//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: roh itu ada atau tidak ?  (Read 17951 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #15 on: 23 October 2013, 07:35:06 PM »
IMO bisa di bilang kesadaran, tapi bukan berpindah2 tetapi tumimbal lahir.
karena dalam kematian dan kelahiran ada proses penurunan dan peningkatan kesadaran

kesadaran ini ada dimana ya ? bentuknya apa ? yg ber tumimbal lahir itu itu apa ?  :-?
potong tangan ini apakah menemukan diri kita ?
potong leher ini sudah menemukan ?
potong otak ini sudah menemukan ?
ada dimana kita ini ? kita ini apa? apa yg bertumimbal lahir ? energikah ?
note : "kita" di atas maksudnya bukan secara fisik yaa kesadaran tadi yg dibicarakan

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #16 on: 23 October 2013, 07:43:53 PM »
menyalanya api, padamnya api
insert primary key, delete primary key
semua cuma fenomena

manusia itu ada badan, kaki tangan, kepala, dll yg disebut raga
kemudian ada intelektual, ada ingatan, emosi/perasaan, keinginan, ambisi, dll
dari kedua ini manakah yg disebut diri? manakah yg disebut diri, manakah yg bisa diidentifikasi sbg "AKU"?
semua ini cuma kumpulan yg nanti ketika mati akan tercerai berai.

yaa manusia itu ada fisik dan psikis, dan 2 2 nya ini kita cuma numpang tinggal aja, 2 2 akan padam nahh kita nya ini apa, kita yg akan tumimbal lahir ini tdk akan padam karena membawa karma, nahh kitanya ini apa ?

soal kelahiran kembali, karena kita ga punya ingatan kehidupan lampau, jatuh2 ke spekulasi lagi
karena kehidupan lalu & sekarang itu kita udah berbeda. dulu sedih, skrg senang. dulu marah, sekarang adem, dulu ganteng, skrg jelek. (kehidupan) dulu wanita, skrg pria. :P
bukannya kita gak punya ingatan kehidupan lampau, tapi kita tidak memiliki kemampuan mengakses kehidupan masa lampau pada diri kita, katanya klo mencapai tingkatan tertentu didalam meditasi bisa mengakses kehidupan masa lampau kita CMIIW dan masih banyak yg terlahir kembali memiliki ingatan masa lalu, nahh tentu kitanya ini ada yg tdk berubah sepertinya yg terus merekam kehidupan2 kita sebelumnya, kembali lagi pertanyaannya kita ini apa ?
tidak ada yg bisa ditemukan sbg inti diri yg "tidak berubah".
tidak ada inti diri yg bisa diidentifikasikan utk membedakan antara "aku" dan "kamu", dll
apa batas antara ini aku, dan ini bukan aku?
kulitmu? jantungmu? otakmu? memorymu?
iitu fisik dan psikis, tapi yg berdiam diantara kedua ini kesadaran ini apa ?

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #17 on: 23 October 2013, 07:50:51 PM »
tidak ada yg berpindah,
yg berpindah adalah momentum (sebab->akibat)

Perumpamaan lainnya...
Bola yang bergulir yang membuat bola lain berputar

kan kita bertumimbal lahir bergerak dari satu tubuh yg memiliki fisik dan psikis ke tubuh yg baru yg memiliki fisik dan psikis ?

tapi gw tdk mengerti yg berpindah adalah momentum(sebab->akibat) ini mohon pencerahannya  ^:)^
atau maksudnya "aku" ini tdk akan berpindah~bertumimbal lahir jika tdk ada sebab -> akibat ? tapi aku ini apa ? asbun mode = on yaa maklum tdk mengerti maksudnya  ;D

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 409
  • Reputasi: 33
  • Gender: Male
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #18 on: 23 October 2013, 08:08:39 PM »
Kalo menurut gue ye, roh ntu ade,
























Rohaye, tetangga sebelah gue


 ;D ;D
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.230
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #19 on: 23 October 2013, 08:30:41 PM »
secara umum..

roh   [n] (1) sesuatu (unsur) yg ada dl jasad yg diciptakan Tuhan sbg penyebab adanya hidup (kehidupan); nyawa: jika -- sudah berpisah dr badan, berakhirlah kehidupan seseorang; (2) makhluk hidup yg tidak berjasad, tetapi berpikiran dan berperasaan (malaikat, jin, setan, dsb); (3) ki semangat; spirit: kedamaian bagi seluruh warga sesuai dng -- Islam

Referensi: http://kamusbahasa/roh#ixzz2iYFRA0K7

definisi 1 .sesuatu (unsur) yg ada dl jasad yg diciptakan Tuhan sbg penyebab adanya hidup (kehidupan) ...menurut Buddhist tidak ada... krn sosok yg di sebut tuhan juga tidak ada...

definisi ke 2) makhluk hidup yg tidak berjasad, tetapi berpikiran dan berperasaan (malaikat, jin, setan, dsb);  , nah ini menurut buddhist ada...

definisi ke  (3) ki semangat; spirit:, semangat..yah adalah...

nah roh yg maksudkan yg mana....??
...

Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #20 on: 23 October 2013, 08:48:54 PM »
Setahu saya, manusia terkondisi oleh jasmani dan batin. Di sini, jasmani merupakan sebuah kondisi dan batin merupakan kondisi lainnya. Dan manusia adalah gabungan dari kedua kondisi itu. Tidak ada roh atau aku di sini. Yang ada hanya manusia, jasmaninya, dan batinnya. Sesuatu yang, karena bodoh, orang-orang sebut sebagai roh hanyalah ilusi.

