalanya diciptakan oleh pikiran, maka gw kurang setuju.
Orang sedang koma saja gak bisa menentukan kapan dia bisa bangun? Nah gimana bisa dikatakan segalanya diciptakan pikiran.
Lalu gw ingin kaki gw jadi bersih dari bulu2 kaki, dan bisa gak kaki jadi bersih dari bulu hasil ciptaan pikiran??
Gak bisa!!!
bro matahari joh... pertanyaanmu bagi wnya menarik sayangnya w dah mo off nih... bukannya dari tadi siang postnya...T_T
sapa juga yang bilang, kekuatan terbesar itu pikiran kita? ada yang lebih besar kok... ;D ;D ;D
parami\ ;D /, lalu saat ini hanya parami yang terpikirkan...^^"""
menurut w pikiran dapat memengaruhi keadaan kita2nya lho...
liat cerita Dhammapada atthakatta syair 2 bro...(sori gak bisa ceritain, buru2 nih...) liat di Dhammapada atthakatta punya thread pun ada bro matahari...
menurut cerita, Matthakundali meninggal dunia setelah bertemu dengan Sang Buddha, ketika Ia melihat Sang Buddha timbullah keyakinan dalam batinnya. Setelah Sang Buddha pergi, Matthakundali meninggal dunia dengan hati penuh keyakinan terhadap Sang Buddha dan terlahir di alam Surga Tavatimsa.
Karena Matthakundali berpikiran tenang serta berkeyakinan yang kuat ketika akan meninggal dunia,
maka Matthakundali dapat terlahir kembali di alam yang lebih baik.
Dan saya juga pernah dengar cerita, dari Dhammapada juga klo gak salah, ato dari yang lain...
Klo gak salah guru w juga ada cerita(atau w denger dari gur w ya :-? )pokoknya w pernah denger,
Ada kisah seseorang yang meninggal dunia, karena pikirannya tidak tenang, hal itu membuatnya terlahir di alam rendah.
Jadi, seseorang ketika akan meninggal sebaiknya ia harus berpikir dengan tenang, jangan takut,
misalnya: si A dah mau meninggal dunia(si A orangnya sering buat kebajikan), ia ketika akan meninggal dunia ia memikirkan/teringat pada perbuatan2 buruk yang pernah ia lakukan, sehingga pikirannya menjadi tidak tenang. Hal tersebut dapat mendorong munculnya Upapilaka kammanya(kamma yang menekan kamma baiknya untuk tidak keluar<maaf ^:)^ ^:)^ ^:)^ , gak pande jelasin>), sehingga kamma2 buruknya yang pernah ia perbuat jadi bisa muncul, sehingga hal tersebut dapat mendorong dirinya untuk terlahir di alam yang lebih rendah...
Oleh karena itu sering dianjurkan, apabila seseorang sudah mendekati ajalnya, diharapkan untuk berpikir dengan tenang, ataupun dibacain paritta(tujuannya agar suasana hatinya tenang, damai gitu^^)

Ini merupakan suatu bukti bahwa, pikiran dapat mempengaruhi keadaan diri kita, bukan?

Bro matahari joh, w juga dulu pernah denger, segala sesutau hal bisa terjadi karena adanya kekuatan pikiran...
saya juga kurang tau apakah ada hubungannya dengan citta niyama...
silahkan ditanyakan pada para sesepuh...
Apakah ada hubungannya dengan citta niyama yang w denger tersebut?


