//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Bullying dalam Forum Online  (Read 32028 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #105 on: 02 January 2012, 12:53:19 PM »
Saya numpang tanya sedikit. Dalam dunia nyata pun ada tempat untuk menantang orang lain secara kekerasan, contoh gampangnya ring tinju. Bagaimana jika orang naik ke ring tinju dan meraungkan: "saya akan layani kalian ramai-ramai" lalu ada anggaplah 5 penonton yang ternyata ahli bela diri menerima tantangan tersebut dan si penantang habis babak belur.

Menurut anda, apakah kesakitan tersebut adalah "bullying"?

hahaha... seharusnya si petinju itu bilang-nya begini "aku akan menantang kalian ramai2 yang tidak bisa bela diri"...

seperti si "C" yang masuk ke DC, tanpa tahu bahwa banyak yang ditantang itu rupa-nya "ahli". jadi bonyok lah.... padahal si "C" di forum tetangga termasuk yang aktif memberikan tanggapan dan jawaban secara buddhisme kepada penanya-penanya, dan cukup "ahli", tetapi mungkin lupa, lain ladang lain ikan-nya, lain forum lain pula member-nya... ketemu DC pula...

haizz....
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #106 on: 02 January 2012, 12:53:37 PM »
Quote
Setuju dengan pandangan ini, tapi hati2 jangan sampai dibalik menjadi:

Gw gak masalah kalau diledekin sama orang lain, jadi gw boleh dong ledekin orang lain.

Gw gak masalah kalau diketawain sama orang lain, jadi gw boleh dong ketawain orang lain.

Gw gak masalah kalau dimarah2in sama orang lain, jadi gw boleh dong marah2in orang lain.

gag donk, maksud postingan saya adalah jika kita saja tak ingin diperlakukan seperti itu maka jangan memperlakukan org lain seperti itu... contohnya jika kepribadian kita dicemooh, marah donk pasti bukankah tiap org mencintai dirinya sendiri??? jarang yang nggak kecuali org suci (baca: org yang tercerahkan sempurna contoh: sang Buddha Gotama). Oleh karenanya kenapa kita suka banget jelek2in org lain, keroyokan pula, jika kita gag suka dijelek2in apalagi dikeroyok kenapa kita melakukan hal itu ke org lain, balas dendam??? Bukankah bullying= kebodohan batin???
(sori lho cuma ingin sharing, jangan dicounter balik yah... :'( :'( :'( trauma masa lalu, jadi takut klo koment disini...  ^:)^ ^:)^ ^:)^)
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #107 on: 02 January 2012, 12:56:58 PM »
gag donk, maksud postingan saya adalah jika kita saja tak ingin diperlakukan seperti itu maka jangan memperlakukan org lain seperti itu... contohnya jika kepribadian kita dicemooh, marah donk pasti bukankah tiap org mencintai dirinya sendiri??? jarang yang nggak kecuali org suci (baca: org yang tercerahkan sempurna contoh: sang Buddha Gotama). Oleh karenanya kenapa kita suka banget jelek2in org lain, keroyokan pula, jika kita gag suka dijelek2in apalagi dikeroyok kenapa kita melakukan hal itu ke org lain, balas dendam??? Bukankah bullying= kebodohan batin???
(sori lho cuma ingin sharing, jangan dicounter balik yah... :'( :'( :'( trauma masa lalu, jadi takut klo koment disini...  ^:)^ ^:)^ ^:)^)

Jangan takut comment... lagian kalau dicemooh, dihina, "siapa sih" yang di hina ? deNOVA ? siapa itu deNova ? saya mungkin tidak kenal anda, anda juga mungkin tidak kenal saya... hehehehehe
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.286
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #108 on: 02 January 2012, 12:59:08 PM »
dan yang bisa menyatakan bahwa seseorang itu kena "bullying" itu adalah yang bagaimana ?

Perilaku bullying adalah agresi yang disengaja yang dapat bersifat fisik, verbal, relasional, seksual, atau dilakukan melalui metode "cyber".

