//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es  (Read 5524 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
[WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« on: 07 October 2011, 05:55:31 PM »
Gw sering dapet bruises (bahasa indonya apa yak? lebam?) dan guru aye (punya pemahaman western medicine) suruh aye taro es...

tapi..gw lebih suka pake obat gosok dan gw pijit2 terus sampe biru...(baru bisa puas~) :))

bagusan mana yak? dan cara kerja obat gosok itu gmana? kalo es mah gw dah tao cara kerjanya..:)

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #1 on: 07 October 2011, 06:06:43 PM »
Sepengetahuan saya.. Kompres es itu berfungsi untuk menghindari pembengkakkan jika seseorang terkilir, luka benturan dll.. Dengan menghindari pembengkakan maka jika seseorang terkilir pada pegelangan kaki nya ketika bermain futsal katakanlah. Maka proses penyembuhannya relatif jauh lebih cepat drpd tidak di kompres es ketika terkilir. Setelah tidak bengkak baru di pijat2 dengan obat gosok china..


Ini pengalaman pribadi yah, saya dl sangat aktif bermain futsal dan skrg badminton. Entah sudah brp kl saya mengalami cedera engkel kaki.. Tips agar lebih cepat recovernya(saya dpt tips ini dr buku sepakbola jadul hehehe)
Ketika cedera terjadi, segera dlm kurun waktu minimal 2-4 jem kompres bagian yg cedera dgn kompres es kira2 mungkin stgh jem.. Fungsi nya agar tidak bengkak, jauh lebih baik sakit tanpa bengkak drpd bengkak n sakit .. Stlh itu baru di pake obat gosok. Dr pglmn saya sih kalau dgn cara ini 2-3 hari sudah cukup kuat untuk kembali ber aktifitas
Sedangkan dl gak ngerti apa2 cm lsg gosok2 akhirnya seminggu engkelnya gak sembuh malah akhirnya ke sinshe. Total hampir 2 mgg jdnya br sembuh
(っˆヮˆ)っ нё헤нё헤нё헤нё헤 ټ•°˚°•..

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #2 on: 07 October 2011, 06:20:08 PM »
dingin trus panas yak?...aite...that's nice...

pernah baca di artikel tentang kombinasi itu juga..:)

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #3 on: 10 October 2011, 07:50:12 PM »
anu...

ada masukan laen lage?

Offline panggil aq nong poy

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 20
  • Reputasi: -1
  • Gender: Female
  • jangan ganggu aq bang
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #4 on: 10 October 2011, 08:33:32 PM »
anu...

ada masukan laen lage?

pake batu bundar pipih jenis tertentu yg disteam trus ditempelkan ke bagian tbh yg pegal utk beri rs anget
ato pake chi yg disalurin ke bgn tbh lebam yg butuh regenerasi
mao ta bantu pijitin say
« Last Edit: 10 October 2011, 08:35:19 PM by panggil aq nong poy »
cinta jangan pernah kau coba pergi

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #5 on: 10 October 2011, 08:47:23 PM »

yg ini mantep lho, tapi kenapa mahal ya

OBAT MEMAR. LANGSUNG KEMPIS DIJAMIN!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #6 on: 10 October 2011, 09:00:57 PM »
obat gosok China keknya lebih manjur daripada balsem sport biasa ya, klo balsem sport biasa kan isinya cuma itu2 aja, methyl salisilat, camphor, klo balsem RRC ada herbalnya..

Offline Borsalino

  • Teman
  • **
  • Posts: 69
  • Reputasi: 8
  • Gender: Male
  • Like a G6
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #7 on: 11 October 2011, 10:05:36 AM »


Golden Sunshine USA Herbal Spray  is popular among sports enthusiasts for its convenience and for temporary relief of stiffness and minor aches and pains of muscles and joints. Ideal for athletes before (preventative), during (injury), and after (rehabilitation) – just spray it on the affected area and keep playing.  Long- lasting pain relief for backache, arthritis, sprains, strains and  bruises. Herbal Spray can also be used in conjunction with Golden Sunshine’s popular Herbal Patch  or Pain Terminator Cream for maximum effect.