Quote
Kalau segalanya diciptakan oleh pikiran, maka gw kurang setuju.
Orang sedang koma saja gak bisa menentukan kapan dia bisa bangun? Nah gimana bisa dikatakan segalanya diciptakan pikiran.
Lalu gw ingin kaki gw jadi bersih dari bulu2 kaki, dan bisa gak kaki jadi bersih dari bulu hasil ciptaan pikiran??
Gak bisa!!!
bro matahari joh :hammer:
orang sedang koma saja dirinya dalam keadaaan tak sadarkan diri, bagaimana pikirannya bisa bekerja...T_T
dan juga, w juga gak bisa berpikir supaya nilai ujian w jadi bagus :)) :)) :))
Klo dipikirin doang bisa sih, tapi klo pada kenyataannya gak bisaa klo w sendiri gak bertindak :)) :)) :))
w juga ingin terbang misalnya, klo w berpikir w bisa terbang, pasti bisa, klo dibayangin aja... :P :P :P
tapi, menurut w mungkin akan berakibat lho sama yang akan datang pulanya nantinya...
bisa aja, nanti kita yang akan datang karena berpikir ingin terbang spt burung, kekuatan pikiran kita membuat diri kita terlahir sebagai burung yang akan datang...
mungkin ada kaitannya dengan Mano kamma kali ya...^^
Maksudnya segalanya diciptakan oleh pikiran itu:
maksudnya kalau kita berpikir ingin nilai ujian dapat nilai bagus misalnya, hal itu dapat saja kita wujudkan...
dengan adanya tindakan2 kita... klo saya mau rajin belajar dan punya niat ataupun tekad, pasti bisaaaaa (sayangnya niat dan tekad masih dikit... :P )
Hal yang mendasarinya adalah pikiran kita,
oleh karena itu, dikatakan bahwa pikiran mendahului semua kondisi batin\^^/
panjang nih klo dijabarkan lebih lanjut(ada contoh kesehariannya lagi pun... :( )... :( :( :( malah dah malam pula... :( :( :(

dikatakan segalanya diciptakan oleh pikiran kita, sebenarnya maksudnya bukan kayak sihir gitu broo :)) :)) :))
contoh keseharian: Kalau saya berpikir ingin jadi kaya misalnya :)) , saya dapat melakukan hal itu, pikiran sayalah yang mempeloporinya, jadinya kondisi2 batin lainnya bakalan muncul, ketika saya berpikir. (<=bisa dibilang kondisi batin gak ya?^^?"" klo salah kata mohon dikoreksi ^:)^ )
Maka muncullah tindakan2 yang lainnya(misalnya saya harus rajin bekerja tidak pantang menyerah)... hal itu tergantung pada pikiran kita lagi...^^ kalau muncul kemalasan, dan pikiran kita dapat terhasut oleh kemalasan tersebut maka jadinya kita jadi berkondisi batin yang tidak baik(ada hubungan sama cetasika kali ya^^), hal tersebut tidak dapat mendorong diri kita untuk menjadi kaya.
Oleh sebab itu segala sesuatunya tergantung pada pikiran kitaa, klo kita bertindak dan berpikir dengan baik, tentunya kebahagiaan akan mengikuti kita\<^0^>/
cth berpikir baiknya: saya berpikir untuk menghindari segala kemalasan saya, dan hal2 yang membuat saya menjadi merosot...
Hal tersebut dapat dilakukan lhoo... asalkan punya tekad yang kuat\<^0^>/
(w juga tau, kalau w dapat melakukan sesutau hal, asalkan w punya tekad, w percaya asal punya tekad, keteguhan pasti bisaa!!<cittaaa, engkau hanya kebanyakan teori saja...T_T praktekmu masih kurangggg>0<...T_T :hammer: :hammer: :hammer: >dan w juga lagi berusahaaaa!!!)
Jadi, yang dimaksud segalanya diciptakan oleh pikiran itu adalah:
Kebahagiaan dapat saja diciptakan oleh diri kita, hanya saja semua tergantung bagaimana pemikiran diri kita\<^0^>/(pemikiran diri kita, mungkin dapat dikatakan tindakan kita ya^^, dan tindakan kita itu bukannya, diatur oleh pikiran itu sendiri?^^)
Makanya dikatakan dalam hal ini secara tidak langsung, segalanya diciptakan oleh pikiran kita^^
Pikiranlah yang mempelopori segalanya/memimpin(semua tergantung pada sang pemimpin itu sendiri^^)
pikiranlah yang mendahului segala bentuk batin(kondisi batin)
Jika kita bertindak ataupun berpikir dengan pikiran buruk, maka penderitaan yang akan mengikuti,
dan sebaliknya, jika kita melakukan segala sesuatunya dengan pikiran yang baik, maka kebahagiaanlah yang akan mengikuti\^^/


dapat contekan darimana Bro, yg bilang segalanya diciptakan oleh pikiran?
cek ang... ;D ;D w liat dari buku Dhammapada Atthakatta wnya nih cek... ;D ;D ;D