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #21 on: 23 October 2013, 08:59:47 PM »
Kalo menurut gue ye, roh ntu ade,
....

Rohaye, tetangga sebelah gue


 ;D ;D

setujuuu ;D

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #22 on: 23 October 2013, 09:02:43 PM »
secara umum..

roh   [n] (1) sesuatu (unsur) yg ada dl jasad yg diciptakan Tuhan sbg penyebab adanya hidup (kehidupan); nyawa: jika -- sudah berpisah dr badan, berakhirlah kehidupan seseorang; (2) makhluk hidup yg tidak berjasad, tetapi berpikiran dan berperasaan (malaikat, jin, setan, dsb); (3) ki semangat; spirit: kedamaian bagi seluruh warga sesuai dng -- Islam

Referensi: http://kamusbahasa/roh#ixzz2iYFRA0K7

definisi 1 .sesuatu (unsur) yg ada dl jasad yg diciptakan Tuhan sbg penyebab adanya hidup (kehidupan) ...menurut Buddhist tidak ada... krn sosok yg di sebut tuhan juga tidak ada...

definisi ke 2) makhluk hidup yg tidak berjasad, tetapi berpikiran dan berperasaan (malaikat, jin, setan, dsb);  , nah ini menurut buddhist ada...

definisi ke  (3) ki semangat; spirit:, semangat..yah adalah...

nah roh yg maksudkan yg mana....??

gw sependapat dengan u bro diatas, yg gw tanyakan yg ada didalam diri kita didalam tubuh dan batin kita itu apa klo bukan roh ? yg ketika fisik padam psikis padam nahh yg tumimbal lahir pindah fisik dan psikis itu apa ?

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #23 on: 23 October 2013, 09:05:52 PM »
Setahu saya, manusia terkondisi oleh jasmani dan batin. Di sini, jasmani merupakan sebuah kondisi dan batin merupakan kondisi lainnya. Dan manusia adalah gabungan dari kedua kondisi itu. Tidak ada roh atau aku di sini. Yang ada hanya manusia, jasmaninya, dan batinnya. Sesuatu yang, karena bodoh, orang-orang sebut sebagai roh hanyalah ilusi.

iya setuju dengan pernyataannya, pertanyaannya yg bertumimbal lahir itu apa ? yg merekam data2 karma baik & buruk kita di berbagai kehidupan dan bertumimbal lahir itu apa ? terserah sih namanya mau roh, jiwa, aku, bukan aku, tapi itu apa ya ?

Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #24 on: 23 October 2013, 09:12:03 PM »
 [at] suwarto8116f
Kalau itu namanya hukum karma, om.

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #25 on: 23 October 2013, 09:18:40 PM »
[at] suwarto8116f
Kalau itu namanya hukum karma, om.

 ::)  ??? bisa tolong dijelaskan lebih lanjut ? jadi tdk ada sesuatu yg bertumimbal lahir ? yg berpindah2 dari 1 alam ke alam lain ???

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.230
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #26 on: 23 October 2013, 09:26:37 PM »
gw sependapat dengan u bro diatas, yg gw tanyakan yg ada didalam diri kita didalam tubuh dan batin kita itu apa klo bukan roh ? yg ketika fisik padam psikis padam nahh yg tumimbal lahir pindah fisik dan psikis itu apa ?
biasanya di sebut kesadaran, jd pada intinya saat moment saat kematian itu penting untuk menentukan kemana suatu mahluk terlahir...tp kesadaran itu hanya di pakai saat menentukan kemana kita lahir..selanjutnya..ntar muncul indria baru... dari indria2 tsb akan muncul lg kesadaran indria (terhadap objek2nya)
...

Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #27 on: 23 October 2013, 09:50:35 PM »
 [at] suwarto8116f
Ya, tdk ada roh yg terlahir kembali. Makhluk itu mati dan hukum karma terus berlaku. Makhluk-lain-baru terbentuk berdasarkan "bahan-bahan" yg "diberikan" makhluk yg telah mati selama hidupnya. Atau begitulah saya memahami hal ini. Jadi, CMIIW.
« Last Edit: 23 October 2013, 09:56:00 PM by Sunyata »

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #28 on: 23 October 2013, 10:10:32 PM »
[at] suwarto8116f
Ya, tdk ada roh yg terlahir kembali.
yaa setuju..  ;D
Makhluk itu mati dan hukum karma terus berlaku.
yaa setuju ..  ;D Makhluk-lain-baru terbentuk berdasarkan "bahan-bahan" yg "diberikan" makhluk yg telah mati selama hidupnya. mungkin maksudnya mahluk baru hasil dari perbuatan karma dikehidupan sebelumnya  ;DAtau begitulah saya memahami hal ini. Jadi, CMIIW. gak berani CMIIW ke u bro.... hahaaaa  tq tq _/\_

btw jadi yg pindah ke mahluk yg baru itu apa ?  ;D
« Last Edit: 23 October 2013, 10:13:12 PM by suwarto8116f »

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: roh itu ada atau tidak ?
« Reply #29 on: 23 October 2013, 10:12:24 PM »
biasanya di sebut kesadaran, jd pada intinya saat moment saat kematian itu penting untuk menentukan kemana suatu mahluk terlahir...tp kesadaran itu hanya di pakai saat menentukan kemana kita lahir..selanjutnya..ntar muncul indria baru... dari indria2 tsb akan muncul lg kesadaran indria (terhadap objek2nya)

berarti kesadaran ini lah yg berpindah2 gitu ya ?

 

anything