Secara fisik
Memukul, menendang, meninju, mendorong, mencekik

Secara verbal
Mengancam, menggoda, mencemooh, memberikan julukan negative

Secara relasional
Menyebarkan rumor, perilaku mengucirkan dan mengasingkan

Secara seksual
Menyentuh secara tidak pantas, mengancam, atau menggoda yang melecehkan secara seksual

Cyber
Perilaku bullying diekspresikan dengan menggunakan peralatan modern seperti Internet dan telepon seluler

Apabila seseorang mengalami  salah satu, sebagian, atau semua daftar perilaku di atas dari orang lain yang berniat menyakit dengan tujuan mendominasi  (menguasai) ataupun sekadar menjadi populer dengan melakukan bullying, orang tersebut sudah bisa dikatakan mengalami bullying.
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #109 on: 02 January 2012, 01:06:36 PM »
kalau ada seseorang yang mengatakan semua member disini bodoh semua, dia merasa dirinya lebih pintar dari forum ini, dia termasuk apa?

bahkan tidak bisa membuktikan kepintaran dirinya, kemudian menggembar gemborkan di forum lain menjelekkan forum ini.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.286
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #110 on: 02 January 2012, 01:10:34 PM »
Saya numpang tanya sedikit. Dalam dunia nyata pun ada tempat untuk menantang orang lain secara kekerasan, contoh gampangnya ring tinju. Bagaimana jika orang naik ke ring tinju dan meraungkan: "saya akan layani kalian ramai-ramai" lalu ada anggaplah 5 penonton yang ternyata ahli bela diri menerima tantangan tersebut dan si penantang habis babak belur.

Menurut anda, apakah kesakitan tersebut adalah "bullying"?

Kalau dalam konteks pertarungan tinju, kalau sebatas hanya menanggapi tantangan orang tersebut ya bukan bullying namanya. Namanya saja tinju, isinya sudah pasti adalah kekerasan fisik.

Tapi kalau dalam pertarungan tinju, seorang petinju kemudian mencemooh petarung tinju lawannya dengan ejekan2 rasial, menertawakan rekor tanding lawannya di depannya, meludahi, dan terus memukul lawan meski sudah menyerah. Nah, mungkin bisa dikatakan bllying telah terjadi.

Sama seperti contoh kasus seorang penantang yang dikeroyok lima orang. Kalau lima orang itu sebatas bertarung secara sewajarnya untuk mendapatkan kemenangan, menggunakan metode2 yang sah dalam dunia tinju, ya kekerasan di dalamnya tidak termasuk bullying. Meskipun kelima orang itu menang dan penantang babak belur, sama sekali tidak ada persoalan jika pertarungan masih dalam koridor aturan.

Masalahnya jadi lain, kalau kelima orang itu bertarung sambil menyindir, mengejek, mengumpat pribadi si penantang, menertawakan penampilannya, lalu setelah orang tersebut sudah tampak kalah malah diinjak-injak ramai-ramai, sambil berkata nyengir, "makanya jangan sok jagoan." Kalau yangini sih baru termasuk bullying.   
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.286
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #111 on: 02 January 2012, 01:12:21 PM »
kalau ada seseorang yang mengatakan semua member disini bodoh semua, dia merasa dirinya lebih pintar dari forum ini, dia termasuk apa?

bahkan tidak bisa membuktikan kepintaran dirinya, kemudian menggembar gemborkan di forum lain menjelekkan forum ini.

Itu namanya orang yang sedang sakit hati dan dendam :)
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #112 on: 02 January 2012, 01:15:13 PM »
gag donk, maksud postingan saya adalah jika kita saja tak ingin diperlakukan seperti itu maka jangan memperlakukan org lain seperti itu... contohnya jika kepribadian kita dicemooh, marah donk pasti bukankah tiap org mencintai dirinya sendiri??? jarang yang nggak kecuali org suci (baca: org yang tercerahkan sempurna contoh: sang Buddha Gotama). Oleh karenanya kenapa kita suka banget jelek2in org lain, keroyokan pula, jika kita gag suka dijelek2in apalagi dikeroyok kenapa kita melakukan hal itu ke org lain, balas dendam??? Bukankah bullying= kebodohan batin???
(sori lho cuma ingin sharing, jangan dicounter balik yah... :'( :'( :'( trauma masa lalu, jadi takut klo koment disini...  ^:)^ ^:)^ ^:)^)

Saya tidak sedang men-counter anda kok, tenang saja. Saya hanya teringat beberapa teman saya dari berbagai komunitas yang suka begitu. Misalnya ada yang karena dia tidak keberatan jika bukunya dirusak, jadi dia merusak buku orang lain. Lalu saat diprotes, ia menjawab: 'gw aja gak pernah masalah kalo buku gw dirusak, jadi lu biasa aja kali kalau bukunya dirusakin.'. Padahal ia tidak bisa memahami bahwa teman yang bukunya ia rusaki adalah seorang kutu buku yang merasa buku adalah barang yg begitu berharga.

Nah kasus buku yang dirusak bisa diganti menjadi dicemooh, dibully, diledek, didebat, diketawain, diejek, dsb.