catatan: soal proses kamma itu ada lanjutannya nih... sepertinya mano kamma ada terlibat nih...
            tentang kamma-kamma akan dilanjutkan ntah kapan, saya punya bukunya klo gak salah...
            Judul bukunya: "Mati di sini, Hidup di sana."
Klo saya tidak salah, ada penjabaran Abhidhammanya sedikit nih...(sayangnya belum baca tuntas... bisa dikatakan hanya sempat liat2 sambil baca... ^^) bagus kayaknya bukunya nih... ;D ;D ;D (menurut wnya sih bagus...\ :D /) ada penjelasan kamma2nya beserta contoh2nya lagi klo gak salah...
Ntar ntah kapan, dan klo bisa dan gak janji akan saya post deh... klo ada waktu juga...^^?" )

juga mengenai cerita Matthakundali ada di thread ini=>http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=5875.0 \ ;D /(dimodify dah ketemu threadnya lalu dicopypaste ;D ;D \ ;D /)
juga ada cerita Bhikkhu yang terlahir sebagai kutu di jubahnya, karena kemelekatannya pada jubahnya(atau bisa dibilang lobhanya kali ya...^^) lho...

Kalau ada kata-kata, ataupun kalimat, ataupun hal yang keliru dari postingan saya ini mohon dikoreksi oleh saudara2 se-Dhamma, serta apabila ada hal2 yang tidak berkenan/tidak disenangi, mohon maafnya ya.... ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^



saya turut senang apabila postingan ini dapat bermanfaat bagi saudara2 se-Dhamma, artinya tidak sia2 hal2 yang sudah terkorbankan...


Metta Cittena,
Citta _/\_

dari jam setengah sepuluh ada sampe jam sebelas O_O"""
ngerinya klo posting sesuatu wnya...T_T"""
semoga bermanfaatttttt _/\_


fuihhh... bikin w deg aja...T_T?" untung dah jaga2 akan terjadinya hal seperti ini....\T_T/(tadi inetnya apa tuh namanya dah lupa...inetnya lemot kyknya..^^")
« Last Edit: 09 March 2009, 11:18:18 PM by Citta Devi »
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Mr. Bagus

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 349
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Sedang Apa
Re: Pikiran
« Reply #10 on: 09 March 2009, 11:19:43 PM »
Saya rasa doa itu manjur juga untuk bulu kaki abang :D
Coba doa dengan khusyuk, katakan agak keras sehingga orang lain bisa mendengar doa anda, Oh.. Mr. T, mohon bulu kaki saya dihilangkan. Secara ajaib, bisa saja kuasa Mr. T akan tampak melalui tangan orang lain.

Quote
Tidak ada yang menggerakan pikiran. Tidak ada yang digerakkan pikiran. Pikiran adalah pergerakkan itu sendiri. Coba Anda menelaah lebih lanjut lagi mengenai kebenaran relativitas dunia ini. Mungkin lebih baik jika merenungkannya secara meditatif.
Saran saya : Coba juga renungkan apakah ada kekuatan lain yang menggerakan pikiran Tuhan.
dalam bahasa lain ada kok, yaitu doa dari pikiran orang yang beriman yang sanggup menggerakkan pikiran Mr. T. Jika tidak ada doa yang bisa menggerakkan pikiran Mr. T, maka akan terjadi inkonsisten.
:x Persepsi yang saya dapat dari pengalaman saya sendiri sebagai orang buta tidak bisa dibandingkan dengan orang yang melihat dengan terang. >:)<

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Pikiran
« Reply #11 on: 09 March 2009, 11:34:52 PM »
sori panjang amat kalau membosankan membacanya...  ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

oh iya bro matahari joh\ ;D /\ ;D /\ ;D /
tuh banyak juga yang post lho.... cek angnya, brohernya, opanya, sang pengembaranya, suksuknya\ ;D /\ ;D /\ ;D /
dah banyak lho brojohh :D :D :D \ ;D /
jadinya gak hanya dua orang lagi yang post kan brojoh :D :D :D
lagian klo yang dikit yang post, kan gak apa bro matahari joh ;D ;D ;D , klo rame2 yang post ntar para junker pulanya, mau gak brojohnya? :D :D :D
gak musti rame postingannya pun tak jadi masalah, jangan terlalu melekat sama banyak dikitnya yang post bro... ntar brojohnya bisa menderita lho...(klo dikit yang post, kecewa... klo banyak, senang karena banyak yang menanggapi^^)