NM-107 This product is our natural  herbal  formula for athletes in all sports  who desire immediate relief or prevention of injury to sensitive areas. It is a must for the serious athlete’s sports bag. It has a mild scent yet powerful pain relief formula for athletes in all sports.
   
praktisnya tinggal semprot tp nocheap

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #8 on: 12 October 2011, 06:05:48 PM »
gw bukan minta di kenalin produk uey~...=_="

aku mo tahu gmana cara kerja dan efek samping obat gosok cina...

Vs

Pake Es

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #9 on: 12 October 2011, 06:06:42 PM »
pake batu bundar pipih jenis tertentu yg disteam trus ditempelkan ke bagian tbh yg pegal utk beri rs anget
ato pake chi yg disalurin ke bgn tbh lebam yg butuh regenerasi
mao ta bantu pijitin say

=_="

gw jejelin balsem ke mulut loe ntar kalo panggil say lage... =_="

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #10 on: 14 October 2011, 09:10:28 AM »
secara anatomi, sensor panas dan sensor dingin di tubuh letaknya sangat berdekatan di kulit.. makanya ada yang mengatakan pas awal dioleskan balsem ada sensasi dingin juga, dan begitu juga terkadang kalau memegang es, bisa terasa "panas" padahal sebenarnya dingin..

dan saya sependapat dengan jawaban bro kuswanto, untuk mengurangi pembengkakan, idealnya dilakukan kompres dingin.. pengurutan sebenarnya dalam pengobatan barat tidak dianjurkan ketika bengkak, karena akan menyebabkan semakin bengkak..

intinya, jika terjadi cedera pada saat latihan itu dikategorikan sebagai cedera akut, dan kompres yang dilakukan adalah KOMPRES DINGIN.. tujuannya adalah u/ mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit..
Namun jika cedera itu sudah lama, lakukan KOMPRES PANAS, tujuannya adalah u/ membuat rileks dan sirkulasi darah menjadi lancar.. dan u/ kedua kompres lakukan kurang lebih 15-20 menit, jangan terlalu lama juga..

 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline jin mabok

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 174
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #11 on: 14 October 2011, 08:23:41 PM »
Tadi siang saya baru saja membaca thread ini.
Dan kesimpulan yg dpt saya ambil adlh, ketika kaki terkilir, tindakan pertama yg dpt kita lakukan adlh mengompresnya dgn batu es agar mengurangi pembengkakan.

Sialnya, sore tadi ketika saya bermain futsal.
Kaki saya berbenturan dgn kaki lawan hingga membuat saya terpelanting.
Dan akhrnya bengkak (saya gk tau ini terkilir atau apa namanya), tp karna td siang baru baca thread ini ya saya buru" beli batu es lalu mengompreskannya ke kaki saya.
Sekarang ini pembengkakan yg terjadi tdk begitu besar.
Namun ketika berjalan terasa sakit sekali.

Utk malam ini, apa tindakan selanjutnya yg dpt saya lakukan?
1. Saya harus dduk diam aja atau tetap beraktivitas, berjalan seperti biasa meskipun sakit?
2. Bolehkah diurut dgn obat gosok?

Help me please.
Anumodana

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #12 on: 15 October 2011, 01:41:21 AM »
Tadi siang saya baru saja membaca thread ini.
Dan kesimpulan yg dpt saya ambil adlh, ketika kaki terkilir, tindakan pertama yg dpt kita lakukan adlh mengompresnya dgn batu es agar mengurangi pembengkakan.

Sialnya, sore tadi ketika saya bermain futsal.
Kaki saya berbenturan dgn kaki lawan hingga membuat saya terpelanting.
Dan akhrnya bengkak (saya gk tau ini terkilir atau apa namanya), tp karna td siang baru baca thread ini ya saya buru" beli batu es lalu mengompreskannya ke kaki saya.
Sekarang ini pembengkakan yg terjadi tdk begitu besar.
Namun ketika berjalan terasa sakit sekali.

Utk malam ini, apa tindakan selanjutnya yg dpt saya lakukan?
1. Saya harus dduk diam aja atau tetap beraktivitas, berjalan seperti biasa meskipun sakit?
2. Bolehkah diurut dgn obat gosok?