Tenang, saya gak sedang men-counter anda, santai aja lagi :)

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.286
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #113 on: 02 January 2012, 01:19:06 PM »
Saya tidak sedang men-counter anda kok, tenang saja. Saya hanya teringat beberapa teman saya dari berbagai komunitas yang suka begitu. Misalnya ada yang karena dia tidak keberatan jika bukunya dirusak, jadi dia merusak buku orang lain. Lalu saat diprotes, ia menjawab: 'gw aja gak pernah masalah kalo buku gw dirusak, jadi lu biasa aja kali kalau bukunya dirusakin.'. Padahal ia tidak bisa memahami bahwa teman yang bukunya ia rusaki adalah seorang kutu buku yang merasa buku adalah barang yg begitu berharga.

Nah kasus buku yang dirusak bisa diganti menjadi dicemooh, dibully, diledek, didebat, diketawain, diejek, dsb.

Tenang, saya gak sedang men-counter anda, santai aja lagi :)

Mungkin sebenarnya maksudnya adalah kita perlu belajar berempati pada orang lain :) Memahami keadaan orang lain secara apa adanya
« Last Edit: 02 January 2012, 01:20:51 PM by sobat-dharma »
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #114 on: 02 January 2012, 01:20:58 PM »
Mungkin sebenarnya adalah kita belajar berempati pada orang lain :) Memahami keadaan orang lain secara apa adanya

Tepat, itu maksud saya. Terima kasih telah membantu saya 'mengekspresikan' maksud yang ingin saya sampaikan :)

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #115 on: 02 January 2012, 01:21:49 PM »
Itu namanya orang yang sedang sakit hati dan dendam :)
karena bullying ?

LSY di bullying juga tenang2 aja, yang anehnya pemuja, penggemarnya yang marah.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #116 on: 02 January 2012, 01:22:34 PM »
Etika moral 'tepo seliro', 'jangan melakukan hal yang tidak ingin dilakukan orang lain terhadap dirimu', memang sejak dulu sudah mendapat tantangan berat dari kehadiran para Masochist.


Tepatnya yang sado-masochist, ia senang disiksa dan senang menyiksa. Jadi bisa dengan dalih itu mengatakan: karena gw gak keberatan disika, jadi gw boleh siksa2 orang dong.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #117 on: 02 January 2012, 01:28:42 PM »
ini adalah paragraf perumpamaan. ide pokoknya adalah "si penantang babak belur dikeroyok 5 orang". yang diumpamakan mungkin "member menyebalkan yang dikeroyok oleh mayoritas member". titik persamaan terletak pada pengeroyokan dan rasa kesakitan yang dirasakan. apakah "menantang" termasuk kepada titik persamaannya?
Yang saya fokus di sini adalah 'kesakitan' itu bisa saja hasil dari kebodohannya sendiri, bukan semata-mata yang sakit itu adalah korban 'bully'.

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.286
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #118 on: 02 January 2012, 01:30:50 PM »

LSY di bullying juga tenang2 aja, yang anehnya pemuja, penggemarnya yang marah.

Karena pemujanya masih melekat pada figur. Ini pujaan-KU, Grand Master-KU :). Sedangkan LSY sendiri, saya tidak tahu apakah ia buka DC atau tidak, kalaupun buka apakah ia bisa baca atau tidak, kalaupun ada yang translate-kan ke bhs mandarin untuknya, tidak tahu apakah yang bersangkutan marah atau tidak :) So saya tidak mau berasumsi.
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Bullying dalam Forum Online
« Reply #119 on: 02 January 2012, 01:40:19 PM »
hahaha... seharusnya si petinju itu bilang-nya begini "aku akan menantang kalian ramai2 yang tidak bisa bela diri"...

seperti si "C" yang masuk ke DC, tanpa tahu bahwa banyak yang ditantang itu rupa-nya "ahli". jadi bonyok lah.... padahal si "C" di forum tetangga termasuk yang aktif memberikan tanggapan dan jawaban secara buddhisme kepada penanya-penanya, dan cukup "ahli", tetapi mungkin lupa, lain ladang lain ikan-nya, lain forum lain pula member-nya... ketemu DC pula...

haizz....
Biasanya pasang ring di desa 'Suka Damai' yang semuanya santai tidak pernah berkelahi. Lalu suatu hari pasang ring, nantang di sasana tinju penjara dan berpikir penghuni penjara ini sejinak penduduk Suka Damai. Yah, bisa dibayangkan hasilnya. ;D Memang betul kata bro dilbert, walaupun kita paling hebat, nomor 1 di dunia, tetap bagusnya kita rendah hati. 'Raungan Singa' boleh saja diutarakan, tapi pada waktu yang sesuai, ke pemirsa yang sesuai juga. Jangan cuma 'raungan chihuahua' di tengah malam waktu orang tidur. Jelas akan kena siram air dingin.