Quote
Tapi gw percaya ada sesuatu kekuatan yang lebih besar dari pikiran kita, yang mengatur pola pikir kita, yaitu sebuah doa, dan doa kepada sesuatu Yang Lebih Besar dari segala pikiran2.
Setuju? ?
doa itulah kekuatan pikiran itu sendiri.... :) :) :)
klo keliru, mohon diluruskan... ^:)^

mr bagusnya juga, ada post lhoo... dah rame kan bro... bener kan yg w bilang, soalnya tadi siang gak gitu rame kali lhe... ;D ;D ;D

Metta cittena,
Citta _/\_
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Pikiran
« Reply #12 on: 09 March 2009, 11:45:45 PM »
                         \ ;D / The bulu kaki solutionnn \<^0^>/ :))

klo bro matahari johnya mo bulu kakinya jadi bersih bisa kokkkk :)) :)) :))
caranya gampang ajaa ;D ;D ;D
tergantung pikiran itu sendiri juga ;D ;D ;D
caranya:
Bro matahari joh rajin2 cukur bulu kakinya lho, musti rajin lhoo, jadinya bersih bukan? :D :D :D
bulu kaki brojoh jadi bersih hasil ciptaan pikiran brojoh juga bukannn? :D :D :D 8) 8) :P
karena pikiran brojoh mempelopori untuk agar bulu kaki brojoh bersih, maka setelahnya muncul kondisi batin yg lain... ;D ;D ;D
yaitu rajin atau nggaknya bulu kaki tersebut dicukur...\ ;D /
karena pikiran itu maka bulu kaki brojoh jadi bersih misalnya,
Bukannya dengan kata lain, pikiran itu sendiri yang menciptakan agar bulu kaki brojoh jadi bersih? :D :D :D
hanya saja melalui proses terwujudnya hal tersebutt brooo\<^0^>/

Metta cittena,
Citta\ ;D /
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline hendrako

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.244
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
Re: Pikiran
« Reply #13 on: 09 March 2009, 11:59:15 PM »
Apakah kekuatan pikiran dapat mempengaruhi sebuah kejadian?
Ataukah kejadian yang mempengaruhi pikiranku?

Tanpa pikiran, tidak ada kejadian.
yaa... gitu deh

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Pikiran
« Reply #14 on: 10 March 2009, 08:54:36 AM »
Ya. Gw se7 dngan contoh yg kalian critakan.
Tapi pada dhammapada 1, gw kurang se7, koq bisa dikatakan segalanya diciptakan oleh pikiran?

Anda ada salah paham dgn dhammapada.... diatas disebutkan bhw Pikiran adalah pelopor
Jadi setiap tindakan anda, diawali dengan pikiran
Bahkan gerak refleks yg katanya via alam bawah sadar pun, sebenarnya diawali dengan pikiran


trkadang bila sugesti negatif kayak begini dibawa dalam berdagang atau berbisnis, bisa bangkrut juga lama2. ;D.

selaras dgn yg disebut diatas khan?

Tapi gw percaya ada sesuatu kekuatan yang lebih besar dari pikiran kita, yang mengatur pola pikir kita, yaitu sebuah doa, dan doa kepada sesuatu Yang Lebih Besar dari segala pikiran2.
Setuju? ?

Silahkan anda baca dulu the Secret, yg membahas mengenai Citta Niyama dan Citta vitthi

Kalau segalanya diciptakan oleh pikiran, maka gw kurang setuju.
Orang sedang koma saja gak bisa menentukan kapan dia bisa bangun? Nah gmana bisa dikatakan segalanya diciptakan pikiran.

Org koma bs bangun krn ada kesesuaian antara pikiran/citta, ahara/obat, utu/kelembaban/lingkungan

Tp kalo dibilg bhw org koma ga bs nentuin bangun ato tidaknya, itu salah loh..... kl misal ga bs, mereka yg jaga ga perlu susah2 omong ama si sakit.... atau dengerin lagu2 yg disukai oleh si pasien....
Silahkan anda ke mereka yg menunggui pasien yg koma, atau tanya ke dokter2 yg pernah menangani koma

Lalu gw ingin kaki gw jadi bersih dari bulu2 kaki, dan bisa gak kaki jadi bersih dari bulu hasil ciptaan pikiran??
Gak bisa!!!

masa sih ga bisa bro?

level pikiran : anda mau kaki bersih dari bulu
level tindakan : ambil alat cukur dan mulai mencukur

sesuai khan dengan yg disebut di awal? pikiran adl pelopor dari tindakan kita......

semoga bermanfaat

metta