Help me please.
Anumodana

kayakne mending di kasih es...terus deh..

kalo tentang obat gosok, gw gk tao...

kalo menurut Forte seh jangan, khan?

tapi kalo luka gitu gw kalo gk pijit...kayakne gmanaaaa gitu...

pengen gw pijit terus..LOL

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #13 on: 15 October 2011, 05:59:21 AM »
Tadi siang saya baru saja membaca thread ini.
Dan kesimpulan yg dpt saya ambil adlh, ketika kaki terkilir, tindakan pertama yg dpt kita lakukan adlh mengompresnya dgn batu es agar mengurangi pembengkakan.

Sialnya, sore tadi ketika saya bermain futsal.
Kaki saya berbenturan dgn kaki lawan hingga membuat saya terpelanting.
Dan akhrnya bengkak (saya gk tau ini terkilir atau apa namanya), tp karna td siang baru baca thread ini ya saya buru" beli batu es lalu mengompreskannya ke kaki saya.
Sekarang ini pembengkakan yg terjadi tdk begitu besar.
Namun ketika berjalan terasa sakit sekali.

Utk malam ini, apa tindakan selanjutnya yg dpt saya lakukan?
1. Saya harus dduk diam aja atau tetap beraktivitas, berjalan seperti biasa meskipun sakit?
2. Bolehkah diurut dgn obat gosok?

Help me please.
Anumodana

Kompres dingin dan kompres panas biasanya dikombinasikan. Tapi untuk luka baru, dianjurkan menggunakan kompres dingin dulu.

Saat ini luka benturan anda sudah melewati 1 hari, coba cek apakah masih ada penambahan bengkak ? jika masih, masih harus melakukan kompres dingin.. Namun jika bengkak sudah cenderung tidak terlalu parah dan tidak berkembang lagi.. bisa dilakukan kompres panas.. untuk melancarkan sirkulasi darah dan memberikan relaksasi. Lakukan kompres panas sebelum beraktivitas.. Dan untuk saat ini ada baiknya tidak banyak bergerak..

Pemberian obat gosok sebenarnya boleh2 saja, dengan catatan jangan diurut dulu karena akan memperlama proses penyembuhan bengkaknya.. Jadi obat gosok di sini dipakainya dioleskan saja tanpa diurut.

Jika sakit tidak tertahankan, anda boleh mengkombinasikan dengan pain killer..
 
Hanya ini yang bisa saya jawab sesuai dengan pengetahuan barat.. Mohon maaf masih berupa teori belaka.. Semoga anda lekas sembuh..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline jin mabok

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 174
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: [WTA] Cara kerja obat gosok cina Vs Es
« Reply #14 on: 15 October 2011, 07:21:55 AM »
Kompres dingin dan kompres panas biasanya dikombinasikan. Tapi untuk luka baru, dianjurkan menggunakan kompres dingin dulu.

Saat ini luka benturan anda sudah melewati 1 hari, coba cek apakah masih ada penambahan bengkak ? jika masih, masih harus melakukan kompres dingin.. Namun jika bengkak sudah cenderung tidak terlalu parah dan tidak berkembang lagi.. bisa dilakukan kompres panas.. untuk melancarkan sirkulasi darah dan memberikan relaksasi. Lakukan kompres panas sebelum beraktivitas.. Dan untuk saat ini ada baiknya tidak banyak bergerak..

Pemberian obat gosok sebenarnya boleh2 saja, dengan catatan jangan diurut dulu karena akan memperlama proses penyembuhan bengkaknya.. Jadi obat gosok di sini dipakainya dioleskan saja tanpa diurut.

Jika sakit tidak tertahankan, anda boleh mengkombinasikan dengan pain killer..
 
Hanya ini yang bisa saya jawab sesuai dengan pengetahuan barat.. Mohon maaf masih berupa teori belaka.. Semoga anda lekas sembuh..



Sepertinya pembengkakan yg terjadi tdk berkembang lg ko.
Tapi pagi ini ketika saya bangun, saya merasakan sakit yg luar biasa.
Sakit bgt deh! (AMITHOFOOO !!!)

Berhubung mau brgkt skolah lg, sepertinya saya akan mengompresnya dgn air panas nanti saja, setelah plg skolah.
Selanjutnya baru saya oleskan obat gosok tanpa mengurutnya.

Skali lg saya ucapkan anumodana utk Forte dan Sol Capoeira.


 

anything